Cara Gunakan Nada Notifikasi Khusus Untuk Chat dan Grup di WhatsApp

Terbit

Diperbarui

Di WhatsApp sendiri tersedia pengaturan umum dihalaman ‘Setelan’, dimana kamu bisa atur nada notifikasi dan nada dering untuk chat dan grup secara keseluruhan.

Nah kali ini aku akan jelaskan terkait pengaturan ‘notifikasi kustom’ yang bisa digunakan untuk mengatur nada notifikasi berbeda antar grup dan chat yang kamu miliki.

Apa itu pengaturan notifikasi kustom?

Pengaturan ‘Notifikasi kustom’, dulunya dikenal dengan nama ‘pengaturan ‘Notifikasi khusus’, adalah pengaturan yang bisa membuat ruang obrolan tertentu punya pengaturan notifikasi tersendiri, misalnya punya nada notifikasi, pengaturan getar, dan pengaturan notifikasi pop-up berbeda dari ruang obrolan (chat dan grup) lainnya.

Jadi dengan pengaturan notifikasi kustom ini, kamu bisa mengatur agar nada notifikasi dari grup atau chat tertentu, berbeda dari yang lainnya.

Manfaatnya cukup jelas ya. Sebagai contoh, kamu bisa atur agar pengaturan notifikasi umum kamu tidak ada nada notifikasinya, dan kamu bisa atur notifikasi kustom teman kamu agar dia punya nada dering. Jadi saat ada chat dari teman tsbt kamu bisa langsung tau karena hanya chat dia saja yang punya nada notifikasi.

Mengatur nada notifikasi khusus di kontak teman

  1. Silahkan buka ruang chat dengan kontak teman kamu.
  2. Tap pada bagian nama teman tsbt untuk masuk kehalaman info kontak.
  1. Dilaman info kontak tsbt, gulir kebawah dan cari menu ‘Notifikasi kustom’. Tap menu tsbt.
  1. Aktifkan opsi ‘Gunakan notifikasi kustom’
  1. Selanjutnya kamu tinggal atur nada notifikasi ataupun opsi notifikasi lain seperti getar, cahaya, notifikasi pop-up, dll.
  2. Disini sebagai contoh, silahkan coba atur nada notifikasi pesan. Kamu bisa tap pada menu ‘Nada notifikasi’ dibagian ‘Notifikasi Pesan’.
  3. Selanjutnya kamu tinggal pilih nada notifikasi yang kamu mau.
  1. Nada notifikasi dibagian ‘Notifikasi Pesan’ berhasil diganti.
  1. Setelah mengatur bagian ‘Notifikasi pesan’, jangan lupa atur juga bagian ‘Notifikasi panggilan’ yang ada dibawahnya.
  2. Selesai.

Jika kamu ingin menggunakan nada notifikasi seperti lagu tertentu, kamu perlu memasukkan lagu tsbt kedaftar pilihan nada yang ada di WhatsApp.

Prosesnya bisa singkat atau panjang tergantung dengan jenis ponsel yang kamu gunakan. Dibukugue.com sudah dijelaskan mengenai hal tsbt, kamu bisa baca halaman “Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan Lagu“. Setelah lagu berhasil ditambahkan kedaftar ringtone atau nada dering, kamu bisa ulangin langkah diatas dan pilih lagu tsbt dari daftar ringtone dilangkah 7 diatas.

Mengatur nada notifikasi khusus untuk grup tertentu

Untuk menggunakan nada notifikasi khusus berbeda di grup tertentu, prosesnya kurang lebih sama dengan proses mengatur notifikasi khusus di kontak teman sebelumnya.

Kamu hanya perlu masuk kehalaman info grup, lalu masuk ke menu ‘Notifikasi kustom’. Aktifkan opsi ‘Gunakan notifikasi kustom’. Lalu lanjut mengatur nada notifikasi ataupun nada dering sesuai kebutuhan kamu.

Yup prosesnya kurang lebih sama ya, jadi tidak akan aku jelaskan detail.


Mungkin itulah yang bisa aku jelaskan terkait pengaturan notifikasi khusus ini di WhatsApp. Aku yakin setelah membaca tulisan ini, kamu bisa atur nada notifikasi berbeda untuk kontak dan grup penting di WhatsApp kamu.

Sekian untuk tulisan kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang tidak dimengerti, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar dibawah.

Sampai jumpa lagi ditulisanku lainnya.

28 November 2023: Update tulisan secara keseluruhan, penambahan materi baru dan penggantian gambar lama dengan screenshot terbaru.

11 Februari 2021 : Tulisan diterbitkan pertama kali.

Tanggapan atas “Cara Gunakan Nada Notifikasi Khusus Untuk Chat dan Grup di WhatsApp”

  1. Avatar Nardi
    Nardi

    Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *