Cara mengatasi masalah “sayangnya instagram telah terhenti”

Hampir untuk seluruh pemilik smartphone, aplikasi yang wajib ada di HP selain Whatsapp adalah Instagram, bener gak?

Dua aplikasi yang telah di akuisisikan oleh Facebook tersebut berhasil memiliki banyak user aktif diseluruh penjuru dunia, termasuklah kita, masyarakat Indonesia, didalamnya.

Walaupun aplikasi ini dibuat oleh salah satu raksasa perusahaan internet saat ini, ada kalanya aplikasi canggih ini bermasalah. Lagi asyik scroll timeline di Instagram tiba-tiba muncul notifikasi/pop up, unfortunately, instagram has stopped” atau “sayangnya instagram telah berhenti”, atau mungkin ada info “Instagram not responding”, atau info sejenisnya, yang artinya aplikasi tersebut telah berhenti dan tidak bisa merespon.

Kamu bingung kenapa bisa seperti itu? Maka dari itu, tulisan kali ini aku akan ulas penyebabnya sekaligus cara mengatasinya.

Penyebab instagram sering berhenti sendiri

Kalau HP aku sendiri sering guys, gak hanya Instagram yang seperti ini, aplikasi lain seperti facebook, Whatsapp, Youtube dll.

Aku baca dari beberapa sumber, untuk penyebab umumnya antara lain:

  1. Dikarenakan aplikasi yang belum di update ke versi terbaru.
  2. Versi android HP yang tidak compatible/cocok dengan aplikasi. Kalau HP aku lebih kesini penyebabnya. Banyak aplikasi canggih yang mengharuskan sistem OS HP cocok dengan aplikasi, jika tidak aplikasi tidak bisa digunakan dan selalu muncul pop up, “sayangnya aplikasi telah berhenti”.
  3. Banyaknya riwayat/recent aplikasi hp yang belum dibersihkan.
  4. Cache data file menumpuk di aplikasi.
  5. HP yang terlalu lama di pakai sehingga menyebabkan HP terlalu panas, sehingga HP sekaligus aplikasi yang sedang digunakan menjadi lelet/hang bahkan sampai muncul pop up aplikasi tidak menanggapi. (Sesuai pengalaman aku sendiri hehe)

Nah itulah beberapa penyebab umumnya aplikasi tiba-tiba berhenti atau tidak menanggapi. Karena yang aku ulas adalah Instagram, jadi contoh solusi nantinya adalah aplikasi Instagram

Cara mengatasi masalah “instagram telah berhenti”

Dari beberapa penyebab diatas, untuk cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Update versi Instagram terbaru.

Silahkan cek update aplikasinya di playstore. Karena biasanya jika ada pembaharuan sistem/fitur nya maka ada update-an nya. Jika instagram sudah ke versi yang terbaru tetapi tetap ada pop up aplikasi telah berhenti, maka ke solusi yang kedua.

2. Upgrade sistem OS/versi android HP.

Cek Update versi android hp kamu, biasanya untuk setelannya masuk ke pengaturan->tentang ponsel biasanya paling bawah->upgrade android software.

Ugrade android version
Ugrade android version

3. Bersihkan recent aplikasi

Biasanya kalau pakai HP, banyak banget aplikasi yang kamu buka dalam 1 waktu, misal WA, Facebook, Instagram dll. Maka otomatis akan muncul recent aplikasi.

Beberapa HP berbeda dalam tampilan recent aplikasi, untuk caranya biasanya tekan lama tool tertentu (kalau Hp aku tool home bagian tengah), ada yang tool bagian kiri/kanan.

Cara membersihkannya biasanya geser gambar aplikasinya ke kanan, bisa tap tanda silang, atau delete all/clear all.

Delete All recent aplikasi
Delete All recent aplikasi

4. Bersihkan junk file/cache file/clear data.

Caranya kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner atau bisa masuk ke pengaturan hp->aplikasi->pilih instagram. Tap saja clear cache.

Clear cache berguna untuk membersihkan data tak terpakai di dalam aplikasi instagram. Berbeda dengan clear data, semua data termasuk data login akan terhapus, dan aplikasi akan keliatan seperti baru di install.

5. Force stop aplikasi (paksa berhenti)

Semua cara udah di lakukan masih sama aja aplikasi berhenti. Solusi lainnya coba force stop atau hentikan paksa aplikasi. Caranya di menu app pada pengaturan tap force stop, kemudian ok.

Paksa berhenti aplikasi
Paksa berhenti aplikasi

Sebenarnya aku gak rekomendasi solusi ini jika benar-benar tidak darurat, karena ketika kamu tap force stop maka ada pop up seperti digambar “jika anda menghentikan apl secara paksa, mungkin fungsinya akan terganggu”.

6. Restart Hp atau matikan HP kurang lebih 2 menit.

Hp kamu terlalu panas, penyebab speed hp android kamu menurun, menyebabkan aplikasi tiba2 lelet, berhenti atau tidak menanggapi. Maka dari itu berhentilah sejenak dari kepo-in Instagram mantan haha 😀

Cara mudahnya restart HP atau matikan kurang lebih 2 menit dan kemudian letakkan Hp kelantai agar lebih adem 😀 biasanya gini yang aku lakukan jika HP mulai panas seperti strika-an haha.

7. Kembalikan ke pengaturan pabrik

Solusi ini aku gak rekomendasi juga sih, buat jurus terakhir aja kalau semua solusi diatas gak work. Kalau gak masalah buat kamu, jika semua data hilang kontak, email yang terlogin, aplikasi yang kamu download dll. Semua kembali ke pengaturan pabrik, seperti pertama kali kamu membeli HP tersebut.

Biasanya kembali kepengaturan pabrik dilakukan jika kamu mau jual HP atau memberikan HP ke adik kamu misal. Untuk caranya masuk ke pengaturan->buat cadangan&setelan ulang-> kembalikan ke pengaturan/setelan pabrik.

Admin: Sekedar menambahkan, adik ku pernah punya masalah mirip seperti ini, banyak aplikasi yang tidak responding, waktu itu sudah sampe aku coba di reset ke pengaturan pabrik, yang ada malah tambah parah, akhirnya dibawa ke servis hp, disana mereka install ulang android versi clean (pure android, bukan versi yang sudah diubah oleh bawaan hp seperti android mi ui, dstnya). Dan semua masalah selesai. Dari sini keliatan, kadang reset factory itu ga menyelesaikan masalah, tapi malah menambah masalah baru, jadi harus siap dan sadar bahwa ada resiko seperti ini yang bisa terjadi.


Banyak solusi yang udah aku jabarkan di atas. Kalau yang aku alami jika muncul masalah seperti itu, biasanya aku cuma clear recent aplikasi dan clear junk file. Karena versi android Hp aku gak bisa di upgrade lagi guys 🙁

Terus kalau aku download aplikasi dan itu gak bisa dibuka, setiap buka selalu ada pop up “sayangnya, aplikasi telah berhenti”. Gak bisa dipakai deh, yaudah mau gak mau unistall lagi, karena aplikasi tersebut gak cocok dengan versi android di HP ku, seperti yang udah aku jelaskan penyebabnya di nomor 2.

Silahkan kamu coba salah 1/2 atau lebih solusi tersebut, gak hanya bisa untuk aplikasi instagram, tetapi juga aplikasi lainnya jika mengalami masalah yang sama, semoga berhasil. Kalau ada tambahan atau pertanyaan boleh di kolom komentar, sekian bye.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan