Cara menghapus banyak (ribuan) tweet sekaligus

Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif di dunia. Pertama kali dirilis pada tahun 2006. Sejak itu penggunanya semakin bertambah hingga sekarang. Pengguna Twitter yang sudah lama dan aktif pastilah memiliki jumlah cuitan yang sangat banyak, bisa ribuan hingga mungkin puluhan ribu, atau bahkan bisa lebih.

Terkadang cuitan lama di Twitter merupakan cuitan tak berfaedah atau bahkan cuitan bernada negatif. Cuitan itu bisa diunggah orang lain ketika ada yang sengaja memunculkan konflik, atau bisa juga cuitan lama kita juga dapat disalahgunakan orang lain untuk keperluan yang tidak baik.

Sebagai contoh, James Gunn yang merupakan sutradara Guardians of Galaxy harus melepaskan jabatannya gara-gara cuitan lawas di twitter yang dianggap kontroversial.

Jika di dalam negeri sendiri, contoh terdekat adalah Ahmad Dhani yang terjerat penjara 1,5 tahun karena cuitannya. Juga masih banyak lagi yang bermasalah karena cuitan lama. Oleh karenanya terkadang kita perlu membersihkan dan merapihkan cuitan lama kita.

Jika sekadar ingin menghapus satu atau dua cuitan mungkin mudah, tapi untuk menghapus cuitan lama dan scrolling timeline yang sudah begitu banyak? Tentu itu ribet dan memakan waktu lama. Lantas bagaimana cara menghapus cuitan lama secara sekaligus?

Cara menghapus tweet sekaligus

Untuk menghapus cuitan lama secara cepat bisa menggunakan bantuan pihak ketiga. Namun sebelum kamu menghapus cuitan lama, ada baiknya kamu mem back up data terlebih dahulu. Siapa tahu nanti kamu membutuhkannya.

Jika kamu menggunakan android, caranya yakni buka pengaturan dan privasi, kemudian pilih menu akun, lalu di bagian data dan izin pilih menu data twitter anda. Setelah itu kamu akan dibawa ke laman baru, di bagian paling bawah ada menu unduh data twitter anda. Kamu cukup memasukkan kata sandi dan melakukan konfirmasi, maka data akan dikirim ke email yang tertera. Adapun untuk pengguna IOS, caranya sama saja.

Setelah itu kamu bisa langsung menghapus cuitan kamu dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

Advanced Search

Ini adalah cara yang dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa menggunakannya langsung karena ini merupakan fitur bawaan Twitter.

Tapi kamu hanya bisa menggunakan cara ini di Komputer desktop. Fitur ini digunakan untuk mencari tweet lama berdasarkan filter tahun ataupun keyword tertentu.

Adapun langkah-langkahnya ialah:

  1. silakan login terlebih dahulu ke akun twitter kamu di computer
  2. jika sudah, di halaman beranda kamu bisa mengetikkan sembarang kata pencarian di kolom pencarian sudut kanan atas.

    Laman awal twitter
    Laman awal twitter

  3. Setelah muncul halaman pencarian, kamu bisa memilih menu search filter di atas bagian kiri. Kemudian pilih menu advanced search.

    Laman pencarian di Twitter
    Laman pencarian di Twitter

  4. Kemudian kamu bisa memilih pencarian dengan memasukkan kata kunci kata yang ingin dihapus, atau bisa juga dengan menggunakan pencarian berdasarkan tanggal. Setelah itu tinggal tekan menu search dan hapus cuitan yang ingin dihapus.

    Laman advanced search untuk memulai pencarian
    Laman advanced search untuk memulai pencarian

All My Tweet

Cara lain yang bisa digunakan ialah dengan aplikasi All My Tweets ini. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. buka laman allmytweets.net di browser smartphone kamu, pilih menu sign in with Twitter.

    Halaman utama allmytweets.net
    Halaman utama allmytweets.net

  2. Kemudian muncul laman pengizinan aplikasi, seperti cara diatas, kamu hanya perlu mengisi username dan kata sandi lalu pilih izinkan aplikasi.

    Masukkan username Twitter kamu di laman ini
    Masukkan username Twitter kamu di laman ini

  3. Setelah itu kamu akan dibawa ke laman all my tweets, disitu akan ditampilkan seluruh cuitan kamu berderet dari cuitan paling baru hingga paling lama. Kamu bisa langsung memilih cuitan yang ingin dihapus.

Tweet Delete

Cara diatas digunakan untuk menghapus cuitan yang spesifik berdasarkan jenis kata ataupun rentang waktu tertentu. Ada lagi cara untuk menghapus cuitan dengan lebih mudah yakni menggunakan aplikasi Tweet Delete. Aplikasi ini bisa menghapus ribuan posting lama dalam rentang waktu hingga satu tahun.

Selain itu, dengan menggunakan Tweet Delete, kamu juga bisa menghapus kicauan berikutnya dengan berkala. Sehingga secara otomatis nanti cuitan kamu akan dihapus. Tapi aplikasi ini hanya bisa menghapus maksimal 3200 cuitan. Jadi jika jumlah cuitan kamu mencapai 13 ribu, kamu hanya perlu mengulangi penghapusan tiga kali.

Cara menggunakannya sebagai berikut:

  1. Buka laman tweetdelete.net di browser smartphone kamu. Setelah itu centang box TweetDelete Terms dan pilih menu sign in wit Twitter.

    Laman utama tweetdeete.net
    Laman utama tweetdelete.net

  2. Lalu kamu akan dibawa ke laman pengizinan aplikasi. Kamu hanya perlu mengisi username dan kata sandi lalu pilih menu izinkan aplikasi.

    Laman pengizinan aplikasi tweetdelete.net
    Laman pengizinan aplikasi tweetdelete.net

  3. Jika kamu sudah mengisinya dan mengizinkan aplikasi Tweet Delete, kamu akan kembali dibawa ke laman utama aplikasi tersebut. Di bagian waktunya, kamu dapat memilih waktu cuitan tersebut, bisa cuitan yang telah berusia seminggu, dua minggu, satu bulan, dua bulan, tiga bulan, enam bulan, hingga satu tahun. Setelah itu centang kotak dialog delete all my tweet before this activating schedule. Lalu klik activate TweetDelete.

    Pilih waktu tweet yang ingin dihapus
    Pilih waktu tweet yang ingin dihapus

  4. Kotak dialog akan muncul, silakan tekan oke.

    Laman konfirmasi bahwa kamu setuju menghapus tweet
    Laman konfirmasi bahwa kamu setuju menghapus tweet

  5. setelah itu tweet delete akan mulai menghapus semua twit anda dan menghitung mundur selama lima menit. Selesai.

    Silakan tunggu beberapa saat, tweet kamu akan dihapus
    Silakan tunggu beberapa saat, tweet kamu akan dihapus

Tweet Eraser

Mekanisme kerja aplikasi ini kurang lebih sama dengan advanced search di Twitter. Kamu dapat membuang cuitan berdasarkan kriteria kata tertentu ataupun tanggal tertentu. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut:

  1. Buka laman tweeteraser.com di ponsel kamu. Kamu akan diberi pilihan untuk menggunakan aplikasi ini secara gratis ataupun berbayar. Jika kamu ingin mendapatkan kelebihan lebih banyak, bisa menggunakan berbayar. Jika tidak cukup gunakan yang gratis, lalu klik just sign in with my Twitter.

    Laman utama tweeteraser.com
    Laman utama tweeteraser.com

  2. Izinkan aplikasi Tweet Eraser dengan mengisi username dan kata sandi.
  3. Kamu akan dibawa ke laman utama aplikasi, lalu klik garis tiga di sebelah kiri atas dan pilih tweets.

    Pilih menu tweets untuk menghapus
    Pilih menu tweets untuk menghapus

  4. Setelah itu kamu bisa langsung menghapus cuitan maupun DM berdasarkan kriteria tertentu seperti hashtag, teks, ataupun tanggal. Lalu pilih deleted selected items.

    Laman untuk menghapus tweet yang ingin dihapus
    Laman untuk menghapus tweet yang ingin dihapus

Twitwipe

Aplikasi ini juga bagus untuk menghapus cuitan kamu yang sangat banyak tanpa memerlukan waktu yang banyak. Namun aplikasi ini hanya bisa menghapus 3200 cuitan, jika jumlah cuitan kamu lebih dari yang ada, kamu harus menghapus sisanya secara manual.

Adapun cara menggunakan Twitwipe sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs Twitwipe.com lalu pilih get started kemudian pilih sign in with Twitter.

    Laman utama twitwipe.com
    Laman utama twitwipe.com

  2. Kamu akan dibawa ke lama pengizinan aplikasi, silakan isi username dan kata sandi lalu izinkan.
  3. Kamu bisa memilih menu menghapus dan Twitwipe akan mulai menghapus semua twit kamu. Proses pengahapusannya sendiri bisa memakan waktu hingga berjam-jam tergantung jumlah cuitan kamu. Jadi harap bersabar jika lama.

    Laman penghapusan twit di twitwipe.com
    Laman penghapusan twit di twitwipe.com

Aplikasi ini sebenarnya bagus untuk menghapus cuitan secara instan, namun iklannya terlalu banyak dan sangat menggangu sehingga kenyamanan pengguna sedikit terusik. Tapi secara keseluruhan aplikasi ini bekerja dengan baik.

Tweetcide

Jika kamu pengguna  IOS, maka kamu bisa menggunakan cara menghapus cuitan lama dengan menggunakan aplikasi Tweetcide. Aplikasi ini tersedia di Appstore. Kamu cukup menuliskan nama aplikasinya dan akan muncul. Setelah instal, kamu tinggal isi username kamu dan pilih number of tweets dan pilih delete all tweets. Namun aplikasi ini berbayar, sekitar 3 dollar.

Begitulah beberapa cara untuk menghapus cuitan di Twitter sekaligus tanpa memakan waktu yang sangat banyak. Tapi sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa anda yakin akan menghapusnya karena jika sebuah cuitan sudah dihapus tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Jika kamu rasa masih membutuhkan cuitan itu, kamu bisa mengarsipkannya tanpa menghapusnya. Oleh sebab itu diperlukan kebijaksanaan dari pengguna.

Jika kamu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, ada baiknya kamu mulai menghapus izin aplikasi itu jika sudah tidak digunakan lagi. Caranya ialah dengan membuka pengaturan dan privasi, pilih akun, lalu di bagian paling bawah pilih lihat data Twitter anda.

Kemudian pilih menu aplikasi, perangkat dan informasi, pilih aplikasi terhubung, dan hapus aplikasi yang dirasa tidak diperlukan.

Mungkin itu saja tips untuk menghapus tweet sekaligus secara efisien. Semoga bermanfaat.

Rizky Ramadhan

Mahasiswa tingkat akhir, penulis lepas, jurnalis, dan penyuka fotografi

Tinggalkan Balasan