Cara mengubah tema WA Android Jadi Mirip WA iPhone

Apa kamu bosan melihat tampilan WhatsApp yang itu-itu saja? Kamu mau mengubahnya, tapi sayangnya WhatsApp hanya menyediakan dua pilihan tampilan. Ya, secara default, Whatsapp Android original hanya ada terang (dengan dominasi warna putih hijau) dan gelap.

Lalu, bagaimana jika kita ingin mengubah tampilan (tema) WhatsApp standar dengan tampilan lain? Pakailah WhatsApp mod.

WhatsApp mod adalah aplikasi modifikasi yang menyediakan fitur lebih banyak dibandingkan WhatsApp original. Salah satu fitur itu adalah memilih berbagai tema. Contohnya, kamu bisa menjadikan tema WA Android mirip tema WA iPhone. Menarik bukan?

Apa kamu tertarik mengubah tema Whatsapp Android jadi mirip WhatsApp di iPhone? Baca lanjut artikel ini.

Risiko Menggunakan WhatsApp Mod

Tetapi sebelum itu, aku sampaikan terlebih dulu mengenai bahaya yang mengintai pengguna WA mod. Yaitu: akun (nomor telepon) berisiko kena banned pihak Whatsapp. Tahun 2019 lalu, sempat terjadi kasus dimana pihak Whatsapp mem-banned massal akun pengguna WA mod. Langkah ini ditempuh pihak Whatsapp, karena WA mod tidak memberikan kontribusi apapun terhadap perkembangan perusahaan dan aplikasi. Justru sebaliknya, WA mod mengambil keuntungan sendiri.

Dan meski dinyatakan aman, WhatsApp mod bisa jadi disisipkan kodingan rahasia, yang mengandung virus, malware, iklan, pencurian data. Lebih jelas mengenai WA mod bisa kamu baca di artikel Apa Sih Whatsapp Mod Itu?

Setelah tahu secuil bahaya WA mod, apakah kamu yakin masih ingin mengubah tema WA? Keputusan ada di tanganmu. Jika kamu tetap ingin mencobanya, mari kita lanjutkan ke bagian langkah-langkahnya.

Langkah-langkah mengganti tampilan WA Android mirip WA di iPhone

1. Download WA mod “MB WhatsApp” dari situs dev mereka.

Playstore tidak menyediakan aplikasi mod. Kamu bisa mendapatkan MB Whatsapp dengan mengunduh melalui tautlink berikut https://www.mb-mods.com/fouad/view_com_wa.php. Silahkan pilih download link 1 atau 2. Jika pilih download link 2, kamu perlu menunggu 20 detik sebelum link downloadnya diproses.

Jika sudah, kamu akan dibawa kehalaman mediafire seperti dibawah. Saat halaman terbuka, secara otomatis akan muncul kotak popup yang berisi peringatan bahwa file yang hendak diunduh berbahaya. Kamu tap “Tetap Download” saja.

Unduh MB Whatsapp melalui situs download Mediafire.

Jika otomatis download tidak berjalan, bisa tap tombol download yang tersedia dihalaman tsbt.

2. Lakukan backup data WhatsApp kamu.

Proses backup dan restore WhatsApp sebenarnya simpel, tapi agak panjang jika dijelaskan disini. Kamu bisa baca dulu terkait hal tsbt dihalaman “Cara Backup dan Restore Chat Whatsapp“.

Baca dan lakukan langkah-langkah backup data WhatsApp kamu. Ini karena kita akan hapus aplikasi WhatsApp original dan menggantinya dengan WhatsApp mod, jadi datanya perlu dipindahkan.

MB Whatsapp tersedia dalam versi clone dan unclone. Apa bedanya? MB Whatsapp versi clone bisa dipasang bersama Whatsapp original. Sementara, MB Whatsapp versi unclone harus menghapus Whatsapp original terlebih dulu.

Apk MB Whatsapp yang tersedia di tautlink diatas adalah versi unclone. Jadi, kamu perlu menghapus Whatsapp original yang terpasang di hp.

3. Uninstall aplikasi WhatsApp original kamu.

Pastikan kamu sudah melakukan backup, dan data backup yang kamu butuhkan sudah benar-benar tersync ke cloud. Jika data cukup berat misalnya lebih dari 1 GB, proses backup biasanya bisa memakan waktu hingga beberapa puluh menit, tergantung kecepatan Internet kamu.

4. Pasang MB Whatsapp di HP-mu.

Carilah file apk MB Whatsapp yang sudah kamu unduh sebelumnya (biasanya tersimpan otomatis di folder Download), lalu tab sekali untuk memproses pemasangan di hp-mu.

Cari file apk WA mod di folder Download hp-mu.

5. Buka MB WhatsApp yang sudah terpasang.

Setelah terpasang, silakan buka MB WhatsApp dan kamu langsung login ke MB WhatsApp. Dalam proses login, kamu ikuti saja petunjuk yang muncul. Jangan lupa restore data yang tadi dibackup. Jika kamu ragu, sekali lagi, prosesnya sama dengan proses restore yang dijelaskan dihalaman https://bukugue.com/cara-backup-dan-restore-chat-whatsapp/ sebelumnya.

6. Setelah berhasil login, silahkan pilih tema iOS yang tersedia.

Ketika berhasil login, kamu langsung dihadapkan permintaan untuk memilih tema iOS terang atau gelap.

MB Whatsapp menawarkan pilihan kepada pengguna untuk menggunakan tema iOS terang atau gelap.

7. Jika ada permintaan lanjutan seperti mengisi nama/foto, silahkan diikuti sampai selesai. Setelah itu tap “Lanjut” dipojok kanan atas.

Setel nama dan foto profil di MB Whatsapp.

8. Selesai.

Dan voila, tampilan WhatsApp di hp Android kamu sudah berubah menjadi tampilan yang mirip WhatsApp iPhone tanpa perlu menambahkan file script seperti WA mod lainnya.

MB WhatsApp, yang dibuat oleh stefanoYG, merupakan hasil pengembangan dari WA mod FouadMods (FM) Whatsapp. Hal paling menarik dari MB Whatsapp adalah ketiadaan iklan. Ini menjadikan MB WhatsApp berbeda dengan aplikasi WA mod lainnya. Sehingga kamu takkan terganggu saat menggunakan WA mod satu ini.

Selain MB Whatsapp, hampir sebagian WA mod juga menawarkan pilihan tema yang beragam, termasuk mengganti tema WA Android ke iPhone. Beberapa WA mod itu antara lain: GBWhatsapp, YoWhatsapp, FMWhatsapp, dll. Tapi, WA mod tersebut memerlukan file script tambahan agar kita bisa mendapatkan tema mirip Whatsapp iPhone. Jadi, menurutku kurang praktis. Lagipula, ada iklan yang kupikir cukup meresahkan para fakir kuota.


Itulah cara mengubah skin atau tema WA di Android menjadi mirip WA di iPhone. Mudah-mudahan apa yang dijelaskan di atas dapat membantu teman-teman yang ingin mengubah tampilan WA-nya. Sekian dariku. Jika kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *