Cara membuat akun LINE baru [untuk gaptek]

Aku rasa kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting satu ini. Dulu sempat populer banget di indonesia. Sekarang popularitasnya memang tidak setinggi dulu. Semenjak adanya whatsapp, aplikasi chatting satu ini mulai berkurang peminatnya.

Namun bukan berarti aplikasi ini mati loh ya.

Aplikasi ini masih sangat populer di negara asalnya jepang. Dan di indonesia sendiri masih banyak banget yang tetap setia di LINE.

Ini karena aplikasi chatting satu ini kaya akan fitur, ada games-games menarik yang bisa dimainkan bersama dengan pengguna line lainnya. FItur mencari teman yang keren seperti dengan Shake dan dapetin teman baru yang jaraknya berdekatan dengan kita. Serta banyak lagi fitur-fitur lainnya yang tidak akan ditemukan di whatsapp dan aplikasi chatting populer lainnya.

Jadi bisa dibilang LINE tetap eksis dengan cukup banyak pengguna di seluruh dunia, dan masih bisa dibilang “eksis” di Indonesia.

Nah disini kita akan bahas bagaimana caranya daftar di LINE atau membuat akun baru di LINE khusus untuk pemula atau teman-teman yang kurang tau masalah teknologi. Kita akan bahas semuanya dengan detail mulai dari proses pembuatan akun, hingga setting awal setelah akun jadi.

Diharapkan setelah membaca tulisan ini, teman-teman sudah bisa pakai akun LINE yang sudah tersetting dengan komplit.

Cara membuat akun LINE baru (untuk gaptek)

Sebelum kita masuk ke proses pembuatan akun, kamu harus download dulu aplikasi LINE nya.

Ada 2 aplikasi LINE yang disediakan oleh official LINE, satu aplikasi LINE biasa dan satu lagi aplikasi LINE Lite. Jika teman-teman belum mendownload salah satunya, baca perbandingan berikut ini sebelum memilih akan pakai aplikasi yang mana.

  1. Dari segi ukuran.
    Aplikasi LINE lite memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding LINE versi biasa, yaitu sekitar 1-2 MB saja. Sedangkan aplikasi LINE versi biasa memiliki ukuran yang sekitar 75 MB. Ukuran LINE lite yang kecil tentu memberi keuntungan bagi para pengguna LINE karena aplikasi ini tidak menyita banyak ruang di ponsel.
  2. Dari segi Kecepatan Akses Internet.
    Banyaknya fitur LINE biasa seperti stiker, tema, line today, dan lainnya membuat aplikasi ini lemot karena banyak yang harus diloading. Selain itu, banyaknya fitur ini juga membuatnya memakan kuota internet yang lumayan banyak. Tetapi hal ini berbeda dengan LINE lite karena tidak semua fitur disertakan di sana. Kecepatan akses internet line lite juga lebih cepat karena tidak banyak yang harus diloading.
  3. Dari segi Tampilan.
    Tampilan LINE versi biasa lebih variatif dibandingkan dengan LINE lite karena banyaknya pilihan menu dan fitur yang disediakan. Sebaliknya, LINE lite memiliki tampilan yang lebih sederhana karena menu yang tersedia lebih sedikit dan banyak fitur yang dipangkas. Hal ini tentu akan memudahkan penggunaannya karena tidak membuat kita bingung dengan pilihan menu yang tersedia.
  4. Dari segi Fitur.
    LINE biasa jelas memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan LINE lite, mengingat ukuran aplikasi yang jauh lebih besar.

Disini kita tidak sedang berusaha menentukan pemenang. Karena kedua aplikasi ini di desain untuk kepentingan yang berbeda. LINE lite fokus pada kesederhanaan dan akses yang cepat serta cocok buat ponsel dengan spesifikasi rendah. Sedangkan LINE biasa kaya akan fitur dan cocok buat pengguna super aktif dan cocok buat ponsel mid range ke atas.

Link download LINE biasa: https://play.google.com/store/apps/details?id=jp.naver.line.android&hl=en

Link download LINE Lite: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.linecorp.linelite

Setelah donwload salah satu aplikasinya, dibawah akan dijelaskan bagaimana cara daftar akunnya. Tenang aja, kita akan buat dua versi, satu versi LINE biasa, satu lagi versi LINE lite.

Versi 1 : Buat akun LINE di LINE biasa

1. Buka aplikasi line lite dan kamu akan menuju halaman seperti ini. Pilih menu “Mulai” untuk mulai membuat akun baru.

Pilih menu “Mulai”

2. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Ketuk tanda panah untuk melanjutkan pendaftaran.

masukkan nomor telepon
masukkan nomor telepon

3. Selanjutnya akan muncul pop up bahwa line akan mengirim kode verifikasi ke nomor telepon yang telah kamu daftarkan. Klik “Ok” untuk menerima kode verifikasinya.

Klik “Ok”

4. Cek SMS di perangkatmu dan masukkan kode verifikasi yang dikirim line.

5. Selanjutnya klik “Buat Akun Baru”.

klik “Buat Akun Baru”

6. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nama tampilan dan foto profil line. Unggah foto profilmu dengan cara menekan ikon kamera. Perhatikan gambar di bawah ini.

Unggah foto profilmu dengan cara menekan ikon kamera

7. Pilih menu “Pilih dari Galeri” jika kamu ingin mengunggah foto profil dari galeri hp mu. Pilih menu “Ambil foto” jika kamu tidak memiliki stok foto di galeri.

Pilih menu “Pilih dari Galeri” atau “Ambil foto”

8. Jika kamu sudah mengunggah foto profil, ketikkan nama tampilanmu pada kolom yang tersedia. Selanjutnya klik tombol panah yang ada di pojok kanan bawah.

ketikkan nama tampilanmu

10. Buat kata sandi untuk akun line barumu. Jangan lupa untuk memasukkan kata sandi yang sama pada kolom atas dan kolom bawah.

masukkan kata sandi yang sama pada kolom atas dan kolom bawah.

11. Selanjutnya cari temanmu dengan cara memberi tanda centang pada menu “Tambah Teman Otomatis” untuk menambahkan teman dari daftar kontakmu secara otomatis. Beri tanda centang juga pada menu “Izinkan Orang Menambahkan” jika kamu bersedia ditambahkan sebagai teman oleh orang lain.

beri tanda centang pada menu “Tambah Teman Otomatis” dan menu “Izinkan Orang Menambahkan”

12. Baca peraturan mengenai penggunaan informasi seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya klik tombol “Setuju”.

klik tombol “Setuju”.

13. Baca juga peraturan tentang penggunaan data. Beri tanda centang dan klik “OK” untuk melanjutkan.

Beri tanda centang dan klik “OK” untuk melanjutkan

14. Tunggu proses loadingnya hingga 100%.

Tunggu proses loadingnya hingga 100%.

15. Kamu akan dibawa ke halaman utama line dan akun barumu telah berhasil dibuat.

akun barumu telah berhasil dibuat.

Versi 2 : Buat akun LINE di LINE Lite

Cara membuat akun baru di line lite lebih singkat daripada line versi biasa karena adanya beberapa perbedaan antar keduanya.

1. Buka aplikasi line lite dan kamu akan menuju halaman seperti ini. Pilih menu “Daftar” untuk mulai membuat akun baru.

Pilih menu “Daftar”.

2. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon. Isi nomor telepon lalu Tap tombol “Berikutnya”.

tekan menu “Berikutnya”.

3. Kamu akan menerima kode verifikasi yang dikirim ke nomor tersebut melalui SMS. Masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia. Klik menu “Berikutnya” jika kamu sudah memasukkan kode verifikasinya.

4. Ketikkan nama penggunamu pada kolom yang tersedia dan unggah foto profilmu dengan cara menekan ikon berbentuk bulat seperti gambar di bawah ini.

Ketikkan nama penggunamu pada kolom yang tersedia dan unggah foto profilmu dengan cara menekan ikon berbentuk bulat

5. Pilih menu “Pilih dari Galeri” jika kamu ingin mengunggah foto profil dari galeri hp mu. Pilih menu “Ambil foto” jika kamu tidak memiliki stok foto di galeri.

Pilih menu “Pilih dari Galeri” atau “Ambil foto”

6. Jika nama pengguna dan foto profilmu sudah terunggah, perhatikan bagian bawah. Beri tanda centang pada menu “Tambah Teman Otomatis” untuk menambahkan teman dari daftar kontakmu secara otomatis. Beri tanda centang juga pada menu “Izinkan Orang Menambahkan” jika kamu bersedia ditambahkan sebagai teman oleh orang lain. Selanjutnya klik “Daftar sekarang”.

klik “Daftar sekarang”.

7. Tunggu proses loadingnya dan akun barumu telah selesai dibuat.

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat akun LINE baru. Selanjutnya adalah pengaturan awal yang disarankan. Kalau kamu punya sedikit waktu lebih, disarankan untuk melakukan langkah-langkah dibawah ini.

Pengaturan awal yang disarankan setelah buat akun LINE baru

1. Menambahkan ID pengguna

ID pengguna dan nama pengguna itu tidak sama lho. Nama pengguna hanya nama tampilan kita di line, sedangkan ID pengguna adalah ID yang dapat ditemukan seseorang untuk menambahkan kita sebagai temannya.

Nama pengguna telah kamu buat saat daftar akun baru, sedangkan ID pengguna harus diatur di dalam aplikasi line. Oleh sebab itu, sebagai pengguna baru line kamu harus membuat ID pengguna.

Berikut penulis akan menjelaskan cara membuat ID pengguna di line.

  1. Buka aplikasi line dan pilih menu gerigi di halaman utamanya.
    pilih menu gerigi
  2. Pilih menu “Profil”.
    Pilih menu “Profil”.
  3. Klik menu “ID Pengguna”.
    Klik menu “ID Pengguna”.
  4. Ketikkan ID pengguna yang ingin kamu gunakan. Ingat, setelah kamu memilih ID, kamu tidak dapat mengubahnya. Jadi, buatlah ID terbaikmu.
    Ketikkan ID pengguna yang ingin kamu gunakan.
  5. Klik “Periksa” untuk mengecek ketersediaan ID tersebut di line.
    Klik “Periksa” untuk mengecek ketersediaan ID tersebut di line.
  6. Jika ID tersebut tidak dapat digunakan, maka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut ini. Berarti kamu harus mengganti ID tersebut.
    ika ID tersebut tidak dapat digunakan, maka akan uncul notifikasi seperti gambar berikut ini.
  7. Jika ID baru yang kamu masukkan bisa digunakan, maka akan muncul pop up seperti ini. Klik “Ok” untuk melanjutkan.
    Jika ID baru yang kamu masukkan bisa digunakan, maka akan muncul pop up seperti ini. Klik “Ok” untuk melanjutkan.
  8. ID penggunamu telah berhasil dibuat.
    ID penggunamu telah berhasil dibuat.

2. Menambah Teman

Pada saat pendaftaran, kamu bisa memilih untuk menambahkan teman secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan teman secara manual. Berikut ini penulis akan memberikan panduannya buat kamu yang ingin menambahkan teman berdasarkan ID pengguna mereka. Tentu saja kamu sudah harus tau apa ID mereka ya.

Di bukugue.com juga sudah dijelaskan 4 cara menambahkan teman di LINE, jika kamu merasa LINE kamu masih sepi dan ingin mencari kenalan baru di LINE.

  1. Masuk ke halaman utama line dan ketuk menu tambah teman. Perhatikan gambar berikut ini.
    ketuk menu tambah teman
  2. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan ID line milik temanmu.
    masukkan ID line milik temanmu.
  3. Ketikkan ID line milik temanmu pada kolom yang disediakan.
    Ketikkan ID line milik temanmu pada kolom yang disediakan
  4. Line akan mencari dan menemukan pemilik ID line tersebut. Selanjutnya ketuk menu “Tambah” jika sudah muncul pop up seperti ini.
    ketuk menu “Tambah”
  5. Kamu sudah berteman dengan pemilik ID line tersebut, kamu bisa memulai obrolan, panggilan suara, atau panggilan video dengan memilih menu yang tersedia di bagian bawah.
    Kamu sudah berteman dengan pemilik ID line tersebut,

Disini kamu memang manual menambahkan satu persatu. Ini cocok untuk menambahkan sedikit orang saja. Jika kamu butuh banyak teman, jangan lupa baca tulisan https://bukugue.com/cara-menambahkan-teman-di-line/

3. Mengganti Foto Profil dan Nama Tampilan

Saat daftar kamu sudah masukin nama pengguna dan foto profil. Kalau kamu merasa kurang puas dengan pilihan kamu saat itu. Kamu bisa mengganti nya kapan saja. Disini dijelaskan bagaimana cara mengaturnya. Kamu cukup ikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

  1. Klik tombol gerigi yang ada di halaman utama LINE.
    Klik tombol gerigi
  2. Ketuk menu “Profil”.
    Ketuk menu “Profil”.
  3. Ketuk ikon bulat yang ada di pojok kiri atas untuk mengganti foto profil. Perhatikan gambar berikut.
    Ketuk ikon bulat yang ada di pojok kiri atas untuk mengganti foto profil
  4. Pilih menu “Pilih dari Galeri” jika kamu ingin mengunggah foto profil dari galeri hp mu. Pilih menu “Ambil foto” jika kamu tidak memiliki stok foto di galeri.
    Pilih menu “Pilih dari Galeri” atau “Ambil foto”
  5. Untuk mengubah nama tampilan, klik menu “Nama Tampilan”.
    Untuk mengubah nama tampilan, klik menu “Nama Tampilan”.
  6. Ketikkan nama tampilan yang kamu inginkan dan klik menu “Ok” jika sudah selesai.
    Ketikkan nama tampilan yang kamu inginkan dan klik menu “Ok” jika sudah selesai
  7. Foto profil dan nama tampilan line-mu sudah ganti dan akan tampak seperti ini.
    Foto profil dan nama tampilan line-mu sudah ganti dan akan tampak seperti ini.

Sekian dulu deh. Seperti nya sudah cukup panjang pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, feel free to comment. Jangan lupa share juga di rasa bermanfaat.

Thanks. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan