Apa itu Threads? Beserta cara Install dan Menggunakannya

Terbit

Diperbarui

Instagram merilis aplikasi Threads sebagai saingan Twitter, dikala Twitter membatasi seberapa banyak Tweet yang bisa dilihat pengguna perhari-nya. Momentum yang digunakan Instagram sangatlah tepat, karena disaat yang sama, pengguna Twitter sedang ‘kesal’ dengan platform yang dimiliki Elon Musk tsbt.

Penasaran dengan aplikasi ‘Threads’ ini? Penasaran dimana aplikasi ini bisa didownload dan bagaimana cara menggunakannya? Itulah yang akan aku bahas disini.

Silahkan disimak baik-baik.

Apa itu aplikasi ‘Threads’ dari Instagram?

Instagram thread sebenarnya bukanlah aplikasi baru, Thread sendiri sudah ada sejak Oktober 2019 yang lalu.

Ketika itu, Thread dibuat dengan tujuan membagikan momen sehari-hari dengan komunitas kecil yang lebih erat. Bisa dilihat slogan Instagram Thread waktu itu adalah, ‘Aplikasi kamera didesain untuk bertukar kabar dengan teman dekat Anda”.

Namun pada 5 juli 2023 lalu, Instagram merilis ulang aplikasi Thread tsbt. Pengumuman rilis tsbt dipampang diblog resmi Instagram disini https://about.instagram.com/blog/announcements/threads-instagram-text-feature.

Aplikasi Threads yang dirilis 2023 ini adalah aplikasi yang cukup mirip dengan Twitter. Di Threads kamu bisa membuat postingan maksimal hingga 500 kata, dan kamu bisa melampirkan foto dan video dipostingan tsbt. Disini Threads memang fokus kepostingan berbasis teks, mirip sekali dengan Twitter. Terdapat fitur interaksi yang sangat minimal disini, dimana kamu hanya bisa memberi komentar, menandai sebagai favorit dan me-repost postingan tsbt dan membagikan postingan ke sosmed lainnya.

Link download untuk yang ingin langsung coba Threads

Kamu bisa download aplikasi ‘Threads, an Instagram app’ disini. Yup, nama aplikasinya adalah ‘Threads, an Instagram app’.

Untuk pengguna Android, bisa cek play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.barcelona. Sedangkan pengguna iOs bisa install dari apps.apple.com/us/app/threads-an-instagram-app/id6446901002

Proses Instalasi dan mendaftar akun Threads

  1. Silahkan instal aplikasi Thread dari Playstore atau Appstore. Linknya sudah aku sebutkan diatas sebelumnya.
  2. Jika sudah, silahkan buka aplikasinya.
  3. Kamu akan temukan laman awal seperti dibawah ini.
  4. Disini sudah akan terlihat username Instagram kamu dibagian bawah. Disini kamu bisa langsung tap dibagian ‘Login dengan Instagram’ tsbt.
  5. Tunggu sebentar akan ada proses loading.
  1. Diawal akan ada permintaan melengkapi profil. Untuk bagian nama dan username terkunci dan tidak bisa diubah, kamu hanya bisa isi bagian lainnya saja.
  2. Tap ‘Impor dari Instagram’ supaya data terisi otomatis. Disini Threads akan mengambil bio, tautan dan juga foto profil dari akun Instagram tsbt.
  1. Selanjutnya pilih apakah ingin akun Publik atau akun Privat. Disini aku pilih yang Publik.
  1. Seperti biasa saat daftar akun baru di sosmed, disini kita diminta mengikuti atau follow akun. Disini aku tap ‘Ikuti semua’.
  2. Terakhir muncul penjelasan terkait ‘Cara kerja Thread’. Silahkan dibaca, jika sudah, tap ‘Bergabung ke Thread’.
  1. Selesai. Tunggu sebentar, setelah itu kamu akan dibawa keberanda Thread kamu.

Review isi “Daleman” Thread

Sebelum menulis artikel ini, aku sempatkan eksplorasi aplikasi ini beberapa menit. Aplikasinya benar-benar simpel, fiturnya bisa dibilang hampir tidak ada.

Sebelum menulis tulisan ini, aku sempatkan baca diberbagai situs berita, disana Thread di elu-elukan sebagai pengganti Twitter.

Dalam kenyataannya, setelah mencoba, Thread belum bisa menurutku menyaingi Twitter. Thread saat ini masih berada di fase awal, dimana aplikasi masih sangat sederhana.

Berikut tampilan aplikasi Thread. Hanya ada 5 tab yang tersedia disini. Pertama ‘Beranda’, berikut tampilannya.

Kedua halaman ‘Pencarian’ dan ketiga halaman ‘Pembuatan Utas’.

Keempat halaman ‘Aktivitas’ dan terakhir adalah halaman ‘Profil’.

Dari yang aku lihat hanya itu saja laman yang tersedia.

Sedikit tambahan, dihalaman Profil tersedia menu untuk menuju halaman ‘Pengaturan’ dan halaman ‘Edit profil’. Sudah, Itu saja.

Aku tahu bahwa aplikasi ini masih sangat baru, dan kedepannya META sebagai induk perusahaan Instagram tentu akan menambahkan fitur-fitur baru sesuai dengan feedback pengguna, tapi menurutku cukup disayangkan mengingat rilisnya aplikasi ini diiringi dengan trending topik di Twitter. Seharusnya META menyajikan aplikasi yang memang benar-benar siap menyaingi Twitter, sehingga momentum ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

Bisakah Threads diakses via browser?

Seperti yang kita tau, kita bisa akses profil kita melalui browser disitus Threads.net. Sebagai contoh, profil @bukuguedotcom di Threads bisa diakses dihalaman ini https://www.threads.net/@bukuguedotcom

Namun sejauh yang aku tau dan coba, kita tidak bisa login ke Threads.net di browser. Ketika diakses laman awal threads.net, tidak ada menu ataupun kolom untuk login, hanya diarahkan ke link donwload aplikasi tsbt di PlayStore dan AppStore.

Opiniku terhadap aplikasi Threads saat ini

Aku suka dengan tampilannya yang minimalis dan fiturnya yang sederhana. Dan menurutku, untuk pengguna yang suka menulis curhatan hatinya di Twitter, aplikasi ini patut dicoba.

Hanya saja memang, aplikasinya masih sangat ‘Bare’. Fiturnya memang sangat minimal.

Salah satu alasan aku sampai saat ini masih sesekali menjenguk Twitter adalah fitur Trending Topik-nya. Fitur ini penting untuk penulis sepertiku melihat apakah ada tren terkait apa yang aku bahas diblog ini.

Selain itu ketika aku menemukan masalah yang spesifik, fitur trending topik di Twitter seringkali memberikan pencerahan. Misalnya ketika tiba-tiba situs Instagram tidak bisa diakses, sekali buka Twitter, bisa langsung tau karena ada trending #InstagramDown.

Namun sekali lagi, akupun paham aplikasi ini masih sangat baru, dan mahfum jika fiturnya memang masih sedikit.


Mungkin hanya itu yang bisa aku bahas untuk saat ini. Bagaimana menurut kalian aplikasi Thread ini, apakah mungkin bisa menyaingi Twitter?

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *