Cara Mengarsipkan, Membuka, dan Memposting Kembali Postingan di Instagram

Kamu suka merasa tidak nyaman nggak ketika ada komentar di salah satu postinganmu di Instagram yang bernada sinis bin menyebalkan? Gengges kalau istilah sekarang mah. Padahal postingan kamu tuh aman. Aman secara fotonya maupun caption-nya. Kalau sudah begitu rasanya ingin men-delete postingan itu atau memblokir orang yang berkomentar ya? Tapi…kok sayang karena hanya satu atau beberapa yang berkomentar itu foto jadi dibumihanguskan dari Instagram kita. Atau kok kayak merasa jahat banget memblokir orang yang jadi follower kita itu yah?

Kalau kamu merasakan dan mengalami hal yang sama, tenang…kamu tak sendiri…ada saya dan bisa jadi jutaan Instagrammer lainnya di luar sana. Untuk itu, saya telah menemukan solusinya. Foto-foto postingan dalam Instagram tersebut akan tetap berada dalam akun kamu. Tetapi, keberadaannya tidak bisa dilihat lagi oleh orang lain. Juga tidak bisa dilacak jejak digitalnya. Jadi bisa lebih mendamaikan Instagram kamu, kan?

Kalau sudah disembunyikan, apa bisa dilihat lagi atau diposting kembali? Bila saja suatu saat nanti kita kangen dengan foto tersebut dan keadaan sudah aman. Mungkin kamu bertanya-tanya seperti ini dalam kalbu terdalam. Jawabannya tentu saja bisa. Untuk itu, saya telah membagi tahap-tahapnya mulai dari pengarsipan, membuka kembali, dan mempostingya kembali tanpa harus buat postingan baru sebagai berikut:

  1. Pengarsipan Foto Ala Instagram
  2. Pengarsipan Foto-foto Supaya Tak Bisa Dilihat Orang
  3. Membuka Kembali Postingan Yang Diarsipkan
  4. Memposting Kembali Foto-foto Yang Diarsipkan
  5. Tambahan: Menyimpan Foto Akun Yang Kita Follow Dalam Arsip Kita

Pengarsipan Foto Ala Instagram

Disadari atau tidak, media sosial seperti Instagram sedikit banyak membantu kita para netizen yang sangat hobi berfoto. Betapa tidak, sering berfoto melalui gadget acapkali membuat kita lupa jika memori ponsel ternyata penuh. Akibatnya, foto-foto terbaru jadi tidak bisa tersimpan. Solusi yang biasanya diambil oleh  netizen tersebut adalah menyimpan foto dengan cara meng-upload-nya ke media sosial. Setelah itu, foto tersebut mereka hapus sehingga tidak menyesaki memori ponsel.

Salah satu media sosial yang asyik buat menyimpan arsip foto adalah Instagram. Lalu, bagaimana cara mengarsipkan foto ala Instagram? Yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Login ke akun Instagram kamu. Bisa melalui hp atau PC (personal computer).
  2. Masukkan foto yang akan kamu arsipkan di Instagram. Foto itu bisa berasal dari galeri foto yang ada dalam ponsel atau foto yang baru kamu ambil/jepret. Kamu bisa langsung bagikan atau share dari pilihan dalam ponsel kamu.
  3. Kamu juga bisa memasukkan foto dengan cara memilih simbol (+) yang ada pada bagian bawah akun kamu.
  4. Selanjutnya, akan tampak sejumlah foto/video dari galeri ponsel kamu. Kamu tinggal pilih apakah akan memasukkan satu foto atau beberapa foto sekaligus.
  5. Setelah itu, pilih NEXT yang ada di pojok kanan atas.

  1. Selanjutnya, kamu akan masuk ke area untuk edit atau filter foto. Lakukan edit jika perlu.
  2. Kemudian, kamu akan sampai ke tempat menulis status atau Tulis yang mau kamu tulis. Setelah itu, klik Share atau BAGIKAN.
  3. Untuk bisa menghindari menyimpan foto yang sudah dibagikan ke IG ke dalam galeri foto lagi, pastikan kamu telah men-setting penyimpanan foto Instagram. Pertama, klik tanda titik 3 di kanan atas akun IG kamu.

Setelah itu, akan muncul tampilan SETTINGS seperti di bawah ini. Kamu bisa langsung memilih ORIGINAL PHOTOS. Klik.

Tampilan yang akan muncul dalam ORIGINAL PHOTOS seperti di bawah ini. Selanjutnya, klik warna biru itu menjadi warna putih semua. Tujuannya untuk menghindari foto yang sudah dibagikan tersimpan lagi ke galeri ponsel kamu.

 

Pengarsipan Foto-foto Supaya Tak Bisa Dilihat Orang

Oke, sekarang saat yang ditunggu. Saya akan membagikan langkah-langkah mengarsipkan postingan foto kita supaya tidak bisa dilihat oleh orang lain. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih foto yang akan disembunyikan. Klik. Lalu, klik atau tap ikon/tanda titik 3 di pojok kanan atas foto.

  1. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pilih ARCHIVE.
  2. Sekarang postingan kamu ini sudah tak dapat dilihat orang lain lagi.

Membuka Kembali Postingan Yang Diarsipkan

Langkah-langkah yang bisa dilakukan diantaranya:

  1. Masuk ke profil Instagram kamu.
  2. Tap ikon yang berbentuk jarum jam seperti di bawah ini.
  3. Selanjutnya, akan muncul postingan foto yang telah kamu sembunyikan.

Memposting Kembali Foto-foto Yang Diarsipkan

Jika suatu saat nanti kamu ingin memposting/memunculkan kembali foto-foto yang telah disembunyikan tersebut, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Tap ikon berbentuk jarum jam tadi.
  2. Lalu, akan muncul postingan yang diarsipkan. Selanjutnya, pilih foto yang akan dimunculkan kembali ke publik. Klik.
  3. Klik ikon titik 3 di pojok kanan atas foto.

  1. Kemudian, akan keluar 2 pilihan seperti di bawah ini.
  2. Pilih SHOW ON PROFILE.
  3. Foto yang kamu sembunyikan pun kini sudah bisa dilihat lagi oleh orang lain.

Menyimpan Foto Akun Yang Kita Follow Dalam Arsip Kita

Adakalanya kita ingin menyimpan foto atau keterangan foto (caption) yang bermanfaat dari akun orang lain. Namun, kita belum saatnya me-repost postingan tersebut dengan menggunakan aplikasi repost foto Android. Lalu, bagaimana ya caranya supaya postingan itu dapat dengan mudah kita temukan?

Salah satu caranya adalah dengan menyimpan atau mengarsipkan postingan tersebut dalam arsip pribadi kita. Langkah-langkah yang bisa dilakukan diantaranya:

  1. Pilih ikon yang seperti potongan pita di pojok kanan bawah foto tersebut.

  1. Tab ikon tersebut. Kemudian pita akan berwarna hitam dan muncul tulisan SAVE TO COLLECTION.
  2. Selanjutnya, jika kamu ingin membuka postingan itu di lain waktu, kamu bisa langsung masuk ke profil akun Instagram kamu. Pilih ikon pita yang ada di bagian atas jejeran foto-foto postingan kamu.
  3. Kemudian akan muncul semua arsip foto/video dari akun orang lain. pilih foto atau video yang mau kamu lihat. Klik.
  4. Tampilan foto yang kamu klik akan terlihat seperti di bawah ini.
  5. Kamu bisa langsung menelusuri foto ataU video tersebut denagn mudahnya. Jika kamu sudah tidak butuh melihatnya, kamu bisa klik ikon pita hitam itu hingga berubah putih. Postingan pun akan menghilang dari saved collections kamu dalam waktu beberapa detik saja.

Bagaimana, mudah bukan cara mengarsipkan foto atau video dari Instagram? Jika kamu merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan ke orang-orang terdekat kamu. Terimakasih dan selamat ber-Instagram ria.

 

 

 

ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwk hidup freelance writer!

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar