Cara membatalkan arsip dan menghilangkan menu ‘Diarsipkan’ di WhatsApp

Terbit

Diperbarui

Jika kamu tidak sengaja mengarsipkan chat di WhatsApp, kamu akan menemukan menu ‘Diarsipkan’ dibagian dipaling atas beranda kamu. Kebanyakan kita akan merasa ‘terganggu’ dengan hal tsbt, karena disini kita memang tidak butuh fitur arsip tsbt.

Disini aku akan bahas bagaimana cara mengembalikan chat yang tidak sengaja terarsipkan tadi dan bagaimana cara menghapus atau menghilangkan menu ‘Diarsipkan’ tsbt.

Silahkan disimak sampai selesai ya.

Membatalkan atau mengembalikan chat yang diarsipkan

Pertama aku akan jelaskan bagaimana cara mengeluarkan ataupun mengembalikan chat yang tidak sengaja diarsipkan kembali kehalaman beranda. Ini ada kaitannya dengan menghilang menu ‘Diarsipkan’ ya, jadi jangan di skip atau dilewati, supaya tidak rancu.

  1. Buka WhatsApp kamu seperti biasa.
  2. Dihalaman beranda, cari dan tap menu ‘Diarsipkan’. Posisi menu bisa paling bawah ataupun paling atas, tergantung pengaturan kamu.
  1. Dihalaman ‘Diarsipkan’ ini akan terlihat semua chat yang saat ini kamu arsipkan.
  1. Tap dan tahan pada salah satu chat hingga muncul pilihan ikon di bar atas.
  2. Kamu bisa centang lebih dari satu chat disini.
  3. Selanjutnya, kamu bisa tap ikon “Kotak dengan panah keatas” untuk mengeluarkan chat yang kamu pilih dari arsip.
  1. Selesai. Kamu sudah berhasil mengeluarkan chat yang kamu pilih tersebut dari ruang arsip.

Menghilangkan atau menghapus menu ‘Diarsipkan’ dari beranda WhatsApp

Untuk menghilangkan menu ‘Diarsipkan’ ini, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengeluarkan semua chat yang diarsipkan dengan metode yang aku jelaskan diatas. Jika semua chat sudah dihilangkan dari arsip, menu akan otomatis hilang.

Menu ‘Diarsipkan’ hanya akan terlihat, jika ada minimal 1 chat yang diarsipkan.

Namun sebelum kamu mengembalikan semua chat dan menghilang menu ‘Diarsipkan’ ini, ada baiknya kamu paham apa sebenarnya fungsi arsip chat di WhatsApp dan kenapa kamu sebenarnya perlu gunakan fitur ini.

Singkatnya fitur ini ditujukan untuk mengelola ruang chat kamu, supaya beranda kamu tidak bertumpuk dengan puluhan ruang chat yang sebagian besar tidak penting.

Jujur, selama ini aku tidak pernah mengarsipkan chat. Ada 80 lebih ruang chat diberanda WhatsAppku, dan aku sering kesulitan saat mencari chat tertentu yang aku butuhkan didalam tumpukan 80 ruang chat tadi.

Barusan aku arsipkan semua chat, dan aku atur supaya jika ada pesan baru, chat otomatis keluar dari arsip.

Beranda atau ruang chatku sekarang lebih bersih, dan hanya ada chat yang baru-baru aktif dan beberapa chat yang aku anggap cukup penting saja.


Mungkin itu yang bisa aku sampaikan terkait topik ini. Aku harap tulisan ini bisa membantu kamu. Sekali lagi, jika ragu dan bingung, silahkan baca tulisanku tentang “Apa itu fitur arsip di WhatsApp” sebelumnya, disana aku jelaskan cukup lengkap mengenai fitur ini.

Dan jika masih ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan bertanya dikolom komentar dibawah.

Sekian dan sampai jumpa ditulisanku lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *