Cara Me-Repost Postingan Di Instagram

Kamu pasti setuju kalau aku bilang banyak postingan kreatif, unik, dan menarik berseliweran di Instagram, kan? Melihatnya terus bikin kita senyum sendiri dan berandai-andai jika postingan tersebut ada di IG kita.

Salah satu cara yang dahulu dipakai untuk memposting ulang postingan orang lain di IG kita adalah dengan cara copy paste. Foto postingan di –screenshots, lalu diedit dengan cara di-crop bekas screenshots-annya. Setelah itu, foto dimasukkan dalam postingan terbaru. Tak lupa, caption-nya pun ditulis ulang sama persis. Ada yang menambahkan sumber postingannya dan ada pula yang tidak.

Tapi, cara itu sudah tidak dipakai lagi oleh sebagian besar netizen. It’s so yesterday gitu lho. Kini, cara yang umum dipakai adalah melalui aplikasi repost. Cara ini dikenal lebih kekinian dan beretika.

  1. Apa Itu Re-Post?
  2. Tujuan Re-Post
  3. Etika Dalam Re-Post
  4. Re-Post Instagram Via Pihak Ketiga

Apa Itu Re-Post?

Re-post adalah memposting kembali postingan yang pernah diposting. Semakin lama, istilah ini jadi mengerucut. Re-post berarti memposting kembali postingan sebuah akun ke postingan akun kita sendiri. Tentunya untuk berbagai tujuan tertentu.

Tujuan Re-Post

Sekarang, yuk kita periksa tujuan re-post kita masing-masing berikut ini:

  • Repost untuk membuat postingan terdahulu di akun Instagram kita pribadi naik lagi (up).
  • Repost karena ingin menaruh postingan akun lain di dalam akun Instagram kita sendiri.
  • Repost karena ada yang harus dipromosikan dari akun lain. dan kita terlibat di dalam event promosi tersebut. Kalau pun tidak terlibat, bisa jadi kita menyukai iklan/promosi tersebut.
  • Repost untuk mendukung idola kita. Misalnya, idola kita lagi ikut pemilihan aktor film terbaik versi suatu acara penghargaan. Dia pun membagikan cara untuk mendukungnya via Instagram. Sebagai fans yang loyal, tak ada salahnya kan membantu dia untuk mendapat banyak dukungan dengan cara me-repost postingan dia itu?
  • Repost dalam rangka ikutan kuis atau Mungkin ada sebuah akun yang mengadakan kuis dengan syarat harus memposting kembali promo kuis tersebut. Setiap repost akan menambah nilai/poin tersendiri.
  • Repost untuk mengisi akun Instagram kita yang mungkin kurang menarik atau sedang tidak ada ide mau posting apa. Kamu suka begini nggak tuh? Hehe…soalnya aku kadang begini juga.

Etika Dalam Re-Post

Kalau kita harus me-repost postingan Instagram orang lain, setidaknya kita juga harus memperhatikan etika/adat kesopanan seperti di bawah ini:

  • Pastikan yang kamu repost bukan postingan yang mengarah pada pribadi sang pemilik akun. Misalnya, si pemilik akun ingin menunjukkan pada kekasihnya foto keren yang ia tulisi kalimat-kalimat nan puitis. Sebisa mungkin kamu menghindari repost yang seperti ini. toh kamu juga tak mau kan postingan untuk pasangan kamu diposting kembali oleh orang lain? Meskipun kamu sangat suka foto dan caption-nya.
  • Usahakan jangan meniadakan tulisan yang ada di caption Biarkan tulisan dalam caption seperti apa adanya saat diposting oleh pemilik akun Instagram tersebut.
  • Kalau pun kamu harus menambahkan tulisan atau hashtag baru di repost kamu, pastikan tulisannya sopan dan tidak mengandung hal yang meresahkan.
  • Ada baiknya, sebelum melakukan repost kamu minta izin dulu kepada si pemilik postingan. Bisa lewat kolom komentar atau direct message. Gunakan bahasa yang sesopan mungkin. Misalnya, ..postingannya inspiratif deh…bolehkah aku repost? Kalau memungkinkan, kamu menunggu jawaban dia.

Re-Post Instagram Via Pihak Ketiga

Cara repost Instagram via pihak ketiga yang dimaksud adalah melalui aplikasi Android dan iOS. Aplikasi tersebut bisa kamu download di Playstore. Aplikasi khusus untuk repost Instagram tersebut diantaranya:

  • Regrann
  1. Download Regrann di Playstore. Kemudian, klik INSTALL.
  2. Setelah ter-install, buka aplikasi Regrann.
  3. Selanjutnya, buka Instagram melalui aplikasi ini.
  4. Buka postingan foto atau video yang mau di-repost.
  5. Klik tanda titik 3 di pojok kanan atas.
  6. Kemudian, akan muncul pilihan. Kamu bisa langsung pilih copy link.
  7. Kemudian, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. silakan tap ikon Instagram yang ada pada bagian pojok kanan bawah.
  8. Kamu juga bisa mengedit foto tersebut jika memang perlu.
  9. Kemudian, pada tempat caption kamu bisa tekan agak lama sampai muncul ‘paste’ atau ‘tempel’. Lalu, klik. Kamu juga bisa mengedit caption jika diperlukan.

1o. Share/bagikan postingan tersebut seperti biasa.

  • Repost For Instagram

Aplikasi repost Instagram paling populer ini pun mudah cara menggunakannya. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

  1. Download aplikasinya di Playstore. Kemudian install ke dalam hp kamu.
  2. Buka aplikasi repost for Instagram. Kemudian, buka Instagram melalui aplikasi ini.
  3. Langkah selanjutnya sama seperti langkah dalam menggunakan Regrann di atas.
  4. Sementara, cara lainnya menggunakan aplikasi ini juga bisa dengan masuk ke Instagram. Lalu, pilih postingan yang mau kamu REPOST.
  5. Selanjutnya, pilik ikon titik 3 di pojok kanan atas.
  6. Akan muncul sejumlah pilihan. Kamu bisa langsung pilih copy link.
  7. Kemudian, kamu bisa buka aplikasi repost for Instagram. Link yang kamu copy tadi akan terlihat di sana. Klik.
  8. Akan terlihat tampilan untuk mengedit repost kamu. Kamu bisa pilih tulisan sumber postingan akan diletakkan di pojok kanan atas, kiri atas, atau bawah kanan dan kiri. Setelah itu, klik REPOST.
  9. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. kamu bisa langsung klik OPEN INSTAGRAM yang ada di pojok kanan bawah.
  10. Tampilan NEW POST akan terlihat. Klik tanda panah yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya, kamu bisa mengedit atau memfilter postingan seperti biasa. Klik NEXT setelahnya.
  11. Pada kolom caption tekan agak lama sampai keluar ‘paste’ atau ‘tempel’. Kemudian caption akan ter-copy di sana. Kamu juga bisa menambahkan tulisan sendiri.
  12. Bagikan postingan seperti biasa. SHARE.

Dari dua aplikasi repost di atas, mana yang kamu suka? Mudah bukan menggunakannya? Rata-rata aplikasi repost Instagram memang hanya seperti itu cara menggunakannya. Kurang lebih sama. Apapun aplikasinya, yang harus kamu jaga selama me-repost postingan akun Instagram lain adalah etika bermedsos-nya. Tetap jaga nama baik kamu dan akun tersebut. Selamat terinspirasi dan repost postingan inspiratif tersebut. Salam.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke seluruh medsos kamu. Agar tak hanya kamu yang mengerti penggunaan repost Instagram ini. Terima kasih.

ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwkhidup freelance writer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *