Cara mencari akun seseorang di Instagram

Mengikuti seseorang di Instagram merupakan hal yang perlu kita lakukan agar dapat terhubung dengan orang. Untuk mengikuti seseorang, kita diharuskan untuk mencari akunnya terlebih dahulu.

Untuk mencari seseorang di Instagram, cara yang paling umum dilakukan adalah dengan mengetikkan username pada kolom pencarian. Instagram akan memunculkan orang yang mungkin berhubungan denganmu pada hasil pencarian teratas. Selanjutnya, kita hanya perlu membuka profilnya, untuk melihat postingan-nya dan memastikan dia adalah orang yang kita cari.

Namun pencarian dengan nama terkadang tidak membuahkan hasil. Alasannya beragam, bisa jadi karena nama instagram yang digunakan berbeda dengan nama asli-nya. Karena itulah, kita mungkin perlu alternatif cara mencari orang di instagram.

Disini bukugue.com akan menjelaskan semua cara yang bisa dipakai untuk mencari seseorang di instagram.

Mencari orang di Instagram dengan fitur pencarian

Ini yang paling mudah, jadi ini yang akan kita bahas lebih dulu.

1. Buka aplikasi Instagram kamu. Lalu tap ikon kaca pembesar untuk masuk ke halaman explore di instagram.

2. Setelah sampai di tab explore seperti dibawah, selanjutnya tap kolom pencarian dibagian atas laman.

3. Kamu akan dibawa kehalaman pencarian seperti dibawah. Dibagian kolom pencarian, ketikkan nama lengkap orang yang ingin dicari.

4. Setelah itu akan muncul pilihan akun dan hashtag terkait pencarian tsbt. Kamu bisa gulir kebawah dan cek satu persatu untuk mencari akun yang sesuai.

5. Selesai.

Jika orang yang kamu cari adalah teman lama yang sudah lama tidak bertemu, mungkin akan sulit melihat dari foto profilnya, karena bisa jadi orangnya sudah cukup berubah setelah lama tidak bertemu. Jadi kamu bisa buka dan cek satu persatu profil yang muncul, dan lihat postingan-postingannya.

Mencari orang di Instagram dengan nomor HP

Salah satu kemudahan yang diberikan instagram adalah pengguna dapat menghubungkan akunnya dengan nomor HP. Melalui nomor HP inilah, kamu dapat mencari temanmu di instagram.

Dengan cara ini, orang yang kamu simpan kontaknya pada smartphone akan dapat dimunculkan disini. Jadi pastikan kamu sudah menyimpan nomor tsbt sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka menu dengan menekan ikon garis tiga pada tampilan. Setelah itu pilih menu “temukan orang” .

tap "temukan orang"

2. Akan muncul halaman seperti dibawah ini. Dibagian atas akan ada menu “connect to contact”, yang artinya “hubungkan dengan kontak”. Pilih menu tsbt.

pada connect contacts, tap "connect"

3. Disini akan muncul kotak pemberitahuan spt dibawah. Pilih “mulai” untuk mulai menyinkronkan kontak.

pilih "mulai"

4. Selanjutnya instagram akan meminta izin untuk mengakses kontak. Tap “izinkan”.

tekan "izinkan"

5. Jika belum terhubung, cobalah untuk membuka pengaturan aplikasi instagram dan berikan perizinan pada kontak.

6. Setelah terkoneksi, kamu perlu merefresh halaman “Temukan orang” tadi. Seharusnya sudah ada saran baru. Jika belum, bisa coba restart aplikasi instagram kamu.

Admin : Jadi setelah di beri izin, dihalaman “temukan orang” tadi, seharusnya akan muncul akun-akun yang terkait dengan kontak yang ada di ponselmu. Kekurangannya adalah, tidak semua akun instagram saat mendaftar menggunakan nomer hp, bisa saja mereka hanya pakai email. Selain itu, saat ini rata-rata orang punya lebih dari satu nomer hp (karena ponsel android biasanya support dual SIM), jadi mungkin nomer HP yang dia pakai buat akun tsbt beda dengan yang kamu simpan.

Mencari orang di Instagram melalui Facebook

Selain melalui kontak, kamu juga dapat menghubungkan akun Facebookmu dengan instagram. Untuk dapat menghubungkannya, kamu dapat melakukan tutorial berikut.

1. Sama seperti cara sebelumnya, disini buka dulu menu “Temukan orang”.

tap "temukan orang"

2. Selanjutnya, dibagian atas akan ada pilihan “connect to Facebook”. Pilihan ini ada jika instagram kamu belum terhubung ke facebook, kalau sudah terhubung, seharusnya pilihannya sudah tidak ada. Disini pilih tombol “connect” untuk mulai menghubungkan akun facebook kamu ke instagram.

pada connect to facebook, klik "connect"

3. Jika sebelumnya kamu sudah login di aplikasi facebook, maka kamu tidak perlu login kembali. Namun jika belum login, kamu mungkin akan diarahkan menuju halaman login facebook terlebih dahulu

4. Setelah terhubung dengan Facebook, Instagram akan menyarankan teman di facebook yang juga terhubung dengan Instagram. Mereka akan memiliki penanda dengan tulisan “teman di Facebook”.

cari teman facebook di instagram

Tidak setiap kontak yang kamu simpan nomornya akan kamu temui pada daftar diatas. Pun begitu dengan teman di Facebook, belum tentu setiap teman di Facebook akan dapat muncul. Instagram hanya menampilkan akun yang mendaftarkan facebook atau nomornya pada instagram saja. Jika kamu tidak dapat menemukan orang yang kamu cari, bisa jadi itu dikarenakan akunnya yang tidak terhubung dengan salah satu diantaranya.

Kesimpulan

Untuk mencari akun instagram secara pasti, memang hanya bisa dilakukan dengan menu pencarian. Hanya saja memang, pencariannya cuma bisa berdasarkan nama ataupun username.

Sedangkan untuk mencari dengan nomor HP, tidak bisa dilakukan langsung. Kamu hanya bisa menyinkronkan daftar kontak-mu ke instagram, dan berharap nomer hp tsbt terkait dengan akun instagram yang kamu cari, dan instagram bisa menyarankan akun tsbt lewat fitur “temukan orang” tadi.


Nah semoga dari artikel ini, pembaca jadi lebih tahu bagaimana cara mencari teman di instagram ya. Setelah memahaminya, sekarang pembaca tinggal mempraktikkannya sesuai tutorial.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah ini. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan