Cara menghapus akun Instagram secara Permanen

Berapa kali anda bermain instagram dalam waktu sehari? Lalu berapa waktu dalam sehari yang anda habiskan untuk sekedar melihat konten di explore instagram anda? Apakah anda merasa produktifitas anda terganggu karena terlalu sering cek ig dan ingin menghapus akun anda?

Di lain cerita, beberapa dari anda mungkin memiliki lebih dari satu akun instagram. Bisa jadi satu akun yang anda miliki adalah akun utama anda, sedangkan satunya lagi fake account. Lalu anda mulai berpikir memiliki dua akun instagram adalah pemborosan waktu dan ingin menghapus salah satu diantaranya.

Ada lagi cerita lain yang kemudian membuat anda ingin menghapus akun instagram?

Sebelum mengetahui langkah-langkah menghapus akun instagram secara permanen, ada baiknya anda mengetahui dulu bagaimana perbedaan menonaktifkan akun untuk sementara dengan menghapus akun secara permanen.

Kita simak penjelasan berikut ini.

  1. Dengan menonaktifkan akun instagram untuk sementara waktu, anda bisa login kembali setelah 7 hari. Pada saaat akun di non-aktifkan, akun akan di sembunyikan oleh system instagram, sehingga tidak bisa di cari oleh follower. Tapi saat kita aktifkan kembali akunnya, semua data akan kembali seperti sebelum di non-aktifkan.
  2. Sedangkan dengan menghapus akun secara permanen. Semua data akan hilang. Akun tidak bisa dikembalikan. Dan saat mendaftar ulang, besar kemungkinan untuk tidak bisa pakai username yang sama karena kemungkinan username sudah didaftarkan oleh orang lain.

Jadi coba lihat lagi kondisi anda saat ini, apakah benar-benar perlu dihapus secara permanen? Jangan karena terbawa emosi, nanti mengambil keputusan yang salah.

Yudha note: Di blog ini pernah dibahas cara menon-aktifkan sementara akun instagram, aku sarankan kalau kamu belum yakin, untuk coba nonaktifin sementara aja dulu. Aku sendiri misalnya, akun facebook udah beberapa tahun ga dipakai, memang sempat absen lama banget, tapi kemarin sempat kepake lagi akunnya karena butuh gabung dengan sebuah grup. Biasanya grup ini nongkrong di google plus, tapi google plus rencana ditutup april 2019, jadi seluruh massa grup migrasi ke facebook. Jadi akun fb yang aku ga kepikiran bakal di pakai lagi, eh, masih kepake juga akhirnya.

Lalu, bagaimana cara menghapus permanen akun instagram?

Untuk menghapus akun instagram, sebenarnya tidaklah sulit. Disini kita pakai smartphone untuk prosesnya.

Adapun langkah yang anda lakukan adalah sebagai berikut.

1.Masuk ke link permintaan penghapusan akun di instagram.com/accounts/remove/request/permanent. Kalau anda dalam keadaan belum login, akan diminta untuk login terlebih dahulu. Setelah itu akan muncul laman seperti berikut ini.

Pilih alasan penghapusan akun
Pilih alasan penghapusan akun

2. Pilihlah alasan anda mengapa anda ingin menghapus akun instagram anda. Disini saya mengisi alasan dengan “membuat akun kedua”. Isilah sesuai dengan alasan anda sendiri, mengapa anda ingin menghapus akun anda.

pilih yang paling sesuai
pilih yang paling sesuai

3. Setelah itu masukkan password akun instagram anda. Jika anda telah mengisi alasan dan password anda, anda bisa mengklik “Hapus akun saya secara permanen”. Lalu setelah dialog box muncul, pilih “Ya”.

Masukkan ulang password
Masukkan ulang password

4. Selesai, akun anda resmi menghilang dari instagram.

Selesai, akun anda telah terhapus

Konsekuensi penghapusan akun

Untuk dapat menghapus akun instagram secara permanen anda harus benar-benar tahu konsekuensi yang akan anda terima.

Anda akan dianggap menghilang dari instagram. Ya, semua orang tak akan mampu melacak keberadaan akun anda. Bahkan foto, video, dan story anda juga akan menghilang. Pastikan anda memiliki backup-an datanya jika anda tak mau menyesal.

Anda juga tak dapat kembali login dengan akun anda yang telah dihapus. Ini sudah pasti karena akun anda pun telah terhapus. Instagram juga tak dapat mengembalikan akun anda yang terhapus.

Followers dan teman anda di instagram juga akan ikut terhapus seiring dengan dihapusnya akun anda juga.

Anda juga tak bisa melakukan pendaftaran akun baru dengan menggunakan username yang sama. Ini perlu digarisbawahi terutama bagi anda yang telah memiliki pengikut dan jaringan yang luas.

Saya harap anda dapat berlaku bijak. Jika dirasa anda masih belum siap menerima konsekuensi tersebut, akan lebih baik jika anda mempertimbangkan kembali keputusan anda untuk menghapus akun anda.


Jika ada pertanyaan, silahkan kirimkan di kolom komentar. Nanti bisa dijawab dan ditambahkan ke tulisan ini.

Sekian itu tadi informasi mengenai cara menghapus akun instagram secara permanen. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda, dan selamat mencoba!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

This Post Has 8 Comments

  1. Avatar

    apakah bisa untuk mengembalikan akun instgram yg terhapus secara permanen? terima kasih

    1. Avatar

      setauku kalau dibawah 30 hari bisa mas.. tapi kalau udh lama, lewat dari masa yang ditentukan, itu memang tidak bisa dikembalikan, karena datanya memang dihapus dari instagram..

  2. Avatar

    belum 30hari kok mas baru 19jam yg lalu.. caranya gimana ya mas kalo boleh tau? terima kasih

    1. Avatar

      aku sendiri kurang tau mas,, aku ingetnya bisa langsung dengan login.. cuma sepertinya ini salah, maaf ini aku yang salah info ternyata.

      Barusan aku cek lagi, akun tidak bisa kembali kalau akun sudah dihapus permanen..aku coba cari2 dilaman faq, tidak ada sepertinya info terkait hal ini.

      cuma aku coba cari di internet apakah ada penyelesaiannya, ada satu post yang mereka klaim bisa, ini postnya https://famoid.com/how-to-recover-permanently-deleted-instagram-account/

      kalau mas mau coba, silahkan di coba, cuma aku ga jamin bsa berhasill..

      kalau yang aku dapet dari laman help instagram, memang kalau sudah terhapus, mereka saranin untuk membuat akun baru…

      cuma aku memang pernah baca, bahwa data kita tidak akan hilang dalam 30 hari pertama, ini kenapa aku asumsikan bisa dikembalikan dengan login aja,,, tpi ternyata ga bisa…

  3. Avatar

    oke mas terima kasih saranya 🙂

    1. Avatar

      sip deh mas.. 🙂 mudah2an bisa kembali akunnya mas…

  4. Avatar

    Kalo akun nya di hapus, username nya gimana ? Ikut hilang, atau bisa di pakek untuk akun yang lain ?

    1. Avatar

      iya mas.. ikut hilang… dari yang aku baca di laman diskusi ini https://www.quora.com/How-can-I-get-a-username-from-an-account-that-has-been-deleted-on-Instagram

      disana dijelaskan, kalau akun di hapus, usernamenya tidak bisa dipakai lagi, bahkan oleh pemilik awalnya yang ingin daftar ulang.. cmiiw..

      disana ada saran, kalau mau, ganti username akun {yang akan dihapus} tsbt terlebih dahulu, lalu di akun lainnya, mas bisa coba ganti username akun stb ke username akun pertama tadi..aku harap bisa dimengerti..

Tinggalkan Balasan