Cara atasi masalah tidak bisa upload foto atau video di Instagram

Instagram mungkin sudah sangat familiar di telinga kita, banyak sekali artis yang muncul dari instagram dikarenakan foto dan video yang mereka upload menjadi viral. Istilah selebgram itu asalnya dari sini.

Terlepas dari apakah kamu seorang selebgram ataupun hanya pengguna biasa instagram, kamu mungkin pernah beberapakali mengalami masalah dengan akun instagram mu.

Ada banyak sebenarnya masalah di instagram, misalnya aplikasi yang ketutup sendiri, atau akun yang lupa sandi, akun yang dinonaktifkan lah, dll. kalau mau di list kan bisa ratusan masalah yang bisa terjadi.

Nah, salah satu masalah yang bisa terjadi di Instagram adalah tidak bisa mengupload foto atau video. Itulah yang akan kita bahas ditulisan kali ini.

Masalah ini yang sering membuat kita emosi. Betapa tidak, video yang susah-susah kita bikin hingga menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuatnya, ketika kita mau upload, eh tidak kunjung selesai dan cuman maju mundur seperti tidak jalan.

tampilan upload video yang tidak selesai-selesai

Mungkin kalian sempat berpikir itu terjadi karena kesalahan koneksi, ternyata setelah di cek, kalian sedang menggunakan koneksi internet yang bisa di bilang sangat cepat.

Kalau internet bukan penyebabnya, lalu apa? dan bagaimana solusinya?

Jangan khawatir karena disini akan dijelaskan semua solusi yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah ini. Coba dari yang paling atas ya.

1. Matikan koneksi dan hentikan mengupload

Mematikan kedua jaringan itu bertujuan untuk membatalkan video yang yang dalam proses upload tapi maju mundur terus. Secara otomatis akan terhenti karena tidak ada koneksi internet.

Yudha note : Gampangnya aktifkan “mode pesawat terbang”, nanti semua koneksi akan terputus.

matikan data selular dan wifi untuk memutuskan koneksi upload video

Setelah koneksi dimatikan, buka aplikasi instagram. Lalu kalian klik “titik tiga” yang berada di samping tulisan “Akan Mengirim Otomatis JIka Mungkin” seperti gambar dibawah.

pemberitahuan video akan upload otomatis jika jaringan kembali

Setelah itu akan muncul pilihan Coba Lagi Sekarang, Kirim Nanti, Hapus kiriman. Nah sekarang kalian pilih yang hapus kiriman.

hapus video yang gagal upload sehingga bisa ulang dari awal

Ketika kalian pilih “hapus kiriman” maka video yang kalian upload tadi yang tidak selesai hanya maju mundur tadi akan terhapus.

Jika sudah terhapus, kalian bisa coba mengupload ulang video yang kalian akan upload tadi. Jangan lupa untuk pastikan koneksi internetnya sudah diaktifkan kembali.

2. Tutup Aplikasi yang Masih berjalan

Jika cara pertama tadi masih belum bisa mengatasi maslah yang kalian alami kalian bisa menggunakan cara kedua ini kalaian bisa tekan tombol Recent aplikasi yaitu di gunakan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang masih berjalan di hp android kalian.

Biasanya setiap merek Hp memiliki tombol Recent aplikasi yang berbeda-beda silahkan menyesuaikan dengan Hp kalian masing-masing.

tombol untuk close semua aplikasi yang terbuka

Silahkan klik tombol X pada aplikasi Instagram untuk menutup aplikasi tersebut. Atau bisa juga dengan menahan tombol tersebut lalu menggeser ke kanan atau ke kiri. Biasanya beda system hpnya beda juga cara menutupnya silahkan sesuaikan.

tutup semua aplikasi yang terbuka

Aplikasi yang terbuka banyak bisa bikin lelet dan bukan ga mungkin ada aplikasi yang mempengaruhi upload video kamu Setelah itu kalian coba masuk lagi ke aplikasi instagram dan coba upload ulang foto/video yang akan kalian upload tadi.

3. Hapus Cache

Cara menghapus cache Instagram atau aplikasi yang lainya kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi lain seperti Ccleanner, clean master dan lain-lain.

Di sini saya menggunakan master cleaner dan saya memilih untuk membersihkan sampah di semua aplikasi. Jika kalian hanya ingin menghapus cache Instagram saja, pastikan kalian hanya ceklis aplikasi Instagram saja. Tapi sebaiknya kalian hapus cache disemua aplikasi.

hapus cache aplikasi instagram

4. Update aplikasi instagram ke versi paling baru

Setelah selesai kalian menghapus cache sekarang kalian tinggal cek aplikasi Instagram kalian.

Jika kalian masih menggunakan aplikasi Instagram yang versi lama silahkan kalian update ke versi yang terbaru.

Caranya adalah kalian masuk ke appstore atau playstore, ketikkan Instagram di kolom search lalu lihat apakah Instagram kalian sudah ada pada versi yang terbaru atau masih ada di versi yang lama.

Jika masih diversi yang lama, buruan update ke versi baru agar gak ketinggalan jaman, Plus untuk menghilangkan bug/error yang mungkin menyebabkan masalah tidak bisa upload ini.

5. Logout dan login ulang ke akun Instagram

Jika sudah update aplikasi dan bersihkan cache, namun masih gagal upload. Coba untuk logout atau keluar terlebih dahulu, lalu coba ulang login kembali ke aplikasi instagram kamu.

Log out dari Instagram

6. Restart ulang smartphone

Jika masih gagal juga untuk mengupload video ke Instagram. Kalian bisa coba merestart hp kalian atau mematikannya sebentar, lalu menghidupkannya kembali.

Merestart ponsel ada ribuan manfaat, seperti mengurangi beban CPU dan RAM dan merefresh system. Hal ini bisa menyelesaikan banyak error. Setelah itu silahkan buka instagram dan test untuk upload foto lagi.

7. Coba test buka instagram di aplikasi lain

Coba buka instagram di browser chrome atau mozille misalnya. Lihat apakah masalah upload tadi masih terjadi juga disana. Jika tidak muncul lagi masalahnya, artinya yang salah adalah aplikasi instagram kalian. Gunakan saja browser untuk sementara waktu.

Jika di browser juga tidak bisa upload. Kemungkinan masalahnya ada dua, akun kalian dibatasi atau system instagram error.

kalau akun dibatasi, yang perlu dilakukan adalah menunggu hingga penalti (pembatasan) ini berakhir. Karena biasanya penalti seperti ini berjangka waktu.

Atau jika yang bermasalah adalah systemnya, solusinya juga sama. Menunggu hingga pihak instagram memperbaiki error tersebut.


Saya rasa cara-cara di atas cukup untuk mengatasi kegundahan hati kalian saat kalian tidak bisa posting foto dan video di Instagram kalian.

Jangan lupa share jika masalah kalian teratasi, tinggalkan komentar jika kalian punya cara yang lebih ampuh. Sekian dan terima kasih.

Diupdate : 27 november 2019

This Post Has 6 Comments

  1. 2dzCreator

    makasih tipsnya

    1. yudha

      sip deh mas..

  2. budi

    terimakasih sudah membantu saya.

    1. yudha

      Sip deh mas..

  3. Candra

    Tapi Ketika Saya Coba Di Akun Lain Bisa Posting Foto/Insta Story.Pas Dicoba Di Akun Saya Malah Gabisa Kenapa Yaa

    1. yudha

      ada melakukan pelanggaran mas? kadang ada penalti pelanggaran “penghilangan akses ke fitur tertentu”… kalau memang ga ada merasa pelanggaran, coba buka akun mas diperangkat lain, apakah bisa posting? kalau tetap tidak bisa, kemungkinan “bug” di instagram… bisa laporkan ke ig lewat fitur feedback diaplikasinya..

Tinggalkan Balasan