Cara membuat username di Telegram

  • Post Author:
  • Post Category:Telegram

Buat pengguna sosmed, pasti kalian tidak akan asing dengan kata “username”. Sosmed seperti Facebook mengharuskan penggunanya memiliki “username” yang unik yang tidak sama denggan pengguna lainnya .

Namun ternyata tidak hanya media social yang mengunakan fitur username, aplikasi chatting seperti Telegram juga menyediakan fitur ini, walaupun memang tidak otomatis secara default.

Di Telegram, kalian bisa membuat username, bisa juga tidak, tanpa mempengaruhi pemakaian aplikasi. Hanya saja, jika kalian membuat username, ada fitur-fitur lain yang akan bisa digunakan.

Sebelum kita masuk kepembahasan cara membuat username, disini penulis akan bahas sedikit mengenai syarat username di Telegram.

Ketentuan username di Telegram

Setiap aplikasi chatting ataupun sosmed, memiliki syarat yang berbeda. Ada yang mematok minimal dan maksimum karakter, ada juga yang tidak. Berikut beberapa hal persyaratan terkait username di akun telegram kalian.

1. Username harus lebih dari 5 karakter.
2  Tidak boleh sama dengan username pengguna lain. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, username bersifat unik, artinya username yang kalian gunakan harus berbeda dengan pengguna lain. Kalian tidak akan bisa menggunakan username yang sudah pernah digunakan oleh pengguna lain.

3. Username tidak boleh menggunakan symbol. Ini artinya kalian tidak akan bisa menggunakan symbol @,#,$,%,^,&,_,+,= dan lainnya untuk username telegram kalian. Hanya huruf, angka dan underscore saja yang diperbolehkan untuk username telegram.
4. Username tidak boleh diawali angka.

Setelah tau persyaratan diatas, barulah kita masuk ke cara pembuatan username dibawah ini. Dibawah akan dijelaskan cara membuat username di aplikasi telegram dan di telegram web. Jadi bisa pilih sesuai kebutuhan.

Membuat username Telegram di HP

Untuk pengguna ponsel, kalian bisa gunakan aplikasi telegram ataupun telegram x untuk hal ini. Berikut caranya.

1. Masuk kehalaman awal Telegram kalian, tap “menu hamburger”, lalu pilih menu “Pengaturan”.

2. Dihalaman pengaturan, tap bagian username. Kebetulan disini penulis sudah membuat username sebelumnya. Jika kalian belum pernah membuat username, dibagian tsbt hanya ada tulisan “Tidak ada Username”.

Tap Username

3. Kalian akan dibawa kehalaman pengaturan username seperti dibawah ini. Masukkan username yang kalian inginkan. Jika sudah, tap centang dipojok kanan atas untuk menyimpan.

Buat USername

4. Selesai. Kalian akan dibawa kehalaman sebelumnya dan username kalian sudah berhasil dibuat.

Username Berhasil dibuat

Membuat username Telegram di PC melalui Telegram Web

Meskipun telegram web tidak memiliki fungsi yang lengkap selayaknya aplikasi Telegram pada umumnya, ternyata pengaturan username bisa dilakukan disini.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu masuk ke akun telegram kalian di Telegram web. Yang belum tau, bisa baca halaman ini bukugue.com/login-dan-logout-telegram-web. Setelah itu, silahkan ikutin langkah-langkah dibawah ini.

1. Di beranda telegram web kalian, tap “menu hamburger” seperti pada gambar.

masuk ke halaman telegram laltu tap lambang garis 3 dibagian kiri atas

2. Pilih menu “Settings”.

Pilih Setting

3. Setelah itu akan muncul kotak halaman pengaturan seperti dibawah ini. Klik menu “Username”

Klik Username

4. Dikotak dialog pembuatan username berikut, isikan username yang kalian mau. Setelah itu klik “SAVE” untuk menyimpan.

klik save

5. Selesai. Username berhasil dibuat.

Username berhasil dibuat

Keuntungan membuat username

Mungkin sudah banyak yang tau setelah mengikuti proses diatas, bahwa dengan membuat username, kalian bisa menggunakan fitur link telegram.

Saat kita membuat username, kita otomatis juga membuat link t.me/username seperti contoh diatas. Link ini bisa digunakan untuk mengundang orang chat di Internet.


Itulah bagaimana penjelasan singkat bagaimana cara membuat username di Telegram. Buat yang ingin mengganti username lama di telegram, cara diatas juga bisa digunakan.


Mungkin sampai disini pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan