Kenapa whatsapp pending padahal sinyal bagus? Solusinya?

Siapa yang tidak kenal Whatsapp, hampir seluruh kegiatan kita tidak terlepas dari Whatsapp, mulai dari kegiatan sehari-hari, hingga keperluan bisnis dan kantor. Hal inilah yang menjadikan Whatsapp menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer saat ini.

Namun yang namanya aplikasi, pasti ada saja masalahnya.

Salah satu error yang sering terjadi adalah tiba tiba Whatsapp menjadi pending, setiap pesan yang kita kirim, malah nyangkut dan tidak terkirim.

Hal ini tentu saja membuat kita sebagai pengguna menjadi terganggu, namun kita tidak bisa langsung menyalahkan aplikasi Whatsapp. Bisa saja error tersebut terjadi memang karena ada masalah pada ponsel atau jaringan yang kita gunakan.

Tanda Pesan Pending di Whatsapp

Ketika kalian mengirimkan sebuah pesan, maka akan ada sebuah tanda disebelah pesan tsbt. Tanda tersebut berupa “centang satu”, “centang dua”, dan “centang dua berwarna biru”, dan “jam”.

Jika tanda “jam”, itu artinya pesan belum terkirim, centang satu artinya pesan sudah terkirim dari ponsel kita ke server tapi belum terkirim ke ponsel penerima, centang dua artinya pesan sudah terkirim ke ponsel penerima, centang dua biru artinya pesan sudah dibaca oleh penerima.

Nah untuk kasus pending ada 2 macam, yaitu pending dengan tanda “jam” atau “centang satu”.

Pesan pending dengan ikon “jam” di whatsapp

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika tanda “jam” yang muncul, artinya pesan tersebut belum terkirim ke server whatsapp, berarti masalahnya ada di ponsel kita. Entah itu jaringannya, aplikasinya ataupun mungkin ponselnya yang bermasalah.

Solusi pertama yang harus dicoba adalah “merestart ponsel”, panjang kalau dijelaskan, tapi ini solusi sapu jagat yang bisa menyelesaikan banyak masalah, jadi perlu untuk di tekankan disini.

A. Mengatasi pending karena masalah jaringan

Jika tidak ada jaringan, atau jaringan sangat lelet sehingga tidak cukup kuat untuk mengirimkan (upload) data ke server whatsapp, maka pesan tidak akan terkirim atau di pending kirim oleh whatsapp, hal ini ditandai dengan ikon jam di sebelah pesan tadi.

Solusi 1: Ubah settingan jaringan ke 3G atau 4G.

Jika pesan yang kalian kirim pending karena jaringan, maka kalian bisa mengatasinya dengan cara mengubah setelan jaringan awal. Misalnya kalian saat ini sedang di Mode 4G only, maka kalian bisa ubah ke 3G. Hal ini benar benar bekerja jika kalian berada di lokasi susah sinyal. Karena ada beberapa daerah yang saat ini hanya mendapatkan sinyal 3G. Jika settingan kalian 4G only maka otomatis hp kalian hanya akan mencari 4G saja.

Untuk mengubah settingan jaringan kalian bisa gunakan cara berikut:

1. Masuk ke menu “setting”, lalu pilih pengaturan “sim card dan jaringan mobile”

Masuk ke pengaturan

2. Jika kalian memiliki 2 SIM card, maka kalian bisa pilih provider yang kalian gunakan misalnya Indosat Ooredo

Pilih Provider

3. Pilih tipe network yang kalian gunakan

Tipe Network

4. Pada menu ini kalian bisa memilih apakah ingin LTE atau 4G, 3G atau 2G.

Pilih Jaringan

5. Selesai. Mengubah mode jaringan juga akan memaksa ponsel untuk mereset dan mencari ulang jaringan, dan ini terbukti mengatasi beberapa masalah jaringan yang umum terjadi.

Solusi 2: Manfaatkan Mode Pesawat (tidak perlu jika sudah RESTART HP)

Jika kalian tidak ingin mengubah tipe jaringan dan kalian yakin bahwa tipe jaringan tidak menjadi masalah, maka kalian bisa memanfaatkan mode pesawat. Mode pesawat sendiri merupakan sebuah mode dimana semua jaringan, radio, wifi, bahkan bluetooth dimatikan sehingga ponsel kalian bisa digunakan saat sedang melakukan penerbangan.

Nah jika kalian menghidupkan mode ini maka semua jaringan akan mati, dan jika kalian menyalakan kembali maka ponsel kalian akan otomatis merefresh jaringan dan sinyal yang kalian.

Mode Pesawat

Untuk menggunakan fitur ini kalian bisa langsung swipe bagian atas HP dan tinggal hidupkan mode pesawat, tunggu sekitar beberapa detik (agar semua sinyal/radio benar-benar dimatikan), setelah beberapa detik, barulah nonaktifkan mode pesawatnya.

B. Mengatasi pending karena masalah pada aplikasi Whatsapp

Jika kalian yakin bahwa jaringan dan sinyal bagus, maka yang harus kalian cek adalah aplikasi whatsapp yang kalian gunakan. Berikut adalah solusi jika masalah yang terjadi ada pada aplikasi whatsapp yang kalian gunakan.

Solusi 1: Hapus Cache

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari hari. Dikarenakan penggunaan aplikasi ini sangat sering maka cache yang dihasilkan juga cukup banyak.

Sebenarnya cache ini berfungsi sebagai penyimpanan sementara dari sebuah aplikasi, dengan adanya cache maka kalian akan semakin cepat dalam mengakses sebuah aplikasi. Namun jika kebanyakan cache, hal ini pun akan mempengaruhi kinerja aplikasi tsbt, dalam hal ini Whatsapp itu sendiri.

Untuk menghapus cache kalian bisa lakukan cara berikut.

1. Masuk ke menu “pengaturan” lalu pilih “Apps”.

Masuk ke menu setting

2. Selanjtunya pilih “manage Apps”.

Pilih manage apps

3. Cari aplikasi whatsapp, dan pilih aplikasi whatsapp tsbt.

Search Whatsapp

4. Pilih hapus data, lalu pilih hapus cache saja.

5. Konfirmasi untuk clear cache, lalu tap “OK”.

Hapus Cache

6. Cache berhasil dihapus, silahkan close pengaturan dan coba buka ulang aplikasi whatsapp kalian.

Solusi 2: Bersihkan Data aplikasi

Jika menurut kalian menghapus cache tidak menyelesaikan masalah kalian, maka kalian harus melakukan cara yang lebih ekstrem lagi yaitu hapus semua data aplikasi.

Untuk menghapus data aplikasi whatsapp, caranya tidak jauh beda dengan saat menghapus cache tadi, dilangkah berikut kalian perlu pilih “Clear data”, bukan “clear cache”

Pilih Clear All Data

Setelah clear data, maka aplikasi akan seperti baru lagi, jadi biasanya jika ada error atau bug akan hilang bersama dengan data yang menumpuk tadi.

Solusi 3: Update Whatsapp

Cek apakah ada update terbaru untuk whatsapp di palystore, jika ada langsung saja di update. Pembaharuan dari pihak whatsapp bisa saja menghilangkan error ataupun bug terkait dengan masalah kalian saat ini.

Whatsapp Update

Solusi 4: Instal Ulang Aplikasi Whatsapp

Uninstall atau hapus aplikasi whatsapp kalian, lalu restart ponsel, dan install ulang aplikasi tersebut. Ini akan menghapus seluruh data atau istilah kerennya adalah clean install.

Kadang saat update, ada patch yang malah bermasalah, dan menimbulkan masalah saat digunakan. Jika semua solusi lain sudah dicoba dan masalah masih ada, maka kalian bisa coba solusi ini.

C. Mengatasi pending karena masalah pada HP

Hp kalian biasanya memiliki banyak sekali fitur dan setting, hal ini bisa kalian manfaatkan agar hp kalian bisa berjalan seperti yang kalian inginkan. namun kadang ada fitur yang justru membuat aplikasi menjadi error.

Solusi 1 : Matikan Fitur Penghemat Daya

Saat ini semua smartphone selalu dilengkapi oleh fitur penghemat daya. Fitur ini sangat diperlukan bagi kalian yang sedang perjalanan atau batre sudah sekarat namun rumah masih jauh.

Namun bagi kalian yang sudah pernah menggunakan fitur ini, maka akan terasa bahwa fitur ini sedikit menyulitkan, karena untuk menghemat baterai, kadang ada fungsi dari ponsel yang dimatikan.

Untuk menonaktifkan penghemat daya, kalian bisa gunakan cara berikut.

1. Masuk ke menu “setting”, lalu pilih “battery and performance”.

Masuk ke menu setting

2. Nonaktifkan mode battery saver disini.

Nonaktifkan Mode Saver

Solusi 2 : Jangan Gunakan Pembersih RAM

Saat ini banyak sekali aplikasi android pembersih ram yang bisa kalian download di Playstore. Sebenarnya aplikasi jenis ini berguna untuk mempercepat kinerja ponsel kalian dengan cara meminimkan penggunaan Ram.

Cara kerja aplikasi ini adalah menutup semua aplikasi yang berjalan di background sehingga mengurangi penggunaan RAM.

Jika salah-salah saat setting, bisa-bisa aplikasi seperti ini menutup whatsapp dari background. Sebaiknya coba hapus dulu aplikasi pembersih RAM dari ponsel kalian.

Pesan pending dengan ikon “centang satu” di whatsapp.

Jika ini masalah kalian, aku hanya bisa bilang, masalahnya bukan dikalian.

Jika pesan sudah centang satu, itu artinya pesan sudah berhasil dikirim dari ponsel kalian ke server whatsapp. Server whatsapp tinggal meneruskan pesan ini ke ponsel penerima.

Nah kalau centang satu, pesannya sudah masuk ke server whatsapp, tapi belum bisa diteruskan ke ponsel penerima. Ini bisa terjadi misalnya karena ponsel si penerima mati, atau jaringan internet ponsel penerima bermasalah, atau si penerima kehabisan kuota.

Jadi kalau centang satu, masalahnya ada antara server dan ponsel penerima.

Jika masalahnya diserver, maka ini tugas pihak whatsapp untuk memperbaiki server mereka. Jika ada masalah di ponsel penerima, maka gunakan cara lain untuk menghubungi mereka, misalnya dengan menelepon secara langsung, panggilan telepon bisa dilakukan walaupun si penerima sedang kehabisan kuota dan pulsa.

Jadi kalau centang satu, biasanya tidak ada masalah diponsel kalian karena pesan sudah berhasil terkirim ke server whatsapp, yang bisa kalian lakukan hanyalah “menunggu”, atau menghubungi si penerima dengan cara lain.


Cara diatas adalah cara yang dilakukan dengan HP Xiaomi. Jika kalian menggunakan ponsel jenis lain, kalian tetap bisa melakukan cara diatas namun mungkin ada perbedaan dari tampilan dan posisi menu/pengaturannya, kalian tinggal menyesuaikan saja.

Itulah pembahasan mengenai whatsapp pending, cek dulu apakah pendingnya dengan simbol jam atau simbol centang satu. Ini penting dipahami karena belum tentu masalahnya ada di kalian.

Berikut ini beberapa bacaan terkait ikon jam atau centang satu di whatsapp, https://android.stackexchange.com/questions/44134/what-does-waiting-clock-icon-next-to-a-message-mean-and-what-if-i-delete-message dan https://techwelkin.com/whatsapp-meaning-of-single-tick-double-tick-and-clock-icon jika kalian tertarik untuk memahaminya lebih lanjut.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait hal ini, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar. Sekian dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Posted inWhatsapp

Published by digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *