Cara agar chat whatsapp tidak bisa di hapus pengirim

Semangat pagi reader, semoga hari ini lebih baik dari kemarin ya.

Ngomongin soal WhatsApp, aplikasi chatting ini udah gak asing ditelinga kita pastinya ya guys. Aplikasi yang turut mempermudah kita dalam berkomunikasi, berinteraksi  dan berbagi. Dengan fitur default yang mudah digunakan membuat para penggunanya enggan untuk bermigrasi ke aplikasi chatting lain, walaupun pada hakikatnya ada aplikasi chatting yang lebih unggul dari WhatsApp, seperti Telegram.

Masih membahas mengenai WhatsApp, tak hanya Instagram saja yang memiliki fitur batalkan chat direct message/DM, tapi juga belum lama ini menurut sumber berita yang beredar pada tahun lalu whatsapp resmi merilis fitur tarik pesan terkirim/hapus pesan chat untuk semua orang (delete for everyone) yang mempunyai selang waktu kurang lebih 7 menit. Dari fitur baru tersebut mungkin ada sebagian dari kamu yang belum mengetahuinya, nanti di bawah aku jelasin sekilas cara menghapus chat untuk semua orang.

Mengenai fitur hapus chat tersebut ada sebagian dari pengguna yang merasa terbantu ketika salah ketik pesan atau salah kirim pesan jadi pesan bisa di tarik kembali atau di hapus.

Tapi kadang kala ketika kamu menjadi penerima pesan, ada notifikasi  inbox whatsapp di HP, waktu di buka malah isinya hanya pesan telah dihapus, kesel kan pasti, buat penasaran aja. Apa lagi si doi yang katanya lagi kamu deketin chat yang udah di tunggu2 malah di hapus, sabar ini ujian 😆

Di blog ini juga ada artikel mengenai cara lihat pesan WA yang sudah dihapus. Tapi ada gak caranya biar doi atau orang2 yang kirim pesan ke kamu gak bisa hapus pesan? Ok, itu yang mau aku kasih ke kamu caranya guys, kalau aku bilang sih anti delete, caranya gampang dan pasti berhasil.

Cara menarik atau membatalkan pesan WhatsApp

Sebelum ke inti pembahasan, buat kamu yang belum tau caranya hapus/tarik pesan whatsapp, sekilas aku kasih tau caranya dulu, seperti ini:

Pertama, buka aplikasi WhatsApp kamu.

Masuk ke chat mana yang mau kamu hapus, syaratnya adalah jarak pengiriman pesan tersebut kurang lebih 7 menit ya. Pilih chat yang akan kamu hapus, kemudian tap and hold (sentuh dan tekan) salah 1 percakapan yang ingin kamu hapus, sampai muncul opsi hapus, pilih saja delete for everyone. Lalu Ok.

Pesan kamu telah berhasil di hapus. Seperti ini contoh capturenya.

Ok berdasarkan contoh yang udah aku kasih tadi, jadi kamu sudah tahu bahwa pesan tersebut telah terhapus di chat penerima dengan indikasi bahwa pesan telah terhapus.

Cara agar pesan yang sudah kamu terima tidak bisa ditarik lagi

Baiklah aku lanjut pembahasannya. Jika memang pesan terhapus, maka tertulis pesan anda telah di hapus seperti capture di atas, tetapi tutorial kali ini, buat whatsapp kamu anti delete, yang artinya walaupun pengirim telah menghapus chat for everyone dan di beranda percakapan dia pun sudah tertulis bahwa pesan terhapus, tapi tidak dengan WhatsApp kamu.

Sebelumnya, harus mendownload dulu aplikasi mod WA, salah satu yang biasa digunakan adalah GBWhatsApp.

Sekilas tentang WA mod adalah WhatsApp non resmi bersumber selain dari playstore yang telah di modifikasi, banyak fitur didalamnya yang tidak ada di WA resmi dan tampilan pun hampir seluruhnya sama dengan WA original.

Silahkan unduh klik link ini, dan kemudian install aplikasi GBWhatsApp/WA Mod di Hp kamu. Jika kamu bingung caranya download dan login akun, selengkapnya bisa baca artikel yang aku tulis juga. Nanti tertera diartikel itu aku jelasin konsekuensinya aplikasi ini.

Setelah masuk akun WA kamu ke aplikasi GBWhatsApp ini, silahkan ke beranda chat. Tap tool titik tiga di pojok kanan atas.

Beranda chat, tap tool titik tiga di pojok kanan atas
Beranda chat, tap tool titik tiga di pojok kanan atas

Kemudian pilih FouadMods.

Tap FouadMod
Tap FouadMods

Selanjutnya, ke laman setting khas GBWhatsApp. Lalu  tap privacy.

Laman Setting GBWhatsApp, pilih setting Privacy
Laman Setting GBWhatsApp, pilih setting Privacy

Scroll keatas, opsi chat, Tap kotak kecil samping Anti-delete Messages sampai terceklis (yang berbahasa Indonesia menyesuaikan ya).

Scroll ke atas, lalu tap kotak kecil di samping tulisan Anti-delete Message sampai terceklis
Scroll ke atas, lalu tap kotak kecil di samping tulisan Anti-delete Message sampai terceklis

Lalu back/kembali ke laman chat, tap lagi tool titik tiga pojok kanan atas, tap restart FMWhatsApp2.

Tap restart FMWhatsApp2
Tap restart FMWhatsApp2

Jangan lupa, ketika kamu telah selesai mengubah pengaturan apapun di FouadMods mohon di restart terlebih dahulu, dengan cara seperti diatas.

Ini aku kasih contoh caputurenya.

Capture chat pengirim
Capture chat pengirim
Capture chat penerima
Capture chat penerima

Terlihat di capture chat penerima (anti-delete whatsapp) bahwa ada tanda seperti pesan sudah dihapus, tetapi tetap masih ada pesannya. Selesai sudah caranya guys, mudah bukan?

Kesimpulan dan saran.

Aplikasi ini serupa tapi tak sama ya, jelas lebih aman kamu gunakan WhatsApp resmi yang di unduh bersumber dari playstore, karena bisa di backup/cadangkan data juga. Dan ada konsekuensi nya sendiri ketika kamu pake/install aplikasi non resmi. Kalau kamu siap akan hal itu silahkan coba install saja.

Disini aku kasih sedikit pengalaman aja, aku beberapa hari ini, aman aja pake aplikasi ini, banyak banget fitur yang membantu, seperti ada popup online yang muncul di setiap kontak yang sedang online, bisa save foto/video story tanpa tambahan aplikasi, semua yang ada di WA original ada juga di GBWhatsApp ini, jadi kamu ga akan ngerasa kehilangan :-D. Kecuali hal ini, yakni gak bisa backup data ke google drive, tapi kalau ini ga masalah buat aku, karena jarang banget ada hal yang penting dikirim di via WA, kalau pun ada media yang penting didalamnya, langsung aku kirim/share ke salah 1 kontak telegram, biar bisa ke simpan dan lebih sefety. Semua tergantung kamu ko, mau coba dipake beberapa hari juga boleh. Silahkan aplikasikasikan tutorial ini di HP kamu, semoga membantu.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan