Cara Menyembunyikan Instastory (Snapgram) kamu dari Orang yang Tidak Diinginkan

Cara Menyembunyikan Instastory (Snapgram) dari Orang yang Tidak Diinginkan ~ Instastory atau Snapgram merupakan salah satu fitur berbagi foto dan video yang ada pada Instagram. Fitur ini memang tidak lagi baru karena sudah diluncurkan sejak lama. Apalagi sebagian orang telah mengenal fitur semacam ini pada aplikasi lain yaitu snapchat. Namun pengguna Instagram yang banyak dan kemudahan yang ditawarkan oleh Instagram ternyata membuat pengguna snapgram justru lebih banyak dibandingkan dengan snapchat.

Beberapa waktu lalu telah diulas juga mengenai apa itu Instastory atau snapgram secara lengkap.

baca juga: Apa Itu Snapgram atau Instastory?

Pengguna Instagram diberikan kebebasan untuk membagikan sebanyak mungkin momen ke instastory atau snapgram. Bukan saja foto yang baru saja diambil, Instagram memperbolehkan penggunanya mengunggah foto atau video yang diambil dalam rentang waktu dua puluh empat jam terakhir. Bahkan kamu bisa mengakalinya dengan mengedit atau mengambil screenshot pada foto lama untuk bisa mengunggahnya ke instastory.

Foto atau video yang dibagikan di instastory akan hilang dalam waktu 24 jam semenjak di unggah dan akan bergeser ke bagian belakang ketika sudah dilihat. Sehingga kita hanya akan disuguhkan dengan Instastory yang terbaru dari orang orang yang kita follow. Bahkan kita bisa menyembunyikan Instastory orang lain agar tidak muncul di di feed atau beranda kita. Kita diberikan banyak keleluasaan dalam mengelola akun Instagram kita oleh media sosial yang satu ini.

baca juga : Cara Menyembunyikan Instagram Story Seseorang

Namun terkadang kita ingin menyembunyikan momen momen yang kita unggah ke instastory dari orang orang tertentu yang menjadi follower kita. Misalnya kita ingin mengunggah foto berlibur sedangkan dosen mengajak bertemu, tentu akan menjadi masalah kalau saling follow dengan dosen (pengalaman pribadi penulis 🙂 ). Atau ketika membuat instastory yang berisi sindiran tetapi tidak ingin yang disindir membacanya.

Tenang saja kamu bisa menyembunyikan instastory atau snapgram kamu dari follower yang tidak kamu inginkan untuk melihatnya. Sangat mudah untuk menggunakan fitur ini, namun mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengetahuinya. Berikut ini dua cara untuk menyembunyikan instastory dari orang yang tidak diinginkan. Yang pertama menyembunyikannya sebelum membuat instastory dan yang kedua adalah menyembunyikannya setelah instastory dibuat.

Cara Menyembunyikan Instastory (Snapgram) Sebelum Membuat Instastory

  1. Buka profil akun Instagram kamu

Ya, memang hampir semua pengaturan akun Instagram selalu dimulai dari profil akun Instagram.

  1. Klik tiga titik di pojok kanan atas (menu opsi)

    cara menyembunyikan instastory

    Klik Menu Opsi Instagram

Tiga titik ini seperti roda gigi pada aplikasi lain yang berfungsi untuk masuk ke menu  opsi atau pengaturan. Seluruh pengaturan akun Instagram dan fitur fitur lain dapat dilakukan dari sini. SIlahkan dicoba 🙂 .

  1. Klik Pengaturan Cerita

    cara menyembunyikan instastory

    Klik pada pengaturan cerita

Pada bagian opsi terdapat beberapa menu pengaturan. Pada bagian sub menu ketiga yaitu  “AKUN” klik “Pengaturan Cerita”. Pada bagian ini kamu bisa mengatur siapa yang dapat melihat instastory kamu maupun untuk mengatur siapa yang dapat membalas dan juga opsi untuk menyimpan gambar.

  1. Klik “0 orang” pada menu SEMBUNYIKAN CERITA DARI

    cara menyembunyikan instastory

    klik pada jumlah orang yang disembunykan

Pada menu pengaturan cerita, kamu akan diberi beberapa pilihan untuk mengatur instastory atau snapgram kamu. Pada bagian paling atas terdapat menu untuk menyembunyikan instastory dari orang orang yang di pilih. Untuk memilihnya klik pada bagian “0 orang”. Angka ini akan berubah apabila kamu sudah menyembunyikan cerita dari akun yang dipilih.

  1. Cari akun yang tidak diizinkan untuk melihat instastory Instagram kamu

    cara menyembunyikan instastory

    temukan orang yang tidak diizinkan

Pada kolom cari pengikut, ketikkan nama nama akun yang tidak kamu izinkan untuk melihat instastory kamu. Akun Instagram yang bisa kamu temukan hanya akun yang menjadi follower kamu. Kamu bisa mengetikkan nama akun ataupun menggesernya ke bawah.

  1. Klik bulatan di sebelah kanan nama akun Instagram

    cara menyembunyikan instastory

    beri tanda centang pada orang yang dipilih

Setelah menemukan akun Instagram yang kamu cari, klik bulatan disebelah kanan akun. Nantinya bulatan itu akan menjadi berwarna biru dan terdapat tanda centang  di tengahnya. Kamu bisa menandai beberapa orang sekaligus. Apabila nama akun berbeda beda, cukup ketik namanya lalu klik lingkaran kemudian cari akun lainnya.

  1. Klik centang di pojok kanan atas untuk menyelesaikan

    cara menyembunyikan instastory

    klik tanda centang di atas

Dibagian kanan atas (sejajar dengan ‘sembunyikan cerita dari’) terdapat tanda centang berwarna biru. Klik tanda centang maka akan loading sebentar.

Selesai, cerita di instastory (snapgram) Instagram kamu tidak dapat dilihat oleh akun yang kamu pilih. Kamu sudah siap membuat Instastory tanpa khawatir dilihat oleh akun akun yang sudah kamu blacklist.

Cara Menyembunyikan Instastory Dari Follower Setelah Instastory Dibuat

Sebenarnya kamu masih bisa melakukan dengan cara seperti cara yang pertama. Namun terdapat cara lain yang juga mudah untuk melakukannya ketika instastory terlanjur dibuat dan belum disembunyikan dari akun tertentu.

  1. Masuk ke beranda atau halaman utama Instagram
  2. Buka Instastory kamu

    cara menyembunyikan instastory

    masuk ke instastory kamu

Kamu bisa menyembunyikan instastory langsung dari instastory yang telah kamu buat.

  1. Gulir atau geser layar keatas dengan jari

    cara menyembunyikan instastory

    scroll ke atas atau klik jumlah tayangan

Saat melihat instastory yang telah kamu buat, kamu bisa menggulirka layar ke atas. Selain itu kamu juga bisa melakukannya dengan klik pada angka viewers dibagian bawah.

  1. Pastikan orang yang tidak kamu izinkan melihat instastorymu belum melihatnya.

    cara menyembunyikan instastory

    belum ada yang melihat instastory

Ini penting untuk kamu cek terlebih dahulu. Karena akan menjadi sia sia bila kamu menyembunyikan instastory dari followers tertentu tetapi ternyata dia sudah melihatnya :).

  1. Klik roda gigi pada bagian pojok kiri atas

    cara menyembunyikan instastory

    klik roda gigi

Setelah dipastikan bahwa instastory kamu belum dilihat oleh orang yang tidak kamu izinkan, klik roda gigi pada bagian atas.

  1. Selanjutnya lakukan langkah langkah seperti cara pertama mulai dari point ke empat

    cara menyembunyikan instastory

    klik jumlah orang

Selanjutnya kamu tinggal masuk ke “Sembunyikan cerita dari” kemudian pilih akun akun yang tidak kamu izinkan untuk melihat instastory kamu.

cara menyembunyikan instastory

pilih orang yang tidak diizinkan

  1. Selesai!! Instastory kamu sudah aman dari follower yang tidak kamu izinkan.

Cara Mengembalikan Agar Instastory (Snapgram) Dapat Dilihat Oleh Orang Lain

  1. Masuk ke profil-menu opsi-pengaturan cerita

Lakukan langkah awal yang sama dengan cara menyembunyikan cerita instastory (snapgram) dari orang lain. Karena nantinya yang membedakan hanyalah dalam menghilangkan tanda centang pada nama akun.

  1. Klik pada anak menu sembunyikan cerita dari

    cara menyembunyikan instastory

    klik jumlah orang yang tidak diizinkan

Dibawah menu sembunyikan cerita dari maka akan ditampilkan jumlah berapa orang yang tidak dapat melihat cerita instastory kamu, klik pada bagian ini.

  1. Hilangkan tanda centang pada orang yang kamu inginkan

    cara menyembunyikan instastory

    hilangkan tanda centang

Pada bagian atas daftar nama akun Instagram yang menjadi follower kamu, akan ditampilkan nama nama akun yang tidak kamu izinkan untuk melihat cerita instastory kamu. Hilangkan tanda centang pada orang orang yang kamu pilih. Kamu bisa menghilangkan semua tanda atau menghilangkan tanda pada beberapa akun saja.

  1. Klik tanda centang di bagian pojok kanan atas

Untuk menyelesaikan pengaturan, klik tanda centang biru pada pojok kanan atas.

  1. Selesai

    cara menyembunyikan instastory

    semua follower diizinkan melihat

Akun akun yang tadinya tidak kamu izinkan untuk melihat cerita instastory kamu sudah bisa kembali melihatnya.

Berbagi momen terbaik setiap waktu adalah hal yang baik. Memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Sehingga akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi siapapun yang melihatnya. Namun jangan sampai kemudahan dan kecepatan dalam menyampaikan informasi di media sosial justru menjadi alat untuk saling menghujat, mengejek dan berperilaku buruk lainnya.

baca juga : Cara Menyimpan dan Membuat Koleksi Foto Instagram.

Cara menyembunyikan instastory Instagram dapat dilakukan dengan mudah. Langkah langkah diatas bisa dilakukan tanpa memerlukan waktu lama dan mudah untuk dilakukan  oleh siapapun. Namun pesan saya gunakan fitur ini untuk hal hal yang memang perlu untuk disembunyikan. Sehingga kita memanfaatkannya dengan bijak. Jangan sampai fitur ini dipergunakan untuk hal hal yang tidak baik.

Sekian tadi cara menyembunyikan instastory atau snapgram Instagram dari akun followers yang tidak diinginkan dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat )

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Seorang Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *