Cara mengetahui tanggal pembuatan akun instagram

Selain facebook, dewasa ini instagram menjadi media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat pengguna internet. Kamu dapat membagikan postingan berupa foto dan video, baik melalui feeds maupun story. Dengan konten yang menarik tentunya akan mengundang banyak orang untuk melihat profil kita.

Namun pernahkah kamu merasa penasaran kapan tepatnya akun instagrammu ataupun orang lain dibuat? Kira-kira berapa ya usia atau umur dari akunmu? Atau berapa kira-kira umur dari akun instagram orang lain, para selebgram misalnya?

Pada dasarnya instagram menyediakan data mengenai kapan kamu mendaftarkan akunmu. Namun bagaimana ya caranya untuk mengeceknya?

Untuk mengecek tanggal pembuatan akun instagram tidaklah sulit. Berikut ini akan dibahas langkah-langkah untuk mengetahui umur suatu akun instagram, baik itu akunmu sendiri maupun orang lain. kamu dapat melakukannya secara mudah, tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Langsung saja, simak yuk langkah-langkahnya.

Mengetahui umur akun instagram sendiri

Jika kamu penasaran kapan sih tepatnya akun instagram-mu didaftarkan, atau berapa sih tepatnya umur akun instagrammu, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Silahkan login ke aplikasi instagrammu, dan silahkan menuju halaman profil.

    buka halaman profil isntagram-mu

  2. Setelah masuk ke halaman profil instagrammu, tap icon garis tiga pada ujung kanan atas seperti pada tampilan gambar berikut. Akan ditampilkan beberapa opsi, buka menu pengaturan dengan menekan settings di ujung kanan bawah.
  3. Kemudian setelah masuk ke menu settings, tap opsi pengaturan privacy and security.

    tap “privacy and security”

  4. Dari berbagai opsi pengaturan privasi dan keamanan, silahkan pilih access data untuk dapat mengetahui informasi mengenai akunmu, salah satunya adalah untuk melihat umur akun instagrammu sendiri.

    tap “access data”

  5. Kamu dapat melihat ada beberapa informasi yang cukup mendetail disini. Kamu dapat melihat kapan tepatnya instagrammu didaftarkan. Kamu dapat mengetahui berapa jam, hari, bulan, atau berapa tahun usia akunmu.

Selain dapat mengetahui umur akunmu, kamu juga dapat mengetahui informasi yang lainnya, seperti perubahan privasi akun (public account atau private account), perubahan password, email (yang didaftarkan di instagram), nomor ponsel (yang didaftarkan di instagram), sampai dengan hari lahir.

Bahkan kamu juga dapat mengetahui informasi lain mengenai kapan tepatnya akunmu berubah menjadi profil bisnis. Disini aku menggunakan business profile, oleh karena itu datanya tercatat kapan terakhir kali aku mengubah akunku menjadi profil bisnis. Diluar itu masih banyak informasi statistik mengenai akun instagrammu. Instagram memberikan transparansi kepada penggunanya sehingga semua informasi dan datanya tercatat.

Mengetahui umur akun instagram orang lain

Terkadang, selain penasaran terhadap umur akunmu sendiri, kamu juga penasaran terhadap umur akun orang lain, idolamu misalnya. Jadi disini akan dijelaskan pula bagaimana mengetahui umur instagram seseorang, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Cari profil orang yang ingin kamu ketahui umur akunnya dengan mengetikkan username atau nama profil pada kolom search atau pencarian. Disini aku akan contohkan untuk mencari profil instagram penyanyi Yura Yunita. Setelah kamu selesai mengetikkan dan kamu menemukan profilnya, tap hasil pencarian akun tersebut untuk membuka profilnya.

    tap hasil pencarian

  2. Setelah masuk ke halaman profil orang yang ingin kamu ketahui umur akun instagramnya, tap icon titik tiga pada ujung kanan atas.

    tap icon titik tiga di ujung kanan atas

  3. Kemudian setelah itu akan muncul berbagai opsi seperti report (laporkan), block (blokir akun), about this account, mute, dan seterusnya. Tap opsi about this account untuk mengetahui informasi dan mengenai akun tersebut.

    tap “about this profile”

  4. Kamu dapat mengetahui kapan tepatnya akun instagram orang tersebut dibuat dengan melihat date joined. Dengan demikian kamu bisa hitung sendiri berapa tahun atau berapa lama usia akun instagram orang lain.

    akan ditampilkan date joined akun orang tersebut

Selain dapat mengetahui umur akun instagram, kamu juga dapat mengetahui dari mana si pembuat akun berasal dengan melihat data country. Kamu juga dapat mengetahui apakah akun tersebut pernah berganti username atau tidak. Ini bertujuan untuk melindungi pengguna instagram, terutama bagi mereka yang memiliki jumlah follower yang cukup banyak. Sehingga ketika terjadi pindah tangan akun, kamu bisa mengetahuinya dengan melihat perubahan username.

Catatan

Untuk melihat umur akun instagram orang lain, ada beberapa catatan yang perlu kamu ketahui. Kamu hanya dapat mengecek informasi akun mengenai about this account hanya jika orang tersebut memiliki followers yang cukup banyak (kurang lebih 10 ribu followers). Ini dikarenakan tujuan dari diadakannya fitur “tentang akun ini” adalah untuk memberi informasi pada orang tentang valid atau tidaknya profil tersebut.

Demikianlah informasi mengenai cara mengetahui umur akun instagram tanpa aplikasi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semuanya para pengguna instagram, dan selamat mencobanya ya!

See you!

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan