Cara menonaktifkan akun Instagram untuk sementara

Main instagram memang tak ada puasnya. Di instagram kita bisa menemukan foto dan video dari berbagai belahan dunia dan berbagai kalangan orang. Itu artinya, konten yang bisa kita cari di instagram juga sangat beragam.

Tapi aku mau tanya, sekali membuka aplikasi instagram, berapa menit yang kita keluarkan untuk sekedar melihat feeds dan explore instagram? Berapa lama waktu yang kita keluarkan hanya untuk sekedar stalking mantan eh teman?

Apalagi untuk kamu yang sedang dalam masa ujian akhir, yakin kamu bisa konsentrasi belajar? Atau malah setiap 5 menit belajar 50 menit cek ig? Yang pasti, kalau sudah scroll-scroll di instagram jadi betah, kan?

Untuk kamu yang sedang melakukan pekerjaan apapun itu, pernahkah kamu merasa produktivitasmu terganggu karena terlalu sering bermain instagram?

Kalau kamu merasa membutuhkan rehat atau istirahat sejenak dari instagram, tenang saja. Instagram menyediakan fasilitas untuk men-disable atau menonaktifkan akun untuk sementara waktu.

Perbedaan antara menonaktifkan dan menghapus akun Instagram

Menonaktifkan instagram berbeda halnya dengan menutup akun secara permanen. Jika kamu ingin menghapus akun instagram secara permanen, baca tulisan ini : bukugue.com/cara-menghapus-akun-instagram.

Dengan menonaktifkan akun, kamu masih bisa masuk kembali ke akun instagrammu, dan kamu hanya akan menghilang untuk beberapa waktu saja dari instagram.

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa dengan menonaktifkan akun instagram bukanlah tanpa konsekuensi. Adapun konsekuensinya adalah menghilangnya akunmu untuk sementara waktu, yang itu artinya selama kamu menonaktifkan akun, teman-temanmu tak dapat menemukan akun instagrammu.

Selain itu kamu juga tak dapat langsung login kembali tepat setelah akun instagrammu dinonatifkan. Kamu harus sabar menunggu beberapa jam untuk dapat login atau masuk ke akunmu kembali.

Satu hal lagi yang perlu menjadi catatan, dalam jangka waktu satu minggu, kamu hanya boleh menonatifkan akun instagram sekali saja.

Langkah-langkah menonaktifkan akun instagram sementara

Kita sekarang masuk ke intinya, berikut ini aku jabarkan cara menonaktifkan akun instagram untuk sementara.

  1. Untuk menonaktifkan akun, kamu tak bisa melakukannya melalui aplikasi instagrammu. Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah login ke akun instagram melalui browser ponselmu.
  2. Setelah kamu berhasil masuk pada halaman utama instagram, silahkan buka profilmu seperti gambar di bawah ini. Disitu aku tandai pukul berapa aku mulai menonaktifkan akun.

    pada halaman depan pilih profil

  3. Setelah sampai di halaman profil, tap pilihan edit profil seperti gambar di bawah ini.

    pada halaman profil klik edit profil

  4. Setelah sampai disitu, terus scroll ke bawah sampai kamu menemukan nonaktifkan sementara akun saya. Klik nonaktifkan sementara akun saya.

    scroll kebawah dan nonatifkan sementara akun saya

  5. Setelah sampai pada halaman seperti di bawah ini, isikan alasan mengapa kamu menonatifkan akun instagrammu. Isilah dengan jujur sesuai dengan alasanmu yang sebenarnya. Disini saya mengisinya dengan “cukup perlu istirahat”.
  6. Setelah mengisi alasan menonaktifkan akun, selanjutnya adalah ketikkan passwordmu. Pastikan bahwa passwordmu sudah benar. Setelah alasan dan passwordmu terisi, silahkan klik Akun dinonaktifkan sementara, kemudian pilih Ya.
  7. Selesai! Akunmu berhasil dinonatifkan untuk sementara. Untuk dapat login kembali, kamu perlu menunggu beberapa waktu lagi.

Cara mengaktifkan kembali akun instagram yang dinonaktifkan sementara

Untuk meng-aktifkan kembali akun Instagram kamu, kamu hanya perlu login seperti biasa ke instagram.

Hanya saja mungkin tidak bisa langsung, karena ini system kompleks, satu akun terkoneksi dengan banyak akun lainnya, jadi saat nonaktifkan dan aktifkan lagi tidak bisa sesuka hati.

Dari pengalamanku, setelah beberapa waktu (hampir 3 jam) aku menonakatifkan akun instagramku, aku mencoba login kembali dan aku berhasil masuk ke akunku lagi tanpa ada yang perubahan dibandingkan dengan sebelum aku menonaktifkan akun.

berhasil login kembali

Ini membuktikan bahwa kamu tak perlu khawatir akan ada data yang hilang dengan kamu menonaktifkan instagrammu. Kamu tak perlu khawatir kehilangan followers-mu juga, karena akunmu hanya hilang untuk sementara saja.

Sekian itu tadi informasi mengenai cara menonaktifkan akun instagram untuk sementara. Semoga artikel tadi bermanfaat.

Selamat mencoba.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

This Post Has 18 Comments

  1. Avatar

    Misalkan dihapus permaneh gitu gan, apa masih bisa dikembalikan lagi akunnya?

    1. Avatar

      setauku kalau permanen ga bisa mas…

  2. Avatar

    Kok di IG saya nggak ada ya pilihan itu, adanya sampai jenis kelamin aja, udah diperbarui padahal.

    1. Avatar

      udah coba lewat browser mba ? aku ada soalnya…

  3. Avatar

    Isi Dm nya bakal ilang gak bang kalo non aktif sementara?

    1. Avatar

      kalau baca dari laman help nya semua nya bisa balik lagi mba setelah di aktifkan ulang, tanpa ada yang hilang.. cuma dari beberapa kasus aku liat, ada yang gradual baliknya, jadi sebagian hilang lalu beberapa hari sesudahnya baru pulih lagi..

  4. Avatar

    kak berapa lama kita bisa login kembali setelah kita nonaktifkan? sya baca di blog sebelah bilang 1 minggu setelah nonaktifkan baru bisa login kembali.

    1. Avatar

      setauku bisa langsung login mas.. Seminggu itu waktu kalau kita mau menonaktifkan akun tsbt kedua kalinya.

      misalnya mas nonaktifkan hari ini jam 6 sore, lalu mas login lagi jam 8 malam, nah kalau mas mau nonaktifkan lagi akunnya, mas harus nunggu seminggu lagi, dihari yang sama dan jam yang sama, baru bisa lagi dinonaktifkan..

      gitu sih setauku..

  5. Avatar

    Bang, gue mau nonaktifkan akun ig kok malah muncul kesalahan cookie atau mode pribadi ya?

    1. Avatar

      baru dengar aku mas..

      mas setting cookiesnya beda kah dibrowser tsbt ?

      udah coba prosesnya lewat mode incognito?

  6. Avatar

    Mas itu klau aktifin lagi , login nya di browser atau di aplikasi?

    1. Avatar

      coba di browser aja mas, lewat web instagramnya..

      seharusnya ga ngaruh sih…

  7. Avatar

    Aku udah non aktifin selama 1 bulan an. Tp knapa giliran mau aktifin lg tidak bisa ya? (User not found)

    1. Avatar

      yakin itu nonaktifin sementara mas? soalnya klo nonaktifin sementara biasa ga akan ada masalah..

      itu juga udah pastiin klo username/email nya bener?

  8. Avatar

    Mas klo email sama no hp yang sudah bersangkutan hilang. Apa IG bisa balik lagi ?

  9. Avatar

    klo aku mau non aktifin tapi lupa pw gimana?

    1. Avatar

      waduh maaf mas, kebetulan kita belum ada tutorial dgn cara yang mas minta….

Tinggalkan Balasan