Cara menghilangkan centang 2 di whatsapp (selalu centang 1)

Whatsapp adalah salah satu aplikasi pesan instan/aplikasi chatting yang hampir seluruh pengguna ponsel pintar memilikinya. Walaupun ada beberapa aplikasi pesan instan yang lain seperti Telegram, Line atau BBM dll, tapi tetap saja WhatsApp menjadi yang terpopuler di antara mereka.

Selain ringan dan simple digunakan, whatsapp juga memiliki beberapa fitur menarik didalamnya, seperti bisa mengirim beberapa file berupa video, foto, dokumen dan media lainnya hanya melalui pesan/chat. Selain itu fitur yang ada dalam chat, seperti mengarsipkan pesan, pin chat, sistem privacy seperti last seen pesan (terakhir dilihat) fitur tersebut menandakan bahwa pengguna whatsapp tersebut masih online beberapa jam/hari terakhir. Second blue ticks (dua ceklis biru ) menandakan bahwa pesan kamu telah terbaca, sebagai pengguna setia whatsapp jelas kamu sudah mengetahui hal ini ya guys.

Kadang kala ada beberapa orang yang kerap kali menyembunyikan fitur last seen dan tanda ceklis biru di chat whatsappnya. Mungkin salah 1 alasannya adalah ketika adanya pengaturan chat seperti itu mengharuskan kamu membalas pesan padahal kamu lagi malas atau sibuk untuk hal itu. Ada sebagian dari kamu menyembunyikan second blue ticks atau last seen kerap kali masih kurang akurat, dalam artian teman kamu masih mengetahui jika kamu memang sedang online dan sudah membaca pesannya.

Maka dari itu, ada sebagian dari kamu juga yang sudah mencoba membekukan terakhir dilihat atau terlihat offline masih saja kurang. Maka aku punya cara buat kamu guys, biar si doi ga terus-terusan nungguin chat dari kamu, jadi kamu bisa fokus sama kerjaan kamu dan bisa membalasnya jika kamu sudah merasa senggang waktu ๐Ÿ˜‰

Menggunakan WhatsApp Mod/ GBWhatsApp

Ok, sebelum kita melangkah, ada beberapa pengertian yang harus kamu tahu bahwa aplikasi GBWhatsapp ini adalah aplikasi Wa yang sudah di modifikasi dan tidak ada di playstore, jadi ketika kamu ingin menginstall harus dengan izin pengaturan sumber aplikasi selain dari playstore di HP.

Selain itu, jika kamu ingin menggunakan nomor yang sama dengan login kamu di aplikasi WA original, ada baiknya terlebih dahulu kamu back up/cadangkan chat whatsapp kamu, ini bertujuan untuk memudahkan kamu mengembalikan data2 di WA original kamu dan bisa ter-restore ke aplikasi GBWhatsApp.

Untuk memasang aplikasi wa mod ini. Kamu bersihkan semua data aplikasi whatsapp atau jika kamu berkenan uninstall WA original kamu. Tujuannya agar nanti kamu bisa masuk di aplikasi WA Mod.

Tapi kalau kamu pakai nomor baru, bukan nomor yang ada di WA original kamu, maka tak perlu bersihkan data/uninstall aplikasi original. Oh ya, HP aku berbahasa Inggris nanti kamu tinggal menyesuaikan saja, langsung aja aku kasih tau caranya:

  • Pertama, silahkan kamu downlod GBWhatsApp melalui link ini. Silahkan tunggu proses unduh hingga selesai.
Laman link download GBWhatsApp
Laman link download GBWhatsApp
  • Setelah terunduh dan terinstall, buka aplikasi GBWhatsApp di menu HP kamu, logo sama seperti WA original hanya saja tertulis FMWhatsApp2.
Buka aplikasi GBWhatsApp
Buka aplikasi GBWhatsApp
  • Selanjutnya tap saja Agree and continue.
Tap agree and continue
Tap agree and continue
  • Masukkan nomor ponsel pribadi kamu, sebelumnya jika kamu ingin restore data yang sudah kamu backup di WA original, tap dulu Copy WhatsApp data, lalu tap next. Kemudian kamu diarahkan konfirmasi nomor ponsel, tap saja Ok.
  • Cek ponsel kamu, apakah ada SMS masuk berisi kode verifikasi, jika ada copy/ketik kode 6 digit tersebut.

    Masukkan kode verifikasi
    Masukkan 6 digit kode verifikasi

  • Kemudian diarahkan ke laman restore data, tap restore. Tunggu proses hingga selesai 100% lalu tap next.
  • Ok sampai di tahap ini akun kamu sudah login di GBWhatsApp.ย  Edit nama profil Wa kamu atau tap saja next.

    Edit nama profil atau tap next
    Edit nama profil atau tap next

  • Kemudian di arahkan ke laman Google drive backup, seperti yang sudah aku jelaskan di awal bahwa tidak bisa backup data di GBWhatsApp ini. Pilih saja Never lalu tap done. Setelah itu muncul pop up informasi mengenai aplikasi ini. Tangsung tap saja close.
  • Setelah itu ke laman chat whatsapp, kamu tap tool titik tiga di pojok kanan atas. Lalu pilih FouadMods.
  • Kamu di arahkan kelaman setting/pengaturan khas dari WA Mod ini, pilih Privacy, lalu scroll keatas kamu pilih contacts (kontak).
  • Masuk ke pengaturan chat kontak, tap kotak kecil sampai terceklis, pilih Hide blue ticks dan hide second ticks (sembunyikan dua ceklis biru dan dua ceklis). Lalu akan ada notifikasi Attention yang intinya, jika menggunakan mode ini akan menimbulkan resiko pesan bisa jadi terkirim atau pesan tertunda/telat terkirim. Jika kamu setuju konsekuensi ini silahkan tap Ok.
  • Setelah selesai mengubah peraturan chat, maka silahkan kamu restart.
Tsp restart FMWhtasApp2
Tsp restart FMWhtasApp2

Selesai cara ini, pesan kamu akan terlihat ceklis satu di whatsapp doi walaupun kamu sedang online atau sudah membaca pesannya, lebih akurat dan benar2 tak terihat jika kamu sedang online adalah bekukan pengaturan last seen kamu. Silahkan kamu coba chat teman/ saudara kamu. Aku kasih contoh capture chat aku.

Kesimpulan dan saran

GBWhatsApp by FouadMod ini adalah aplikasi non resmi dari WA original yang sudah di modifikasi sedemikian rupa dan banyak tambahan fitur berguna yang tidak ada di WA original, semua itu bertujuan untuk kenyamanan penggunanya.

Tapi perlu di ingat seperti yang aku udah jelasin diatas, bahwa aplikasi yang kamu install bukan bersumber dari playstore maka memilliki konsekuensinya sendiri, tapi jikalau kamu sudah yakin akan hal itu, silakan gunakan saja aplikasi ini.

Aku juga mau ingetin ke kamu, bahwa aplikasi WA Mod ini tidak bisa backup/cadangkan chat kamu. Jadi setelah pakai aplikasi wa mod, dan ingin balik ke aplikasi original, itu bisa dilakukan, tapi wa mod ga bisa dibackup data, jadi nanti pas balik ke aplikasi original, data dari wa mod tidak bisa direstore ke wa original.

Kemudian, mengenai cara yang udah aku tulis itu, real sudah aku coba sendiri beberapa hari ini pake aplikasi itu guys. Gak ada kendala selama aku pakai buat chatting-an, banyak di bantu oleh fitur2 pengaturan modifikasi didalamnya yang tentu gak ada di WA original. Kalau kamu penasaran boleh di coba install, kalau takut ada apa-apa sama nomor pribadi kamu di Wa Original, saran aku sih kalau buat percobaan aja kamu bisa gunakan nomor lain untuk mendaftarkan/login ke apliaksi FMWhatsApp ini.

Semoga berhasil dan bermanfaat tutorialnya, jika ada tambahan atau pertanyaan boleh komentar di bawah ya. Sekian terimaksih.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    Aku kok tetep gabisa ya min๐Ÿ˜‚

    1. Avatar

      ini pake whatsapp mod mba.. kalau mba pake harusnya bisa.. cuma sayangnya sekarang wa mod sudah di banned.. jadi resiko tinggi kalo pake wa mod…

Tinggalkan Balasan