Cara Membuat Saluran Siaran di Instagram (Dan Syaratnya)

Terbit

Diperbarui

Disini aku akan bahas mengenai fitur terbaru Instagram, yaitu fitur ‘Broadcast channel’ atau ‘Saluran Siaran’.

Dari namanya seharusnya cukup jelas ya, broadcast channel di Instagram, adalah fitur untuk membuat sebuah channel tempat kreator membagikan sesuatu yang nanti akan disiarkan keseluruh pengikutnya.

Broadcast Channel hanya bisa dibuat oleh akun kreator tertentu. Hal ini bertujuan untuk membantu para kreator agar bisa terlibat langsung dengan pengikut secara real time dalam skala besar.

Langkah-langkah Membuat Broadcast di Instagram

  1. Di Instagram, ketuk ikon DM untuk masuk ke halaman inbox kamu.
  2. Selanjutnya tekan ikon ‘Pena’ di pojok kanan atas.
  3. Pilihlah menu ’Buat saluran siaran’.
  4. Dihalaman pengenalan fitur, tap tombol ’Mulai’.
  5. Selanjutnya isi nama saluran siaran, atur opsi lainnya sesuai kebutuhanmu.
  6. Jika sudah, tap ’Buat saluran siaran’.
  7. Selesai. Saluran siaran sudah berhasil dibuat, dan sudah bisa kamu gunakan.

Sampai dititik ini kamu sudah punya broadcast channel atau saluran siaran di Instagram kamu. Pengikut kamu bisa melihat saluran yang kamu buat dihalaman profil Instagram kamu

Yang perlu diketahui setelah membuat broadcast channel ini

Sebelum melakukan apapun lebih lanjut, berikut hal-hal yang sebaiknya kamu ketahui.

  • Saat kamu mengirim pesan pertama disaluran tsbt, Instagram akan memberi notifikasi seluruh pengikutmu untuk bergabung ke saluran broadcast tsbt. Dari sini saja, terlihat bahwa fitur ini sangat powerful, jadi penting untuk diperhatikan penggunaannya. Jangan sampai kamu kehilangan follower karena terlalu sering memulai broadcast channel baru.
  • Saluran siaran ini tampil dihalaman profil Instagrammu, dan bersifat publik. Sehingga siapa pun dapat menemukannya, namun hanya pengikut yang dapat bergabung.

Mengapa fitur broadcast channel instagram tidak muncul?

Ini karena memang fitur ini tidak tersedia untuk semua orang. Dilaman support Instagram pun hal ini sudah disebutkan diparagraf pertamanya. Bisa cek sendiri disini.

Lalu apa syarat untuk mendapatkan fitur saluran broadcast Instagram ini?

  • Pertama, pastikan kamu sudah update Instagram ke versi paling baru.
  • Kedua, akses Instagram melalui aplikasi Instagram. Fitur ini tidak bisa dilihat dari situs instagram versi browser, baik itu di perangkat HP ataupun PC. Jadi memang hanya tersedia diaplikasi Instagram.
  • ketiga, pastikan akun instagrammu adalah akun kreator. Di Instagram ada namanya akun profesional yang terpisah menjadi akun bisnis dan akun kreator. Fitur broadcast channel ini hanya tersedia untuk akun kreator dan ini explisit disebutkan dilaman help Instagram.
  • Terakhir ini adalah asumsi ya, pastikan kamu punya ribuan pengikut. Setidaknya itu asumsiku mengingat ada akunku yang juga tidak dapat akses fitur ini, meskipun sudah diubah menjadi akun kreator. Sayangnya tidak ada penjelasan pasti terkait hal ini. Disitus resminya Instagram hanya menjelaskan bahwa sudah ada jutaan kreator di seluruh dunia yang mendapatkan akses fitur ini. Dari sini Instagram memberitahu secara tidak tersurat bahwa ada juga kreator yang tidak dapat fitur ini.

Nah, itulah informasi tentang bagaimana cara membuat saluran siaran atau broadcast channel di instagram. Tertarik untuk mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *