Cara Membuat Instastory Keren dan Kekinian

Setiap media sosial punya pangsa pasarnya sendiri, salah satunya ialah Instagram. Media sosial yang berbasis visual ini jadi salah satu yang paling digandrungi saat ini.

Berdasarkan data Facebook, pada 2017 ada 45 juta pengguna Instagram dari Indonesia, lalu sebanyak 22 juta pengguna itu secara aktif menggunakan Instagram Stories atau biasa disebut Instastory.

Kini Instagram tidak hanya menjadi media sosial antar personal saja, banyak perusahaan yang sudah menggunakannya untuk media marketing produk. Tak hanya melalui postingan feed saja, Instastory juga digunakan dengan maksimal.

Berbagai kebiasan orang ketika membuat Instastory ialah membagikan foto atau kegiatan yang sedang dilakukannya, atau share hal yang baru-baru ini menarik perhatian mereka.

Namun jika kamu ingin buat story yang lebih eyecatching, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut. Tips ini akan membahas seputar membuat story, baik langsung dari aplikasi bawaan Instagram ataupun dengan aplikasi pihak ketiga.

Tips untuk membuat Instastory yang keren

Sebelum masuk ke pembahasan teknis, berikut beberapa tips yang baiknya kamu perhatikan terlebih dahulu:

1. Mulailah mengonsep stories yang ingin kamu tampilkan.

Jika kamu biasanya tiba-tiba random memposting stories tentang makanan, selfie dengan tatapan kosong, boomerang wajah sendiri dengan gaya absurd, atau lain sebagainya, ada baiknya mulai dikurangi dan mengonsep stories mu. Kamu bisa membuat konsep seperti tone warna apa yang ingin digunakan, mood, tata letak, hingga jenis font nya.

Namun jika kamu tidak mau ribet dan menggunakan Instagram hanya untuk have fun sendiri ya tidak masalah juga.

2. Mulailah bercerita.

Cara bercerita melalui Instastory bukan berarti kamu cuap-cuap ya, kamu bisa membuat foto atau videomu bercerita sendiri tanpa harus kamu yang menjelaskannya.

Sebagai contoh, jika kamu ingin bercerita kalau kamu sedang di kafe sendirian dan suntuk, tidak perlu selfie muka ngantuk. Kamu bisa atur minuman yang kamu pesan di meja beserta perangkat yang kamu bawa, semisal laptop atau buku. Lalu tampakkan salah satu tangan yang menggunakan jam. Cari angle yang menarik, bisa dari atas, agak ke samping, atau low angle. Lalu foto dan beri kutipan yang sesuai dengan mood kamu saat itu.

3. Belajar dari pengguna lain.

Perbanyak melihat postingan orang lain yang bagus atau kamu juga bisa mencari referensi di Pinterest.

Nah, jika kamu sudah mulai mengonsep dan bagaimana cara membuat gambar yang bertutur, langsung saja kita mulai tutorial buat Insta Story yang keren. Ada dua cara untuk membuat Insta Story keren. Bisa dengan aplikasi pihak ketiga ataupun aplikasi bawaan Instagram.

Membuat instastory keren langsung dari aplikasi instagram

Kali ini kita akan coba memaksimalkan apa yang ada di Instagram tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Seperti biasa, masuk dulu ke halaman pembuatan story.

Setelah itu tentukan background story. Untuk memberi warna background, pilih ikon brush lalu tentukan warna yang ingin digunakan. Setelah itu tekan lama di tengah gambar maka akan otomatis terganti dengan warna yang kamu pilih.

Jika tidak ada warna yang sesuai, tekan lama disalah satu warna, maka akan muncul gradien warna yang bisa dipilih.

Sampai disini, baru lah kita masuk ke macam-macam style untuk menghasilkan story yang keren.

A. Bermain Typografi

Kamu bisa membuat kutipan menarik di Insta Story hanya dengan font default yang sudah disediakan. Kamu bisa membuat tulisan kata per kata, lalu mengatur huruf besar kecilnya, jarak, warna, dan sebagainya. Caranya, pilih font standard dan atur tata letaknya.

B. Bermain dengan Simbol

Setelah bermain main dengan tulisan, kamu bisa menggunakan simbol yang sudah disediakan. Cobalah memilih simbol, mengganti warnanya, mengatur ukurannya, dan kreasikan dengan typografi yang sudah dibuat.

Beberapa simbol yang biasa digunakan adalah tanda hubung (-) tanda hubung bawah (_) garis miring (/) titik (.) tanda kutip(“) hingga garis vertikal.

C. Menggunakan Jenis Font Berbeda

Setiap orang punya preferensi dan selera berbeda, begitu juga dengan penggunaan jenis font. Jika kamu bosan dengan satu jenis font saja, kamu bisa menggunakan font lain yang telah disediakan Instagram. Setidaknya ada 4 jenis font bawaan yang ada, silakan mix and match jenis font satu dengan lainnya

D. Menggunakan Stiker dan GIF

Selain font, symbol, dan tata letak. Kamu bisa berkreasi dengan stiker dan gif. Caranya tinggal tekan logo stiker di atas lalu pilih stiker yang sesuai, atau pilih menu gif lalu ketikkan jenis gif yang ingin digunakan. Lalu sesuaikan.

E. Kombinasi background dan teks

Kamu tak hanya bisa membuat typografi di latar solid, kamu juga bisa melakukan kreasi di setiap foto yang ingin kamu pajang.

Caranya sama saja dengan langkah di atas, hanya bedanya di awal kamu langsung pilih fotonya, lalu pilih font, tulis, beri symbol, ornament, sticker, dll. Untuk menambah jenis kreasi, kamu bisa memperbanyak memerhatikan stories yang orang lain buat, lalu pelajari dan modifikasi. Berikut beberapa contoh lain yang pernah saya buat.

F. Menggunakan Efek Penghapus.

Untuk mendapatkan efek penghapus, kamu hanya perlu menggunakan sebuah foto, brush tool, dan efek penghapus. Caranya, pertama pilih foto yang ingin digunakan seperti dibawah ini.

Lalu pilih menu brush, pilih warna, tekan lama di sembarang tempat dilayar untuk memberi warna keseluruh permukaan layar.

Selanjutnya pilih “ikon penghapus”, lalu buat tulisan tertentu, dibawah misalnya tulisan “kopi”. Otomatis warna solid akan terhapus sehingga yang muncul adalah gambar background yang dipilih tadi.

G. Kombinasi gambar untuk efek background spotify

Untuk yang ini sudah ada tulisan lebih lengkapnya diblog ini, bisa baca dihalaman https://bukugue.com/efek-background-spotify-di-instagram-story/. Agak sedikit panjang jika harus dijelaskan ulang disini, karena butuh tools tambahan untuk melakukannya.

Hasil dari kombinasi gambar tersebut adalah sebagai berikut.

H. Penggunaan filter yang tepat

Ada banyak sekali filter di instagram, saking banyaknya, sulit untuk membuat list lengkap. Belum lagi creator filter biasanya rajin membuat filter-filter baru. Dan tidak jarang filter-filter tsbt ada yang viral dan terkenal hingga keseluruh penjuru dunia.

Jika kamu tertarik, bisa baca dan cari-cari terkait filter terbaru lewat pencarian google. Di blog ini ada salah satu post yang membahas hal ini, tapi memang tidak benar-benar filter terbaru, karena sulit untuk bisa tetap up-to-date melihat banyaknya filter yang bermunculan setiap hari.

Simak tulisannya disini https://bukugue.com/filter-instagram-terbaru/

Membuat instastory keren dengan bantuan aplikasi tambahan

Selanjutnya membuat Insta Story keren dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika diatas sudah dijelaskan bagaimana langkah memaksimalkan apa yang disediakan Instagram untuk mempercantik Insta Story, kali ini saya akan memperkenalkan aplikasi yang mempermudah mendesain Insta Story.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memperindah tampilan Insta Story ataupun feed di IG. Kita tidak perlu lagi susah-susah belajar aplikasi editing foto di laptop, hanya tinggal menggunakan ponsel saja.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan ialah: Canva, Mojo, StoryArt, Inshot, dan Unfold.

Ke semua aplikasi itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kali ini saya akan memberi tutorial menggunakan Canva untuk mendesain stories yang menarik. Hal ini karena penggunaan aplikasi yang lain hampir sama, tinggal menyesuaikan saja. Oke langkahnya adalah:

1. Download terlebih dahulu aplikasi Canva di Playstore ataupun Appstore.
2. Jika sudah, langsung saja buka.

3. Silakan login, lalu di halaman mukanya akan ada banyak template yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mendesain banyak hal selain story dan feed ig. Silakan pilih menu Story Instagram.

4. Pilih jenis story yang ingin digunakan.

5. Jika kamu sudah memilih template, tekan edit maka kamu akan dibawa ke laman editing. Tekan gambar yang ada untuk mengganti dengan foto mu atau jika kamu tidak punya foto yang pas, Canva juga menyediakan stock gambar, foto, ilustrasi yang bisa digunakan.

6. Jika sudah, tekan pilihan teks untuk memberi teks supaya lebih eye catching. Canva menyediakan banyak font yang bisa kamu gunakan. Kamu juga bisa mengatur size, tata letak tulisan, dan warnanya.

7. Jika semuanya sudah, kamu tinggal menyimpannya saja. Cara menyimpannya juga cukup mudah, di sudut kanan atas ada gambar panah ke atas. Klik logo tersebut dan pilih simpan sebagai gambar.

8. Selesai, desainmu sudah siap diposting, yang pasti Insta Story mu akan jadi lebih keren.


Admin: Untuk membuat story keren itu ada banyak banget cara dan alternatifnya. Beda aplikasi editing yang dipakai, beda fitur yang diberikan, beda juga template story yang tersedia. Tapi semua balik lagi ke kreatifitas kita sebagai pengguna, tanpa kreatifitas, tidak peduli seberapa bagus template yang digunakan, hasilnya akan biasa-biasa saja.

Itulah beberapa cara untuk membuat instastory yang keren, semoga memberi informasi yang kamu butuhkan. Selamat berkreasi ya.

Tinggalkan Balasan