Cara membaca pesan di DM Twitter tanpa ketahuan

Bagaimana cara agar orang lain tidak tahu bahwa kita telah membaca pesannya? Karena adanya fitur read receipts setiap pesan yang sudah dibaca akan memiliki tanda.

Tidak hanya di aplikasi chat seperti whatsapp, fitur ini juga ada di sosial media seperti Instagram dan Twitter.

Di Twitter sendiri ketika kita mengirim DM ke seseorang maka akan bertanda centang abu-abu. Ketika pesan itu dibaca, maka centang abu-abu tadi akan berubah menjadi biru.

Namun karena satu dan lain hal, terkadang kita ingin membaca DM seseorang tapi tidak ingin ketahuan bahwa kita sudah membacanya. Karena terkadang ketika kita sudah membaca pesan, muncul rasa keharusan untuk membalasnya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk bisa membaca DM Twitter tanpa ketahuan, seperti misalnya bisa dengan melihat melalui bar notifikasi, menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti recent notification, dll.

Tapi kali ini kita akan pakai cara yang paling mudah, yaitu melalui pengaturan twitter itu sendiri. Cukup sekali atur, kita bisa membaca DM lain sepuasnya tanpa ketahuan sudah dibaca. Kita tinggal mematikan fitur “tampilkan laporan dibaca”.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka akun Twitter kamu, setelah itu tekan ikon profil kamu untuk memunculkan opsi menu, setelah itu pilih menu “Pengaturan dan privasi”.

2. Dihalaman pengaturan ini, pilih menu “privasi dan keamanan”.

3. Kamu akan dibawa kehalaman “Privasi dan keamanan” seperti dibawah ini. Disini gulir ke bawah sampai ke bagian pengaturan “Direct message“. Setelah itu hilangkan tombol centang biru disebelah opsi “tampilkan laporan dibaca”.

4. Selesai, berikut hasilnya. Bisa dilihat semua pesan yang sudah dibaca dan bahkan sudah direspon, tetap centang abu-abu seperti belum dibaca.

Contoh pesan ketika fitur laporan dibacanya mati

Dengan menonaktifkan opsi “Tampilkan laporan baca” maka lawan bicaramu tidak akan tahu jika kamu sudah membaca pesannya. Begitu pun sebaliknya, kamu juga tidak akan tahu apakah lawan bicara di DM sudah membaca atau belum pesanmu.

Inilah kekurangannya memang, karena fitur ini berlaku timbal balik ke-kedua belah pihak.


Mungkin sampai disini bahasan kali ini. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah ini. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan