Cara menggunakan LinkedIn dengan benar dan maksimal

LinkedIn adalah sosial media untuk kalangan orang – orang profesional. Berbeda dengan sosial media lainnya, LinkedIn digunakan sebagai tempat untuk memperluas koneksi dengan orang – orang profesional diluar sana.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak pengguna LinkedIn, baik dari kalangan individu seperti publik figur, tokoh – tokoh hebat, maupun perusahaan – perusahaan besar. Bagi kamu yang ingin memperluas koneksi, menunjukkan skill dan kemampuan diri, atau ingin mencari pekerjaan, silahkan mendaftar LinkedIn.

Untuk cara penggunaan LinkedIn, masih banyak diantara kita yang masih belum memahami bagaimana sebenarnya menggunkan LinkedIn dengan maksimal. Karena akan sayang sekali jika kamu memiliki LinkedIn tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik.

Apalagi bagi kamu yang saat ini sedang butuh pekerjaan.

Memaksimalkan LinkedIn akan sangat membantu kamu untuk me-mamerkan skill dan kemampuan yang kamu miliki dihadapan orang – orang profesional di LinkedIn.

Untuk itu, mari simak artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan LinkedIn dengan maksimal supaya kamu mendapatkan manfaat yang maksimal juga dari LinkedIn.

Pentingnya untuk memaksimalkan pengisian profil LinkedIn

Profil menjadi bagian paling penting untuk menunjukkan jati dirimu di LinkedIn. Semua pengguna LinkedIn akan dapat melihatnya selama kamu tidak mengaturnya ke mode privat.

Yang perlu kamu tau, algoritma pencarian LinkedIn hanya akan menemukan profil yang peringkatnya tergolong lengkap. Oleh karena itu, ketika profil kamu lengkap maka kemungkinan profil kamu untuk dilihat juga lebih besar.

Maksimalkan profil LinkedIn kamu

Inilah yang kemudian menjadi penting mengapa harus melengkapi profil kamu. Nah, untuk melengkapi profil kamu, Inilah hal – hal penting yang sebaiknya kamu perhatikan.

  • Tambahkan foto profl yang berkualitas baik, terlihat profiesional dan percaya diri.
  • Tambahkan latar belakang / gambar sampul yang mencerminkan kepribadian dan latar belakang profesimu. Untuk ukuran gambar latar belakang sebaiknya berukuran 1584 x 396 Px dengan format JPG, PNG, atau GIF dengan ukuran file dibawah 8 MB.
  • Tambahkan pekerjaan dan posisi kamu saat ini.
  • Buatlah sebuah resume atau ringkasan tentang siapa dirimu.
  • Jangan lupa untuk tambahkan riwayat pekerjanmu terdahulu, rincian pendidikan, pencapaian, keterampilan atau keahlian yang kamu miliki.
  • Tambahkan kontak aktif yang dapat dihubungi seperti alamat email dan nomor telepon.

Gunakan jaringan di LinkedIn semaksimal mungkin

LinkedIn adalah media yang memberimu kesempatan seluas luasnya untuk menunjukkan eksistensimu dalam dunia profesional. Semua pengguna LinkedIn di seluruh dunia akan dengan mudah menemukanmu, ataupun sebaliknya. Kamu akan menemukan mereka orang – orang profesional dengan sangat mudah hanya dengan LinkedIn.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan yang kamu miliki. Bangun relasi seluas luasnya di LinkedIn.

Maksimalkan koneksi jaringan kamu
Maksimalkan koneksi jaringan kamu

Manfaatkan kotak pencarian LinkedIn untuk menemukan perusahaan – perusahaan yang kamu minati. Ikuti mereka. Maka nantinya kamu akan mendapatkan info – info terbaru tentang posisi pekerjaan yang sedang mereka tawarkan.

Tak hanya perusahaan – perusahaan. Kamu juga bisa menemukan orang – orang hebat yang berada didalamnya. Temukan seseorang yang bekerja dalam perusahaan tersebut dengan posisi tertentu. Jika kamu terhubung dengannya, kamu bisa menanyakan tentang budaya perusahaan, pekerjaan apa yang sedang dibuka, dan lainnya.

Taukah kamu jika jumlah koneksi yang kamu miliki juga berpengaruh terhadap peringkat pencarian kamu di LinkedIn.

Jadi sebisa mungkin teruslah bertumbuh dengan terhubung dengan banyak koneksi orang – orang profesional di LinkedIn.

Untuk membangun jaringan kamu, ada beberapa cara yang  bisa dilakukan.

  • Pertama, kamu bisa mengirim undangan kepada anggota LinkedIn yang kamu minati, baik berupa halaman sebuah perusahaan, publik figure atau individu tertentu untuk meminta mereka bergabung dengan jaringan kamu.
  • Kedua, manfaatkan fitur “Pesan InMail” yang memungkinkan kamu untuk menghubungi anggota LinkedIn melalui pesan pribadi. Tetapi untuk memanfaatkan fitur ini, kamu mungkin perlu membayar sejumlah uang karena ini merupakan fitur premium yang dimiliki LinkedIn.
  • Ketiga, kamu bisa menemukan dan terhubung dengan orang – orang yang ada di sekitar kamu melalui fitur “Cari di sekitar”.

Itulah ketiga cara yang bisa kamu lakukan untuk terus menambah lingkaran jaringan kamu sehingga eksistensi kamu di LinkedIn terus meningkat.

Admin: Aku sendiri tidak terlalu aktif di linkedin, tapi dari yang aku lihat, hal penting yang harus diperhatikan adalah, linkedin ini dipakai untuk membangun koneksi dan jaringan, dan prosesnya tidaklah instan, jadi kamu perlu waktu dan juga usaha sebelum memiliki jaringan tsbt. Karena perlu waktu dan usaha, maka jaringan yang dibuat haruslah yang memang kamu perlukan, lebih baik jaringannya kecil tapi sesuai dengan kebutuhanmu. Thats my two cent.

Tunjukkan diri dengan publikasi konten yang baik

Kamu jangan sampai terlupa jika LinkedIn adalah sosial media yang juga memiliki fitur untuk mengunggah status atau konten tertentu. LinkedIn menyediakan fitur tersebut agar para penggunanya dapat saling berinteraksi antar pengikut / antar koneksi.

Maksimalkan publikasi konten
Maksimalkan publikasi konten

Di LinkedIn kamu dapat memposting berupa teks, gambar, ataupun tautan ke lingkaran jaringan kamu. Pastikan konten yang kamu unggah memiliki nilai manfaat dan informatif untuk koneksi kamu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat setiap konten yang kamu unggah terlihat bagus dan menarik di LinkedIn.

  • Pertama, Kamu bisa berbagi cerita dan pengalaman yang kamu miliki di dunia profesional. Misalnya saja kamu seorang marketer. Kamu bisa berbagi tips dan trik bagaimana menjadi marketer yang sukses, atau berbagi cerita yang kamu alami selama menjadi marketer. Ini akan menjadi ilmu tambahan yang menarik untuk koneksimu yang mungkin sebagian besar adalah sesama marketer atau calon marketer.
  • Kedua, Kamu bisa menawarkan bantuan kepada rekan – rekan di LinkedIn. Siapa tau kamu bisa melakukan sesuatu untuk mereka. Misalnya kamu bisa menjelaskan bahwa kamu adalah seorang pengajar yang terjun langsung hingga ke pelosok – pelosok negeri. Kamu bisa membuat konten singkat tentang apa yang pernah kamu lakukan, dan menawarkan bantuan ke orang – orang yang membutuhkan pengajar sepertimu untuk langsung terjun ke suatu daerah dan mengajar disana.
  • Ketiga, jika kamu ingin bertanya sesuatu, tanyakan saja kepada jaringan kamu melalui konten singkat yang kamu unggah. Mereka mungkin nantinya akan melakukan like dan komentar didalam konten yang kamu unggah. Bukan tidak mungkin mereka akan melihat profil kamu.

Jadi, Sering melakukan update postingan di LinkedIn menjadi hal yang sebaiknya dilakukan. Karena hal ini juga mempengaruhi pertumbuhan koneksi jaringan kamu.

Bayangkan saja, ketika suatu koneksi menyukai, berkomentar, atau membagikan status kamu, maka semua koneksi yang dimiliki mereka akan melihat postingan kamu yang muncul di beranda mereka.

Jika konten kamu terlihat menarik dan relevan dengan mereka, maka bukan tidak mungkin mereka akan mengirim undangan untuk terhubungt dengan kamu.


Intinya, cara menggunakan LinkedIn tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya butuh waktu yang lebih banyak untuk mengelolanya.

Untuk dapat menggunakan LinkedIn secara maksimal, kamu cukup melengkapi profil akun kamu, perbanyak koneksi dan melakukan interaksi dengan lingkaran jaringan kamu, dan yang terakhir adalah kamu sering – sering mengunggah suatu konten yang bermanfaat dan informatif bagi rekan – rekan koneksimu.

Jika kamu sedang mencari pekerjaan, teruslah mencari koneksi yang tepat, relevan denganmu dan tentunya yang kamu minati. Jangan lupa selalu update profil kamu dan tunjukkan skill atau keterampilan yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan