Cara Melihat Stalker Facebook dengan atau tanpa aplikasi

Banyak hal yang bikin penasaran, salah satunya adalah para stalker Facebook kita. Barangkali di antara mereka, ‘terselip’ sang gebetan yang diam-diam juga nyimpen rasa. HEHE.

Tapi apakah kamu tau, bagaimana cara melihat stalker FB tersebut? Tidak? Tenang saja! Kali ini bukugue.com akan kembali berbagi ilmu GRATIS. Setidaknya ada dua metode yang bisa kamu gunakan.

Pertama, yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan. Adapun metode kedua adalah sebaliknya, tak perlu menggunakan aplikasi. Agar berhasil dengan baik, mohon untuk menyimak artikel ini hingga tuntas, ya!

Baca juga: Cara melihat stalker kamu di Instagram

Langkah-langkah melihat stalker FB tanpa Aplikasi (dengan melihat page source)

Barangkali kamu pernah mendengar istilah “InitialChatFriends”, yang bisa dengan mudah didapatkan melalui view Page Source laman profil Facebook kamu. Cara ini pernah booming, dan dianggap efektif dalam mengetahui siapa saja yang sering mengunjungi profil kita di Facebook.

Kode "Initialchatfriendlist" di page source kamu
Kode “Initialchatfriendlist” di page source laman profil Facebook kamu

Meski demikian, dalam berbagai forum, metode pencarian stalker FB melalui “InitialChatFriends” dianggap sebagai rumor belaka atau HOAX.

Beberapa testimoni menyatakan bahwa cara tersebut tidak benar-benar menampilkan stalker, melainkan hanya orang-orang yang pernah berinteraksi dengan mereka, baik melalui chat, maupun kolom komentar.

Belajar dari pengalaman terdahulu, banyak orang mulai mencari teknik lain guna mengatasi rasa penasaran terhadap stalker FB-nya. Pada akhirnya, metode “termutakhir” yang ditemukan baru-baru ini, akan penulis bagikan kepada pembaca setia bukugue.com.

Cara ini bisa dibilang hampir sama dengan cara “InitialChatFriends” , letak perbedaannya terdapat pada kata kunci yang diketik dalam Source Page Facebook.

Secanggih apa pun sebuah metode, pasti memiliki kekurangan. Walaupun metode ini sangat menghemat waktu dan tidak mengharuskan coding, sayangnya, hanya bisa dilakukan lewat PC/Laptop.

Jangan khawatir, jika kamu memang tidak bisa follow cara ini, dibawah akan dijelaskan alternatif dengan aplikasi, hasilnya sama akuratnya.

Oke langsung saja, berikut penulis jelaskan langkah-langkah melihat stalker FB tanpa aplikasi, step by step:

1. Log in ke akun Facebook kamu seperti biasa.
2. Setelah berhasil log in, masuk ke halaman profil Facebook kamu dengan tap foto profil kamu.

Masuk ke profil Facebook

3. Dihalaman profil kamu, klik kanan pada bagian yang kosong di layar.
4. Akan muncul pop-up dengan beberapa opsi di dalamnya. Klik “View Page Source” yang berada di urutan kedua dari bawah.

Masuk ke View Page Source Facebook

5. Seketika, kamu akan melihat banyak kode berupa paduan angka dan huruf. Pertanyaannya, “Bagaimana cara menemukan ‘kata kunci’ di antara ribuan kode tersebut?” Tak perlu bingung, cukup tekan tombol ctrl+ F pada keyboard PC-mu. Kombinasi tombol tersebut berfungsi untuk memunculkan fitur pencarian laman.
6. Ketik “buddy_id” pada kolom yang muncul, lalu tekan enter.

Mencari kata kunci buddy_id di page source

7. Kamu akan dibawa ke “Buddy_id” pertama, biasanya satu akun punya banyak “buddy_id“. Kamu bisa tekan Enter sekali lagi untuk ke “Budddy-id ke dua, dan Enter selanjutnya untuk yang ketiga, dst-nya.

Baca juga :  Cara Melihat Semua Video Yang Pernah Ditonton di Facebook

8. Kamu akan mendapati banyak angka-angka di samping keywordbuddy_id“. Angka tersebut adalah kode yang mengarah ke stalker yang suka kepoin FB-mu;

Id stalker berupa kombinasi angka

9. Copy angka-angka tersebut, kemudian paste atau tempel di samping kanan URL web Facebook. Misalnya, “https://www.facebook.com/” menjadi “https://www.facebook.com/100004989780xxx“.

Menempel id stalker ke samping URL Facebook

10. Setelah itu tekan Enter pada keyboard kamu. Kamu akan dibawa kehalaman profil akun dengan “buddy_id” tadi.

Stalker urutan pertama berhasil terungkap

11. Selesai. Mudah kan ya?

Udah berhasil menemukan stalker FB yang berada di urutan pertama? Kalau cara di atas berhasil, kamu masih bisa lanjut melihat stalker di urutan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Cara Melihat Stalker FB dengan Aplikasi

Buat yang tidak punya akses ke laptop atau PC, kamu bisa gunakan aplikasi yang penulis sarankan dibawah. Hasilnya lumayan akurat dan mirip-mirip.

Admin: Sebelum artikel ini diupdate, kami menyarankan aplikasi “Who Visited My Profile” yang bisa di download di APKpure. Aplikasi tsbt tidak tersedia sama sekali di Google PlayStore. Dari komentar yang masuk, banyak yang kehilangan akun FB-nya setelah pakai aplikasi tsbt.

Untuk kali ini, aplikasi yang disarankan bersumber dari Google PlayStore, artinya aplikasinya tergolong aman, karena mereka punya proses vetting ketat sebelum dibolehkan publish di PlayStore. Namun hal ini tidak berarti 100% aman, sudah ada sejarahnya aplikasi yang awal-awalnya terlihat aman, setelah itu malah mencuri data atau mengupload payload seperti malware.

Jadi aku sangat sarankan teman-teman untuk memperkuat keamanan akun FB sebelum menggunakan aplikasi-aplikasi dibawah, jaga-jaga untuk keadaan diluar kendali kita.

Segera uninstall aplikasinya jika ternyata app-nya tiba-tiba menghilang dari Gogle PlayStore.

A. Menggunakan Aplikasi Profile Tracker

Aplikasi ini dapat kamu gunakan dengan gratis; ukuran file app-nya pun dijamin ga bakal bikin memori HP kamu sesak, HANYA 27 MB. Yapp, hanya dengan ukuran file segitu, kamu sudah bisa mengetahui siapa saja orang yang hobi nge-stalking FB kamu.

Langsung saja, inilah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini:

1. Install aplikasi Profile Tracker melalui Google Play Store disini play.google.com/store/apps/details?id=com.analyzing.network.

Download aplikasi Profile Tracker di PlayStore

2. Setelah terinstall, silahkan buka aplikas “Profile Tracker” tsbt.
3. Saat sudah masuk ke dalam aplikasi, akan terdapat dua opsi, (1) Analyze Facebook Profile, dan (2) Analyze Instagram Profile. Klik opsi nomor 1.

Memilih opsi Analyze Facebook Profile

4. Kamu akan diminta Log in ke akun FB. Masukkan e-mail/nomor ponsel dan password dengan benar. Setelah itu klik “Masuk“;

Log in ke akun Facebook

5. Apabila berhasil log in, akan muncul daftar stalker seperti dibawah. Akan tetapi, pada tahap ini, orang-orang di dalam list tersebut masih tersembunyi nama dan foto profilnya. Hal ini barangkali sengaja diterapkan oleh developer, agar muncul kesan “surprise” setiap kali kamu me-reveal para stalker.

Klik pada tiap profil untuk membuka username dan foto stalker yang tersembunyi

6. Klik Tap to reveal” pada setiap ‘oknum’ di daftar stalker. Maka, foto profil & nama stalker yang tadi tersembunyi pun akan terbuka.
7. Foto dan username stalker yang tadinya tersembunyi, kini dapat kamu lihat.

Foto dan username stalker akhirnya bisa terlihat

8. Kamu pun bisa mengunjungi langsung profil si stalker, melalui tombol “Open Profile” di aplikasi Profile Tracker ini.

Cara Melihat Stalker Facebook dengan atau tanpa aplikasi 13

Kelebihan aplikasi ini :

  • Aman dari malware. (Admin: Untuk saat ini ya, kedepannya wallahu a’lam)
  • Iklan yang ditampilkan hanya sedikit, tak akan membuatmu risih.
  • Akurasinya kurang lebih 90% apabila dibandingkan dengan cara lain, termasuk metode yang menggunakan budddy_id sebelumnya.
  • Aplikasi responsif. Dijamin! Kamu tak akan menemukan freeze pada layar atau nge-lag.
  • Menghilangkan rasa skeptis, sebab telah terinstal lebih dari 5 juta kali. Angka ini tentunya tidak main-main, menunjukkan bahwa aplikasi ini populer dan bisa dipercaya.
  • User bisa langsung mengunjungi profil stalker melalui tombol yang disediakan oleh aplikasi.
Baca juga :  Pengaruh Media Sosial Facebook untuk Remaja dan Pelajar

Kekurangan:

  • Tampilan yang terlalu monoton.
  • Tidak adanya pilihan login melalui akun Google. Padahal hal tersebut bisa sangat menghemat waktu.

B. Dengan Aplikasi Social Detective

Walaupun tampilan dan cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi Profile Tracker. Sayangnya, Social Detective mendapatkan unduhan yang lebih sedikit.

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi ini:

1. Install terlebih dahulu aplikasi Social Detective di Google PlayStore play.google.com/store/apps/details?id=com.social.detective.
2. Setelah itu buka aplikasi “Social Detective” tsbt.

Buka aplikasi Social Detective

3. Saat sudah masuk ke aplikasi, klik “Login with Facebook“. Apabila gagal dan muncul peringatan “There was an error! Please try again,” maka periksa koneksi internet. Ulangi hingga kamu berhasil masuk ke laman login.
4. Masukkan nomor ponsel atau email, serta jangan lupa memasukkan password dengan benar. Lalu klik “Masuk“;

5. JIka berhasil login, kamu kemudian akan melihat deretan stalker akun Facebook kamu. Akan tetapi, masih dalam bentuk anonim. Untuk mengetahui nama dan foto profilnya, klik tiap akun dalam daftar tersebut.
6. Selesai. Foto serta nama si stalker FB-mu pun berhasil terungkap.

7. Sama seperti aplikasi sebelumnya, kamu juga bisa mengunjungi profil si stalker yang kepoin kamu tersebut melalui aplikasi “Social Detective” ini.

Hanya dengan sebuah tombol dalam app Social Detective, kamu bisa masuk ke profil si stalker

Kelebihan:

  • Aman dari Malware. (Admin: Sekali lagi, untuk saat ini ya. Jadi selalu terapkan kehati-hatian dan perkuat keamanan akun kamu.)
  • Untuk tingkat akurasi, bisa dibilang lumayan, hanya minus beberapa % saja dari aplikasi Profile Tracker.
  • Bisa mengunjungi langsung profil stalker.

Kekurangan:

  • Iklan lebih banyak dari aplikasi sejenisnya. Terkadang user akan dibuat risih.
  • Tampilan aplikasi kurang responsif, tak jarang tersendat alias nge-lag. Padahal, koneksi internet sedang baik-baik saja.

C. Menggunakan Aplikasi The Profiler

Last but not least, penulis telah mencoba aplikasi The Profiler, untuk mengungkap stalker FB. Hasilnya? Lumayan. . .meski tak sebagus dua aplikasi sebelumnya. Tak heran apabila aplikasi ini mendapatkan unduhan paling sedikit.

Walaupun begitu, aplikasi ini bekerja, kok! Berikut langkah-langkah menggunakannya:

Baca juga :  Cara menghilangkan pemberitahuan siaran langsung facebook

1. Unduh The Profiler di PlayStore play.google.com/store/apps/details?id=com.profile.management.profiler.
2. Jika sudah, silahkan dibuka aplikasi “The Profiler” tsbt.

Membuka aplikasi The Profiler

3. Seperti biasa, user akan diminta untuk memilih, antara login ke Facebook atau Instagram. Pilih “Facebook Profile“.
4. Masukkan email/nomor HP, serta password FB kamu;

5. Klik tiap stalker untuk membuka foto profil dan nama mereka.
6. Informasi berupa foto dan nama para stalker sudah diketahui. Disertai dengan jumlah followers yang mereka punya.

7. Sebagaimana dua aplikasi sebelumnya, kamu pun dapat mengunjungi profil stalker melalui The Profiler.

Mengunjungi profil Stalker FB

Kelebihan:

  • Kurang lebih sama dengan app sebelumnya.
  • Menyertakan jumlah followers dari stalker FB
  • User dapat mengunjungi langsung profil dari si Stalker;

Kekurangan:

  • Akurasi yang paling rendah dari dua aplikasi sebelumnya, apalagi jika dibandingkan dengan hasil cek stalker menggunakan View Page Source.
  • Aplikasi dengan jumlah iklan paling banyak. Tak heran para pengguna The Profiler sering kali mengkritik hal ini. Dan hal ini pula faktor utama banyak orang untuk memberi rating rendah.
  • Tampilan aplikasi kurang responsif.

Tips Mencegah Stalker Facebook Jika kamu merasa terganggu

Kita tidak pernah tahu tujuan para stalker Facebook itu mematai-matai profilmu. Tanpa kita duga, bisa saja mereka stalking Facebook dengan tujuan tidak baik. Tentu hal ini akan membuat kita resah dan khawatir kan? 

Tapi kamu tidak perlu bingung karena di sini penulis juga akan memberikan tips mencegah para stalker facebook memati-matai akunmu di facebook. Simak penjelasan berikut dengan seksama ya.

  1. Private atau sembunyikan Informasi di profilmu sebanyak yang kamu suka. Jadi cukup tampilkan informasi sebatas nyaman kamu saja.
  2. Periksa Daftar Teman. Ada baiknya juga kalau kamu rajin-rajin memeriksa daftar orang yang sudah terlanjur menjadi temanmu di Facebook. Jika kamu menemui akun yang asing, jangan segan untuk menghapus pertemanan kamu.
  3. Blokir Orang yang Mengganggu dan Mencurigakan. Orang asing yang dirasa mengganggu dan mencurigakan lebih baik segera kamu blokir saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa mengaturnya pada bagian Pengaturan dan pilihlah menu Pemblokiran.

Admin : Sejauh yang aku tau, data terkait siapa yang stalking akun kita, bukan data yang mudah didapat. Aku sendiri tidak yakin data yang ditampilkan oleh aplikasi yang dijelaskan diatas benar-benar akurat, panjang alasannya kalau dijelaskan, point pentingnya adalah aku mohon teman-teman tidak makan mentah-mentah hasilnya. Jadikan ini sebagai lucu-lucuan saja.

Demikianlah cara melihat stalker FB, baik dengan atau tanpa menggunakan aplikasi. Cara-cara di atas sudah penulis lakukan–terutama dengan view page source–kurang lebih sejak lima tahun lalu.

Penulis sendiri yakin bahwa cara lama, yakni dengan “InitialChatFriendLists“, sekadar menampilkan orang yang sering berinteraksi dengan kita di Facebook. Berbeda dengan cara baru, sebagaimana telah dijelaskan di atas. Gimana pendapatmu?

Jangan ragu untuk memberi komentar ya, Sob! Terutama jika kamu kesulitan dalam menjalankan salah satu aplikasi di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.