Cara memfilter dan membatasi komentar “sampah” di Instagram

Seperti yang kita semua ketahui, Instagram saat ini sudah menjadi aplikasi wajib bagi sebagian besar penduduk dunia. Banyak sekali yang bisa kita lakukan di Instagram, seperti mengirimkan komentar, share foto, baca komentar, buat story, dan lain lain.

Salah satu hal yang paling disukai ketika bermain Instagram adalah membaca komentar dan melihat reaksi follower terhadap apa yang kita upload saat itu.

Namun Jika kalian adalah pengguna aktif instagram, tentunya kalian tidak asing dengan komentar-komentar spam yang selalu menghiasi Instagram kalian.

Bahkan tidak jarang juga kalian mendapati seseorang berkomentar yang tidak pantas, menyinggung, bahkan menindas (membully), atau mungkin kalian juga pernah mendapat orang berjualan dan postingan kalian, sangat mengganggu sekali bukan?

Oleh karena itu untuk menjaga agar Instagram kalian tetap menjadi akun media sosial yang berkualitas, maka yang harus kalian lakukan adalah memfilter dan memblokir pesan-pesan tersebut.

Malas ngurusin komentar sampah dan SPAM, matikan saja kolom komentar di instagram story kamu

Cara membatasi dan menyaring komentar SPAM di instagram

Ternyata Instagram sudah memberi kita fasilitas berupa fitur untuk menyembunyikan komentar-komentar yang tidak kita sukai. Kalian juga bisa hide komentar dari pengguna lain yang sudah kalian pilih. Berikut caranya.

1. Buka profil kalian lalu pilih siluet orang di kanan bawah layar.

Profil Instagram
Profil Instagram

2. Masuk ke menu pengaturan

Cara untuk masuk ke pengaturan adalah tap garis 3 di kanan atas layar, setelah itu layar akan bergeser sedikit dan menu untuk membuka pengaturan ada di paling bawah.

Masuk ke Pengaturan
Masuk ke Pengaturan

3. Setelah masuk ke menu setting kalian bisa melihat beberapa pilihan seperti aktivitasmu, pengaturan notifikasi, ads, dan lain lain. Untuk memfilter pesan yang masuk, kalian bisa memilih “privacy and security“.

Pilih Privacy
Pilih Privacy

4. Setelah masuk ke “privacy and setting“, pilih “comment control“.

Comment control digunakan untuk mengontrol komentar komentar yang masuk ke akun Instagram kalian.

Pilih Comment Control
Pilih Comment Control

5. Kalian akan diberikan beberapa pilihan untuk memfilter komentar yaitu :

Mengatur Komentar yang akan di filter
Mengatur Komentar yang akan di filter
  • Block comment Form” atau memfilter komentar berdasarkan nama pengguna, misalnya jika kalian ingin memfilter semua komentar teman kalian, maka kalian hanya perlu memasukkan namanya dan semua komentarnya akan difilter
  • Hide Offensive comment“, jika kalian mengaktifkan pilihan ini maka secara otomatis Instagram akan memfilter komentar komentar yang bersifat Offensive (menyerang-red) untuk kalianberdasarkan algoritma otomatis dari instagram.
  • Manual filter“, jika kalian mengaktifkan manual filter, kalian bisa menentukan kata apa saja yang di filter. Cara membuatnya adalah kalian tinggal mengetikkan kata yang tidak kalian sukai untuk di filter. Jika lebih dari 1 kata kalian bisa memisahkan nya dengan koma misalnya : ayam,bebek.

Perlu kalian ketahui juga, jika kalian mengaktifkan filter komentar, maka filter akan diterapkan untuk komentar baru dan komentar yang sudah ada di postingan. Untuk dapat melihat kembali komentar yang sudah kalian blokir melalui penyaringan ini, maka kalian hanya perlu menonaktifkan fitur ini, maka komentar yang difilter akan kembali pulih dan kalian bisa kembali melihat komentar tersebut.

Kekurangan fitur Filter komentar

Fitur instagram filter dibuat dengan tekhnologi mesin pembelajaran (Learning Machine). ternyata fitur ini masih memiliki kekurangan. Fitur ini tidak mendukung semua bahasa. Artinya ada beberapa bahasa yang tidak bisa menggunakan fitur ini  Seperti tionghoa, jepang, dan Thai. Pihak Instagram sendiri masih akan terus mengembangkan dan menyempurnakan fitur ini agar dapat digunakan oleh seluruh pengguna Instagram.

Contoh komentar SPAM di instagram

Seperti nya ini tidak perlu dibahas dengan detail, pembaca pasti sudah tau komen seperti apa yang termasuk SPAM atau sampah.

Intinya semua komentar, yang bertujuan menjual atau ngomongin sesuatu tidak pada tempatnya, yang bertujuan untuk menguntungkan si komentator tanpa peduli kepada akun kita yang dikomentari, dan dilakukan berkali-kali, itu semua bisa kita kategorikan komentar SPAM.

Contohnya SPAM jualan peninggi badan, pemutih, pelangsing, dstnya. Beberapa sempat dibahas oleh blogger lain di sini : youthmanual.com: 5 jenis spam instagram yang paling nyebelin sedunia digital


Seperti yang kalian ketahui bersama, ada ratusan juta komentar di instagram yang diunggah setiap harinya.

Dengan melakukan filter komentar maka secara tidak langsung kita ikut serta membantu pihak Instagram untuk memfilter komentar komentar yang masuk sehingga instagram akan selalu menjadi media sosial yang potitif. Selain itu, dengan adanya fitur ini kalian akan terhindar dari komentar komentar spam atau komentar dari orang yang tidak kalian sukai di instagram.

Admin: Aku rasa dalam hidup kita selain cari senang, kita juga cari tenang. Dari pada dongkol ga karuan karena komentar menyakitkan dari netizen, mending blokir aja komentarnya.

Itah cara memfilter pesan di Instagram. Cukup mudah bukan? Jika ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan