Cara membuat dan memasang link di instagram

Instagram merupakan media sosial yang kini tengah banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Sehingga tidak mengherankan apabila saat ini Instagram menjadi media yang potensial untuk dijadikan sebagai sarana promosi.

Bisa kita lihat bahwa saat ini banyak pengusaha yang membuat akun Instagram dalam rangka pengenalan produk kepada masyarakat. Instagram pun memfasilitasi hal ini dengan adanya akun instagram bisnis.

Buat pengusaha/pebisnis/blogger, situs website mereka adalah salah satu yang paling sering mereka promosikan.

Bicara soal promosi link di instagram, ternyata tidak semua tempat bisa dipasangi “link aktif” di instagram. Kamu dapat memasukkan link pada postinganmu, kolom komentar, story, bio, sampai dengan direct messages. Tapi sekali lagi, ada yang memang tidak bisa dishare link aktif.

Nah, kali ini bukugue.com akan membahas terkait cara membagikan/share link di instagram. Baik itu berupa link aktif, ataupun jika tidak bisa link aktif, kita akan akali dengan trik yang akan share dibawah ini agar link tsbt bisa mudah diingat.

Cara menambahkan link aktif di Instagram

Untuk memasukkan link aktif ke Instagram, kamu dapat memanfaatkan fitur swipe up pada Instagram story. Selain menggunakan cara tadi, kamu juga bisa memasukkan link pada bio profilmu dan melalui direct messages. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak informasi berikut ini.

a. Menambahkan link aktif melalui fitur swipe up di story

Swipe up merupakan salah satu fitur di Instagram yang dapat kamu manfaatkan untuk menghubungkan story Instagram dengan link tertentu.

Ketika penonton Instagram story menggeser layarnya ke atas pada story yang telah kita masukkan link, maka mereka akan langsung dihubungkan pada url yang dimaksud.

Meskipun demikian ada syarat baku untuk dapat menggunakan fitur ini. Kamu harus memenuhi syarat minimal pengikut setidaknya sebanyak 10 ribu pengikut. Ketika pengikut akun Instagrammu telah mencapai angka tadi, maka kamu sudah bisa menggunakan fitur swipe up tadi.

fitur swipe up untuk membagikan link di instagram
fitur swipe up untuk membagikan link di instagram

Namun jika pengikut akun Instagram-mu belum mencapai 10 ribu, kamu tidak dapat membagikan link dengan fitur swipe up ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur swipe up, kamu dapat membaca tulisan berikut: https://bukugue.com/share-link-website-di-instagram/

b. Menambahkan link aktif di bio Instagram

Salah satu cara untuk memasukkan link aktif ke Instagram adalah dengan cara memajangnya pada bio akun Instagram kamu. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah berikut ini.

1. Buka halaman profil Instagram-mu. Setelah itu tap edit profile.

tap edit profile

2. Pada bagian website, masukkan link yang ingin kamu bagikan. Setelah itu tap “icon centang pada sudut kiri atas” setelah selesai mengedit.

masukkan link pada kolom website

Tips: Agar diketahui oleh khalayak umum, kamu perlu membuat postingan atau story yang berisi ajakan untuk membuka link tadi. Sertakan juga keterangan “Link on my bio” atau sejenisnya untuk memberitahukan bahwa link dapat diakses melalui halaman profilmu.

Link aktif ini dapat berfungsi agar orang tak harus repot-repot menuliskan alamat URL pada browser mereka.

c. Menambahkan link aktif pada direct messages

Membagikan link pada aplikasi Instagram juga dapat kamu lakukan melalui direct messages. Link yang dibagikan pun berupa link aktif sehingga orang yang kamu kirimkan link tadi bisa langsung mengklik alamar URL-nya dan dibawa langsung ke websitemu.

1. Tuliskan pesan ke pengguna lain di Instagram melalui direct messages.
2. Kamu dapat langsung menuliskan link yang ingin kamu bagikan pada kolom pesan.

paste-kan alaman url ke kolom direct messages

3. Kirimkan pesan seperti halnya saat kamu mengirim direct messages di Instagram.
4. Link akan berubah menjadi warna biru. Warna biru ini menandakan bahwa terdapat link aktif disini. Baik itu kamu ataupun si penerima pesan, keduanya dapat membuka link tersebut secara langsung.

setelah beberapa saat link akan berubah menjadi biru (link aktif)
setelah beberapa saat link akan berubah menjadi biru (link aktif)

Sebaiknya membagikan link yang mudah di ingat. Sehingga meninggalkan impresi di pengguna tsbt. Jadi jika kamu kirim link dengan shortlink seperti bit.ly, pastikan untuk membuat link yang memorable, misalnya bit.ly/orderdibukugue atau bit.ly/tanyabukuguedulu.

Cara “menambahkan” link tidak aktif di Instagram

Instagram juga memungkinkan kita untuk menuliskan link yang tidak aktif. Link yang dimasukkan tidak akan membawamu keluar menuju link yang dimaksud. Jadi, penonton story atau postingan tidak akan bisa menekan link yang telah dimasukkan.

Untuk masuk ke link tadi, mereka perlu menuliskannya secara manual di browser.

Link tidak aktif ini bisa dishare disemua tempat di instagram, tanpa ada batasan. Mau kamu kirim DM atau pasang di Bio, semuanya bisa dilakukan. Nah, disini akan dijelaskan beberapa contoh cara membagikan link non-aktif tsbt di instagram.

a. Memasukkan link tidak aktif di postingan

Untuk dapat memasukkan link ke postingan Instagram, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Karena link yang dituliskan tidak akan bisa langsung diklik, ada sedikit tips untuk menyiasatinya. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi atau website untuk memperpendek URL atau link. Kamu dapat menggunakan http://bitly.com atau sejenisnya untuk memperpendek URL. Sehingga walaupun link yang kamu bagikan tidak dapat langsung diklik, akan tetapi link akan lebih mudah diingat. Langkah ini bersifat opsional, sehingga kamu tidak harus melakukan cara ini jika memang tidak diperlukan.
2. Pada bitly.com, pastekan URL atau link yang ingin kamu pendekkan. Setelah itu, tap shorten.

tap "shorten"

3. Link yang sudah dipersingkat bisa kamu copy-kan untuk kemudian kamu bagikan pada postingan Instagram kamu.

salin atau copy link yang telah diperpendek

4. Selain itu, kamu juga dapat meng-custom link dengan cara membuat akun terlebih dahulu di bit.ly. Dengan demikian link akan lebih mudah diingat lagi. Seperti contoh sebelumnya, link bisa dibuat agar mudah diingat, seperti contohnya bit.ly/tanyabukugue
5.Lakukan upload foto maupun video yang akan kamu bagikan pada khalayak.

6. Setelah itu tuliskan kalimat yang ingin kamu sampaikan pada caption. Melalui caption inilah kamu dapat menuliskan link tadi. Copy dan paste-kan link yang kamu maksud pada caption.

paste-kan link ke kolom caption dan tap "share"

Sekali lagi, linknya tidak clickable (tidak aktif), jadi sebaiknya buat link yang singkat dan mudah di ketik. Tidak harus pakai bit.ly, jika kamu punya situs misalnya, dan situs kamu cukup singkat urlnya, bisa pakai situs tsbt. Misalnya kamu punya situs ecpns.com, lebih baik share situsnya daripada buat url bit.ly lagi.

b. Memasukkan link tidak aktif pada kolom komentar

Selain melalui postingan, link juga dapat dituliskan pada kolom komentar. Akan tetapi, link yang dibagikan juga bukanlah berupa link aktif. Sehingga untuk mempermudahnya, ringkas URL terlebih dahulu, seperti pada cara pertama tadi.

1. Ringkas terlebih dahulu link yang akan kamu tuliskan di kolom komentar. (opsional).
2.Tuliskan komentar seperti biasa, dan masukkan link yang ingin kamu bagikan. Setelah itu, tap icon kirim. Link akan muncul pada komentar postingan

paste link ke kolom komentar

3. Link yang kamu kirimkan akan menjadi link yang tidak aktif.

link pada komentar di Instagram
link pada komentar di Instagram

c. Memasukkan link tidak aktif pada Instagram story

Cara lain yang dapat kamu gunakan untuk dapat membagikan link adalah dengan menuliskannya pada Instagram story. Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah memasukkan link di Instagram story.

1. Karena link yang dihasilkan bukanlah berupa link aktif, pendekkan terlebih dahulu alamat URL yang akan kamu masukkan. (opsional)
2.Buatlah story dengan mengupload gambar atau video, atau dengan memotretnya secara langsung. Setelah memilih foto untuk diupload sebagai story, kamu dapat membagikannya sama dengan saat kamu membuat story pada umumnya. Untuk memperindah tampilan story, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pengedit foto atau dengan menggunakan aplikasi khusus pembuat Instagram story.

3.Setelah mengupload fotonya, kamu dapat memasukkan link dengan menggunakan fitur text. Tekan icon huruf A pada tampilan berikut. Setelah itu masukkan link ke kolom yang tersedia. Setelah itu atur tata letak dan ukuran teks.

4. Alternatif lainnya, kamu dapat melakukan pengeditan foto terlebih dahulu dan kamu juga dapat memasukkan alamat URL-nya. Lakukan pengeditan foto dengan aplikasi tambahan jika diperlukan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Unfold untuk menghasilkan tampilan yang lebih maksimal. Kamu dapat mengunduhnya melalui playstore, atau untuk lebih mudahnya dapat melalui link sebagai berikut: https://play.google.com/store/apps/details?Id=com.moonlab.unfold


Membagikan link di Instagram melalui cara-cara tadi tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Misalnya, jika kamu membagikan link melalui story ataupun postingan, akan banyak orang melihatnya. Meskipun demikian, link yang dituliskan bukanlah berupa link aktif. Sehingga cara ini sedikit merepotkan bagi pengikut.

Sedangkan apabila kita menggunakan bio akun sebagai sarana untuk membagikan link, orang-orang akan lebih dimudahkan. Meskipun begitu, hanya orang-orang yang membuka halaman profil kita saja yang bisa membukanya.

Begitu pula dengan membagikan link melalui direct messages. Walaupun berupa link aktif, akan tetapi hanya si penerima pesan saja yang dapat membuka linknya langsung dari Instagram. Oleh karena itu, kita memerlukan gabungan dari cara-cara tadi.


Nah itu tadi informasi mengenai bagaimana membagikan link ke Instagram melalui berbagai cara. Sekarang kamu sudah tahu kan? Semoga informasi ini bermanfaat terutama untuk para “link sharer” di Instagram.

Terus ikuti informasi terupdate seputar media sosial hanya di Bukugue dot com. Sampai jumpa.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan