Cara menghapus postingan foto dan video di Instagram

Mengunggah postingan (teks, foto, atau video) merupakan aktivitas di Instagram yang menyenangkan. Bahkan, beberapa pengguna rela meluangkan waktu untuk membuat feed postingan terbaik.

Namun, tidak menutup kemungkinan, setelah beberapa waktu, postingan itu membuat pengguna bosan atau malah merasa terganggu dengan postingan tersebut. Jika hal itu terjadi, sebaiknya postingan tersebut dihapus saja.

Bagaimana cara menghapus postingan Instagram? Ada dua cara. Pertama, kamu bisa menghapus postingan Instagram satu per satu. Kedua, kamu bisa menghapus postingan Instagram langsung banyak dengan aplikasi tambahan.

Cara menghapus postingan foto (dll) di Instagram lewat HP

Pihak Instagram memang mengizinkan kamu untuk menghapus postingan satu per satu. Jadi, kamu bisa dengan mudah menghapus postingan (foto/video) melalui aplikasi Instagram mobile. Ikuti langkahnya berikut ini!

1. Buka aplikasi Instagram Android.
2. Cari postingan yang ingin dihapus. Jika sudah, cari tiga titik yang ada di atas postingan, lalu klik.

Cari postingan yang mau dihapus.

3. Akan muncul popup notifikasi, silakan cari opsi hapus.

Notifikasi yang muncul setelah klik titik tiga di atas postingan.

4. Kamu bisa pilih hapus, atau jika kamu hanya ingin menyembunyikan postingan dari beranda, silakan klik arsipkan.

Pilih hapus, atas arsipkan untuk menyembunyikan postingan.

Kalau kamu memiih arsipkan, efeknya akan sedikit beda. Jika tertarik untuk memahami lebih lanjut bisa baca laman ini : bukugue.com/cara-mengarsipkan-membuka-dan-memposting-kembali-postingan-di-instagram/

Cara menghapus postingan foto (dll) di Instagram lewat komputer

Jika menghapus postingan di aplikasi Instagram Hp itu mudah, maka menghapus postingan IG di komputer perlu sedikit ngetrik, tapi kamu bisa melakukannya tanpa aplikasi tambahan apapun. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka akun Instagrammu di browser. Saranku kamu pakai Chrome saja biar mudah mengikutinya.
2. Klik kanan tetikusmu (mouse), cari tulisan Inspeksi. Kamu juga bisa menekan tombol Ctrl+Shift+I untuk memunculkan Inspeksi.

Buka akun Instagram kamu di Chrome PC.

3. Cari toggle device mode, untuk membuat tampilan akun Instagram di browser komputer mirip dengan tampilan browser Hp.

Kamu bisa klik toggle device mode.

4. Pilih foto yang mau dihapus.

Klik foto yang mau dihapus, dan refresh browser untuk mengubah tampilannya dari browser komputer ke Hp.

5. Setelah itu refresh. Sampai disini, tampilan sudah berubah menjadi tampilan Hp.
6. Klik tiga titik yang ada di pojok kanan foto.

Klik tiga titik ikon di atas foto.

7. Klik hapus, dan akan muncul notifikasi yang menanyakan apakah kamu yakin mau menghapusnya atau tidak. Jika sudah yakin, klik hapus saja langsung.

Kamu bisa langsung menghapus postingan.

Hapus banyak postingan instagram sekaligus

Menghapus satu atau beberapa postingan di IG memang mudah. Namun, mungkin saja, kamu ingin menghapus banyak postingan sekaligus. Yah, mungkin akun Instagram kamu telah mengalami perubahan signifikan. Dalam artian, banyak orang yang mulai memfollow akun kamu.

Saat itu terjadi, pasti pernah terbersit di pikiranmu untuk merapikan feed Instagrammu, ya kan? Karena aku yakin ada beberapa foto dan video yang kamu ungguh awal-awal membuat Instagram dulu, sekarang sudah tidak sesuai dengan konsep Instagrammu yang sekarang, dan kamu ingin menghapusnya.

Bagaimana cara menghapus banayak foto sekaligus misalnya – sekitar 50-an foto mungkin?

Download dan instal aplikasi IG Cleaner

Pada dasarnya, Instagram tidak memberikan akses kepada penggunanya untuk menghapus postingan foto/video secara massal. Kamu hanya bisa menghapusnya satu per satu.

Untuk menghapus postingan secara massal, kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga. Rekomendasiku adalah IG Cleaner besutan Aurora C. Labs. Sayangnya, aplikasi ini sudah tidak ada lagi di Playstore. Jadi, kamu harus mengunduhnya melalui browser. Silakan unduh melalui tautlink berikut ini. Jika sudah, silakan dipasang. Untuk memasangnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Admin: Aku kurang tau kenapa aplikasi ini sampai dihapus dari playstore, biasanya aplikasi dihapus dari playstore ketika melakukan pelanggaran. So, aku ingin wanti-wanti buat teman-teman, setelah gunakan aplikasinya, pastikan untuk log-out dan hapus aplikasinya, lalu jangan lupa ganti password instagramnya untuk jaga-jaga.

1. Buka setelan.
2. Pilih setelan tambahan.

Aktifkan instalasi dari sumber tidak dikenal dari setelan.

3. Pilih privasi.

Setelah melihat setelan tambahan, klik, lalu cari privasi, klik lagi.

4. Klik sumber tidak dikenal (centang unknown source). Beberapa tipe Hp mempunyai settingan yang berbeda-beda.

Slide ke kanan untuk mengaktifkan instalasi dari sumber tidak dikenal.

5. Jika sudah, cari file IG Cleaner yang sudah diunduh. Klik, lalu proses penginstalan akan berjalan, silakan tunggu sampai selesai.

Cara menghapus postingan Instagram sekaligus banyak dengan aplikasi igcleaner

1. Buka aplikasi tersebut, lalu login menggunakan email dan password sesuai akun Instagram-mu.
2. Pada halaman utama IG Cleaner, silakan klik bagian “post”.

Tampilan halaman muka aplikasi IG Cleaner begitu kamu masuk akun Instagram kamu.

3. Pilih postingan yang mau dihapus dengan cara mengkliknya. Nanti akan muncul ikon ceklis. Lalu klik “delete” yang ada di pojok kanan atas sebelah “options”.

Pilih postingan yang ingin dihapus.

4. Ketika ada popup box yang muncul, klik ok.

Ketika muncul popup yang menginformasikan delete, silakan klik ok.

5. Insta Cleaner langsung menghapus otomatis.

Setelah terhapus akan muncul informasi yang menyebutkan jumlah postingan telah terhapus.

Kenapa Harus Download Aplikasi Pihak Ketiga di Luar Playstore?

Playstore sendiri menawarkan beberapa aplikasi penghapus postingan Instagram sekaligus dalam satu waktu. Hanya saja, kamu perlu mendapatkan lisensinya. Ada tiga jenis aplikasi yang kuketahui bisa hapus postingan IG secara serempak, yaitu:

  1. Cleaner for Instagram besutan Novasoft Cloud Service S.R.L. dimana untuk versi gratisnya kamu hanya diperkenankan maksimal menggunakan 50 kali penghapusan foto. Setelah itu, kamu harus membayar sekitar Rp69.000 untuk bisa memakainya.
  2. Cleaner for Instagram besutan Aleasen Charles. Sayangnya demi bisa mendapatkan lisensinya, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp416.000, dan itu terjadi waktu kamu mau login. Gede kan?
  3. InstHub, tapi entah kenapa saat menjajalnya tidak mau login, padahal aplikasi ini berasal Playstore.

Kesimpulan

Jika kamu ingin menghapus hanya beberapa postingan saja, maka sebaiknya hapus saja langsung melalui aplikasi Instagram atau via browser Chrome di komputer. Namun, jika postingan yang mau kamu hapus itu banyak, maka kamu sebaiknya menggunakan aplikasi pihak ketiga yang kurekomendasikan di atas, IG Cleaner.

Untuk saat ini, aplikasi IG Cleaner menjadi satu-satunya aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menghapus postingan Instagram secara massif dan gratis. Kamu boleh kok memilih salah satu dari tiga aplikasi yang sudah kusebutkan di Playstore, asalkan siap bayar lisensinya.

Demikianlah cara menghapus postingan Instagram dalam satu waktu sekaligus banyak. Semoga bermanfaat.[]

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

Tinggalkan Balasan