Apa itu Bisukan Notifikasi di WhatsApp, Cara Melakukannya, Manfaat Dan Resikonya

Terbit

Diperbarui

Disini aku akan bahas terkait apa itu bisukan notifikasi di WhatsApp, cara melakukannya dan apa manfaat fitur ini. Aku jelaskan juga hal-hal lain yang mungkin kamu perlu tau.

Langsung saja.

Apa itu bisukan notifikasi di WhatsApp?

Bisukan notifikasi di WhatsApp artinya menghentikan pemberitahuan terkait pesan baru di ruang chat dan grup tertentu, baik itu pemberitahuan berupa cahaya lampu, suara ataupun getar, semuanya akan dimatikan untuk chat/grup tsbt selama waktu yang kita tentukan.

Yup, di WhatsApp sendiri setidaknya ada 4 jenis notifikasi yaitu notifikasi suara, notifikasi getar, notifikasi lampu, dan notifikasi pop-up. Kesemua notifikasi tadi akan berhenti untuk chat yang kamu bisukan.

Sebagai contoh penggunaan fitur ini adalah.

Jika misalnya ada satu grup yang tidak terlalu penting namun grup ini cukup aktif, dan kamu merasa terganggu dengan notifikasi pesan (entah bunyinya, getarnya, popupnya, atau cahayanya) dari grup tsbt, kamu bisa membisukan grup tsbt dan semua notifikasi tadi akan berhenti untuk grup tsbt.

Saat ini fitur bisukan notifikasi menyediakan tiga opsi, opsi bisukan selama 8 jam, 1 minggu dan selama-nya.

Langkah-langkah membisukan notifikasi di WhatsApp

Membisukan notifikasi di chat personal ataupun chat grup itu sama saja ya prosesnya. Silahkan disimak.

  1. Buka aplikasi WhatsApp kamu seperti biasa.
  2. Cari chat yang ingin kamu bisukan.
  3. Tekan dan tahan pada ruang chat tsbt beberapa detik.
  4. Selanjutnya tap ikon ‘speaker tercoret’ dibar bagian atas.
  5. Setelah itu pilih jangka waktu kamu ingin notifikasi chat tsbt dibisukan. Lalu tap “Oke”.
  6. Selesai. Seharusnya ikon speaker tercoret akan muncul di samping pesan yang kamu pilih tadi. Ini artinya ruang chat tsbt sudah berhasil dibisukan.

Selanjutnya kamu bisa nikmati aktivitas kamu tanpa notifikasi dari chat tsbt. 😊

Manfaat membisukan notifikasi di WhatsApp

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, seharusnya kamu sudah tergambar keuntungannya menggunakan fitur ini. Berikut setidaknya keuntungan yang aku tau, jika ada yang kurang kamu bisa tambahkan dikolom komentar dibawah.

  • Menghilangkan notifikasi mengganggu yang kurang penting. Kamu bisa pilih chat personal dan chat grup yang tidak terlalu penting, dan bisukan semuanya. Sehingga kamu tau jika ada notifikasi yang masuk, notifikasinya datang dari chat yang normal dan menurut kamu penting.
  • Menghemat baterai. Notifikasi Getar, bunyi ataupun cahaya, itu memakan daya baterai kita, walaupun mungkin tidak banyak.
  • Membuat kita fokus ke hal yang lebih penting. Jika semua chat yang tidak penting dibisukan, kita bisa fokus ke hal lain yang lebih penting. Kita tidak harus bisukan chat tadi selamanya, mungkin bisukan untuk sementara waktu saja, sehingga kita bisa lebih fokus mengerjakan sesuatu yang sedang kita kerjakan saat ini.

Resiko (atau kerugian) sembarangan membisukan notifikasi di WhatsApp

Pahami juga bahwa sembarangan membisukan chat bisa menimbulkan kerugian.

  • Terlambat membaca info penting. Sekalipun mengganggu, orang yang dibisukan bisa saja butuh sesuatu yang urgent, ataupun memberi pengumuman ataupun informasi penting.
  • Bisa membuat salah paham. Ini karena mungkin kamu membaca pesan yang dikirimkan kemarin, dan mengira pesannya dikirimkan hari ini. Hal ini bisa terjadi jika tidak teliti melihat tanggal dan waktu pesan masuk.

FAQ (Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan)

1. Apakah orang yang dibisukan bisa tahu saat mereka dibisukan notifikasinya?

Mereka tidak akan diberitahu ketika mereka dibisukan.

Tapi mereka bisa saja curiga, jika chat mereka selalu lambat dibalas dan lambat dibuka.

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diawal, saat ada chat masuk, biasanya akan memunculkan notifikasi berupa bunyi, getar atapun lampu notifikasi.

Jika notifikasi dibisukan, notifikasi tsbt tidak muncul, sehingga kita tidak tau jika ada pesan masuk dichat tsbt. Otomatis kita selalu lambat melihat atau membalas chat dari orang yang kita bisukan tsbt.

2. Bisakah mengetahui apakah chat kita dibisukan teman?

Kita tidak bisa tau apakah ada teman yang membisukan kita.

Namun kita bisa curiga, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika chat kita selalu lambat dibalas, ada kemungkinan teman tsbt membisukan kita.

Untuk memastikan hal ini sebenarnya susah-susah mudah ya.

Yang perlu kamu lakukan adalah ajak teman tsbt bertemu tatap muka. Saat mereka tidak sedang memegang ponsel dan ponsel mereka bisa kamu lihat dengan jelas, bisa coba kirimkan pesan chat.

Perhatikan apakah ada bunyi, getar ataupun lampu notifikasi yang terlihat diponsel mereka saat kamu kirim pesan. Jika tidak ada sama sekali, kemungkinan kamu dibisukan.

Namun ini hanya kemungkinan ya, karena bisa jadi dia memang menonaktifkan seluruh notifikasi yang masuk, bukan kamu saja.

3. Bisakah membisukan seluruh notifikasi chat masuk? Tidak satu persatu seperti diatas?

Yup ini bisa dilakukan dipengaturan notifikasi umum di WhatsApp.

Jika kamu ingin semua notifikasi tidak muncul, yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke menu “Setelan” > “Notifikasi“, lalu matikan seluruh notifikasi disana. Dibagian pengaturan pesan dan pengaturan pesan grup, matikan nada notifikasi-nya, matikan getar-nya, matikan notifikasi pop-up nya dan matikan lampunya.

Apa itu Bisukan Notifikasi di WhatsApp, Cara Melakukannya, Manfaat Dan Resikonya 33

Simpel kan ya?

Ada cara lain juga sebenarnya, namun cara tsbt lebih ekstrim dan tidak direkomendasikan. Cara tsbt adalah memblokir notifikasi WhatsApp dipengaturan ponsel. Dengan cara tsbt bahkan telepon masukpun tidak muncul. Jadi tidak akan dibahas disini.


Demikian artikel mengenai cara membisukan pesan di WhatsApp. Semoga membantu kamu dalam mengatasi notifikasi pesan yang mengganggu. Pesan penulis, jangan sungkan untuk keluar dari grup yang membuat kamu risih.

Sebab, walaupun sudah dibisukan. Banyaknya pesan yang datang dari grup tersebut dapat memperlambat kinerja smartphone kamu.

Sekian dulu, ya! Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat!

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *