#6 cara sederhana mendapatkan uang penghasilan dari facebook

Kamu termasuk pengguna Facebook yang hanya sekadar main-main, posting foto, upload video hanya untuk seru-seruan? Kalau begitu, sekarang sudah saatnya kamu beralih ke main Facebook yang dibayar. Secara, kuota internet yang habiskan untuk ber-Facebook ria itu kan tidak sedikit. Beli kuotanya juga pakai uang.

Belum lagi kalau baterai handphone habis. Kamu harus segera mendapatkan listrik untuk mengisinya. Kamu tahu sekarang berapa harga tarif listrik per kwh-nya? Tarif listrik per kwh sampai detik ini yaitu sekitar 1.300an rupiah. Untuk sekali proses re-charge hp, selama kurang lebih 2 jam kita memerlukan setidaknya 28,6 watt daya listrik atau 0,0286 kwh.

Sebanyak 0,0286 kwh dikalikan Rp 1.325,00. Maka, biaya listrik yang diperlukan untuk re-charge hp selama 2 jam adalah Rp 37,8 rupiah. Bayangkan jika dalam sehari kita re-charge hp sebanyak 3 sampai 6 kali. maka, untuk biaya listrik 1 hp saja kita perlu membayar sekitar 100-250 rupiah. Bagaimana jika gadget kita tidak hanya 1? Bisa jadi gawai kamu 3 sampai 5 buah. Lalu, kelima buah gawai itu dikali lagi dengan penggunaan listrik selama sebulan.

(yudha note: Yep, gawai itu bahasa indonesianya “gadget”, barusan search di wikipedia. Cuma kata gawai jarang digunakan, aku sendiri bahkan baru tau. Biasanya aku pakai kata “perangkat”, atau “device” untuk pengganti kata gadget. Intinya, gawai itu kata pengganti untuk hp, tablet, dll secara keseluruhan)

(yudha note: Aku cuma punya 1 hp, dan cas 1 kali sehari, dari segi listrik ga bnyk, tapi dari segi kuota, ini yang boros.)

Selanjutnya, kamu bisa beralih ke gawai anggota keluarga yang lain. Bisa dihitung total pemakaian listrik hanya untuk membiayai gadget di tangan seluruh anggota keluarga dalam 1 rumah kamu.

Belum lagi biaya kuota internet. Mau prabayar atau pascabayar yang unlimited. Kebayang dong sebulan berapa pengeluaran kita untuk biaya listrik hp dan kuota internet? Apalagi jika kamu termasuk yang menanggung semua biaya itu buat orang serumah. Terasa sekali bebannya hehe…

Main facebook sambil menghasilkan uang ?

Untuk itu, mulai sekarang yuk kita main Facebook yang dibayar. Ada banyak cara yang bisa ditempuh supaya main Facebook kita lebih berfaedah. Baik secara sosial maupun secara finansial.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dalam menjemput peluang dibayar melalui Facebook. Diantaranya:  

1. Mengusahakan layanan jasa titip saat bepergian.

Kamu pasti sering kan bepergian ke suatu tempat, lalu melakukan check in update dan berswafoto di sana? Sesudah itu, kamu akan pergi membeli oleh-oleh. Akan sangat menguntungkan jika kamu melakukan kesenangan itu sambil menjemput peluang usaha dengan layanan jasa titip membelikan oleh-oleh di sana bagi pelanggan/teman-teman yang berada di Facebook kamu. Misalnya, membelikan makanan khas daerah yang sedang kita kunjungi. Kamu bisa memberikan harga jasa titipnya misalnya tiga ribu sampai sepuluh ribu rupiah per item. Jangan lupa hitung ongkos kirimnya juga ya jika yang pesan orang jauh.

2. Berjualan di Marketplace Facebook.

Marketplace facebook adalah pasar besar yang bisa kita masuki sebagai pengguna setia Facebook. Kamu bisa berjualan apa saja di sana. Termasuk jualan jasa seperti memberikan les privat pelajaran tertentu atau menjadi tenaga kerja untuk membantu renovasi rumah.

3. Memposting keahlian tertentu, maka datanglah job-job menggiurkan.

Ini sesuai dengan pengalaman saya. Ketika saya banyak menulis hal-hal yang inspiratif di Facebook, banyak teman-teman yang meng-inbox saya menawarkan proyek menulis dan pekerjaan sebagai guru ekskul menulis di sekolah. Saya diwawancarai dan diberitahu teknisnya ya di inbox Facebook yang sekarang menjadi messenger.  Sejauh ini sudah lebih dari 10 buku yang saya tulis berasal dari tawaran job via Facebook ini. Dan juga saya masih aktif mengajar ekskul menulis di sekolah tersebut. Seru deh menjalaninya.

4. Berjualan di fanpage.

Kamu bisa membuat sebuah facebook page dimana kamu bisa berjualan barang-barang tertentu seperti item fashion, buku, e-book, dan lain-lain. Kamu bisa invite orang-orang dengan minat yang sama dengan apa yang dijual dalam page kamu. Selanjutnya, jika 1 page sudah bagus penjualannya, kamu bisa membuat page lain dengan jualan produk yang berbeda.

5. Monetisasi  popularitas akun Facebook

Kamu tentu familiar dengan video creator terkenal bernama Ms Yeah, bukan? Dia dan timnya sangat serius dalam menggarap setiap video yang mereka monetisasi di Facebook. Monetisasi artinya mengelola page atau akunnya untuk mendapatkan uang dari Facebook. Seperti layaknya yang Raditya Dika dan Ria Ricis lakukan di Youtube.

 

Di awal, kamu mungkin belum terkenal. Maka, kamu bisa menggunakan Facebook ads sebagai jembatan untuk mengkomersilkan page kamu. Yang pasti, sebelum membuat page, kamu harus pikirkan dengan matang kira-kira content seperti apa yang bisa disenangi oleh banyak pengguna Facebook. Selanjutnya, sesuaikan dengan gaya dan budget kamu. Gunakan kamera dan tulisan terbaik untuk mengantarkan video yang mau kamu komersilkan tersebut.

Semakin banyak yang menonton, maka semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan uang dari Facebook. Apalagi jika makin banyak yang membagikan postingan kamu. Selanjutnya, semakin besar pula peluang tawaran endorsement atau iklan dari produk tertentu yang akan datang menghampirimu.

6. Main Games Facebook Dapat Uang Asli

Kamu mungkin sering dapat notifikasi ajakan bermain games tertentu di Facebook. Bisa jadi undangan teman kamu itu justru bisa bikin kamu mendapat uang dari Facebook.

Sebut saja games Market Glory, Vainglory, Clash of Clans, Street Racing War, Entropia Universe, Golden Towns, Exodus 3000 yang bisa kasih para pemainnya uang asli. Koin-koin yang kamu hasilkan dari games ini bisa ditukarkan dengan uang asli lho.

(Yudha: Aku cuma tau COC doang, dan itu bukan game facebook, tapi game smartphone pada umumnya. Cuma disini sedikit membantu penulis menjelaskan, kalau kamu suka gaming, gaming bisa menghasilkan uang memang. Tapi ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, misalnya pertama, user-base atau pengguna game tersebut haruslah banyak, sehingga bisa ada kemungkinan transaksi. Contoh game nya ya itu COC (clash of clans) itu ada yang jualan akunnya.

Jadi game di internet, bisa di uangkan, asalkan ada pasarnya, user yang banyak, popularitas game yang cukup baik, akan ada pasarnya sendiri.)

Nah, bagaimana guys artikel ini sudah menjawab belum rasa penasaran kamu tentang bagaimana cara main Facebook bisa dibayar?

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Supaya bukan hanya kamu yang seru sendiri mengikuti tips dari saya yah…

(yudha note: Hi, admin lagi disini, diatas adalah pengalaman penulis dalam menghasilkan uang di facebook. Aku mungkin akan tambahin lagi nanti, aku sendiri tau beberapa cara menghasilkan uang di internet secara umumnya, dan di medsos secara khusus. Cuma memang yang bener2 profitable (bukan sekedar sambilan) itu ga banyak dan butuh ilmu pengetahuannya. Misalnya jualan online itu profitable, tapi ada ambang minimal dari segi dana dan ilmu terkait jualan online yang harus kamu punya, agar kamu bisa menghasilkan penghasilan yang baik. Ok. Segitu aja dulu, kalau kamu punya cara yang lebih baik, share di kolom komentar)