Cara melihat draft reels Instagram (LENGKAP)

Pernah tidak selesai membuat reels diinstagram dan muncul pertanyaan “Simpan draft reels”, setelah itu bingung dimana lokasi tersimpannya? Kamu tidak sendirian teman.

Ada banyak pengguna Instagram yang juga tidak tau akan hal ini.

Jadi dimana letak draft reel di Instagram? Simpelnya, kamu hanya perlu buka halaman pembuatan reels, lalu masuk ke menu pemilihan media, dan disana akan ada menu “Draft”. Tap menu “Draft” tsbt, dan kamu akan melihat semua draft reels kamu.

Jika belum paham, simak pembahasan dibawah ya.

Cara melihat draft reels di Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram kamu seperti biasa.
  2. Masuk ke menu pembuatan reels.

Buat yang tidak tau caranya, kamu hanya perlu usap layar beranda kamu ke kanan, setelah itu kamu akan masuk kehalaman pembuatan story. Nah, dihalaman pembuatan story, geser menu “Cerita” hingga jadi “Reel”.

  1. Selanjutnya masuk ke menu “Galeri”.

Dihalaman pembuatan reels ini, kamu bisa tap ikon “Galeri” dipojok kanan bawah, atau usap layar keatas. Nanti setelah itu kamu akan dibawa kehalaman galeri/tempat pemilihan media.

Usap layar ke atas atau tekan ikon perpustakaan/galeri di sudut kiri bawah agar masuk ke halaman galeri.
  1. Dihalaman ini, pilih menu “Draft” seperti pada gambar.
Pilih menu draft.
  1. Kamu akan dibawa kehalaman draft reels seperti dibawah. Disini kamu bisa melihat semua draft reel yang pernah disimpan. Tinggal kamu putuskan apa yang mau kamu lakukan terhadap draft-draft itu: mau dilanjutkan prosesnya atau dihapus saja.
Semua draft reel sudah terlihat di halaman draft.

Kenapa tidak ada menu “Draft” dihalaman pemilihan media?

Jika kamu tidak menemukan menu “Draft” dihalaman pemilihan media seperti langkah 4 sebelumnya, itu artinya saat ini kamu tidak memiliki draft reel yang tersimpan.

Mungkin kamu memang belum pernah menyimpan draft reels sebelumnya, atau mungkin draft reels kamu sudah terhapus. Seperti yang dibahas dihalaman “Cara menyimpan draft reels Instagram ke galeri“, draft reels bisa hilang jika kamu tidak sengaja menguninstall aplikasi Instagram sebelumnya, atau kamu tidak sengaja menghapus “data” diaplikasi Instagram (lewat pengaturan android atau aplikasi bersih-bersih).

Selain itu, jika dilihat dari media penyimpanannya, draft disimpan secara lokal di memori penyimpanan HP kita, dan jika data Instagram tidak sengaja terhapus, draft reels akan ikut terhapus.

Artinya jika kita membuat draft di HP A, lalu mengakses Instagram di HP B, kemungkinan besar kita tidak akan menemukan draft tadi di HP B. Namun hal ini hanya teoriku saja, jika ada waktu nanti akan aku testing di dua HP, dan tambahkan lagi disini.

Bisakah melihat draft reels orang lain atau orang lain melihat draft reels kamu?

Jawaban simpelnya adalah “TIDAK BISA”. Kamu tidak bisa melihat draft reels pengguna lain, pun sebaliknya.

Hal ini karena memang Instagram tidak memfasilitasi hal tsbt, dan yang kedua seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, data draft reels tersimpan secara lokal. Artinya draft reels sendiri tidak tersimpan diserver Instagram.


Bagaimana mudah bukan langkah-langkah cara melihat draft reels? Mudah-mudahan apa yang kusampaikan ini dapat kamu pahami dengan baik. Kalau ada hal yang dirasa membingungkan, silahkan bertanya dikolom komentar. Jika ada yang perlu dikoreksi atau ingin kamu tambahkan, jangan segan juga untuk berkomentar.

Terima kasih. Dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *