Cara Agar Chat WhatsApp Tidak Bisa Dihapus atau Ditarik Pengirim

WhatsApp punya fitur untuk menghapus/menarik pesan yang sudah dikirim ya. Jika kita salah ketik atau salah kirim, kita punya waktu hingga 2 hari untuk menarik pesan tsbt sehingga hilang dari HP penerima.

Fitur yang sangat berguna ya.

Namun yang jadi masalah adalah kalau orang lain yang menggunakan fitur tsbt ke kita, dan kita belum sempat membaca pesan yang mereka tarik tsbt.

Nah jika kamu tetap ingin bisa membaca pesan yang ditarik tsbt, kamu bisa melakukannya. Inilah yang akan dibahas ditulisan kali ini.

Ada dua metode setidaknya untuk hal ini, pertama menggunakan aplikasi WhatsApp mod, kedua dengan aplikasi recent notification.

Langsung saja, kita bahas satu-satu.

Cara agar pesan yang sudah kamu terima tidak bisa ditarik lagi via WhatsApp Mod

Baiklah aku lanjut pembahasannya. Jika memang pesan terhapus, maka tertulis pesan anda telah di hapus seperti capture di atas, tetapi tutorial kali ini, buat whatsapp kamu anti delete, yang artinya walaupun pengirim telah menghapus chat for everyone dan di beranda percakapan dia pun sudah tertulis bahwa pesan terhapus, tapi tidak dengan WhatsApp kamu.

Sebelumnya, harus mendownload dulu aplikasi mod WA, salah satu yang biasa digunakan adalah GBWhatsApp.

Sekilas tentang WA mod adalah WhatsApp non resmi bersumber selain dari playstore yang telah di modifikasi, banyak fitur didalamnya yang tidak ada di WA resmi dan tampilan pun hampir seluruhnya sama dengan WA original.

1. Silahkan unduh klik link ini, dan kemudian install aplikasi GBWhatsApp/WA Mod di Hp kamu. Jika kamu bingung caranya download dan login akun, selengkapnya bisa baca artikel yang aku tulis juga. Nanti tertera diartikel itu aku jelasin konsekuensinya aplikasi ini.

2. Setelah masuk akun WA kamu ke aplikasi GBWhatsApp ini, silahkan ke beranda chat. Tap tool titik tiga di pojok kanan atas.

3. Kemudian pilih FouadMods.

4. Selanjutnya, ke laman setting khas GBWhatsApp. Lalu  tap privacy.

5. Scroll keatas, opsi chat, Tap kotak kecil samping Anti-delete Messages sampai terceklis (yang berbahasa Indonesia menyesuaikan ya).

6. Lalu back/kembali ke laman chat, tap lagi tool titik tiga pojok kanan atas, tap restart FMWhatsApp2.

7. Jangan lupa, ketika kamu telah selesai mengubah pengaturan apapun di FouadMods mohon di restart terlebih dahulu, dengan cara seperti diatas.

Ini hasilnya saat pesan dihapus oleh pengirim, tidak akan hilang sama sekali.

Terlihat di capture chat penerima (anti-delete whatsapp) bahwa ada tanda seperti pesan sudah dihapus, tetapi tetap masih ada pesannya. Selesai sudah caranya guys, mudah bukan?

Melihat pesan yang sudah dihapus dari catatan notifikasi di Recent Notification

Di bukugue.com juga sudah pernah dibahas dengan detail mengenai fitur dan kelebihan aplikasi ini, jika kalian tertarik silahkan baca halaman bukugue.com/apa-itu-recent-notification/.

Berikut cara setting aplikasi recent notification di HP kalian.

1. Install dulu aplikasinya dari playstore disini play.google.com/store/apps/details?id=com.libin.notification&hl=en
2. Buka aplikasi recent notification dan tap “Get started”.

3. Dihalaman setup aplikasi ini, kalian akan diminta untuk melakukan pengaturan awal.Tap saja “Continue”.

4. Selanjutnya kalian akan dibawa ke pengaturan perizinan akses notifikasi atau “Notification access” seperti dibawah ini. Cari nama aplikasi “Recent Notification” lalu aktifkan slide birunya.

5. Setelah itu akan muncul pop up berisi penjelasan akses tsbt, pilih “Allow” untuk melanjutkan.

6. Kalian akan dibawa kembali ke aplikasi “recent notification”, disini kalian pilih “Continue”

7. Terakhir kalian diminta untuk testing, tap saja “Test Notification”.

8. Selesai. Kedepannya semua chat yang masuk ke WhatsApp, dan notifikasi lainnya akan direkam oleh aplikasi ini. Jadi jika ada orang yang menarik pesan mereka, kamu bisa lihat pesan yang ditarik tadi di aplikasi recent notification ini.

Melihat pesan yang sudah dihapus dari rekaman pesan di Whatsremoved+

Whatsremoved merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam semua pemberitahuan yang masuk di Smartphone. Tidak hanya whatsapp, kalian juga bisa melihat notification dari berbagai aplikasi seperti Telegram atau aplikasi chatting lainnya.

Aplikasi Whatsremoved+ merupakan aplikasi yang berjalan secara otomatis di Background. Aplikasi ini akan selalu aktif, jadi kalian tidak perlu khawatir, karena semua pesan kalian bisa direkam oleh aplikasi ini.

1. Install dulu aplikasinya dari playstore disini play.google.com/store/apps/details?id=color.dev.com.whatsremoved&hl=en
2. Buka aplikasinya, lalu tap “Accept” untuk menyatakan bahwa kalian setuju.

3. Sama seperti saat pengaturan awal aplikasi recent notification, kalian disini akan di redirect ke “Notification access” seperti dibawah ini. Aktifkan tombol navigasi disebelah kanan “whatsremoved+” untuk melanjutkan

4. Biasanya akan ada permintaan persetujuan dari system android kalian, tap saja “allow” . Jika tidak muncul, kalian biasanya langsung dibawa ke langkah berikutnya.

5. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin kalian sinkronkan ke Whatsremoved+, dalam hal ini kita pilih aplikasi whatsapp, jika sudah tap “NEXT”.

6. Selanjutnya kalian akan ditanya apakah kalian ingin menyimpan file yang di hapus, ini misalnya kalian tetap ingin foto yang dihapus di pesan whatsapp kalian bisa kalian lihat di whatremoved+ ini, silahkan pilih sesuai kebutuhan. Disini saya pilih “Yes, Save files”.

7. Setelah itu muncul pop up perizinan seperti dibawah, pilih saja “Allow” untuk memberi izin.

8. Semua tahap pengaturan awal sudah selesai kalian lakukan, untuk selanjutnya jika ada pesan whatsapp yang dihapus, kalian bisa cek langsung ke halaman “show everything” di tab “whatsapp” didalam aplikasi “whatsremoved” seperti gambar dibawah ini.

Itulah bagaimana cara melihat pesan whatsapp yang sudah dihapus, kalian harus menggunakan aplikasi yang merekam seluruh data percakapan, sehingga saat ada pesan yang di tarik kembali ataupun yang tidak sengaja terhapus, bisa diakses dan dilihat melalui aplikasi diatas.


Baik aplikasi WhatsApp mod ataupun aplikasi perekam notifikasi seperti recent notification dan Whatsremoved+, punya resiko ya.

WhatsApp mod resikonya lebih besar karena aplikasi ini tidak ada pihak yang mengawasi dan memastikan aplikasinya bebas malware.

Untuk recent notification dan Whatsremoved+ lebih aman ya, namun tetap tidak 100% aman, karena aplikasi-aplikasi tsbt bisa baca semua notifikasi di ponsel kamu.

Saranku adalah pertimbangkan resiko-nya dan pertimbangkan apakah kamu benar-benar butuh fitur diatas dan tidak masalah menghadapi resiko yang aku sebutkan tsbt.


Mungkin sampai disini tulisan kali ini. Jika ada pertanyaan atau tambahan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *