Cara Mengganti Kata Sandi Akun Facebook di Android

Facebook masih tetap eksis walaupun beberapa media sosial lainnya terus bermunculan dengan kelebihan masing-masing. Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan anak muda saat ini yang memiliki beberapa akun medsos lainnya namun, masih membuat status untuk akun facebook baik sebuah tautan yang di share dari medsos yang lain atau langsung di facebook. Sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak didunia facebook didukung dengan menu yang sangat lengkap dan mudah dalam penggunaan.

Untuk mengakses akun facebook kita hanya perlu memasukkan nomor handphone atau email dan kata sandi. Sangat mudah bukan? bahkan kamu juga bisa memanfaatkan menu ketuk, untuk masuk ke akun facebook dengan cara lebih cepat, dalam hitungan detik kamu sudah bisa ngobrol dengan kawan-kawan, membuat status atau melihat pemberitahuan.

Untuk kamu yang baru menggunakan media sosial satu ini tentu mengalami beberapa kendala salah satunya merasa kebanyakan menu. Padahal hanya beberapa menu saja yang digunakan seperti buat status, notifikasi, pesan, profil, beranda. Sehingga mengabaikannya, padahal menu-menu yang tidak biasa digunakan tersebut salah satunya adalah bagian pengaturan yang memiliki banyak sekali manfaat dari menu tersebut, agar kamu bisa mengatur akun kamu sesuai keinginan.

Baca juga:cara menambahkan komentar gambar gif pada status teman di facebook

Pengaturan kata sandi memiliki tingkat kebutuhan khusus jika dibandingkan dengan menu yang lain. Hal ini disebabkan menu tersebut berfungsi mengatur keamanan akun dari pembobolan pihak hacker atau tangan-tangan jahat lainnya yang merugikan pemilik akun. Namun hal itu sering kali dilupakan, bahkan sebagian tidak berpikir untuk mengatur ulang kata sandi facebooknya walaupun tergolong kata sandi lemah.

Bukan tidak mungkin, untuk memiliki akun facebook tentu saja di haruskan untuk mengisi kata sandi saat itu juga agar bisa melanjutkan mendaftar. Padahal kamu belum memikirkan kata sandi yang mudah diingat dan juga tergolong kuat. Sehingga kamupun memasukkan sebuah kata sandi yang terlintas di pikiranmu saat itu. Pada kebiasaannya hal-hal yang terlintas dipikiran kita adalah sesuatu yang sering kita lakukan, identitas kita, hobi kita, kata-kata yang kita suka, barang kesayangan atau nama orang yang kita sayang.

Menggunakan kata sandi facebook berupa informasi pribadi merupakan cara tidak tepat dan termasuk kata sandi yang paling cepat untuk dibobol para hacker. Bahkan orang terdekatmu yang berniat jahat dengan mudah bisa mengalihkan fungsi akun kamu. Namun bagi sebagian orang hal ini hanya bisa berpasrah saja, dikarenakan banyak yang menganggap hanya dengan beralih pada akun yang baru untuk bisa membuat kata sandi baru. Padahal dengan mempelajari menu pengaturan dengan mudah bisa menemukan cara untuk menggantikan kata sandi facebook.

Baca juga:cara mudah membuat status polling jejak pendapat di facebook

Langkah-langkah mengganti kata sandi akun facebook

  • Masuk halaman akun kamu seperti biasa, lalu klik pada menu disamping kanan atas.

  • Selanjutnya akan muncul halaman bantuan dan pengaturan, klik di menu pengaturan seperti pada gambar di bawah.
  • Pada halaman ini kamu akan dihadapkan dua menu utama yaitu untuk pengaturan akun dan keamanan. Untuk merubah kata sandi akun kamu, geserkan kursor pada menu keamanan kemudian klik pada keamanan dan login.

  • Lebih detil lagi, di halaman ini kamu bisa melihat beberapa menu khusus untuk keamanan akun kamu. Selanjutnya klik pada ubah kata sandi.

  • Untuk mengubah kata sandi lama dengan yang baru kamu harus mengisi ketiga kolom dibawah ini, lalu klik pada perintah simpan untuk menggantikan kata sandi dengan yang baru.

  • Nah, dihalaman ini kata sandi akun kamu telah diubah, supaya lebih aman kamu lanjutkan dengan perintah berikut ini untuk keluar dari perangkat tempat kamu login akun facebook. Ok, langsung saja klik seperti pada panah dibawah ini.

  • Terakhir, agar akun kamu benar-benar keluar dari semua perangkat tempat kamu login saat ini, maka klik pada perintah keluar.

Selesai, beberapa langkah di atas akan membuat akun kamu semakin aman dan kamupun sudah bisa menggunakan kata sandi yang baru.

Baca juga:cara mudah membuat status jawab pertanyaan di facebook

Akun facebook bisa saja menimbulkan masalah bagi hidupmu jika seseorang melihat saat kamu memasukkan kata sandi akun facebook. Wah, bisa saja akun facebookmu dimanfaatkan untuk menjelekkan kamu dan berbagai kejahatan lainnya. Bagi kamu yang susah mengingat sandimu dan kamupun menulis di notebook, catatan handphone, didompet dan tempat lainnya, ternyata ini juga tidak aman.

Kamu mungkin hanya menuliskan kata sandi akunmu di catatan handphone dan berharap tidak ada yang melihatnya. Toh, hanya kamu yang pegang dan tau pola keamanan handphonemu. Apalagi sehari-hari kamu memanfaatkan fingerprint yang jelas-jelas aman. Namun ada saatnya kamu meminjamkan handphone pada orang lain, seperti memperlihatkan sebuah foto di medsos yang lagi dibicarakan banyak orang atau sekedar memberitahukan pengumuman penting. Karena suatu hal kamu keasyikan sendiri, tanpa sadar kata sandi facebookmu sudah ketahuan dan kamu tidak tau sama sekali tentang hal itu.

Kata sandi yang rumit memang tergolong kuat. Namun, Jika kata sandi facebookmu berupa perpaduan angka, huruf, tanda baca, dan karakter, tapi tanpa makna didalamnya maka akan membuat kamu sulit untuk mengingatnya. Sehingga kamu memutuskan untuk mencatat kata sandi akun facebook agar tidak lupa dan bisa langsung melihat saat dibutuhkan. Agar hal ini tidak terjadi maka sebelum memasukkan kata sandi kamu harus memikirkan makna yang terkandung dari rangkaian huruf tersebut. Misalnya keinginan kamu atau kalimat motivasi tapi kamu kreasikan penulisannya. Cara ini memudahkan kamu mengingat kata sandi akun facebook.

Baca juga:cara mudah membuat daftar teman di facebook

Agar kata sandi facebookmu aman dari pembobolan, selanjutnya jangan menggunakannya di layanan yang lain. Jika kamu menggunakan kata sandi facebook untuk medsos lainnya seperti twitter, istagram, line maka segara ganti kata sandi tersebut untuk keamanan akun medsosmu. seorang yang menjebol facebookmu akan dengan mudah menjebol akun kamu lainnya, apalagi kamu menggunakan email yang sama.

Beberapa kriteria kata sandi yang kuat adalah kombinasi dari huruf kecil, besar, angka, karakter dan tanda baca. Panjang lebih dari 10 karakter. Tidak menggunakan kata-kata yang ada didalam kamus karena ini mudah sekali untuk diretas para hacker. Bagi kamu yang terbiasa login facebook di komputer warnet atau komputer milik bersama jangan lupa untuk logout setiap selesai menggunakannya. Kemudian lanjutkan dengan Clear Recent History dengan menekan CTRL+SHIFT+DEL untuk mozilla, agar jejak akunmu terhapus total di komputer.

Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan facebook tapi tidak tau cara menggantikan kata sandi lamamu bisa ikuti tutorial di atas dan hanya beberapa langkah kamu sudah bisa mendapatkan kata sandi baru. Jadi, kalau ada yang bilang kata sandi facebook tidak bisa dirubah lagi, itu hanyalah sangkaan saja. Bagi kamu yang pemula dan punya masalah dengan kata sandi facebook yuk langsung ganti agar akun kamu aman dari pembobolan.

fatimahms

punya hobi membaca buku dan menyukai dunia kepenulisan sejak kecil

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar