Cara download video di Twitter (dengan atau tanpa aplikasi)

Jika kamu pengguna aktif Twitter tentunya sering membaca ataupun melihat berbagai postingan twitter menarik di sana, terutama video.

Banyak video menarik yang tersebar di Twitter dan terkadang kita ingin sekali mendownload dan menyimpan video tersebut ke galeri HP kita bukan? Tapi yang jadi masalah adalah, tidak tahu bagaimana cara mendownload video di Twitter.

Beberapa orang, mungkin termasuk kamu juga, sampai saat ini masih tidak tahu bagaimana caranya mendownload video dari Twitter yang efektif dan mudah. Mungkin kamu pernah pakai aplikasi download video yang di dapat dari teman, dstnya.

Disini akan dibahas 3 cara download video di twitter, pertama lewat aplikasi, kedua lewat tool online, dan ketiga dengan bantuan bot di twitter.

Ketiganya memiliki kelebihannya masing-masing. Dan kamu bisa pilih mana yang paling sesuai.

#3 Cara mudah download video di Twitter untuk gaptek

Langsung aja, ga usah babibu lagi. Kita masuk dari cara pertama.

A. Download video di twitter lewat aplikasi tambahan

Ada banyak pilihan aplikasi yang tersebar di Google Play, untuk membantu kamu mendownload video dari Twitter. Tapi disini aku merekomendasikan kamu untuk instal aplikasi bernama “Twitter video downloader”.

Tampilan aplikasi "Twitter video downloader" di PlayStore
Tampilan aplikasi “Twitter video downloader” di PlayStore

Untuk masalah ukuran aplikasi, kamu tidak usah kawatir. Aplikasi ini sangat ramah memori. Hanya berukuran kurang dari 5 MB saja. Untuk penampakan aplikasinya di Google Play, lihat pada gambar dibawah. Oke, kamu instal terlebih dahulu aplikasinya. Jika kamu sudah menginstal nya, mari kita lanjutkan ke step selanjutnya.

1. Pertama, buka akun Twitter kamu, carilah video yang ingin kamu download. Disini aku akan mencontohkan video milik NASA yang akan aku download. Lalu pilihlah ikon segitiga ke bawah yang berada di bagian kanan atas untuk memunculkan menu.

Memilih video yang akan di download
Memilih video yang akan di download

2. Setelah muncul menu nya, kamu pilih “Salin tautan ke Tweet” untuk menyalin url halaman video twitter tersebut.

"Salin tautan ke Tweet" untuk menyalin url video
“Salin tautan ke Tweet” untuk menyalin url video

3. Nah, selanjutnya kamu buka aplikasi “Twitter video downloader” yang sudah kamu instal tadi. Lalu paste atau tempel url halaman tadi ke kotak yang telah disediakan. Setelah itu pilih tombol download yang berada di bagian bawah layar HP kamu.

Tempel url video ke aplikasi "Twitter video downloader" dan pilih tombol download
Tempel url video ke aplikasi “Twitter video downloader” dan pilih tombol download

4. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan seperti pada gambar. Jika sudah muncul, silahkan pilih kualitas video yang kamu inginkan dengan cara memilih ikon download yang tersedia.

Memilih kualitas video yang akan di download
Memilih kualitas video yang akan di download

5. Jika kamu sudah melihat tampilan seperti pada gambar, berarti video kamu sedang dalam proses downloading.

Tampilan saat sedang proses downloading
Tampilan saat sedang proses downloading

6. Tinggal tunggu download selesai dan kamu sudah bisa pergunakan videonya untuk keperluan mu.

B. Download video twitter lewat tool (situs) online

Selain melalui aplikasi tambahan, kamu juga bisa mendownload video Twitter melalui situs website yang menyediakan tool ataupun fungsi download video twitter.

Banyak sekali situs website yang menyediakan jasa downloading video di Twitter secara gratis. Tapi disini aku masih merekomendasikan untuk menggunakan situs twittervideodownloader.com untuk mendownload video yang kamu inginkan.

Mengapa aku rekomen untuk menggunakan situs ini? Ya karena situs ini memiliki tampilan yang sangat simple dan sangat mudah digunakan. Hanya perlu beberapa langkah saja untuk bisa mendownload video dari Twitter.

Oke, Silahkan simak cara menggunakan situs twittervideodownloader.com dibawah ini.

1. Masuklah ke akun Twitter kamu dan pilihlah video yang ingin di download. Jangan lupa untuk salin url halaman video Twitter yang ingin kamu download.

2. Masuklah ke situs twittervideodownloader.com lalu paste atau tempelkan url halaman video yang sebelumnya sudah kamu salin ke kotak yang tersedia.

Tempel url video ke situs twittervideodownloader.com
Tempel url video ke situs twittervideodownloader.com

Jika kamu sudah meletakkan url halaman di kotak yang tersedia, silahkan langsung saja pilih “Download” untuk melanjutkan ke step berikutnya.

3.Sampai di halaman ini, kamu pilih saja kualitas video yang kamu inginkan. Pilih “Download video” untuk memulai downloading video.

Memilih kualitas video yang akan di download
Memilih kualitas video yang akan di download

4. Sampai disini kamu akan menerima pemberitahuan pengunduhan video dari browser yang kamu gunakan. Silahkan “Unduh” untuk mendownload. Tunggu saja proses downloading selesai. Selesai deh.

Tampilan saat proses downloading akan dimulai
Tampilan saat proses downloading akan dimulai

Oiya, sebagai tambahan info, kamu bisa menggunakan situs Twittervideodownloader.com ini untuk mengunduh video Twitter lewat PC lho. Jadi bagi kamu yang kebetulan sedang membuka Twitter melalui PC dan ingin mengunduh video, buka saja situs tersebut. Caranya sama saja seperti yang sudah dijelaskan diatas.

C. Download video twitter dengan meminta tolong ke akun Bot twitter

Tidak semua akun bot bisa melakukan hal ini, ada memang akun khusus yang di desain dengan fungsi ini. Salah satunya adalah akun @this_vid

Nah, kalau ini kamu bisa meminta tolong akun @this_vid untuk membuat laman download bagi video yang kamu inginkan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencari video yang diinginkan. Setelah itu balas atau reply di video tersebut dengan mention akun @this_vid.

Jadi prosesnya kira-kira seperti ini, masuk ke twitter kamu, lalu cari video yang ingin di donwload, komentarin atau reply post video tersebut dengan isi “@this_vid”. Lalu tunggu dalam waktu beberapa menit, maka akun @this_vid akan membalas komentar kamu disertai dengan link download video. Kamu tinggal klik link itu, dan kamu bisa langsung mendownload videonya.


Bagaimana menurut teman-teman sekalian? Cukup mudah kan untuk mendownload video dari twitter?

Semua cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya saja, meminta bantuan bot memang jauh lebih simple, karena tidak butuh install ini itu atau buka situs ini itu. Tapi kekurangannya juga jelas, kita akan ketahuan mendownload video tsbt. Berbeda dengan saat pakai tool online atau aplikasi, walaupun lebih ribet, tapi tidak akan ada yang tau kalau kita download videonya.

Itulah cara download video di Twitter yang bisa aku jelaskan disini. Cara yang aku jelaskan adalah cara tersimpel dan mudah sekali untuk di aplikasikan. Silahkan mencoba jika kamu ingin mengunduh video yang ada di Twitter.

Tinggalkan Balasan