Cara mengundang dan menambahkan teman ke grup Whatsapp

Salah satu alasan banyak orang yang menggunakan aplikasi whatsapp adalah fitur-fiturnya yang sangat memudahkan pekerjaan. Salah satunya adalah fitur grup.

Dalam sebuah grup whatsapp, kita bisa berkirim informasi kepada banyak orang sekaligus tanpa harus mengirimnya satu persatu. Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini penulis akan memberikan tutorial bagaimana cara meng-invite atau mengundang teman ke grup whatsapp.

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum memasukkan atau mengundang temanmu ke dalam grup whatsapp yang telah ada. Hal-hal berikut ini menjadi syarat yang harus kamu penuhi, jika tidak terpenuhi akan sulit untuk bisa menambahkan teman ke grup.

1. Menjadi Admin. Untuk menambahkan teman mu ke grup whatsapp, kamu harus menjadi admin terlebih dahulu. Admin adalah anggota grup whatsapp yang memiliki hak untuk mengatur sebuah grup whatsapp, termasuk menambahkan anggota baru.

Ketika kamu membuat grup whatsapp baru, maka otomatis kamu akan menjadi admin, tapi, jika grup itu dibuat oleh orang lain, kamu tidak otomatis menjadi admin. Kamu bisa jadi admin dengan meminta admin saat ini untuk mengangkat kamu jadi admin. Dalam sebuah grup, bisa banyak admin.

Kalau tidak bisa bagaimana? Hal ini juga akan bahas dibagian akhir tulisan.

2. Menyimpan Nomor (wajib untuk cara bagian A). Sebelum menambahkan teman ke dalam sebuah grup whatsapp, kamu perlu menyimpan nomornya terlebih dahulu.Tapi hal ini tidak wajib, karena ada cara lain yang bisa dipakai, hal tsbt akan dibahas dibagian B.

A. Cara menambahkan teman ke grup WA lewat kontak tersimpan

Jika kamu berstatus sebagai admin dalam sebuah grup whatsapp, kamu bisa memasukkan teman di grup whatsapp tersebut dengan sangat mudah. Kamu bisa menambahkan pengguna yang ada di kontak mu langsung dari menu yang tersedia di grup tersebut. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan berikut ini.

  1. Buka grup whatsapp yang sudah ada dan pilih tanda titik tiga yang terletak di pojok kanan atas.
    pilih tanda titik tiga yang terletak di pojok kanan atas.
  2. Ketuk menu Info Grup yang terletak di bagian paling atas di antara menu-menu lain yang ada.
    Ketuk menu Info Grup
  3. Pilih menu Tambah peserta untuk memasukkan teman ke grup whatsapp tersebut.
    Pilih menu Tambah peserta
  4. Selanjutnya kamu bisa memilih satu atau beberapa teman yang ada dalam daftar kontakmu untuk dimasukkan ke dalam grup whatsapp tersebut.
    Pilih satu atau beberapa teman
  5. Jika kamu sudah menentukan pilihan, kontak yang itu akan muncul pada kolom teratas. Selanjutnya kamu bisa memilih tanda centang berwarna hijau yang terletak di pojok kanan bawah.
    Pilih tanda centang berwarna hijau
  6. Tunggu proses loadingnya dan temanmu akan masuk ke dalam grup whatsapp tersebut yang ditandai dengan munculnya notifikasi seperti ini.
    temanmu sudah masuk ke dalam grup whatsapp

Cara ini adalah cara yang paling aman karena kamu bisa memilih siapa saja orang yang memang berhak untuk dimasukkan ke dalam grup.

Tetapi, cara ini mengharuskan kamu untuk menyimpan seluruh kontak teman yang ingin kamu masukkan ke dalam grup.

Tentu hal ini akan merepotkan jika anggota baru yang akan dimasukkan berjumlah banyak atau kamu perlu grup yang tidak semua anggotanya itu orang yang kamu kenal dekat, misalnya grup hobi tertentu atau grup lucu-lucuan yang bisa di ikutin ratusan anggota.

Jadi memang cara ini kurang cocok di kondisi tertentu.

B. Cara menambahkan teman ke grup WA tanpa menyimpan kontak

Kamu juga bisa mengundang temanmu ke grup whatsapp dengan cara memberikan “invite link” grup tersebut ke calon anggota. Cara ini biasa dipilih kalau admin tidak mau repot-repot menyimpan semua orang yang akan di undang.

Calon anggota grup bisa masuk sendiri ke dalam grup whatsapp tersebut via “invite link” yang sudah ia diterima.

Admin: Aku kebetulan punya grup untuk penulis blog ini. Diawal aku dan para penulis berhubungan hanya via email, aku tidak punya nomor mereka. Aku gunakan metode invite link ini untuk mengundang penulis masuk ke grup tersebut.

Jadi di metode ini kamu bahkan tidak perlu tau sama sekali nomor calon anggota, asalkan kamu bisa mengirimkan link invite tersebut ke calon anggota. Link nya bisa dikirim via email, lewat DM instagram, lewat chat di messenger, atau lewat media apapun, yang penting link nya sampai ke calon anggota tsbt.

Berikut adalah tutorial mengundang teman di grup whatsapp menggunakan link.

  1. Buka grup whatsapp yang sudah ada dan pilih tanda titik tiga yang terletak di pojok kanan atas.
    pilih tanda titik tiga
  2. Ketuk menu Info Grup yang terletak di bagian paling atas di antara menu-menu lain yang ada.
    Ketuk menu Info Grup
  3. Scroll ke bagian bawah dan pilih menu Undang via Tautan. Menu ini terletak di bawah menu Tambah Peserta. Perhatikan gambar di bawah ini.
    pilih menu Undang via Tautan
  4. Pada menu tersebut, kamu bisa melihat tautan atau link grup tersebut. Kamu bisa membagikannya dengan orang-orang yang ingin kamu masukkan ke dalam grup dengan cara memilih menu Bagikan Tautan.
    Pilih menu Bagikan Tautan
  5. Selanjutnya kamu bisa memilih media yang ingin kamu gunakan untuk mengirim tautan tersebut, kamu bisa mengirimnya melalui whatsapp, instagram, SMS, email, dan lainnya. Tapi, cara yang paling mudah adalah mengirim link tersebut via whatsapp itu sendiri. Tapi, jika temanmu belum memiliki akun whatsapp, kamu bisa mengundangnya menggunakan media lain.
    pilih media yang ingin kamu gunakan untuk mengirim tautan tersebut
  6. Selanjutnya pilihlah kontak teman yang ingin kamu undang ke dalam grup whatsapp. Ingat, kirimlah link ini hanya kepada orang-orang yang berhak masuk ke dalam grup. Jangan biarkan link ini tersebar kepada khalayak umum yang tidak seharusnya mengetahui atau bergabung ke dalam grup whatsapp yang tersebut. Selanjutnya ketuk tanda panah hijau yang ada di bagian pojok kanan bawah jika kamu sudah menentukan kontak tujuan yang akan menerima link ini.
    pilihlah kontak teman
  7. Selanjutnya link atau tautan grup itu akan secara otomatis tertulis di kolom perpesanan. Kamu hanya perlu mengirimnya dengan cara mengeklik tombol panah hijau di bagian pojok kanan bawah.
    klik tombol panah hijau
  8. Tautan grup itu sudah terkirim kepada kontak tujuan.
    Tautan grup itu sudah terkirim

Setelah temanmu menerima undangan grup whatsapp tersebut, ia bisa dengan mudah masuk ke dalam grup whatsapp tersebut.

Dia tinggal tap link yang sudah ada atau bisa langsung klik menu Bergabung ke Grup. Selanjutnya dia bisa lihat nama grup, siapa yang membuat grup, kapan grup itu dibuat, dan siapa saja anggota grup yang sudah bergabung. Jika dia tertarik masuk ke dalam grup tersebut, dia bisa klik menu “Bergabung ke Grup” untuk gabung ke grup tersebut.

Lalu akan muncul notifikasi yang menerangkan bahwa ia sudah berhasil bergabung ke dalam grup tersebut seperti gambar dibawah ini.

akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini

Cara kedua ini cocok digunakan untuk grup whatsapp yang memiliki banyak anggota. Admin hanya perlu mengirim link tersebut ke salah seorang anggota, kemudian link tersebut dapat dikirim kepada calon anggota lain.

Tapi, hal ini juga mengandung resiko yaitu sulitnya admin memfilter anggota grup yang bisa bergabung karena mungkin saja orang lain yang tidak seharusnya menjadi anggta grup, tiba-tiba bergabung ke dalam grup menggunakan link atau tautan yang telah tersebar.

Bisakah menambahkan teman ke grup WA tanpa menjadi admin?

Sejauh ini tidak ada cara menambahkan teman tanpa menjadi admin setauku. Tapi kalau kamu baca dengan seksama tulisan diatas, harusnya kamu sudah dapat gambaran trik yang bisa kamu lakukan untuk bisa undang teman tanpa jadi admin.

Yup, caranya adalah dengan “invite link”.

Logika nya begini, misalnya kamu di undang admin melalui link invite, artinya kamu dapet link tersebut kan? Nah link ini bisa kamu sebar dan kirimkan ke teman lain yang ingin kamu undang. Intinya, kamu minta atau dapatkan link invite grup tersebut dari admin, lalu kirimkan link invite tersebut ke calon anggota lainnya.

Jika kamu ada metode atau trik lain yang bisa digunakan untuk hal ini, silahkan tambahkan dikolom komentar. Nanti bisa di update ke tulisan ini.

Gagal menambahkan teman ke grup whatsapp

Kalau kamu gagal menambahkan teman ke grup whatsapp, hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya:

1. Kuota member grup sudah penuh. Whatsapp membatasi jumlah anggota dalam sebuah grup hanya 256 anggota saja. Solusi dari masalah ini adalah admin harus mengeluarkan anggota lain yang dirasa bisa dikeluarkan seperti anggota yang sudah lama tidak aktif, dll. Setelah beberapa anggota lain dikeluarkan dari grup, maka kuota yang kosong dapat diisi oleh anggota baru.

Selain itu, admin juga bisa mempertimbangkan pindah platform, misalnya pakai platform grup di facebook, tidak ada batasan anggota disana. Atau bisa pindah ke telegram, grupnya bisa menampung hingga 200.000 anggota.

2. Link invite salah. Hal ini bisa terjadi, misalnya karena calon anggota yang salah copas linknya sehingga ada sebagian url yang terpenggal. Atau bisa jadi karena admin sudah me-revoke invite link tersebut dan mengganti invite link dengan link baru.

Solusinya kalau seperti ini adalah kirimkan link terbaru yang benar ke si calon anggota.


Memasukkan teman ke grup whatsapp langsung ataupun mengundang teman via link memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa memilih cara pertama atau cara kedua dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Sekali lagi, yang perlu diperhatikan adalah pentingnya memfilter siapa saja anggota grup yang sudah masuk, karena batasan jumlah anggota tadi. Kamu juga perlu memoderasi grup dengan baik agar tidak ada sampah/spam/hoax yang tersebar didalam grup. Pastikan suasana dalam grup seaman dan senyaman mungkin.

Semoga artikel ini mudah dipahami dan bermanfaat ya sobat. selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Balasan