Cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui anggota grup

Apa yang sebaiknya dilakukan saat tidak ingin mengikuti sebuah grup WA lagi? Tentu, keluar grup merupakan pilihan terbaik yang bisa kamu ambil. Bagaimana cara keluar dari grup WhatsApp?

Ada dua opsi yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari grup WhatsApp. Pertama, kamu keluar begitu saja dengan ataupun tanpa pamitan. Kedua, kamu keluar dengan cara diam-diam.

Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi lebih disarankan untuk pakai cara pertama, keluar langsung sambil pamitan dengan sopan. Cara ini lebih efektif dan bisa mempertahankan hubungan baik dengan seluruh anggota grup.

Itupun kalau grup tersebut adalah grup tempat biasa kamu nongkrong, dan anggotanya adalah teman-temanmu. Kalau kamu di undang masuk ke grup SPAM, atau grup sampah oleh sembarang orang (kenalan yang bukan teman), mungkin tidak perlu ikutin cara dibawah, langsung aja blokir grup whatsapp nya.

Ok, langsung aja. Aku akan jelaskan kedua caranya dibawah ini, monggo disimak.

Cara Keluar dari grup WhatsApp langsung

Keluar dari grup WA itu gampang. Hanya butuh 4 langkah saja, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka grup WhatsApp.
2. Tap tiga titik pojok kanan atas.

Klik tiga titik pojok kanan atas.

3. Tap “lainnya”.

Tab lainnya di Whatsapp.

4. Tap “Keluar dari grup” atau “leave group” (jika dalam bahasa inggris).

Tab keluar dari grup Whatsapp.

Sampai sini, kamu sudah berhasl keluar dari grup WhatsApp tersebut secara langsung.

Contoh kata-kata pamit dari grup WA

Kamu bisa saja memilih cara keluar grup WA begitu saja seperti diatas. Tapi, menurutku, dalam pergaulan antar-manusia, kita tetap wajib mengedepankan etika dan sopan santun – berlaku juga di dunia WhatsApp.

Jadi, alih-alih keluar begitu saja, lebih baik kamu pamitan kepada admin dan member lainnya. Lebih-lebih, jika kamu mengenal baik admin dan member lainnya secara personal. Dengan begitu hubungan kalian tetap baik-baik saja walaupun sudah tidak satu grup WA lagi. Kan ada ungkapan “masuknya baik-baik, keluarnya juga sebaiknya ya baik-baik”.

Berikut ini beberapa contoh kalimat izin keluar dari grup wa, yaitu:

  • Admin dan teman-teman, saya izin pamit keluar dari grup WA. Sampai jumpa pada kesempatan lainnya.
  • Hai, teman-teman. Saya mau keluar grup. Mohon maaf bila ada kata-kata yang salah, baik disengaja maupun tidak disengaja. Semoga grup ini selalu jaya!
  • Hi gaes, aku keluar dari grup ini ya! Aku mau fokus studi. Mungkin jika ada kesempatan bergabung lagi, aku akan kembali. Maaf bila ada kata-kata yang membuat kalian tak nyaman. Terima kasih!

Admin: Diatas adalah contoh baku, aku rasa penggunaan bahasa sebaiknya gunakan bahasa yang biasa kamu pakai sehari-hari didalam grup. Jadi kata-kata pamitannya terlihat lebih personal. Ini beberapa kata-kata pamitan yang lucu dan jenius menurutku. Intinya adalah, gunakan kata-kata yang sesuai tergantung situasi. Kalau kamu keluar dari grup kantor tentu beda dengan keluar dari grup hoby yang isinya adalah teman-teman dekatmu.

  • Gaes…berhubung hp gue sering ngehang, gue harus leave group nih.. bye..
  • Kalian semua terlalu baik untuk ku. Aku ini manusia hina. Jangan cari aku lagi. Jangan undang aku lagi. Selamat tinggal teman-teman semua.
  • Kuota ku kurang terus sejak gabung grup ini.. apa mungkin grup pengaruh ke kuota ya? aku coba leave group dulu deh.

Setelah mengungkapkan kata-kata cara keluar dari grup WA, sebaiknya tunggu beberapa menit (5-10 menit) biar teman-teman grup kamu memberikan respons. Jika sudah, silakan kamu keluar seperti petunjuk cara keluar dari grup WhatsApp pada poin sebelumnya.

Jika khawatir setelah keluar kamu diundang lagi ke dalam grup, maka kamu bisa memblokir grup WA tersebut. Namun, kamu bisa memberi pengertian pada admin grup via japrian agar tidak diundang lagi ke grup, tergantung hubunganmu dengan admin tersebut dekat atau tidak.

Cara keluar dari grup WhatsApp diam-diam

Sebagai manusia biasa, kadang muncul kesungkanan di hatimu untuk keluar dari grup WA. Mungkin kamu kenal semua penghuni grup, dan malas ditanya-tanyai alasan keluar dari grup? Jika begitu, kamu harus menerapkan cara keluar dari grup WA tanpa jejak! Mau tahu caranya?

Sebelum melanjutkan pembahasan, kamu harus siapkan satu nomor telp baru sebagai nomor telp pengganti sementara, dan harus fokus ya karena langkah-langkah lumayan panjang dan ribet.

Admin: Cara dibawah ini selain dari ribet dan panjang, juga akan membuat kamu keluar dari semua grup kamu, jadi cara ini tidak bisa dipakai jika kamu punya banyak grup dan kamu hanya ingin keluar dari satu grup saja.

Langkah pertama: Backup data akun WhatsApp

Langkah awal yang kamu lakukan adalah membackup data akun terlebih dulu. Ini dilakukan untuk jaga-jaga, karena siapa tahu kamu ingin mengembalikan riwayat chat. Sebab, saat kamu menerapkan trik cara keluar grup WhatsApp diam-diam ini, kamu akan kehilangan semua data akun WA termasuk riwayat chat.

Untuk cara membackup data akun WhatsApp ini, kamu bisa mengikuti petunjuk yang ada di artikel “Cara Mencadangkan File Backup Langsung di Whatsapp“. Setelah itu, kamu bisa pindahkan file backup tersebut ke folder lain, supaya tidak ikut terhapus saat data akun WA dihapus. Caranya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka file manajer (setiap Hp biasanya ada).
2. Pilih penyimpanan internal/eksternal, yang ada folder WhatsApp-nya. Karena, aku menyimpan semua file WA di internal, carinya di internal.
3. Tap folder Whatsapp.

Buka folder Whatsapp yang ada di file manajer.

4. Tap folder databases.

Buka folder databases.

5. Kamu cari file bertuliskan: msgstore.db.crypt12. Tap dan tahan beberapa detik, lalu copy/salin.

6. Tap penyimpanan internal/eksternal. Aku pilih internal, dan membuat folder file backup WA, lalu salin file itu disana. Simpan baik-baik, jangan sampai dihapus.

Langkah kedua: Mengganti nomor telpon di akun WhatsApp

Setelah memiliki file backup chat, kamu bisa mengganti nomor telpon di akun WhatsApp. Ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini. Kenapa perlu diganti nomor telpon? lanjut aja baca, nanti dibawah kamu akan mengerti alasannya, jadi tidak perlu dijelaskan disini.

1. Buka aplikasi WhatsApp.
2. Tap tiga titik pojok kanan atas.
3. Tap “Setelan”.

Tab setelan Whatsapp.

4. Tap “akun”.

Tab akun Whatsapp.

5. Tap “Ganti nomor”.

Tab ganti nomor Whatsapp.

6. Tap “LANJUT”.

Tab lanjutkan untuk proses selanjutnya.

7. Masukkan nomor lama yang mau diganti dan nomor baru yang digunakan sebagai nomor pengganti. Lalu tap “LANJUT”.

Masukkan nomor lama di bagian atas, dan nomor baru di bagian bawah, lalu tab lanjutkan untuk bisa memproses penggantian nomor telpon.

8. Kamu tidak perlu mengaktifkan pemberitahuan penggantian nomor telpon ke kontak, karena tujuannya diam-diam. Jadi pastikan slide “Beri tahu kontak” disini dalam keadaan tidak aktif. Kemudian, kamu tap “SELESAI”.

Tab lanjutkan saja langsung.

9. Kamu tinggal mengisi kode verifikasi yang masuk ke nomor Hp baru. Jadi, pastikan nomor baru kamu terpasang di HP dan sudah aktif.

Masukkan kode verifikasi yang masuk ke nomor telp baru kamu.

10. Selesai mengganti nomor baru, dan whatsapp kamu saat ini sudah berganti kenomor baru.

Langkah ketiga: Keluarkan akun whatsapp tersebut dari hp kamu

Selanjutnya, kamu perlu mengeluarkan akun lama tersebut dari hp kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah hapus data akun WhatsApp yang ada diperangkatmu tsbt.

Caranya aku jelaskan dibawah ini. Perlu diketahui bahwa opsi pengaturan bisa berbeda tergantung dari jenis dan versi dari sistem operasi perangkat kamu.

1. Buka setelan HP atau perangkat kamu.
2. Cari setelan aplikasi, tap aplikasi terinstal.

Buka setelan Hp, dan buka aplikasi terinstal.

3. Cari dan tap aplikasi WhatsApp.

Cari aplikasi Whatsapp.

4. Pilih “Hapus semua data”.

5. Tap opsi ok.

Tab ok untuk mengkonfirmasi data akun WA kamu dihapus.

Sampai sini, proses kamu keluar dari grup WhatsApp diam-diam sudah selesai. Langkah selanjutnya, kamu bisa mengembalikan nomor lama kamu ke akun WhatsApp-mu.

Langkah terakhir: Masuk ke akun WhatsApp dengan nomor lama

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah masuk (login) ke WhatsApp dengan nomor yang lama. Cara bisa dilihat dibawah ini.

Admin: Jadi disini kamu sebenernya membuat ulang akun whatsapp (akun baru) dengan nomor hp lama. Jadi prosesnya memang sama persis seperti saat buat wa pertama kali.

1. Buka WhatsApp yang sudah di clear datanya tadi.

Kamu masuk ke tampilan Whatsapp awal lagi.

2. Masukkan nomor telp lama kamu, lalu tap “LANJUT”.

Masukkan nomor lama kamu.

3. Muncul popup yang menunjukkan bahwa nomor telp tersebut akan diverifikasi, tap “OKE” saja.

Tab oke saja.

4. Di info profil, kamu bisa menamai akun dengan nama baru dan foto profil baru. Lalu, tap lanjut.

Silakan isi nama dan foto profil kamu.

5. Akun wa dengan nomor lama pun sudah ada.

Buat yang masih belum paham maksud dan tujuan kita ngelakuin cara ribet diatas adalah, kita mengganti nomor yang ada di akun wa lama dengan nomor lain. Lalu akun tersebut dilepas dari hp dan tidak digunakan. Lalu kita daftar dan buat akun baru lagi dengan nomor lama.

Jadi kita tetap bisa whatsapp-an dengan nomor lama. Sementara akun yang sebelumnya (yang ada grup nya) tidak dipakai sama sekali.

Itulah cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui admin dan anggota lainnya. Dijamin, kamu takkan lagi mendapatkan pesan-pesan dari admin dan member grup WA yang bersangkutan.

Kesimpulan dan FAQ

Setelah menjajal sendiri kedua cara keluar grup WA diatas, aku membuat kesimpulan bahwa cara keluar dari grup WA dengan baik-baik jauh lebih efektif, elegan, dan memiliki nilai positif. Adapun nilai positif itu antara lain:

  • Kamu akan merasa lebih lega, karena tidak ada yang ditutup-tutupi.
  • Tidak ribet dengan semua metode keluar grup diam-diam.
  • Tidak harus keluar semua grup. Ya, jika kamu menerapkan cara keluar dari grup WA diam-diam, maka kamu akan keluar dari semua grup WA yang kamu ikuti, jika kamu tergabung dalam beberapa grup.Jadi, saran terbaikku, keluarlah dari grup WA secara baik-baik, tak perlu mengendap-endap. Tapi, ini cuma saran. Semua terserah padamu.

Ohya, jika ada yang bertanya “apakah ada aplikasi yang bisa membuat kita keluar dari grup wa diam-diam tanpa ketahuan?“, maka jawabannya adalah tidak ada. Sejauh yang aku tau, tidak ada aplikasi yang bisa seperti ini.

Semoga artikel ini mencerahkanmu ya! Jika ada kritik dan saran ataupun trik lain yang kamu ketahui, silahkan share sehingga bisa membantu teman-teman pengunjung lain.

Share woy :D

Tinggalkan Balasan