Video Twitter tidak bisa diputar ? Ini solusinya 100% berhasil

Ngomong-ngomong tentang video di Twitter, pernah ngga sih, saat kalian sedang asik-asiknya berselancar di Twitter, membuka-buka video lucu yang bertebaran, eh, tiba-tiba ngadat di tengah jalan? Apalagi, pas video yang diputar masih seru-serunya, tiba-tiba jadi stuck gitu aja. Ngeselin, ‘kan?

Maka dari itu, disini aku akan coba jelasin beberapa hal yang dapat menyebabkan video Twitter gagal loading saat sedang diputar atau kalaupun loading lama sekali loadingnya.

Disini aku akan bahas penyebabnya sekaligus juga solusinya. Jadi pahami dengan benar supaya kedepannya bisa terhindar dari masalah yang sama.

Penyebab Video Twitter Tidak Bisa Diputar

1. Jaringan internet tidak stabil

Penyebab umum video Twitter-mu tidak bisa diputar, yaitu karena jaringan internet yang tidak stabil. Banyak yang tidak sadar, walaupun pakai jaringan wifi yang bayar berjuta-juta, kamu bisa tetap mengalami jaringan buruk dan tidak stabil.

Permasalahan ini nyaris pernah dialami oleh semua pengguna Twitter.

Jaringan yang bermasalah tentunya bakal menggangu video yang sedang diputar. Apalagi, kalau videonya berdurasi panjang dan berkualitas tinggi. Hal ini tentunya membutuhkan jaringan yang kecepatannya stabil dan cukup.

2. Aplikasi bermasalah karena belum di-update

Siapa nih, yang sering malas-malasan buat update aplikasi di Google Play Store? Padahal, update aplikasi itu penting banget. Selain buat keamanan, update aplikasi juga berguna buat menampilkan fitur-fitur terbaru dari developer.

Hal ini tentunya dapat membuat pengalaman kita ketika sedang bermain aplikasi tersebut dapat lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca juga :  Cara membuat akun twitter baru lewat hp kamu

Bisa jadi, salah satu alasan video Twitter kamu tidak dapat diputar, yaitu karena sistem kerja aplikasi tersebut yang sudah lama atau perlu pembaharuan lagi.

3. Aplikasi bermasalah karena penumpukan cache

Masalah yang ketiga, yaitu penumpukan cache atau sampah di aplikasi yang kamu gunakan. Cache setiap aplikasi biasanya menyimpan informasi berupa lalu lintas penggunaan aplikasi dan data-data lainnya.

Jika kita jarang membersihkan cache aplikasi, informasi-infromasi yang menjadi sampah ini akan menumpuk dan menggangu jalannya penggunaan aplikasi tersebut.

Ciri-cirinya, ketika kita akan masuk ke dalam Twitter, aplikasi tersebut akan nge-lag untuk beberapa saat.

Begitu pula saat kamu hendak memperbaharui beranda atau time line Twitter, aplikasi tersebut akan delay untuk beberapa waktu karena aplikasi mu semakin berat karena penumpukan cache.

4. Server Twitter terganggu

Kalau masalah ini sih bukan salah pengguna Twitter-nya, ya! Melainkan kesalahan teknis dari pihak developer itu sendiri.

Ketika server Twitter down, bukan hanya video yang tidak bisa kamu putar, tapi juga seluruh aktifitas di dalam Twitter akan terganggu. Contohnya, seluruh cuitan pengirim tidak akan muncul, kamu tidak bisa membalas komentar, dll.

Mengatasi video Twitter tidak dapat diputar

1. Pastikan jaringan internetmu stabil

Jika kamu menggunakan Wi-Fi untuk membuka Twitter, tetapi tetap tidak bisa memutar video disana, bisa jadi sambungan Wi-Fi kamu sedang terganggu atau memang sinyal Wi-Fi kamu sangat lemah.

Kamu bisa mencoba merestart perangkat Wifi kamu. Kamu juga bisa merestart perangkat ponsel kamu juga.

Selain itu kamu juga bisa mencoba untuk beralih menggunakan intenet dari kuota data dan login kembali ke Twitter. Pastikan sinyal dari kuota datamu ini juga tidak terganggu.

2. Update aplikasi yang kamu gunakan untuk mengakses Twitter

Jika kamu menggunakan aplikasi Twitter, silahkan update aplikasi tsbt. Jika kamu suka menggunakan browser seperti chrome misalnya, update browser chrome tsbt.

Baca juga :  Cara membuat (dan menggunakan) fitur list di Twitter

Intinya pastikan aplikasi yang kamu gunakan diupdate keversi terbaru, untuk menghindari error ataupun bug yang bisa menyebab masalah saat kamu menggunakannya.

3. Bersihkan cache dari aplikasi yang kamu gunakan untuk mengakses Twitter

Jangan sering-sering menumpuk sampah aplikasi, ya! Sama dengan update sebuah aplikasi, penimbunan cache akan membuat aplikasi gampang nge-lag. Satu-satunya cara menangani permasalahan ini, ya, dengan menghapus cachenya.

Untuk cara cepatnya, kamu bisa mengikuti langkah dibawah ini!

  • Pertama, kembali ke layar awal HP kamu.
  • Cari aplikasi Twitter.
  • Setelah itu, tekan aplikasi Twitter tersebut selama kurang lebih 2 detik.
Video Twitter tidak bisa diputar ? Ini solusinya 100% berhasil 1
  • Pada bagian atas aplikasi Twitter tersebut, akan muncul beberapa informasi aplikasi, pilih “Info Aplikasi.”
Video Twitter tidak bisa diputar ? Ini solusinya 100% berhasil 3
  • Kamu akan dibawa ke halaman “info aplikasi Twitter”.
  • Cari dan tap kolom “Penggunaan Penyimpanan”. (Pilihan mungkin berbeda tergantung dari jenis handphone yang kamu gunakan. Jadi silahkan menyesuaikan saja)
Video Twitter tidak bisa diputar ? Ini solusinya 100% berhasil 5
  • Dihalaman “Penggunaan penyimpanan” ini, tap menu “Hapus Cache.”
Video Twitter tidak bisa diputar ? Ini solusinya 100% berhasil 7
  • Selesai! Kamu tinggal coba untuk login Twitter kembali.

4. Menjeda sementara pemutaran video

Jika koneksi kamu stabil namun kecepatan akses rendah, misalnya karena jaringant terlalu sibuk (pengguna online terlalu banyak, biasanya terjadi di waktu sore dan malam), kamu bisa coba trik dibawah ini.

Yaitu dengan menjeda pemutaran video selama beberapa kali.

Caranya gampang banget, pertama pilih video yang ingin diputar, tunggu sampai video mulai berjalan.

Jika video mulai nge-lag ditengah jalan, coba hentikan pemutarannya seperti gambar di bawah ini. Tekan lambang jeda sampai berhenti. Tunggu beberapa saat.

Jika gambar loading sudah berhenti, kamu bisa melanjutkan video pemutaran. Lakukan hal yang sama jika loading kembali terjadi.

Kamu juga bisa menarik tombol pemutarannya dari awal, atau pada bagian video yang belum terhambat, agar pada bagian loading video tersebut, video dapat terdowload otomatis dan kembali berjalan.

Baca juga :  Apa arti tanda bintang ungu di Twitter ?

5. Coba akses twitter lewat VPN

Singkatnya VPN adalah sebuah jasa atau layanan yang bisa membantu kita mengakses internet melalui server dilokasi tertentu.

Simpelnya jika kita tidak pakai VPN, saat kita mengakses situs Twitter, kita akan langsung mengakses situs tsbt. Sedangkan jika menggunakan VPN, kita akan mengakses server VPN-nya dulu, dan server VPN yang akan mengakses twitter dan menampilkannya/mengirimkan hasilnya ke ponsel kita. Jadi VPN itu seperti perantara.

Jalur perjalanan data memang jadi lebih “jauh” dan “panjang”, namun jika kamu curiga twitter sedang bermasalah dinegara kita, VPN bisa digunakan untuk mengatasi hal tsbt.

Selain itu meskipun jalur atau rute yang diakses via VPN terlihat jadi lebih panjang, tidak jarang menggunakan VPN juga bisa mempercepat koneksi Internet kita. Ini ibaratnya menggunakan jalur yang lebih panjang, tapi jalurnya lebih sepi sehingga kita bisa lebih “ngebut” aksesnya.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa pembahasannya disini bukugue.com/pengertian-vpn-dan-cara-menggunakannya/. Disana dijelasin dari paling dasar hingga aplikasi VPN apa yang kami sarankan.

6. Menunggu hingga masalah diselesaikan oleh pihak twitter

Jika error video tidak bisa diputar disebabkan masalah pada server Twitter, dan masalahnya global, artinya kamu sudah coba akses via VPN dari negara lain, tapi ternyata masalah tetap tidak hilang. Maka solusi selanjutnya adalah sabar menunggu.

Ini mungkin bukan solusi yang kamu mau.

Tapi tidak banyak yang kita bisa lakukan jika masalahnya memang berasal dari Twitter. Sabar saja, biasanya tidak akan lama, apalagi jika errornya mengganggu pengguna Twitter dari seluruh dunia.


Itu dia pembahasan aku tentang video Twitter yang tidak bisa diputar. Sebenarnya, kunci utama hanya pada beberapa hal, yaitu internet stabil, kecepatan internet memadai, dan aplikasi serta ponsel tidak bermasalah.

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kalian di kolom komentar juga, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.