Apa itu Instagram threads? Bagaimana menggunakannya? Simak sini.

Hai para pengguna Instagram! Tau enggak kalau Facebook baru – baru ini merilis aplikasi pelengkap Instagram, yaitu Instagram Threads. Tepatnya pada tanggal 3 Oktober 2019 yang lalu.

Bagi yang masih belum tau apa itu Instagram Threads, aku kasih tau deh. Instagram Threads adalah aplikasi yang dirilis terpisah yang memungkinkan kamu untuk berbagi foto dan video hanya kepada teman – teman dekatmu.

Instagram selama ini telah memperkenalkan cara baru untuk berbagi secara visual, baik foto, video, atau cerita dan berbagi momen kepada pengguna lain secara umum dan luas.

Sekarang saatnya kamu untuk bisa berbagi momen sehari – hari kamu hanya kepada teman – teman terdekatmu atau teman grup kamu yang lebih kecil dan terhubung sepanjang hari hanya dengan mereka yang masuk dalam daftar yang kamu buat.

Dalam aplikasi Threads, kamu dapat mengedit daftar teman kapan saja. Siapa – siapa yang menjadi teman terdekat kamu, kamu bisa membuat daftarnya sendiri. Sehingga kamu tidak merasa canggung jika berbagi cerita aktivitasmu karena hanya orang terdekatmu saja yang mengetahuinya.

Untuk aplikasinya, Threads sudah tersedia di Google Play / PlayStore untuk iOS. Silahkan download terlebih dahulu untuk menggunakannya. Tampilan aplikasi Threads di PlayStore seperti ini.

Tampilan aplikasi Instagram Threads di PlayStore

Ini link downloadnya di google playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.threadsapp&hl=en

Bagi kamu yang sudah mendownload aplikasinya, mungkin masih bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi Threads ini, mengingat ini aplikasi yang masih baru banget.

Nah, untuk itu aku akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Instagram Threads di bawah ini.

Cara menggunakan aplikasi Instagram Threads

1. Pertama, buka aplikasi Threads yang sudah kamu download tadi. Maka nanti akan muncul tampilan seperti pada gambar. Nanti akan muncul akun Instagram kamu dan pilih “Lanjutkan sebagai…” untuk login.

Halaman utama aplikasi Instagram Threads sebelum melakukan login akun

2. Selanjutnya kamu memilih siapa saja yang menjadi teman – teman terdekatmu yang akan dapat melihat aktivitas sehari – harimu ketika kamu membagikan cerita ke mereka. Jika sudah pilih “Selesai”.

Membuat daftar teman terdekat di Instagram Threads

3. Disini kamu bisa mengatur kamera beranda. Pilih saja “Lewati” untuk menyelesaikan pembuatan akun Threads terlebih dahulu.

Mengatur kamera beranda sesuai keinginan

4. Nah, disini kamu diberikan opsi untuk mengaktifkan status otomatis atau tidak. Jika kamu mengaktifkan status otomatis, maka kamu kamu harus mengizinkan Threads untuk mengakses lokasi.

Jadi nanti Threads akan mengupdate status secara otomatis berdasarkan lokasi, pergerakan, baterai, koneksi jaringan, dan lainnya. Untuk contoh, aku tidak mengaktifkan fitur ini. Jadi, pilih saja “Selesai”.

Fitur status otomatis pada Instagram Threads

5. Jika sudah muncul tampilan seperti pada gambar, artinya kamu sudah bisa menggunakan Threads!

Tampilan saat berhasil membuat akun Instagram Threads

6. Gambar dibawah adalah contoh tampilan halaman utama aplikasi Threads. Saat pertama kali kamu membuka aplikasinya, maka akan langsung masuk ke mode kamera.

Tampilan halaman utama Instagram Threads
Tampilan halaman utama Instagram Threads

Ada beberapa menu dibagian atas layar. Menu pertama, adalah fitur flash. Ketika kamu ingin memotret menggunakan flash, ketuk saja ikon tersebut untuk mengaktifkannya.

Pada menu kedua, tepatnya pada gambar yang ber-ikon rumah, disana kamu bisa mengirim atau menerima pesan dengan teman – teman terdekat kamu.

Menu yang terakhir, itu adalah fitur untuk mengubah mode kamera. Secara default, kamera yang akan terbuka saat pertama membuka aplikasi Threads adalah kamera belakang. Jika kamu ingin menggunakan kamera depan, ketuk saja ikon tersebut untuk mengubah mode kamera menjadi kamera depan.

Pada bagian bawah layar, tepatnya yang aku beri kotak. Itu adalah tombol untuk mengambil gambar / foto. Kamu bisa menambahkan pintasan untuk mengirimkan status ke temen terdekat kamu hanya dengan dua kali ketukan.

Pada contoh, aku hanya menambahkan satu teman terdekatku yang aku jadikan pintasan. Jadi nanti ketika kamu ingin mengirimkan sebuah foto / video hanya kepada dia, kamu hanya perlu 2 kali ketukan untuk membagikannnya. Sangat mudah bukan?

7. Gambar dibawah adalah tampilan halaman pengaturan pada aplikasi Instagram Threads. Kamu bisa menemukannya dengan cara memilih ikon bergambar rumah pada tampilan awal aplikasi Threads, lalu pilih ikon bergaris tiga yang ada di sebelah kiri atas.

Pengaturan aplikasi Instagram Threads
Pengaturan aplikasi Instagram Threads

Pada menu pengaturan pertama, kamu bisa mengubah daftar teman dekat kamu disana. Siapa – siapa saja yang kamu perbolehkan untuk melihat apa yang kamu bagikan pada mereka, semuanya bisa diatur disini.

Menu yang kedua yaitu “Status”. Kamu bisa membagikan status melalui pengaturan ini. Kamu bisa memilih dari pilihan status yang ada, atau kamu membuat sendiri status yang kamu inginkan. Atau jika kamu tidak mau repot, kamu bisa mengaktifkan fitur status otomatis.

Yang ketiga yaitu menu “Sesuaikan Kamera”. Nah, jika kamu ingin menambahkan atau menghapus kamera pintasan, disinilah tempatnya. Kamu bisa menambahkan teman yang sering kamu kirimi pesan dan dijadikan pintasan. Ini akan memudahkan kamu untuk mengirim pesan ke mereka. Dengan mengetuk ikon foto mereka maka akan langsung terambil gambar, dan ketuk sekali lagi untuk mengirimkannya ke inbox mereka.

Menu keempat, kamu bisa membuat grup disini. Jika kamu memiliki daftar teman – teman yang berbeda, buat saja grup untuk masing – masing mereka.

Selanjutnya yaitu “Grup Tersembunyi”. Disini memungkinkan kamu untuk menambahkan grup yang disembunyikan.

Menu keenam yaitu “Tema”. Ubahlah tema Instagram Threads kamu sesuai keinginan jika kamu sudah merasa bosan dengan tema standar.

Selanjutnya yaitu menu “Simpan Foto Asli” . Jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka setiap kamu mengambil sebuah gambar akan tersimpan secara otomatis ke galeri HP kamu.

“Privasi” dapat kamu gunakan untuk mengatur status aktivitas. Apakah orang – orang yang berkirim pesan dengan kamu boleh melihat kapan kamu terakhir aktif di aplikasi Instagram. Jika kamu menonaktifkan fitur ini, maka kamu juga tidak dapat melihat status aktivitas akun lainnya juga.


Nah, itulah yang dapat aku jelaskan mengenai aplikasi Instagram Threads ini. Peluncuran aplikasi Ini adalah cara Instagram untuk memudahkan para penggunanya untuk berbagi momen dan aktivitas hari – hari mereka hanya dengan orang – orang terdekat.

Jika kamu memiliki keluarga yang semuanya pengguna Instagram misalnya, kamu bisa banget untuk membuat daftar untuk mereka. Kamu bisa berbagi aktivitas hari – hari kamu kepada keluarga dengan mudah dan cepat.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk menggunakannya? Silahkan download aplikasinya di PlayStore.

Tinggalkan Balasan