Cara menghapus banyak followers twitter sekaligus

Ketika kamu menggunakan Twitter, setiap postingan yang kamu bagikan akan muncul pada feeds Twitter para pengikutmu. Kecuali jika mereka membisukan tweetmu ya.

Secara umum, Twitter akan memunculkan tweetmu pada beranda pengikutmu. Terlepas itu adalah orang asing atau bukan, selama mereka follower kamu, mereka akan melihat tweetmu tsbt di beranda mereka.

Sekarang lihat kembali daftar followersmu di Twitter. Adakah orang yang sekiranya membuatmu canggung ketika membagikan tweet? Adakah orang yang sekiranya tidak kamu kehendaki untuk melihat tweet-mu? Apakah kamu pernah menggunakan jasa auto followers yang membuatmu difollow oleh banyak orang yang tidak kamu kenal?

Jika pada media sosial lain mereka menyediakan fitur untuk menyembunyikan postingan, lain halnya dengan Twitter. Sampai saat ini Twitter secara resmi masih belum memberikan fitur khusus untuk menyembunyikan postingan dari pengikutmu.

Salah satu alternatif pilihan yang dapat kamu terapkan adalah dengan menghapus mereka dari daftar followers di Twitter. Tapi apakah mungkin ada cara untuk menghapus followers Twitter?

Sayangnya sejauh ini tidak ada cara menghapus follower di twitter, seperti menghapus follower di instagram, yang bisa kamu lakukan adalah mem-block akun tsbt, lalu membuka kembali blokirnya, dan otomatis akun tsbt akan terhapus dari daftar followermu.

Atau, kamu cukup block akun tsbt, dan biarkan tetap terblokir. Hasil akhirnya sama saja, mereka akan terhapus dari daftar followermu, tapi kalau dibiarkan terblokir, saat mereka melihat akunmu, mereka akan tau kalau mereka sudah diblock.

Intinya, untuk menghapus follower twitter, kita akan menggunakan fitur “block”.

Tapi disini kita akan “block”, lalu “unblock”, sehingga orang tsbt akan hilang dari daftar follower kita, tanpa mereka sadari. Itu karena saat diblock, tidak ada pemberitahuan apapun ke orang yang kena block.

Penasaran bagaimana caranya? Silahkan simak informasi berikut ini.

Menghapus followers Twitter secara manual (satu per satu)

Kamu dapat menghapus pengikut di Twitter dengan cara memblokir akunnya satu-satu. Untuk lebih lanjutnya silahkan simak cara sebagai berikut.

1. Pertama, kunjungi profil orang yang ingin kamu hapus sebagai follower. Disini masih ada tanda “mengikuti anda” yang berarti orang tersebut telah mem-follow kamu. Untuk memblokir akun, tap icon titik tiga pada layar tampilan.

tap icon titik tiga

2. Pada opsi tindakan, pilih blokir dan pada dialog box pilih “blokir” lagi.

3. Jika kamu telah berhasil memblokir orang tersebut, maka akan muncul tombol bertuliskan “diblokir” . Setelah memblokirnya, langkah selanjutnya adalah membatalkan blokir. Untuk membatalkan blokir akun pun cukup mudah. Kamu hanya tinggal menekan tombol bertuliskan “diblokir”. Setelah itu muncul kotak konfirmasi pembatalan, pilih “ya”.

tap "diblokir" untuk membuka blokir

4. Nah, setelah dilakukan blokir lalu membatalkannya maka kini orang tersebut tidak lagi menjadi followersmu. Tanda “mengikuti anda” pun hilang.

Cara ini dapat kamu lakukan jika kamu hanya akan menghapus sedikit followers saja. Akan tetapi jika kamu akan menghapus lebih banyak followers, kamu dapat mencoba cara berikut dibawah.

Menghapus followers Twitter dengan browser (manual, tapi lebih cepat)

Selain cara pertama tadi, kamu juga dapat memblokir akun beberapa orang terlebih dahulu, baru nanti membatalkan blokirnya sekaligus lewat halaman “daftar blockir”.

Mari kita lihat lebih lanjut langkah-langkah berikut ini.

Untuk mempermudahnya, kamu bisa menggunakan browser pada ponselmu. Kami menggunakan Chrome dalam tutorial kali ini. Hal ini berguna supaya kamu dapat membuka halaman profil pada tab lain secara bersamaan.

1. Silahkan buka daftar pengikutmu terlebih dahulu. Dengan adanya daftar pengikut ini kamu jadi tahu akun mana saja yang mungkin bisa kamu hapus sebagai followers.

buka daftar pengikut

2. Pilih salah satu follower, lalu tekan dan tahan pada nama followers tsbt. Setelah itu buka di tab baru. Ulangi langkah ini pada akun-akun yang ingin kamu hapus.

buka di tab baru

3. Disini contohnya, ada beberapa tab yang terbuka. Buka salah satu tab, yang berisi halaman profil pengguna twitter tadi.

buka tab pada browser

4. Pada halaman profil followers, klik icon titik tiga, lalu pilih “blokir @username”. Lalu tekan blokir sekali lagi pada kotak konfirmasi pemblokiran.

5. Ulangi langkah 3 dan 4 diatas sampai semua tab baru yang dibuka tadi habis.

6. Setelah kamu memblokir semuanya, kita akan melanjutkan dengan membuka blokir tsbt.

Untuk membuka blokir akun-akun tsbt, masuk ke menu pengaturan dan privasi. Setelah itu pilih privasi dan keamanan. Lalu scroll layar ke bawah untuk menemukan “akun yang diblokir”, tap dan buka menu “akun yang diblokir” tersebut.

Twitter akan menampilkan daftar orang yang telah kita blokir sebelumnya.

buka blokir sampai semua orang dalam daftar habis

Untuk membatalkan blokir caranya cukup mudah. Cukup dengan menekan tombol “diblokir” berwarna merah ini kemudian secara otomatis orang tersebut akan terhapus dari daftar blokir. Ulangi cara ini sampai habis.

buka blokir sampai semua orang dalam daftar habis

7. Selesai. Dengan memblokir lalu meng-unblock akun tsbt, mereka sudah terhapus dari daftar follower kamu.

Menghapus (banyak) followers di Twitter dengan aplikasi Unfollow Today

Jika kamu menggunakan ponsel berbasis android, kamu dapat memanfaatkan salah satu aplikasi berikut ini. Ialah Unfollow Today.

Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk memblokir followers di twitter tanpa harus membuka profil terlebih dahulu. Kamu juga sekaligus dapat menghapus daftar blokir melalui satu aplikasi ini.

Langsung saja untuk caranya kamu dapat menyimak langkah berikut ini.

1. Pasang aplikasi Unfollow Today terlebih dahulu. Untuk linknya, kamu dapat mengakses pada url berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=net.matiks.unfollowtools
2. Setelah terpasang, buka aplikasi lalu login ke akun Twittermu.

login ke akun twitter

3. Pada halaman depan, akan ditampilkan daftar orang yang kamu follow akan tetapi tidak mengikutimu balik. Untuk menghapus followers, kamu dapat membukanya pada menu fans atau mutual friend. Menu fans akan menampilkan daftar followers yang tidak kamu follow balik. Sementara itu menu mutual friend akan menampilkan daftar orang yang saling follow dengan kita. Disini kami memilih menu fans.

4. Langkah selanjutnya adalah memblokir akun follower tsbt. Caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan tap dan tahan sebentar pada orang yang ingin kamu block. Akan muncul beberapa ikon, pilih “ikon block“. Ulangi langkah ini pada akun lain yang ingin kamu hapus.

pilih block

5. Setelah memblokir banyak follower, langkah selanjutnya adalah membatalkan blokir. Jika kamu baca tanpa skip-skip, alasannya sudah dijelaskan diatas.

Untuk membatalkan blokir, pertama buka menu blocked. Dihalaman daftar blokir ini, tekan tanda silang pada setiap akun yang diblokir. Jika sudah, akan muncul tulisan “unblocked“, yang artinya mereka sudah tidak lagi diblokir.

6. Selesai. Dengan block lalu unblock, seharusnya akun-akun tsbt sudah terhapus dari daftar followermu.

Kesimpulan

Menghapus followers di Twitter caranya cukup mudah bukan? Meskipun demikian Unfollow Today bukan merupakan aplikasi resmi Twitter. Dalam penggunaan aplikasinya pun kami menemukan beberapa iklan yang cukup mengganggu. Ini bisa dimaklumi mengingat aplikasi Unfollow Today termasuk aplikasi gratisan dan tidak berbayar.

Namun demi keamanan, pastikan gunakan aplikasi ini jika memang diperlukan saja. Misalnya, jika followers yang ingin kamu hapus jumlahnya cukup banyak, mungkin penggunaan aplikasi Unfollow Today dapat kamu pertimbangkan. Selebihnya, cara pertama atau kedua akan lebih baik digunakan, karena jauh lebih aman.


Nah sekian itu tadi informasi mengenai cara menghapus followers di Twitter. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Terus ikuti informasi menarik lainnya, informasi terupdate seputar media sosial hanya di Bukugue dot com.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan