Cara atasi masalah tidak bisa upload foto atau video di Instagram

Instagram mungkin sudah sangat familiar di telinga kita, banyak sekali artis yang muncul dari instagram di karenakan foto dan video yang di upload karena memiliki view yang banyak dan bukan hanya view tapi juga like yang tidak sedikit. Kebanyakan dari mereka mengalami banyak kendala saat mereka memulai karir mereka di dunia sosisal media.

Salah satu masalah yang bisa terjadi di Instagram adalah tidak bisa mengupload foto atau video. Masalah ini yang sering membuat kita emosi. Betapa tidak video yang susah-susah kita bikin hingga menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuatnya, dari mulai shooting hingga editing. Terus kita mau upload eh tidak kunjung selesai dan cuman maju mundur seperti tidak jalan.

Mungkin kalian sering berfikir itu terjadi karena kesalahan koneksi kalian padahal kalian sudah menggunakan koneksi internet yang bisa di bilang sangat cepat. Tapi sekarang kalian tidak perlu kawatir karena saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi masalah di atas.

Saya tau saat kalian menemukan hal semacam itu akan sangat membuat emosi, sudah susah-susah membuat video akhirnya gagal di upload padahal jika kalian telat upload nanti video bisa basi lo hehehe.  Ok gak usah panjang lebar langsung aja kita simak tutorialnya.

tampilan upload video yang tidak selesai-selesai

Foto di atas adah penampakan dari masalah yang mungkin sering kalian hadapi. Yaitu upload yang maju mundur yang tak kunjung selesai yang bikin mpet dan ngabisin kuota hehehe. Berikut ini adalah beberapa cara yang berhasil saya gunakan untuk atasi masalah ini.

1. Matikan Koneksi dan Hentikan Mengupload

Mengatasi Instagram yang tidak bisa upload video yang pertama adalah mematikan koneksi internet yang ada di hp kalian, internet yang menggunakan data seluler ataupun internet yang menggunakan jaringan wifi. Ketika kalian ingin terbebas dari masalah tersebut terlebih dahulu wajib kalian matikan kedua jaringan tersebut. Mematikan kedua jaringan itu bertujuan untuk membatalkan video yang yang dalam proses uploud tapi maju mundur terus wkwkwk. Secara otomatis akan terhenti karena tidak ada koneksi internet.

Yudha note : Gampangnya aktifkan “mode pesawat terbang”, nanti semua koneksi akan terputus.

matikan data selular dan wifi untuk memutuskan koneksi upload video

Setelah itu kalian klik titik tiga yang berada di samping tulisan “Akan Mengirim Otomatis JIka Mungkin” yang berada di samping kanan sebelah atas di bawah baris insta story.

pemberitahuan video akan upload otomatis jika jaringan kembali

Setelah kalin klik icon tersebut akan muncul pilihan Coba Lagi Sekarang, Kirim Nanti, Hapus kiriman, nah sekarang kalian pilih yang hapus kiriman.

hapus video yang gagal upload sehingga bisa ulang dari awal

Ketika kalian pilih hapus kiriman maka video yang kalian upload tadi yang tidak selesai hanya maju mundur tadi akan terhapus, jika sudah terhapus kalian biasa coba mengupload ulang video yang kalian akan upload tadi. Jangan lupa untuk pastikan koneksi internetnya sudah diaktifkan kembali.

2. Tutup Aplikasi yang Masih berjalan

Jika cara pertama tadi masih belum bisa mengatasi maslah yang kalian alami kalian bisa menggunakan cara kedua ini kalaian bisa tekan tombol Recent aplikasi yaitu di gunakan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang masih berjalan di hp android kalian. Biasanya setiap merek hp memiliki tombol Recent aplikasi yang berbeda-beda silahkan menyesuaikan dengan hp kalian masing-masing.

tombol untuk close semua aplikasi yang terbuka

Silahkan klik tombol X pada aplikasi Instagram untuk menutup aplikasi tersebut. Atau bisa juga dengan menahan tombol tersebut lalu menggeser ke kanan atau ke kiri. Biasanya beda system hpnya beda juga cara menutupnya silahkan sesuaikan.

tutup semua aplikasi yang terbuka

aplikasi yang terbuka banyak bisa bikin lelet dan bukan ga mungkin ada aplikasi yang mempengaruhi upload video kamu

Setelah itu kalian coba masuk lagi ke aplikasi instagram dan coba upload ulang video yang akan kalian upload tadi. Tombol Recent apps ini juga bisa di gunakan untuk mempermudah kalian dalam berpindah-pindah dari aplikasi yang satu ke aplikasi yang lainya.

3. Hapus Cache

Cara menghapus chace Instagram atau aplikasi yang lainya kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi lain seperti Ccleanner, clean master dan lain-lain. Di sini saya menggunakan master cleaner dan saya memilih untuk membersihkan sampah semua aplikasi.jika kalian hanya ingin menghapus chace Instagram saja silah kalian ceklis aplikasi lain selain Instagram.

hapus cache aplikasi instagram

4. Update aplikasi instagram ke versi paling baru

 

Setelah selesai kalian menghapus cache sekarang kalian tinggal cek aplikasi Instagram kalian. Jika kalian masih menggunakan aplikasi Instagram yang versi lama silahkan kalian update ke versi yang terbaru. Caranya adalah kalian masuk ke Google play ketikan Instagram di kolom search lalu lihat apakah Instagram kalian sudah ada pada versi yang terbaru atau masih ada di versi yang lama. jika masih di versi yang lama buruan update ke versi baru agar gak ketinggalan jaman, Hehehe karena punya saya sudah berada pada versi yang baru jadi saya tidak perlu mengupdatenya lagi.

5. Login ulang ke akun Instagram

Jika sudah update aplikasi dan bersihkan cache, namun masih gagal upload. Coba untuk login ulang ke aplikasi instagram kamu.

Log out dari Instagram

 

6. Restart ulang smartphone

Jika masih gagal juga untuk mengupoud video ke Instagram. kalian bisa coba merestart hp kalian atau mematikannya sebentar untuk merestart hp kalian lalu setelah selesai merestart kalian bisa coba upload ulang video kalian.

Yudha note : Sedikit tambahan dari admin, kalau kamu coba upload via aplikasi, bisa jadi ada masalah dengan aplikasinya, entah itu koneksi antara server dgn aplikasi, atau gimana, coba untuk gunakan instagram via browser. Jadi buka browser chrome kamu, coba akses web instagram, login ke akun kamu, dan coba upload dari sana.

Aku pernah kejadian sama aplikasi email, waktu itu email masuk muncul di notifikasi, tapi pas buka aplikasinya, emailnya ga ada. Udah coba close aplikasi, hapus cache, dsbnya, tetap ga nemu email tsbt. Akhirnya coba login ke akun email lewat web browser dan pesan email tersebut keliatan paling atas.

Saya rasa cara-cara di atas cukup untuk mengatasi kegundahan hati kalian saat kalian tidak bisa posting video di Instagram kalian. Cara-cara di atas cukup komplit untuk mewakili kegelisahan kalian tentang masalah ini.Jangan lupa share jika masalah kalian teratasi, tinggalkan komentar jika kalian punya cara yang lebih ampuh.

anwarnulis

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar