Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram

Kamu suka merasa tidak nyaman nggak ketika ada komentar di salah satu postinganmu di Instagram yang bernada sinis bin menyebalkan? Gengges kalau istilah sekarang mah. Padahal postingan kamu tuh aman. Aman secara fotonya maupun caption-nya. Kalau sudah begitu rasanya ingin men-delete postingan itu atau memblokir orang yang berkomentar ya? Tapi…kok sayang karena hanya satu atau beberapa yang berkomentar itu foto jadi dibumihanguskan dari Instagram kita. Atau kok kayak merasa jahat banget memblokir orang yang jadi follower kita itu yah?

Kalau kamu merasakan dan mengalami hal yang sama, tenang…kamu tak sendiri…ada saya dan bisa jadi jutaan Instagrammer lainnya di luar sana. Untuk itu, saya telah menemukan solusinya. Foto-foto postingan dalam Instagram tersebut akan tetap berada dalam akun kamu. Tetapi, keberadaannya tidak bisa dilihat lagi oleh orang lain. Juga tidak bisa dilacak jejak digitalnya. Jadi bisa lebih mendamaikan Instagram kamu, kan?

Kalau sudah disembunyikan, apa bisa dilihat lagi atau diposting kembali? Bila saja suatu saat nanti kita kangen dengan foto tersebut dan keadaan sudah aman. Mungkin kamu bertanya-tanya seperti ini dalam kalbu terdalam. Jawabannya tentu saja bisa.

Pengarsipan Foto-foto Supaya Tak Bisa Dilihat Orang

Oke, sekarang saat yang ditunggu. Saya akan membagikan langkah-langkah mengarsipkan postingan foto kita supaya tidak bisa dilihat oleh orang lain. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih foto yang akan disembunyikan. Klik. Lalu, klik atau tap ikon/tanda titik 3 di pojok kanan atas foto.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 1

2. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pilih ARCHIVE.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 3

3. Sekarang postingan kamu ini sudah tak dapat dilihat orang lain lagi.

Membuka Kembali Postingan Yang Diarsipkan

Langkah-langkah yang bisa dilakukan diantaranya:

1. Masuk ke profil Instagram kamu.
2. Tap ikon yang berbentuk jarum jam seperti di bawah ini.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 5

3. Selanjutnya, akan muncul postingan foto yang telah kamu sembunyikan.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 7

Memposting Kembali Foto-foto Yang Diarsipkan

Jika suatu saat nanti kamu ingin memposting/memunculkan kembali foto-foto yang telah disembunyikan tersebut, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Tap ikon berbentuk jarum jam tadi.
2. Lalu, akan muncul postingan yang diarsipkan. Selanjutnya, pilih foto yang akan dimunculkan kembali ke publik. Klik.
3. Klik ikon titik 3 di pojok kanan atas foto.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 1

4. Kemudian, akan keluar 2 pilihan seperti di bawah ini.
5. Pilih SHOW ON PROFILE.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 11

6. Foto yang kamu sembunyikan pun kini sudah bisa dilihat lagi oleh orang lain.

Menyimpan Foto Akun Yang Kita Follow Dalam Arsip Kita

Adakalanya kita ingin menyimpan foto atau keterangan foto (caption) yang bermanfaat dari akun orang lain. Namun, kita belum saatnya me-repost postingan tersebut dengan menggunakan aplikasi repost foto Android. Lalu, bagaimana ya caranya supaya postingan itu dapat dengan mudah kita temukan?

Salah satu caranya adalah dengan menyimpan atau mengarsipkan postingan tersebut dalam arsip pribadi kita. Langkah-langkah yang bisa dilakukan diantaranya:

Pilih ikon yang seperti potongan pita di pojok kanan bawah foto tersebut.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 13

Tab ikon tersebut. Kemudian pita akan berwarna hitam dan muncul tulisan SAVE TO COLLECTION.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 15

Selanjutnya, jika kamu ingin membuka postingan itu di lain waktu, kamu bisa langsung masuk ke profil akun Instagram kamu. Pilih ikon pita yang ada di bagian atas jejeran foto-foto postingan kamu.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 17

Kemudian akan muncul semua arsip foto/video dari akun orang lain. pilih foto atau video yang mau kamu lihat. Klik.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 19

Tampilan foto yang kamu klik akan terlihat seperti di bawah ini.

Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram 21

Kamu bisa langsung menelusuri foto ataU video tersebut denagn mudahnya. Jika kamu sudah tidak butuh melihatnya, kamu bisa klik ikon pita hitam itu hingga berubah putih. Postingan pun akan menghilang dari saved collections kamu dalam waktu beberapa detik saja.

Bagaimana, mudah bukan cara mengarsipkan foto atau video dari Instagram? Jika kamu merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan ke orang-orang terdekat kamu. Terimakasih dan selamat ber-Instagram ria.

2 responses to “Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram”

  1. Echa Avatar
    Echa

    for PC donk

    1. yudha Avatar
      yudha

      tinggal ambil hp sih mas :D.. skrg rasanya ga ada org yang ga punya hp tapi punya pc :D..

      kalau mau coba juga sih mungkin lewat browser chrome di pc, buka instagram, terus klik kanan sembarang, lalu pilih inspect .. nanti disana bisa pilih tipe ponsel yang ingin dicoba… terus refresh lamannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *