Cara membuat akun whatsapp baru

Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling populer di dunia saat ini. Aplikasinya yang simple dan mudah digunakan, serta fitur-fiturnya yang menarik menjadi alasan kenapa aplikasi ini bisa sangat populer.

Saat ini rasanya tidak mungkin pengguna smartphone pakai ponsel nya tanpa ada aplikasi yang satu ini.

Ini karena di indonesia, aplikasi ini digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Ibaratnya begini, kalau puluhan teman dan keluarga kamu komunikasi pakai aplikasi ini, mau tidak mau, agar kamu bisa komunikasi dengan mereka, kamu harus install platform yang sama dengan yang mereka gunakan.

Walaupun banyak jenis aplikasi chatting lainnya yang tidak kalah fitur dan bahkan memiliki banyak fitur tambahan yang tidak dimiliki whatsapp, tetap saja, karena keluarga dan teman-teman pakainya whatsapp, kamu akhirnya pakai whatsapp juga.

Ok, buat kamu yang juga ingin memakai aplikasi whatsapp, langkah pertama tentu kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Jika kamu tidak tahu caranya ataupun ragu-ragu, kamu bisa mengikuti tutorial yang penulis berikan dibawah ini.

Hal-hal yang harus disiapkan

Sebelum mulai membuat akun whatsapp, kamu harus mempersiapkan hal-hal berikut ini sebagai syarat utama agar proses pembuatan akun berhasil. Jika kamu tidak memenuhi syarat-syarat di bawah ini, maka kamu tidak bisa membuat akun di aplikasi whatsapp.

  1. Smartphone atau tablet (perangkatnya). Whatsapp saat ini bisa digunakan disemua jenis perangkat, mulai dari IOS, android, dll. Kamu bahkan bisa pakai whatsapp di desktop atau komputer kalau kamu mau.
  2. Nomor Telepon Aktif. Kalau kamu daftar akun facebook, kamu bisa pakai no hp dan email, tapi di whatsapp kamu hanya bisa pakai nomor telepon, karena nomor telepon ini juga berfungsi sebagai ID yang membedakan akun kamu dan orang lain.
  3. Jaringan Internet. Aplikasi whatsapp hanya bisa berjalan jika ada jaringan internet, termasuk saat pertama kali pembuatan akun. Jadi, kamu harus memastikan dulu bahwa ponselmu tersambung dengan wifi atau jaringan internet lainnya sebelum melakukan pendaftaran.

Cara membuat akun Whatsapp baru

Setelah kamu memenuhi persyaratan di atas, selanjutnya kamu bisa mulai membuat akun whatsapp dengan cara mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Download aplikasi whatsapp melalui Play Store lalu install dan buka aplikasinya, maka kamu akan sampai pada halaman seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya baca ketentuan dan kebijakannya jika kamu punya waktu luang, Lalu pilih menu “Setuju dan Lanjutkan“.
    pilih menu Setuju dan Lanjutkan
  2. Whatsapp akan mengirim pesan berupa SMS untuk memverifikasi nomor teleponmu. Itulah mengapa kamu harus memiliki nomor telepon yang masih aktif. Pilih negara Indonesia dengan kode +62 dan tuliskan nomor teleponmu di belakangnya. Pilih menu Lanjut jika sudah selesai memasukkan.
    Pilih negara Indonesia dengan kode +62 dan tuliskan nomor teleponmu di belakangnya
  3. Selanjutnya akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini. Pilih OKE jika nomor yang kamu masukkan sudah benar, jika masih salah maka pilih menu EDIT.
    Pilih OKE
  4. Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS. Ingat, proses memasukkan kode verifikasi ini memiliki batas maksimal waktu. Jika kamu terlambat memasukkan kode verifikasinya, pilih menu Kirim Ulang SMS untuk menerima kode verifikasi yang baru.
    Masukkan kode verifikasi
  5. Lalu kamu akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah ini untuk membuat nama Whatsapp dan mengisi foto profil. Isikan foto profilmu dengan cara mengetuk ikon bergambar kamera. Tuliskan nama whatsappmu pada kolom yang tersedia di samping ikon kamera. Pengisian nama whatsapp dan foto profil ini bersifat opsional, jadi kalau kamu tidak ingin mengisinya juga tidak apa-apa.
    buat nama Whatsapp dan isi foto profilmu
  6. Proses pembuatan sudah selesai dan kamu bisa menggunakan whatsappmu sekarang. Kamu akan dibawa pada halaman utama home chat seperti gambar di bawah ini.
    halaman home chat

Pada tampilan laman awal whatsapp diatas, tersedia tiga menu utama yaitu “Chat”, “Status”, dan “Panggilan”.

Chat adalah menu yang menampilkan daftar chatting kamu. Status adalah menu yang bisa kamu gunakan untuk berbagi foto, video, dan teks dengan kontakmu dan akan hilang setelah 24 jam, kamu juga bisa menemukan status teman-temanmu disini. Sedangkan Panggilan adalah menu yang menampilkan riwayat panggilan yang pernah kamu terima/lakukan di whatsapp.

Setelah kamu berhasil membuat akun whatsapp, kamu sudah bisa langsung menggunakan akun tsbt untuk berbagi pesan, foto, video, melakukan panggilan, dan lain sebagainya sesuai dengan menu-menu yang disediakan.

Jika kamu belum memiliki teman untuk chatting, mintalah kontak whatsapp temanmu atau beri tahu mereka bahwa kamu telah memiliki akun whatsapp dengan nomor telepon yang telah kamu daftarkan tadi.


Aku harap penjelasan diatas cukup detail untuk para pengguna baru whatsapp. Jika kamu merasa ada hal yang ingin ditambahkan, misalnya penjelasan tentang fitur A atau B atau C, kamu bisa beri saran dikolom komentar.

Sekian tulisan kali ini. Terimakasih sudah berkunjung di blog bukugue.com.

Tinggalkan Balasan