Cara Mencari Dan Melamar Kerja Lewat Fitur Lowongan Kerja Twitter

Terbit

Diperbarui

X alias Twitter telah resmi meluncurkan fitur barunya berupa ‘X Job Search’ atau fitur mencari pekerjaan. Fitur ini telah tersedia di X versi web di desktop, termasuk bagi para pengguna di wilayah Indonesia.

Fitur ini hampir mirip seperti yang ada di platfrom jejaring sosial Linkedin. Pengguna dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk mencari lowongan pekerjaan dan melamar pekerjaannya.

Penasaran? Simak pembahasannya dibawah ini.

Proses mencari dan melamar kerja di fitur jobs Twitter

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitur ini (saat ini) hanya tersedia via situs Twitter. Jadi kamu perlu akses Twitter di browser kamu.

  1. Dibrowser kamu saat ini, silahkan buka laman twitter.com/jobs. Jika kamu sebelumnya sudah login ke Twitter di browser tsbt, kamu sudah bisa langsung mencari pekerjaan. Jika belum, silahkan login seperti biasa.
  2. Selanjutnya, isi bagian jenis pekerjaan dan lokasi disini. Dicontoh ini aku isi ‘Content creator’ sebagai jenis pekerjaannya. Dan ‘Indonesia’ sebagai lokasi-nya.
  3. Setelah mengisi, tap ikon ‘Search’ untuk mulai mencari.
  1. Akan muncul lowongan pekerjaan yang tersedia disini.
  2. Pilih salah satu untuk melihat detailnya.
  3. Jika kamu tertarik untuk melamar pekerjaan tsbt, tap tombol ‘Apply Now’ yang ada dibagian detail pekerjaan tsbt.
  1. Isilah semua data yang diminta lowongan tsbt. Dari nama, alamat, email, nomer ponsel, dan masih banyak lagi.
  1. Pilih ‘Mengajukan Permohonan’ jika kalian sudah selesai mengisi semua data.
  1. Lamaran telah berhasil dikirim!

Selanjutnya kamu tinggal menunggu respon mereka di email kamu. Yup, kamu tidak akan dapat notifikasi via Twitter ya, karena disini Twitter.com/jobs hanya menyediakan list pekerjaan, dan mengarahkan kamu kesitus terkait untuk mendaftar.

Dicontoh ini, aku diarahkan kehalaman situs jobs.lever.com, dan setelah aku coba beberapa lowongan lainnya, saat menekan tombol ‘Apply now’, aku selalu diarahkan ke situs berbeda-beda diluar Twitter.

Trik yang bisa kamu coba terkait pencarian lowongan kerja

  • Kamu bisa mengosongkan bagian lokasi untuk melihat semua pekerjaan tanpa batasan wilayah.
  • Kamu juga bisa mengosongkan bagian pekerjaan dan mengisi lokasi saja. Misalnya dengan mengisi ‘Jakarta’, kamu bisa melihat semua lowongan pekerjaan untuk daerah tsbt.
  • Kamu bisa mengetikkan ‘Remote’ dibagian lokasi, untuk melihat semua pekerjaan yang bisa tersedia secara ‘Remote’ (bisa online dari rumah).
  • Untuk mencari pekerjaan, sebaiknya gunakan satu kata saja dan coba berbagai variasinya. Jadi misalnya untuk pekerjaan konten kreator, kamu bisa cari dengan keyword ‘Konten’, ‘Content’, dstnya.

Fitur ini bisa dibilang sangat bermanfaat untuk membantu pencari kerja ya. Seperti diaplikasi Linkedin, pengguna dapat melihat lowongan pekerjaan dengan informasi nama, lokasi perusahaan, kualifikasi, job desk, benefit yang ditawarkan, dll.

Bagaimana, tertarik mencari lowongan kerja melalui Twitter? Jika iya, selamat mencoba dan semoga kamu berhasil mendapat pekerjaan yang sesuai untukmu.

Mungkin sampai disini dulu tulisan kali ini. Sampai jumpa ditulisanku lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *