Cara menghemat pemakaian kuota instagram

Kegiatan cek instagram memang asik dilakukan di waktu luang. Dengan membuka instagram, kita bisa melihat konten-konten yang menarik, baik itu berupa gambar maupun video. Selain itu kita juga bisa mengetahui berbagai informasi terkini melalui instagram.

Meskipun demikian, apakah kamu sadar pemakaian datamu semakin lama semakin meningkat dan tak terkendali karena terlalu sering menggunakan instagram? Kamu bisa mengeceknya di ponselmu, berapa pemakaian data untuk mengakses instagram selama sebulan terakhir?

Berapa persen penggunaan data untuk aplikasi instagram, jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya di ponselmu? Rasanya hampir semua orang merasa, bahwa penggunaan instagram cukup menguras biaya atau data.

Lalu apakah ada cara untuk menghemat penggunaan data pada aplikasi instagram? Well jawabannya ada. Kemudian bagaimana ya caranya? Kita simak yuk penjelasannya.

1. Mengaktifkan fitur use less data

Kamu dapat melakukan penghematan data (pada instagram) dengan cara mengaktifkan fitur use less data. Secara default, video melakukan pramuat, sehingga instagram mulai lebih cepat jika memungkinkan, dan data yang kamu gunakan lebih boros. Namun jika kamu mengaktifkan fitur ini (use less data) konten akan dimuat lebih lama, sehingga data yang digunakan lebih hemat.

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk menggunakan fitur use less data ini?

  • Pertama-tama buka aplikasi instagram-mu, silahkan menuju halaman profil. Pada halaman profil, silahkan tap icon garis tiga di ujung kanan atas. Setelah itu tap settings.
  • Pada gambar berikut terlihat beberapa opsi pengaturan, pilih account.

    tap “account”

  • Tap cellular data use untuk dapat melakukan minimalisasi penggunaan data.

    tap “cellular data use”

  • Pada pengaturan use less data, geser slider ke arah kanan sehingga warnanya berubah menjadi biru. Dengan mengaktifkan fitur ini, foto dan video yang kamu lihat di instagram mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk dimuat.

    geser slider ke kanan pada “use less data”

2. Restrict background data

Terkadang kamu mungkin tidak mengetahui ada beberapa aplikasi yang memerlukan background data meski saat tidak digunakan. Padahal data yang digunakan juga cukup banyak. Maka dari itu, untuk beberapa aplikasi perlu untuk dibatasi pemakaian datanya, termasuk salah satunya instagram.

Berikut ini langkah-langkah membatasi penggunaan background data.

  • Kamu bisa membuka riwayat penggunaan data internet pada menu pengaturan (settings) penggunaan data (usage data). Namun mungkin setiap ponsel tidak akan sama persis langkahnya karena memiliki tatanan menu dan opsi pengaturan yang sedikit berbeda. Pada ponselku sendiri, aku bisa membukanya melalui menu tersendiri.
  • Tap data usage stats untuk mengetahui pemakaian kuota per aplikasi, termasuk instagram.

    tap “data usage stats”

  • Cari instagram dan tap, setelah itu geser slider ke arah kiri (mati) pada background data.

3. Menggunakan aplikasi penghemat kuota

Kamu bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengirit kuota instagram. Disini aku akan contohkan dengan aplikasi datally. Aplikasi ini cukup ringan. Pada dasarnya ini sama dengan membatasi background data, akan tetapi aplikasi ini menarik karena punya fitur bubble yang berfungsi untuk mengetahui data yang digunakan secara real time.

  • Download aplikasi datally melalui playstore. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa langsung klik disini untuk mengunduh aplikasinya.
  • Setelah terinstall, silahkan buka aplikasinya. Berikut ini tampilan utama aplikasi datally. Untuk dapat melakukan restrict background data, silahkan tap manage data.

    tap “manage data”

  • Akan ditampilkan catatan pemakaian data seperti pada gambar berikut. Aktifkan data saver dengan menggeser slider ke arah kanan.

    gesel slider ke kanan untuk mengaktifkan data saver

  • Scroll kebawah untuk mengetahui pemakaian data tiap aplikasi, dan cari aplikasi instagram. Pada instagram, geser slider ke arah kanan. Setelah dialog box muncul, tekan turn on.

Selain itu, seperti yang aku jelaskan ada fitur menarik dari datally ini, yaitu bubble. Kamu bisa mengaktifkannya dengan menekan bubble tracker. Pilih salah satu diantara live usage atau daily usage sesuai kebutuhanmu.

Aku sendiri memilih live usage karena ingin mengetahui berapa banyak data yang aku gunakan tiap membuka suatu aplikasi, termasuk instagram. Setelah itu tap show bubble.

4. Meng-uninstall aplikasi instagram (?)

Cara yang mungkin bisa dilakukan untuk melakukan penghematan pemakaian data instagram adalah dengan meng-uninstall aplikasinya. Dengan cara ini, keinginan untuk sekedar cek ig akan berkurang. Kamu bisa membuka instagram melalui browser ponselmu.

Pada beberapa browser, gambar yang diterima akan dikompres sehingga data yang digunakan relatif lebih sedikit. Selain itu, video yang kamu lihat pun tidak akan diputar secara otomatis sehingga harus menekan tanda play untuk memutarnya.

video tidak terputar secara otomatis

Meskipun demikian, cara ini memiliki kekurangan. Dengan mengakses instagram melalui browser ponsel, kamu tidak dapat mengecek direct message karena hanya dapat dibuka melalui aplikasinya saja.  Namun jika tujuan utamamu hanya sekedar cek ig, rasanya cara ini akan cukup efektif. Bahkan kamu juga bisa menghemat memori ponselmu.

Kesimpulan

Walaupun informasi tadi sudah dilakukan uji coba dan bekerja dengan baik, akan tetapi cara terbaik untuk menghemat pemakaian data instagram adalah dengan tidak mengakses atau membukanya terlalu sering. Jika kamu menerapkan cara-cara tadi namun masih terlalu sering mengaksesnya, rasanya cara-cara tadi tidak akan menghemat penggunaan datamu secara signifikan.

Sekian itu tadi informasi mengenai cara menghemat kuota instagram. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat mencobanya ya.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan