Apa sih WhatsApp Mod itu?

Berbicara mengenai whatsapp, aplikasi chatting yang sampai saat ini masih menjadi terpopuler di antara aplikasi chatting lainnya. Dengan tampilan yang simple, ringan dan mudah digunakan dan selalu upgrade sistem yang selalu memudahkan penggunanya.

Tapi, mungkin sebagian dari kamu ada yang merasa bosan, ketika tampilan WhatsApp monoton gitu2 aja, tanpa bisa mengganti tema layaknya seperti telegram, fitur yang mungkin memang masih kurang banyak menurut kamu sebagai pengguna aktif aplikasi chatting nomor 1 ini.

Ada kalanya fitur default whatsapp ini masih kurang akurat atau kurang memuaskan buat kamu, seperti jika kamu tetap ingin online tapi terlihat offline, menghilangkan centang dua selalu terlihat centang 1 walaupun online atau pesan yang tidak dapat dihapus pengirim, sayang sekali semua fitur tersebut tidak tersedia di setting default whatsapp resmi.

Ok untuk kamu yang selalu ingin setia menggunakan whatsapp tetapi tetap ingin fitur ataupun setting-an sistem yang hampir sempurna mengikuti keinginan kamu. Aku punya solusi dari kegundahan kamu ini.  Sudahkah mendengar Whatsapp Mod atau bahkan kamu sudah pernah mencobanya? Beberapa artikel di blog ini sudah ada yang menyinggung tentang aplikasi tersebut.

1. Apa sih WhatsApp Mod itu?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu kenal lebih dulu apa itu whatsapp mod? kalau pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang, tak ada uang abang ku tendang (eeiitz melenceng jauh banget 😆 ) oke balik ke laptop.

Pengertian sederhananya WhatsApp Mod adalah aplikasi whatsapp non resmi yang telah dimodifikasi serupa dengan whatsapp resmi dengan tambahan fitur2 menarik yang tidak ada di whatsapp resmi. Untuk mendownloadnya yang jelas bukan dari playstore melainkan dari website modder wa tsbt.

Kalau gitu berarti gak aman donk? jangan khawatir nanti dibawah aku jelasin lebih menjabar mengenai kelebihan, keamanan, keuntungan dll dari aplikasi ini. Gak hanya 1 macam aplikasi WhatsApp Mod ini guys, banyak sekali jenis aplikasi populer ini yang masing2 telah memiliki brand/label dengan developer masing2.

Admin note : Seperti yang teman-teman tau, wa resmi itu ada update secara regular, nah yang jadi masalah, kalau wa resmi itu update, maka wa mod ga bisa otomatis update, tapi tunggu dulu modder/developer, untuk memodifikasi wa resmi versi terbaru ini dan mengeluarkan versi mod mereka masing-masing.

2. Jenis dan perbedaan WhatsApp Mod

Mungkin kamu pernah dengar GBWhatsApp atau WhatsApp plus? nah, semua itu termasuk dari jenis WhatsApp Mod ini. Untuk WhatsApp Mod sendiri ada yang versi WhatsApp Mini Mods dengan size 20 MB yakni Wa yang di modifikasi khusus untuk HP yang mempunyai ROM minim. Beberapa jenis WhatsApp Mod adalah sebagai berikut:

  1. WhatsApp +
  2. GB WhatsApp
  3. YO WhatsApp
  4. WhatsApp MA
  5. WhatsApp Trasnparent
  6. WhatsApp Prime

Beberapa jenis WhatsApp Mini Mod, yakni:

  1. WhatsApp B58 Mini
  2. Whatsapp X Mini
  3. GBWhatsapp Mini

Masih banyak beberapa jenis lainnya lagi dan disetiap jenis WhatsApp Mod itu punya versi masing-masing.

Untuk perbedaan di antara whatsapp Mod tersebut sebenarnya sekilas tidak banyak yang berbeda dari segi fitur dan juga setting-an nya, seperti halnya yang aku udah coba install 2 aplikasi whatsapp mod yang berbeda jenis, FMWhatsApp by developer Fouad dengan YO WhatsApp by developer Yousefalbasha.

Hanya saja dari beberapa aplikasi modifikasi tersebut perbedaannya mengenai tema yang tersedia, perbedaan version, nama dan jenisnya seperti YOWhatsApp, GBWhatsApp, FMWhatsApp dan lain-lain.

Pada intinya, aplikasi whatsApp Mod semua hampir sama, jadi kamu tidak perlu terlalu bingung memilihnya. Dan 1 lagi, aplikasi whatsapp Mod dapat diinstall bersama dengan whatsapp resmi dalam 1 HP.

3. Cara download dan install Whatsapp Mod

Perlu diingat bahwa aplikasi ini adalah non resmi yang perlu izin penginstall-an aplikasi bersumber dari selain playstore. Jadi jangan lupa untuk mengubah setting-an HP kamu. Jika sudah, maka kamu dengan mudah menginsatall aplikasi Mod ini. Langsung aja simak caranya:

1. Kunjungi link official WhatsApp Mod untuk download versi paling baru

Untuk link tersebut, aku punya 3 beberapa referensi website dan link yang bisa kamu akses untuk mengunduh aplikasi WhatsApp Mod.

Link langsung menuju ke download, 2 link ini aku rekomendasikan buat kamu yang baru mau coba pake aplikasi whatsapp mod ini, biar gak bingung milih, yakni:

(Note : link download wa diatas di update maret 2019. Bisa jadi saat kamu baca ini, udah ada versi yang paling baru, kamu bisa install versi yang ada ini dulu, nanti baru update ke versi yang paling baru)

2. Download hingga proses selesai

Download ini kamu memerlukan konektifitas jaringan internet yang bagus, agar proses download tidak ter-pause. Kurang lebih memerlukan waktu 10-15 menit tergantung size pengunduhan. Jelas waktu pengunduhan lebih lama dibandingkan dari playstore. Tap download, jika ada pop up attention seperti gambar dibawah ini, maka Ok saja. Tunggu hingga proses selesai.

3. Install aplikasi WhatsApp Mod yang telah terunduh

Jika ada laman seperti ini next saja. Kemudian tunggu hingga proses selesai. Jika sudah tap buka/open.

4. Buka aplikasi wa tsbt di menu HP. Lalu tap saja agree and continue.

5. Selanjutnya masukkan nomor HP, Verifikasi kode dan kemudian edit nama profil

Langkah sama seperti login akun whatsapp resmi. Setelah berhasil masuk, jika ada pop up/notifikasi seperti ini. Tap skip, kemudian Ok.

WhatsApp Mod kamu siap digunakan.

Jika sebelumnya kamu menggunakan nomor HP kamu di WhatsApp resmi, maka ada baiknya kamu backup/cadangkan chat/data whatsApp resmi kamu terlebih dahulu, berjaga-jaga apabila penginstall-an aplikasi WhatsApp Mod mengalami kendala.

4. Backup dan Restore

4.1 Dari wa resmi ke wa mod

A/N : Disini kamu di anggap udah melakukan proses backup sebelumnya. Sehingga kita akan mulai dari proses restore saja.

Untuk memulihkan (restore) riwayat chat dari whatsapp resmi ke WhatsApp Mod bisa dilakukan dengan cara berikut ini. Pertama, buka aplikasi wa mod seperti biasa, setuju dan lanjutkan.

1. Masukkan nomor jangan lupa tap copy whatsapp data, kemudian verifikasi kode.

3. Setelah itu tap restore, tunggu hingga proses selesai.

Tao Restore
Tao Restore

Kamu tidak akan kehilangan riwayat chat yang sudah kamu cadangkan di whatsapp resmi.

Jangan khawatir, whatsapp modifikasi ini bisa backup data kamu hanya saja bukan melalui google drive. Bisa memulihkan data kamu kembali tapi hanya di whatsapp modifikasi yang kamu gunakan tersebut bukan whatsApp resmi. Jadi jika kamu ingin kembali menggunakan whatsapp resmi maka restore data hanya yang terakhir kamu cadangkan sebelum menggunakan whatsapp Mod.

A/N : Intinya, kalau mau mindahin data chat (backup chat) bisa dilakukan dari wa resmi ke wa mod, dan wa mod ke wa mod, sedangkan dari wa mod ke wa resmi itu ga bisa. CMIIW

4.2 Dari wa mod ke wa mod

Untuk setting backup/cadangkan chat di whatsApp Mod memang berbeda. Caranya:

  1. Dilaman beranda chat, tap titik tiga dipojok kanan atas.
  2. Kemudian pilih FouadMod, GBMod atau YoWa dll. Semua hampir sama setiap WhatsApp Mod.

Tap FouadMod
Tap FouadMod

3.Setelah itu scroll layar ke atas, pilih menu Other Mods.

Pilih Menu Other Mod
Pilih Menu Other Mod

4.Lanjut scroll lagi sampai ada pilihan backup whatsapp data. Tap saja, tunggu hingga proses selesai

Cara Restore/memulihkan chat whatsapp Mod.

  1. Buka aplikasi WhatsApp Mod kamu.
  2. Kemudian bagian awal laman, tap restore. Tunggu hingga proses selesai. Mudah bukan?

5. Fitur-fitur WhatsApp Mod

Dari semua jenis WhatsApp Mod memiliki fitur2 yang hampir semuanya sama dan banyak banget fitur2 tersebut guys, disini aku sebutin beberapa saja seperti:

  • Menu privacy, ada fitur bekukan terakhir dilihat, anti delete pesan, sembunyikan centang 2 dan lainnya.
  • Menu Yo Theme, kamu bisa download berbagai macam tema. Tapi kalau kamu gak mau ribet ngedownload, bisa pake cara ubah warna saja di menu universal.
  • Menu Universal, bisa ubah warna status bar, background menggunakan foto kamu.  Bisa juga ubah Font Style, +50 font (huruf)  yang tersedia, jadi gak monoton menggunakan default font dll.
  • Menu Conversation screen (layar chat), ada fitur ubah Buble style seperti menjadi BBM, Telegram atau line dll.
  • Menu Password adalah untuk keamanan whatsapp kamu.
  • Status saver (penyimpanan status) jadi kamu gak perlu install lagi aplikasi pihak ke tiga.
  • Status video yang bisa mencapai kurang lebih 45 detik bahkan 5 menit (tapi yang bisa melihat hanya pengguna whatsapp mod juga)

Masih banyak lagi fitur-fitur yang menarik yang gak bisa aku jabarin satu persatu, bisa kamu coba-coba ya guys.

Biar ga bosen dengan tampilan whatsapp yang itu2 aja. Apalagi setiap hari kamu selalu pantengin Whatsapp kamu.

Nah untuk cara ubah pengaturannya bagaimana? Dibawah ini aku jelasin caranya.

6. Cara Setting fitur-fitur WhatsApp Mod

Jika hanya dilihat tampilan laman beranda chat, story atau profil memang tak banyak berbeda dengan WhatsApp resmi.

Lantas dimana fitur-fitur whatsapp mod ini? Ok disini aku kasih tau caranya:

1. Silahkan ke beranda chat, kemudian tap titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian lihat ada beberapa menu yang berbeda, tap saja FouadMod, GBMod atau YoWa dll. Semua hampir sama setiap WhatsApp Mod.

2. Di laman tersebut banyak opsi pengaturan, misalnya pilih menu Privacy, Universal, Home screen dll.

Tap Menu privacy
Tap Menu privacy

3. Nah disini kamu bisa pilih berbagai macam setting-an privacy. Seperti bekukan last seen, sembunyikan status terlihat, anti-delete pesan dan lain-lain.

Opsi setting privacy
Opsi setting privacy

Setelah mengubah pengaturan, jangan lupa restart Wa Mod. Kembali ke laman chat, tap titik tiga. Tap restart FMWhatsApp2, YO WhatsApp atau GB WhatsApp. Tergantung kamu menggunakan aplikasi whatsapp Mod yang mana.

Tap Restart FMWhatsApp2
Tap Restart FMWhatsApp2

Mudah bukan? Kamu bisa mencoba sendiri bagaimana mengubah pengaturan dari setiap menu yang tersedia sesuai keinginan kamu. Nantinya whatsapp kamu bakal jadi menarik dan lebih keren.

7. Bahaya dan Keuntungan WhatsApp Mod

Apakah bahaya atau aman menggunakan aplikasi yang diunduh bersumber selain dari playstore? jelas terbesit pertanyaan seperti itu dibenak kamu ya guys.

Ok jawabannya gak bahaya dan aman, karena pengupload-an data unduhan di google drive jadi aman untuk di download. Kemudian aplikasi ini tidak terdeteksi Malware (perangkat lunak berbahaya). Ko tau kalau gak ada? Iya, karena waktu aku install ke Hp, gak ada pop up atau notifikasi bahwa aplikasi ini mengandung perangkat lunak yang berbahaya, jika sebaliknya maka uninstall saja.

Admin note : Jujur, aku sendiri belum pernah pake wa mod. Mungkin nanti aku cobain. Tapi kalau ngomong keamanan, aku udah coba baca beberapa sumber, dan dari yang aku baca, aplikasi modded itu bisa dipakai memang, tapi selalu ada inherent risk. Resiko selalu ada. Aku sendiri pernah punya blog yang di hack sampe hancur, blog ini juga pernah di sisipi malware, kena brute force hack hampir setiap hari. Ada hacking yang berhasil, ada juga hacking yang gagal. Tapi sekalinya berhasil, pertama blog hancur, hacking kedua, untung pihak hosting cepat ngelakuin tindakan. Disini aku ga niat nakut2in, tapi kalau perangkat tersebut “penting”, entah itu hp ataupun laptop, atau server, atau blog, atau apa aja, yang terkait sama “uang” dan “data penting”, maka pikir-pikir lagi untuk keamanannya.

Tapi aku jamin aman, karena aku sampe sekarang masih pengguna whatsapp mod dan Hp ku masih fine aja. Oh ya, selain itu aku saran-in buat kamu yang punya Hp dengan ROM minim, ingin menggunakan whatsapp mod, silahkan unduh yang whatsapp mini mod dengan size kurang lebih 20MB. Agar menghindari Hp ng-hang/lelet. 

Keuntungan menggunkan aplikasi ini apa? Wah jelas ada untungnya.

  • Pertama, kamu bisa install aplikasi ini bersama dengan whatsapp resmi, jadi kamu bisa menggunakan 2 akun whatsapp berbeda dalam 1 Hp tanpa harus download perangkat lain seperti multiple akun.
  • Selain itu, ada beberapa whatsapp mod yang bisa kamu unduh dan install bersama dengan whatsapp mod lainnya, seperti FMWhatsapp dan YoWhatsapp, dan kamu ga hanya punya 2 akun, tapi juga 3 dan selebihnya.
  • Ada lagi keuntungan lainnya yakni, kamu bisa gunakan dan ubah fitur2 menarik yang tersedia di whatsapp mod ini, yang jauh lebih banyak fitur yang di modifikasi dibandingkan dengan whatsapp resmi, guna whatsapp kamu lebih menarik dan ga monoton gitu2 aja.
  • Untuk penggunaan kuota datanya boros gak? Sama seperti penggunaan whatsapp resmi ko. Jika misal mendapatkan kuota gratis atau ada pembagian kuota khusus untuk aplikasi whatsapp jangan khawatir, kamu masih bisa menggunakan whatsapp mod ini.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah aku tulis di atas, kamu jadi bisa lebih tahu apa itu whatsapp mod ya. Jika berkenan dan mau coba2, silahkan install dan bisa merasakan sendiri keuntungan menggunakan aplikasi tersebut.

Kamu yang sudah pernah menggunakan aplikasi ini, aman kah atau ada kendala? bisa share di kolom komentar pengalaman kamu. Apapun aplikasi yang kamu unduh gunakan dengan baik dan bijak ya.

Ada pertanyaan atau tambahan bisa di kolom komentar, sekian. Terimakasih

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan