Cara Meningkatkan Twitter Follower Secara Natural

Jika Anda membuka artikel ini untuk mengetahui cara mendapatkan follower yang banyak dan instan, maka ada baiknya jika saya langsung ke pokok pembahasan ya. Sebenarnya tidak ada rahasia yang aneh2.

Satu-satunya cara yang paling ampuh untuk mendapatkan follower yang banyak di platform social media apapun adalah dengan menjadi akun yang berpengaruh dan membuat konten yang diminati banyak orang. Sudah itu saja. Tidak ada jalan pintas kecuali dengan membeli akun-akun palsu. Tapi jika Anda tertarik untuk mengetahui beberapa fakta serta tips & trick untuk membuat akun twitter Anda menjadi lebih menarik silahkan lanjutkan membacanya.

Twitter menjadi salah satu platform social media dengan pertambahan pengguna yang semakin meningkat setiap harinya, sekitar 135.000 pengguna baru mulai merambah dunia pertwitteran. Dalam satu detik terdapat lebih dari 9.000 tweets yang diposting, atau lebih dari satu milyar tweets dalam satu minggu. Namun, tahukah Anda bahwa jumlah tersebut hanya sekitar 60% dari keseluruhan pengguna twitter, 40% sisanya hanya menjadi penonton atau pengikut yang menikmati konten / postingan yang dilakukan oleh akun lain.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh sistem pertemanan yang diterapkan oleh twitter tidak bersifat mutualisme. Twitter menggunakan sistem follow dan follower, atau pengikut dan mengikuti, tidak ada kewajiban untuk mengikuti balik orang yang mengikuti akun kita. Jadi, meskipun seharusnya merupakan hal yang wajar jika akun twitter Anda hanya mempunyai sedikit follower, namun stigma yang ada di warganet membuat akun Anda terlihat agak menyedihkan. Sebisa mungkin pengguna twitter berusaha mempunyai angka follower dan following yang tidak terlalu jauh berbeda.

Banyak sekali layanan, baik berupa penjual jasa maupun menggunakan software, yang dapat Anda coba untuk meningkatkan jumlah follower, beberapa ada yang gratis dan ada pula yang perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Mempunyai banyak follower memang banyak keuntungan, tapi sangat disarankan untuk tidak menggunakan cara instan ini.

Kenapa? Pertama, sudah pasti karena Anda harus merogoh kantong. Tidak masalah untuk yang punya modal sih tapi ini bukan alasan utama. Alasan kedua dan yang paling penting yaitu kurangnya interaksi yang natural apabila Anda menggunakan jasa seperti ini. Sangat besar kemungkinan bahwa follower yang Anda dapat sebenarnya adalah akun-akun palsu yang dikelola secara otomatis (bot). Jadi banyaknya follower tidak menjamin banyaknya interaksi yang Anda dapatkan. Sedikit follower yang bisa diajak berinteraksi dan yang memberikan timbal balik yang genuine lebih baik dibandingkan ribuan follower yang diam saja. Misalkan Anda membuka akun twitter untuk memasarkan suatu produk, follower yang asli pada akhirnya akan mempunyai potensi marketing yang lebih tinggi dibandingkan dengan banyak akun palsu yang Anda beli.

Baca juga : Cara menambah follower instagram secara cepat dan aman

Kembali ke awal pembahasan, untuk membuat akun Anda menarik dan meningkatkan follower adalah konten postingan Anda. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan, berikut penjelasannya:

1. KONTEN TWEET

– Mulailah dengan menentukan fokus dari akun Anda.
Memilih niche sama juga dengan memilih komunitas yang akan Anda masuki,. Tonjolkan salah satu atau beberapa sisi yang paling Anda sukai, misalnya musik, film, otomotif, politik, kecantikan, ibu dan anak dll. Tidak ada batasan untuk mempunyai banyak minat kecuali akun Anda adalah akun perusahaan / organisasi yang resmi.

– Ikuti akun – akun yang berpengaruh
Untuk selalu bisa mengikuti trend, Anda dapat mem-follow akun besar dengan banyak follower yang se-niche yang bisa memberikan masukan informasi / konten yang menarik dan terbaru setiap harinya. Apabila Anda enggan untuk mem-follow, Anda dapat memasukkan akun-akun tersebut ke dalam list dan tetap bisa mengikuti konten terbaru yang mereka posting.

– Re-posting dengan format baru
Originalitas konten amat sangat dianjurkan, namun Anda dapat pula mengambil inspirasi dari konten yang dibikin oleh orang lain. Pastikan Anda membungkusnya dengan format yang berbeda, yang lebih menarik dan sesuai dengan gaya postingan Anda. Dilarang keras memposting konten yang sama persis tanpa mencantumkan credit ke pemilik konten, karena itu sama saja dengan mencuri. Twitter sudah menyediakan tombol re-tweet untuk mempermudah hal ini.

– Gunakan gambar atau video
Sebagai situs micro-blogging yang hanya memperbolehkan sedikit tulisan, postingan yang menyematkan gambar dan video ternyata menghasilkan interaksi yang lebih banyak dan lebih luas dibandingkan yang hanya berupa tulisan. Sebagian besar pengguna social media juga merupakan generasi visual yang lebih mudah tertarik dengan gambar dan video dibandingkan tulisan.

– Aktif posting
Aktif posting disini dimaksudkan dalam batas yang wajar, tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang. Pastikan Anda selalu memposting setiap harinya, kalau perlu siapkan konten dari jauh-jauh hari dan gunakan ‘schedule tweet’ dengan aplikasi pendukung twitter lainnya untuk memposting konten secara otomatis. Jika Anda biasanya hanya memposting kurang dari hitungan jari konten, gandakan postingan Anda mulai dari sekarang namun jangan lupa untuk menjaga kualitas konten.Twitter tidak memberikan batasan tentang seberapa sering Anda boleh memposting, hanya saja follower Anda akan merasa jengah jika melihat timeline.nya dipenuhi oleh postingan Anda secara berturut-turut. Ini salah satu alasan mengapa follower akhirnya meng-unfollow suatu akun.

2. PROFIL AKUN

Membuat profil akun social media apapun terkadang bisa menjadi hal yang membebani. Setiap bagian dari diri kita akan dicerminkan secara berbeda pada platform yang berbeda. Oleh karena itu, membuat settingan profil harus diperhatikan pula. Tidak jadi masalah apabila kamu menggunakan profil yang sama di semua platform tersebut, tapi harus diperhatikan bahwa audience dan budaya berinteraksi pengguna pada masing-masing social media pasti akan berbeda. Untuk meningkatkan follower di Twitter, kamu juga bisa memodifikasi profilmu seunik mungkin. Beberapa tipsnya yaitu:

– Picture Profile – Gunakan foto profil yang paling menggambarkan dirimu.
Untuk akun pribadi, lebih baik untuk menggunakan fotomu sendiri sehingga orang – orang tahu dengan siapa mereka berinteraksi. Tidak sedikit pula pengguna yang menggunakan gambar lain seperti selebritis atau tokoh yang menjadi idolanya. Hal ini juga wajar, dan juga memudahkan interaksi dengan sesama komunitas dengan ketertarikan yang sama. Selain username, foto profil yang spesifik terhadap hal tertentu akan membuatmu lebih mudah mendapatkan follower.
Sedangkan untuk akun yang merepresentasikan sebuah perusahaan atau organisasi akan lebih baik apabila menggunakan logo resmi perusahaan, hal ini untuk memudahkan pelanggan atau follower mengenali ciri khas akun Anda, dan juga untuk menonjolkan sisi profesionalitas dari perusahaan Anda.

– Header Picture.
Selain foto profil dan username, Anda bisa juga menggunakan gambar header yang mencirikan kepribadian atau perusahaan Anda. Ketika seseorang penasaran dan mengunjungi halaman profil akun twitter, yang paling menonjol dan dapat menarik perhatian mereka adalah gambar header yang Anda gunakan. Misalnya saja Anda sebagai pencinta Avenger bisa menggunakan poster film terbaru atau salah satu superhero. Selain sebagai media promosi kamu juga dapat menarik follower atau mutual baru yang sehobi. Satu hal yang perlu diketahui adalah ukurannya. Header twitter yang pas adalah yang berukuran 1500 x 500 pixels. Kamu bisa mengedit dahulu gambar yang mau digunakan sehingga bisa langsung menyesuaikan dengan settingan default Twitter.

– Biografi
Tempat lainnya yang menjelaskan kepribadianmu melalui akun twitter adalah halaman biografi yang terletak dibawah username. Twitter menyediakan sedikit ruang dibawah username untuk menjelaskan siapa diri Anda, apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda sukai. Manfaatkanlah sebaik mungkin karena di halaman timeline pengguna lain, biografi ini akan muncul secara otomatis setiap kali kursor mouse diarahkan ke username tanpa harus mengunjungi halaman akun. Dibawah bio diberikan slot yang menunjukkan lokasi (bisa untuk mencari follower yang berbasis local), link blog (cantumkan apabila Anda punya, bisa juga digunakan untuk link akun social media yang lain), dan tanggal yang menunjukkan kapan Anda mulai mengaktifkan akun tersebut.

3. SENI BERINTERAKSI

– Mutualisme

Mutual adalah apabila akun yang Anda ikuti juga mengikuti akun Anda. Satu hal yang menjadi dilema adalah kita ingin punya banyak follower tanpa harus mengikuti banyak akun. Mungkin kalau Anda adalah publik figur, hal ini wajar2 saja. Tapi untuk akun pribadi atau bisnis kecil yang masih dalam tahap belum terlalu punya nama, mengikuti balik follower merupakan langkah yang cukup jitu. Jangan takut untuk menyematkan ‘Ifb/I’ll follow back’ atau bilang ‘folback ya’ kepada akun lain. Bahkan sekitar 20-25% pengguna twitter akan balik mengikuti akun yang mengikutinya meskipun tanpa ada interaksi sebelumnya. Setelah menjadi mutual jangan lupa untuk berinteraksi. Menyukai, me-retweet atau memberikan komen pada tweet yang mereka posting sesekali sudah cukup untuk mengikat seseorang menjadi follower sejati Anda. Hal ini merupakan fase untuk membangun kepercayaan dengan komunitas Anda.

– Hashtag / trending topic

Mengikuti trend terupdate sudah pasti penting. Itulah mengapa Anda harus selalu melihat daftar hashtag dan topic yang sedang trending kapanpun. Konten yang Anda posting dalam rangka meramaikan trending lebih ditujukan ke semua pengguna twitter dibandingkan dengan follower yang sudah Anda punya. Dengan kata lain, hal ini merupakan salah satu cara untuk menjaring follower baru. Jika seseorang tertarik dengan konten yang Anda posting, ada kemungkinan dia akan membuka profil Anda, melihat tweets Anda yang sebelum-sebelumnya dan memutuskan untuk menjadi follower.
Selain itu, sematkan pula hashtag yang berhubungan dengan postingan Anda meskipun sedang tidak trending, dengan begitu orang lain dapat menemukan postingan Anda kapanpun.

– Mention akun besar

Salah satu cara untuk mendapatkan perhatian akun besar dengan follower banyak adalah dengan me-reply, meng-quote postingannya, me-mention Twitter handlenya dalam postingan Anda. Bisa pula melakukan hal ini dengan mudah, misalnya saja dengan memberikan credit bahwa postingan Anda terinspirasi oleh akun tersebut. Ada kemungkinan, dia akan membalas atau me-retweet postingan Anda ke followernya. Follower akun besar yang berjumlah ribuan itu pasti akan tertarik untuk ikut dalam diskusi atau akhirnya membuka profil Anda dan menjadi follower.

– Masuk dalam group chat

Jika Anda terfokus dalam salah satu komunitas tertentu, akan lebih mudah untuk membentuk group chat dengan orang-orang yang satu minat. Dan percaya atau tidak, sangat besar kemungkinan anggota group chat tersebut akan menjadi follower Anda. Tapi saya sarankan untuk mem-followback akun yang sudah menjadi anggota group chat Anda.

– Bikin give away

Ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan follower, jika Anda mempunyai modal tentunya. Saking mudahnya sehingga banyak yang memanfaatkan cara ini untuk melakukan penipuan. Untuk yang belum pernah tahu, ‘give away’ itu biasanya dilakukan dengan syarat-syarat tertentu untuk bisa mengikutinya, dan pemenang akan diundi secara random. Sebagian besar program seperti ini mensyaratkan untuk mengikuti akun yang melakukan give away untuk bisa masuk menjadi salah satu peserta undian. Tidak masalah jika Anda menggunakan cara ini, asalkan tidak melakukan penipuan. Hadiahnya pun tidak perlu yang mahal untuk menarik peserta. Banyak yang melakukan ‘give away’ dengan menggunakan pulsa sebagai hadiah utama. Cukup menggiurkan karena Anda hanya perlu pencet tombol untuk mengikutinya.

Masih banyak lagi beberapa ulasan yang ingin saya sampaikan tentang meningkatkan follower twitter secara natural, namun saat ini sampai disini dulu karena terlalu panjang. Apabila Anda mencoba beberapa cara diatas, Anda dapat memberikan feed back yang membangun untuk artikel ini di kolom reply. Terima kasih sudah membaca. 

Tinggalkan Balasan