Cara melihat pesan whatsapp yang dihapus pengirim

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Februari 11, 2020
  • Post category:Topik : Whatsapp

Whatsapp saat ini telah menjadi kebutuhan sehari hari bagi kehidupan masyarakat. Hingga saat ini fitur chatting whatsapp mengalami banyak sekali perkembangan.

Salah satu fitur Whatsapp yang sangat sering digunakan adalah fitur menghapus dan menarik kembali pesan yang sudah kalian kirim.

Hal ini sangat sering digunakan ketika kalian salah kirim pesan atau tidak yakin dengan pesan yang kalian kirim sehingga kalian merasa perlu menghapusnya sebelum orang orang membaca pesan tersebut.

Waktu penghapusannya pun cukup lama yaitu 7 menit. Semakin cepat kalian menghapus pesan tersebut maka semakin besar kemungkinan pesan kalian tidak sempat dibaca oleh orang yang kalian kirimi pesan. Namun setelah 7 menit kalian tidak lagi bisa menarik pesan tersebut.

Ketika kalian menghapus pesan tersebut maka status pesan kalian menjadi tulisan “Pesan ini telah dihapus”.

Pesan yang dihapus tersebut sudah tidak bisa dilihat baik oleh kalian maupun teman teman bicara kalian.

Kalau kita yang menghapus, mungkin tidak ada masalah, tapi kalau teman chat kita yang “menarik” pesannya kembali, ini tentu membuat kita penasaran.

Untuk menghindari rasa penasaran tersebut, kalian bisa antisipasi dengan menginstall salah satu aplikasi dibawah ini.

Syarat Untuk Dapat Melihat Pesan Whatsapp Yang Dihapus

Untuk dapat melihat pesan whatsapp yang dihapus kalian harus memiliki whatsapp versi yang paling baru. Minimal versi whatsapp yang harus kalian miliki adalah Whatsapp versi 2.17.427. Kalian bisa gunakan versi tersebut atau diatasnya lagi, kalian tidak akan bisa melihat pesan whatsapp yang dihapus jika versi whatsapp kalian dibawah versi tersebut.

Versi Whatsapp
Versi Whatsapp

Jika kalian bingung untuk mengecek versi whatsapp, kalian bisa baca caranya disini https://bukugue.com/cara-melihat-versi-whatsapp-kamu/. Intinya jika kalian sudah pakai whatsapp versi paling update dari playstore, kalian tidak perlu cek-cek versi, biasanya sudah pasti bisa digunakan.

Cara Melihat Pesan Whatsapp Yang Sudah Dihapus

Untuk melihat pesan yang dihapus kalian harus terlebih dahulu mendownload aplikasi pihak ketiga. Hal ini dikarenakan cara kerja aplikasi pihak ketiga tsbt adalah dengan merekam semua “pesan masuk” di Whatsapp.

Jadi ketika ada orang yang menghapus atau menarik pesannya diwhatsapp, data pesan tadi masih ada di aplikasi pihak ketiga tsbt. Oleh karena itu kalian tidak akan bisa melihat pesan yang dihapus sebelum aplikasi berikut di instal.

Berikut 2 pilihan aplikasi populer untuk ini, setiap aplikasi punya kelebihannya masing-masing, silahkan pilih sesuai selera.

A. Dengan aplikasi Recent Notification

Hingga saat ini aplikasi pihak ketiga yang paling stabil adalah aplikasi Recent Notification. Di bukugue.com juga sudah pernah dibahas dengan detail mengenai fitur dan kelebihan aplikasi ini, jika kalian tertarik silahkan baca halaman bukugue.com/apa-itu-recent-notification/.

Berikut cara setting aplikasi recent notification di HP kalian.

1. Install dulu aplikasinya dari playstore disini play.google.com/store/apps/details?id=com.libin.notification&hl=en
2. Buka aplikasi recent notification dan tap “Get started”.

Halaman awal recent Notofikasi

3. Dihalaman setup aplikasi ini, kalian akan diminta untuk melakukan pengaturan awal.Tap saja “Continue”.

tap continue

4. Selanjutnya kalian akan dibawa ke pengaturan perizinan akses notifikasi atau “Notification access” seperti dibawah ini. Cari nama aplikasi “Recent Notification” lalu aktifkan slide birunya.

Slice kanan pada aplikasi

5. Setelah itu akan muncul pop up berisi penjelasan akses tsbt, pilih “Allow” untuk melanjutkan.

Tap Allow

6. Kalian akan dibawa kembali ke aplikasi “recent notification”, disini kalian pilih “Continue”

Tap Continue

7. Terakhir kalian diminta untuk testing, tap saja “Test Notification”.

Test Notification

8, Selesai, seharusnya setelah test tadi kalian bisa lihat notifikasi di ponsel kalian direkam oleh aplikasi recent notification.

Mulai dari saat ini, semua notifikasi akan direkam dan muncul pada aplikasi, baik itu pesan yang sudah dihapus maupun pesan yang belum dihapus. Kalian bisa melihat pesan yang sudah dihapus melalui aplikasi ini.

B. Dengan aplikasi Whatsremoved+

Whatsremoved merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam semua pemberitahuan yang masuk di Smartphone. Tidak hanya whatsapp, kalian juga bisa melihat notification dari berbagai aplikasi seperti Telegram atau aplikasi chatting lainnya.

Aplikasi Whatsremoved+ merupakan aplikasi yang berjalan secara otomatis di Background. Aplikasi ini akan selalu aktif, jadi kalian tidak perlu khawatir, karena semua pesan kalian bisa direkam oleh aplikasi ini.

1. Install dulu aplikasinya dari playstore disini play.google.com/store/apps/details?id=color.dev.com.whatsremoved&hl=en
2. Buka aplikasinya, lalu tap “Accept” untuk menyatakan bahwa kalian setuju.

Masuk ke Aplikasi

3. Sama seperti saat pengaturan awal aplikasi recent notification, kalian disini akan di redirect ke “Notification access” seperti dibawah ini. Aktifkan tombol navigasi disebelah kanan “whatsremoved+” untuk melanjutkan

Slice ke kanan untuk mengaktifkan notifikasi

4. Biasanya akan ada permintaan persetujuan dari system android kalian, tap saja “allow” . Jika tidak muncul, kalian biasanya langsung dibawa ke langkah berikutnya.

5. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin kalian sinkronkan ke Whatsremoved+, dalam hal ini kita pilih aplikasi whatsapp, jika sudah tap “NEXT”.

aktifkan Aplikasi

6. Selanjutnya kalian akan ditanya apakah kalian ingin menyimpan file yang di hapus, ini misalnya kalian tetap ingin foto yang dihapus di pesan whatsapp kalian bisa kalian lihat di whatremoved+ ini, silahkan pilih sesuai kebutuhan. Disini saya pilih “Yes, Save files”.

Pilih Save
Pilih Save

7. Setelah itu muncul pop up perizinan seperti dibawah, pilih saja “Allow” untuk memberi izin.

Tap Allow

8. Semua tahap pengaturan awal sudah selesai kalian lakukan, untuk selanjutnya jika ada pesan whatsapp yang dihapus, kalian bisa cek langsung ke halaman “show everything” di tab “whatsapp” didalam aplikasi “whatsremoved” seperti gambar dibawah ini.

Pesan Terhapus Berhasil Dibaca

Itulah bagaimana cara melihat pesan whatsapp yang sudah dihapus, kalian harus menggunakan aplikasi yang merekam seluruh data percakapan, sehingga saat ada pesan yang di tarik kembali ataupun yang tidak sengaja terhapus, bisa diakses dan dilihat melalui aplikasi diatas.

Sekian pembahasan kali ini, jika ada saran ataupun pertanyaan, jangan segan untuk menambahkannya dikolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan