Cara Menonaktifkan Notifikasi Undangan Broadcast Channel Instagram

Tahun lalu, Instagram meluncurkan fitur ‘Saluran Siaran’ atau ‘Broadcast Channel’. Fitur tersebut memungkinkan para kreator, influencer, atau artis untuk terhubung dengan para penggikutnya melalui interaksi yang lebih dekat.

Namun, sangat disayangkan fitur ini mengirim banyak sekali notifikasi, seperti misalnya notifikasi undangan untuk bergabung dalam Channel Broadcast dari orang yang kalian ikuti.

Nah disini kalian tidak perlu risau lagi akan notifikasi undangan tsbt, karena bisa dimatikan. Itulah yang akan dibahas ditulisan ini.

Ada dua cara ya disini, pertama mematikan notifikasi undangan broadcast dari akun tertentu, dan kedua adalah mematikan keseluruhan notifikasi undangan broadcast dari setelan.

I. Menonaktifkan Notifikasi Undangan Saluran Siaran dari Akun Tertentu

Ketika seorang kreator membuat Saluran siaran baru, maka akan otomatis mengirim notifikasi kepada semua pengikutnya sebagai ajakan untuk bergabung kedalam saluran tersebut. Jika kalian tidak berkenan akan ajakan dari akun kreator tertentu, kalian dapat menonaktifkan pemberitahuannya,

Berikut langkah-langkah menonaktifkan notifikasi undangan dari kreator tertentu,

  1. Di Instagram, tap ikon ‘Kaca pembesar’ untuk masuk menu pencarian.
  2. Dihalaman ‘Pencarian’, tap pada kolom ‘cari’.
  3. Ketikkan nama akun kreator, lalu tap pada akun tersebut saat muncul dihasil pencarian. Saya mengambil contoh menggunakan akun Mark Zuckerberg.
  4. Dihalaman profil kreator tsbt, tap pada ikon ‘Lonceng’ dipojok kanan atas.
  5. Akan muncul pop-up berisi jenis notifikasi apa saja yang bisa diaktifkan (ataupun nonaktifkan). Disini matikan opsi ‘Saluran Siaran’ dari sini.
  6. Selesai. Jika kedepannya akun tsbt membuat broadcast channel baru, kalian tidak akan diberitahu.

II. Menonaktifkan Notifikasi Undangan Saluran Siaran Secara Keseluruhan

Jika kalian tidak ingin menerima notifikasi undangan dari semua orang, kalian perlu atur dari setelan akun kalian. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk kehalaman profil kalian di aplikasi Instagram.
  2. Tekan ikon ‘garis tiga’ dipojok kanan atas.
  3. Pilih opsi ‘Pengaturan dan Privasi’.
  4. Selanjutnya cari dan buka menu ‘Notifikasi’.
  5. Masu ke menu ‘Pesan’
  6. Dihalaman selanjutnya, gulir kebawah hingga menemukan menu ‘Undangan Saluran Siaran’. Pilih opsi ‘Nonaktifkan’ disana.
  7. Selesai. Notifikasi terkait undangan bergabung ke broadcast channel sudah berhasil dinonaktifkan secara keseluruhan.

Cara pertama bisa digunakan jika kalian adalah tipe orang yang mengikuti sedikit orang di Instagram, jadi kalian bisa me-micromanage notifikasi yang kalian terima. Sedangkan cara kedua bisa dilakukan untuk pengguna yang memang banyak mengikuti orang di Instagram atau pengguna yang tidak ingin ribet.

Mungkin sampai disini dulu tulisan kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan ataupun ditambahkan.

Sekian dan terimakasih.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *