Cara menonaktifkan pemberitahuan facebook di email

Ketika kita membuat akun apa saja, baik sosial media, akun marketplace online dll, harus menggunakan alamat email, baik Yahoo maupun Gmail.

Termasuk akun facebook ya. Biasanya sih setelah terdaftar akan ada pemberitahuan/notifikasi apa saja mengenai Facebook yang masuk ke email kamu. Seperti notif birthday teman, komentar, permintaan teman dll.

Nah, suka kezel ketika buka email, inbox yang masuk isinya hampir semua pemberitahuan Facebook? Sama aku juga kzl :-D. Karena email penting pasti ketimbun sama email dari facebook kan? Alhasil banyak email yang harus di hapus sekaligus.

Maka dari itu harus di ubah pengaturannya mengenai pemberitahuan facebook ke email.

Cara setting dan stop notifikasi pemberitahuan facebook ke email kita

Cara ini berlaku di semua jenis email yang kamu gunakan untuk mendaftar fb ya guys, baik itu Yahoo, Gmail atau email lainnya. Itu karena settingnya tidak dilakukan di emailnya lagsung, tapi di pengaturan fb kita sendiri.

Sebelum masuk ke cara settingnya, aku saranin menggunakan aplikasi facebook official atau fb lite, pengaturan 2 aplikasi ini sama saja hanya sedikit tampilannya berbeda. Kalau menggunakan fb di browser, sebenarnya ada sih pilihan pengaturannya, hanya saja tidak sedetil di aplikasi facebook.

Contoh caranya disini aku gunakan facebook official ya, ok langsung aja, berikut ini cara mudah menonaktifkan pemberitahuan facebook yang terlampau banyak ke email kamu.

1. Buka aplikasi facebook kamu.
2. Tap icon garis tiga dipojok kanan atas.

Tap garis tiga di pojok kanan atas
Tap garis tiga di pojok kanan atas

3. Langsung saja gulir layar ke atas sampai ada menu pengaturan dan privasi. Lalu tap menu pengaturan.

Tap pengaturan & privasi, lalu tap pengaturan
Tap pengaturan & privasi, lalu tap pengaturan

4. Gulir layar sampai menu notifikasi. Pilih menu pengaturan notifikasi.

Tap menu notifikasi kemudian tap pengaturan notifikasi
Tap menu notifikasi kemudian tap pengaturan notifikasi

5. Kemudian gulir layar sampai kebagian paling bawah yakni menu “tempat anda menerima notifikasi”. Pilih dan tap email.

Tap email
Tap email

6. Setelah itu tap frekuensi email. Ada 3 opsi, pilih saja hanya tentang akun anda.

Jadi disini nanti pemberitahuan hanya tentang akun, keamanan dan privasi. Contoh jika ada orang atau perangkat yang tidak dikenal mencoba masuk ke fb kamu atau ada yang mengganti password fb, otomatis akan ada notifikasi di email kamu.

Emm Saran aku sih pilihan notif seperti komentar, tanda, pengingat dimatikan/nonaktifkan saja semuanya, caranya dengan tap icon bundar sampai berwarna abu. Jika icon masih biru artinya notif tersebut masih aktif.

Tap icon bundar untuk menonaktifkan
Tap icon bundar untuk menonaktifkan

Ok done! Kamu gak akan menerima notifikasi berisi inbox yang gak penting dari facebook.


Oh ya, jika login fb menggunakan browser, maka menu-menu notifikasi seperti komentar, tanda, pengingat dll tidak ada, jadi kamu hanya bisa setting bagian frekuensi email saja. Itu kenapa diawal aku sarankan menggunakan aplikasi facebook untuk melakukan settingnya.

Menu pengaturan notifikasi email via fb browser
Menu pengaturan notifikasi email via fb browser

Berarti dengan cara di atas kita masih dapat donk pemberitahuan facebook di email? Iyups benar sekali, kamu gak sepenuhnya menonaktifkan pemberitahuan fb di email, hanya saja kamu bisa mengatur seeting-an pemberitahuan mana saja yang penting dari facebook yang masuk di email kamu.

Admin: Ya, aku kira kemarin sebelum penulis submit tulisan ini, bahwa bisa dimatikan keseluruhan notifnya. Dan aku mikirnya akun ku memang di matikan keseluruhan juga. Tapi pas aku cek lagi, ternyata ada juga email masuk dari fb, tapi hanya terkait keamanan, dan ini memang email penting yang aku baca biasanya, karena kalau ada info keamanan ini, artinya ada permasalah di akun, bisa jadi ada yang akses akun kita dari perangkat lain, dstnya. Tapi ini jarang banget kok, dalam satu bulan mungkin ga sampe 5 biji email seperti ini. Jadi dijamin tidak akan nyampah kok.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan