Cara mengetahui apakah kita diblokir teman di Instagram

Media sosial merupakan wadah atau tempat untuk kita bisa saling bertukar informasi dengan orang lain. Salah satunya yang populer adalah instagram atau biasa kita singkat sebagai IG. 

Melalui instagram kita bisa melihat konten dari berbagai jenis kalangan orang, bahkan orang asing sekalipun. Dengan instagram, kita bisa menambahkan orang lain untuk kita follow atau kita ikuti. Namun selain itu, kita juga bisa melakukan unfollow (batal mengikuti), dan bahkan mem-block (blokir).

Mungkin kamu pernah merasa terganggu dengan seseorang di instagram, baik itu orang yang kamu kenal atau tidak. Sehingga pada akhirnya kamu memutuskan untuk memblokir orang tersebut karena terganggu oleh pesan yang dikirimkan, atau konten yang diupload.

Jika kita memblokir seseorang, orang tersebut tak akan bisa melihat profil kita hingga kita melakukan unblock.

Begitu pula sebaliknya, jika kita di-block oleh seseorang, tentunya kita jadi tak bisa melihat profil orang yang memblokir kita. Nah yang jadi masalah kadang adalah kita ragu apakah kita benaran sedang di blok oleh teman, atau ada kemungkinan lain yang terjadi.

Ciri-ciri akun Instagram diblokir teman (pengguna lain)

Ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa kamu telah diblokir teman di instagram. Berikut ini beberapa tanda-tandanya.

  1. Akun orang tersebut tidak dapat kamu temukan di instagram. Jika kamu mencarinya melalui kolom pencarian di instagram, namun tak dapat ditemukan, “ada kemungkinan” instagrammu telah diblokir oleh orang tersebut.
  2. Profil orang tersebut tak terlihat di instagram. Selain tak dapat mencarinya, kamu juga tak dapat membuka profilnya lewat username atau link biasanya.
  3. Tidak bisa berkirim pesan melalui DM (direct messages). Jika kamu tak dapat mengirim pesan kepada seseorang di IG, bisa jadi orang tersebut memblokirmu di IG.

Namun demikian, ciri-ciri diatas perlu dipastikan lagi untuk lebih jelasnya, apakah akunmu benar-benar diblokir atau tidak. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, silahkan baca tulisan ini lebih lanjut. Akan dijelaskan berbagai opsi tindakan yang mungkin dapat kamu lakukan.

Cara memastikan apakah kita diblokir teman di Instagram

Sebelum kamu marah-marah dan salah paham karena kamu tidak menemukan akun teman tersebut di instagram, kamu coba pastikan dulu apakah kamu benar-benar di blokir, karena tidak menemukan akun teman, bisa jadi karena si teman mengganti username dan nama akunnya, bisa juga karena mereka menutup akun tsbt, dstnya.

Jadi kita perlu cek dengan beberapa langkah dibawah ini, untuk memastikan hal tsbt. Berikut ini caranya cek nya.

A. Mencarinya melalui instagram

hasil pencarian di instagram tidak ditemukan

Kamu dapat mengetahuinya dengan cara membuka profilnya di instagram. Kamu dapat melakukan pencarian terlebih dahulu melalui kolom search di instagram. Jika orang tersebut tidak dapat kamu temukan, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi:

  1. Orang tersebut berganti username
  2. Orang tersebut menonaktifkan akun instagram untuk sementara
  3. Orang tersebut menutup akun secara permanen
  4. Orang tersebut memblokir anda.

Cara ini cukup simpel dilakukan. Namun tidak ditemukannya seseorang melalui pencarian di instagram bukan berarti orang tersebut “pasti” memblokir akun kita, karena ada kemungkinan-kemungkinan lain yang dapat terjadi. Dengan demikian kamu tahu metode ini memiliki kelemahan, yaitu kemungkinan lain yang sebenarnya terjadi cukup banyak. Sehingga perlu tindakan lebih lanjut untuk memperkecil kemunginan lainnya.

B. Download aplikasi pihak ketiga

Pernahkah kamu mencoba mencari tahu siapa saja yang melakukan unfollow (batal mengikuti) pada akunmu? Kamu mungkin bisa mengeceknya secara manual, namun hal tersebut tidak praktis dan cukup merepotkan. Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menginstall aplikasi pihak ketiga.

Mengapa kita perlu mencari tahu siapa yang meng-unfollow kita? Yang jelas, dengan memblokir seseorang, biasanya kita akan meng-unfollow orang tersebut. Sehingga jika ada orang yang meng-unfollow kita secara tiba-tiba, bisa jadi orang tersebut melakukan block account kepada kita.

Disini aku akan gunakan aplikasi Follower Analyzer, namun kamu bebas bila ingin menggunakan aplikasi lainnya. Kamu bisa melakukan pengunduhan terlebih dahulu di playstore. Atau kamu juga bisa langsung menuju ke link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.maximolab.followeranalyzer

  1. Buka aplikasi follower analyzer yang telah kamu install pada ponselmu. Tambahkan akun instagram-mu dengan menekan icon tanda plus di ujung kanan bawah.
    tap icon plus di ujung kanan bawah
  2. Kamu akan ditujukan ke halaman login instagram. Silahkan masukkan username atau alamat emailmu dan kata kuncinya. Setelah itu tap log in.
    masukkan email atau username serta password, lalu log in seperti biasa
  3. Jika sewaktu-waktu ada orang yang melakukan unfollow terhadap akun instagram-mu, akan ada tanda seperti pada gambar berikut. Disini akunku mengalami penurunan sebesar 1 followers. Untuk mengeceknya, silahkan tap pada tanda lingkaran merah.
    tap pada tanda lingkaran merah
  4. Tap lost atau pada tanda lingkaran merah untuk mengetahui siapa yang meng-unfollow kamu di instagram. Selain dapat mengecek siapa unfollowers mu, kamu juga dapat mengecek total dan penambahan followers, friend (kamu dan akun tersebut saling mengikuti), fans (orang yang mengikutimu, namun tidak kamu ikuti balik), dan not follow back (orang yang kamu ikuti, namun akun tersebut tidak mengikuti kamu).
    tap pada tanda lingkaran merah
  5. Akan terlihat akun yang meng-unfollow kamu di instagram.
    akan terlihat siapa unfollowers-mu
  6. Untuk mengetahui apakah orang tersebut hanya batal mengikuti akunmu atau memblokir akunmu, kamu bisa mencoba untuk mencari profilnya di instagram. Kamu bisa memanfaatkan kolom search untuk mencarinya. Jika tidak ditemukan, maka bahwa orang tersebut telah memblokirmu di instagram.
    hasil pencarian di instagram tidak ditemukan

Dengan melakukan cara ini, setidaknya kamu dapat benar-benar mengetahui orang tersebut melakukan block account terhadap kamu atau tidak. Kamu juga tidak perlu susah-susah menebak siapa yang melakukan block account terhadapmu.

Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan, yaitu akun instagram-mu harus terhubung dengan aplikasi follower analyzer sebelum orang tersebut batal mengikuti atau memblokir akunmu. Karena dari testing yang dilakukan, unfollowers yang sudah lama (sebelum menghubungkan akun dengan follower analyzer) tidak akan tercatat dalam aplikasi ini. Selain itu, kamu juga diharuskan menginstall aplikasi pihak ketiga, dan tidak semua orang suka jika harus menginstall aplikasi tambahan.

C. Dengan cara mencari lewat akun instagram lain

Pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu siapa kira-kira yang melakukan block account terhadap kamu. Caranya masih sama seperti tadi (cara 1), kamu bisa mengeceknya melalui kolom pencarian. Jika tidak ditemukan di kolom pencarian instagram, maka orang tersebut bisa jadi memblokirmu.

  1. Buatlah akun instagram baru, aku rasa aku tak perlu menjelaskan lebih lanjut soal ini kan? Namun jika kamu lupa caranya, kamu bisa melihat pada tulisan berikut ini: https://bukugue.com/cara-membuat-akun-instagram/
  2. Setelah akunmu berhasil dibuat silahkan login ke akun instagram barumu. Setelah itu lakukan pencarian akun orang yang kamu curigai telah memblokir akunmu, pada kolom pencarian di instagram.
    tap icon search
  3. Jika kamu tetap tak dapat menemukan orang tersebut, ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Bisa saja orang tersebut sedang menonaktifkan akun, menutup akun, atau berganti username. Jadi pastikan kamu mengetahui username barunya (jika memang diganti) dengan menanyakan kepada temanmu yang lain.
  4. Namun jika kamu menemukan orang tersebut pada kolom pencarian (pada akun instagram barumu), maka orang tersebut telah memblokir akunmu (akun lamamu).
    hasil pencarian di instagram ditemukan

Dengan metode ini kamu dapat mengetahui siapa yang memblokirmu di instagram tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Meskipun demikian cara ini juga sedikit merepotkan karena kamu diharuskan membuat akun baru, dimana alamat email yang digunakan juga harus berbeda dengan akun lamamu.

D. Mencarinya melalui mesin pencarian (google)

Pastikan kamu memiliki daftar orang yang terindikasi memblokirmu di instagram. Disini kamu bisa mencoba mencari akun tersebut lewat google, dan melihat apakah akun tersebut masih ada di dunia internet.

  1. Carilah orang tersebut melalui mesin pencarian dengan browser ponselmu (pastikan kamu tidak melakukan login instagram di browsermu), kali ini aku akan gunakan google untuk mencarinya. Untuk keyword atau kata kuncinya, kamu bisa menggunakan (nama orang yang kamu cari) instagram atau (username orang yang kamu cari) instagram. Misalnya, disini aku mencontohkan dengan “syifazaed instagram”.
  2. Tap hasil pencarian, abaikan bahasanya karena nanti kamu bisa mengubahnya menjadi bahasa inggris atau indonesia. Kamu akan ditujukan ke halaman profil instagram orang tersebut.
    tap hasil pencarian di google
  3. Cara yang lain, jika kamu tak menemukannya di halaman pencarian google, kamu bisa menuliskan https://instagram.com/(username orang tersebut) pada kolom URL browsermu. Sehingga disini aku akan tuliskan https://instagram.com/syifazaed. Meskipun demikian cara ini berlaku jika orang tersebut belum mengubah usernamenya. Tetapi, kamu bisa menanyakan kepada temanmu yang lainnya jika usernamenya telah diganti.
    tuliskan instagram.com/(username) untuk melihat profil melalui browser
  4. Jika kamu menemukan profilnya seperti halnya pada gambar berikut ini, maka orang tersebut telah memblokir akun instagram-mu.
    profil instagram dapat ditemukan di browser

Dengan cara ini kamu tak perlu menginstall aplikasi tambahan. Selain itu, cara ini juga dapat digunakan jika kamu belum pernah menghubungkan akun instagram-mu dengan aplikasi follower analyzer atau aplikasi/situs lainnya. Kamu juga tak perlu membuat akun instagram baru untuk melakukan cara ini.

Meskipun demikian kamu tetap harus mengira-ngira terlebih dahulu siapa kira-kira yang telah memblokir akunmu. Beda halnya jika kita menginstall aplikasi follower analyzer yang bisa langsung mengetahui siapa “kandidat” orang yang memblokirmu di instagram.


Demikianlah itu tadi informasi mengenai cara-cara untuk mengetahui apakah kamu diblokir oleh seseorang di instagram. Cara-cara tadi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, sehingga kamu bebas menentukan mana yang sesuai dengan preferensi dan keadaanmu.

Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk para pengguna instagram. Selamat mencoba dan see you!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan