Apa itu Recent Notification? Semua tentang aplikasi ini

Hallo reader, semoga hari ini lebih baik dari kemarin ya. Untuk kali ini, aku gak nulis tentang tutorial, memang sih sebagian besar artikel yang aku tulis mengenai tutorial 😀

Sekarang zaman nya udah canggih banget ya guys, salah 1 nya adanya benda kecil dengan segala kelabihan nya hingga bisa disebut smartphone (ponsel pintar) . Dilansir dari berita kominfo “Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika”. Wow banget 😯

Dari ponsel pintar tersebut, terciptalah aplikasi2 yang dikembangkan oleh developer platform terkemuka, banyak aplikasi yang bermunculan guna untuk mempermudah kita dalam mengakses ponsel pintar tersebut.

Ada beberapa aplikasi khususnya android yang biasa kita temukan di playstore, ada beberapa yang berbayar dan juga bisa kita unduh gratis.

Bicara mengenai aplikasi, aku mau kenalin kamu sama aplikasi perekam notifikasi, semua notifikasi yang ada di ponsel kamu guys, namanya Recent Notification.

Mungkin ada sebagian dari kamu yang belum tahu banyak tentang aplikasi tersebut, maka dari itu artikel ini akan bahas mengenai recent notification.

Apa itu Recent Notification, fungsi dan fiturnya?

Diterjemahkan ke bahasa Indonesia Recent Notification berarti pemberitahuan terbaru.

Mungkin kamu pernah melewatkan pemberitahuan penting yang muncul di ponsel kamu? Misalnya mungkin kamu pernah dapat pesan DM di instagram, lalu pas mau buka, ternyatapesan tersebut sudah di tarik sama doi.

Nah jangan khawatir, fungsi dari aplikasi ini adalah merekam/menyimpan semua notifikasi yang muncul di ponsel dan kamu bisa melihat kembali notifikasi-notifikasi yang muncul, misalnya dalam kasus dm ditarik oleh pengirim ini, kamu bisa cek kembali pesan yang kamu terima sebelum ditarik oleh sipengirim lewat aplikasi ini.

Berbicara mengenai fungsi aplikasi ini, perlu diingat bahwa recent notification ini hanya menyimpan semua notifikasi aplikasi yang muncul di ponsel kamu, bukan semua aktifitas aplikasi kamu.

Beberapa fitur-fitur dari aplikasi ini seperti:

  • Setiap pemberitahuan yang muncul dikelompokkan berdasarkan aplikasi.
  • Bisa baca detil lengkap notifkasi yang muncul berdasarkan hari.
  • Cara menghapus mudah hanya dengan menggeser kekanan layar pemberitahuan yang ingin di hapus.
  • Secara otomatis dapat menghapus pemberitahuan yang lama dengan batas waktu yang di tentukan.

Cara download dan Install recent notification

Kamu bisa install gratis aplikasi ini di google playstore.

1.Kamu bisa klik link dibawah ini untuk download aplikasi recent notification yang paling baru.

Download recent notification

2. Lalu buka aplikasi tersebut di menu ponsel kamu, kamu akan di arahkan ke laman utama aplikasi, selanjutnya tap get started, lalu continue

3. Selanjutnya tap recent notification, muncul pop up permission tap saja izinkan. Kemudian back/kembali

4. Setelah itu continue, lalu tap test notification

Ok, kamu sudah berhasil masuk ke laman aplikasi. Dan sudah bisa menggunakan aplikasi ini.

Cara pakai recent notification

Untuk penggunaan beberapa tool-nya sebagai berikut:

Tools garis titik tiga jika kamu tap maka muncul beberapa opsi, yakni untuk melihat notifikasi yang terekam berdasarkan hari.

Tools Apps adalah pengelompokan pemberitahuan terbaru berdasarkan aplikasi. Bisa dilihat ada angka di bawah logo aplikasi, yang artinya jumlah notifikasi yang tersimpan.

Tool Apps
Tool Apps

Tool recent (home) pemberitahuan terbaru yang tampilan nya seperti inbox/kotak masuk pesan.

Tool home (recent)
Tool home (recent)

Tools love adalah penawaran aplikasi jika kamu ingin yang premium/berbayar 10.999 rupiah akan di tambahkan beberapa fitur.

Tool Love
Tool Love

Tools titik tiga di pojok kanan bawah beberapa opsi yang bisa kamu pilih, seperti hapus semua notifikasi atau pengaturan.

Opsi tool titik tiga di pojok kanan bawah
Opsi tool titik tiga di pojok kanan bawah

Ok, untuk penggunaannya sendiri sebenarnya mudah, tak ada yang perlu kamu setting apa2, karena aplikasi ini otomatis bekerja sendiri, yang artinya hanya menyimpan/merekam semua notifiksi yang masuk ke ponsel kamu.

Di blog ini salah seorang penulis ada yang menjelaskan penggunaan recent notification untuk membaca pesan wa yang di tarik/hapus oleh pengirimnya. Ini adalah salah satu alasan kenapa aplikasi ini masih terus digunakan orang.

Jadi gimana? Sudahkah kamu mencobanya guys, berhasil tidak?

Kesimpulan dan saran

Mungkin aku duluan yang kasih pengalaman aja atas percobaanku menggunakan aplikasi ini.

Bahwa semua aktifitas notifikasi yang muncul di ponsel bisa tersimpan semua, termasuk pemberitahuan playstore, game, kabar berita dll.

Dan benar memang ada beberapa artikel yang sudah aku baca menyebutkan bahwa bisa melihat pesan whatsapp yang sudah dihapus menggunakan aplikasi ini, tapi ketika aku coba sendiri hari ini (februari 2019), pesan whatsapp yang kehapus gak bisa dilihat genk 😥 yang bisa di lihat adalah DM instagram yang di tarik/dibatalkan oleh pengirim, pesan masuk ke Inbox gmail, Facebook Messenger, dll masih bisa di lihat walaupun ditarik/batalkan oleh pengirimnya.

Gak tau karena apa? apa karena whatsapp-nya udah update aplikasi atau memang tergantung ponsel kamu, karena aku sendiri sudah coba 2 Hp dengan tipe yang berbeda pun hasil masih sama, gak bisa berfungsi untuk liat chat whatsapp yang kehapus.

Ini beberapa capture recent notifikasi yang kesimpan di ponsel aku, ada capture dimana pesan whatsapp yang sudah di hapus, tersimpan di recent notificationnya pun sama, tidak keliatan pesan sebelum dihapusnya.

Ok kesimpulannya recent notification ini sangat berguna sekali buat kamu, sewaktu-waktu jika kamu tidak sengaja menghapus notifikasi yang muncul di ponsel dan ingin melihat nya kembali, maka kamu gak perlu bingung sudah install aplikasi ini.

Saran aku, kalau mau kamu buktikan sendiri untuk melihat whatsapp yang sudah dihapus, bisa atau tidaknya menggunakan aplikasi ini, silahkan guys.

Sekian artikel kali ini, jika ada pertanyaan, tambahan kritik dan saran, boleh di kolom komentar. Terimakasih

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan