Cara menyembunyikan story Instagram kamu dari orang lain

Sejak rilis 2016 lalu, fitur stories memang jadi salah satu favorit pengguna Instagram. Aktivitas membagikan momen ke dalam stories memberikan kesenangan tersendiri. Ini karena pengguna tak perlu njlimet memikirkan konten. Apa adanya saja, tak perlu seciamik feed. Toh, bakalan hilang dalam 24 jam.

Meski menyenangkan, pengguna tetap kudu bijak dalam menggunakannya. Ini berkaitan dengan privasi serta kenyamanan. Ya misalnya gini – anggaplah dirimu sebagai pengguna Instagram dalam ilustrasi di bawah ini.

Hari ini, kamu izin tidak masuk kerja dengan alasan sakit. Nyatanya, kamu plesiran. Sementara kamu ini Instagram mania – senang membagikan momen (liburan) ke Instastory. Disisi lain, kamu tentu emoh bos atau teman kerja (yang follow akunmu) tahu perihal plesiranmu.

Pada kondisi ini, kamu tentu tidak nyaman membuat stories. Kamu akan mempertimbangkan:apakah membagikan momen plesiran ke Instastory merupakan hal yang tepat?

Nah kamu bisa menyembunyikan story tersebut dari beberapa orang saja (dalam hal ini bos dan teman kerja mu), atau kamu bisa menyembunyikan story dari semua orang dan hanya membagikannya ke satu atau dua orang terdekat mu saja.

Instagram ternyata memberikan fitur untuk hal tsbt, dan banyak yang tidak tahu.

Ok langsung saja, kita bahas dari yang pertama.

A. Cara menyembunyikan story Instagram dari beberapa orang atau follower tertentu

Bagaimana cara menyembunyikan Instastory dari orang-orang tertentu? Baca langkah-langkahnya berikut ini gaes, jom!

  1. Buka aplikasi Instagram di HP kamu, lalu login menggunakan akunmu.
  2. Tap ikon profil akun di pojok kanan bawah.
Tab ikon profil Instagram.
  1. Tap garis tiga di pojok kanan atas (menu opsi).
Tab tiga garis di pojok kanan aplikasi Instagram.
  1. Di bagian paling bawah, terdapat ikon pengaturan berbentuk gir. Kamu tap ikon tersebut untuk masuk menu pengaturan Instagram.
Tab ikon pengaturan Instagram.
  1. Tap privasi .
Tab privasi Instagram.
  1. Perhatikan menu “interaksi”. Disitu terdapat beberapa opsi – komentar, tagar, cerita, status aktivitas. Karena kamu ingin menyembunyikan Instastory dari orang tertentu, maka kamu bisa tap opsi “Cerita”.
Tab cerita di menu interaksi.
  1. Tap “sembunyikan cerita dari”.
Tab "sembunyikan cerita dari"
  1. Tinggal kamu pilih siapakah orang yang tidak boleh melihat Instastory-mu. Tap bulatan di kanan nama-nama akun Instagram yang ada.
Pilih orang (akun) yang tidak diizinkan melihat stories-mu.
  1. Jika sudah memilih, kamu tap ikon ceklis yang ada di pojok kanan atas.
Tab ikon ceklis di pojok kanan atas.
  1. Dan daftar orang yang tidak bisa melihat Instastory-mu jadi bertambah.
Daftar "sembunyikan cerita dari" bertambah.
  1. Selesai. Kini kamu bisa membuat IG-story tanpa perlu khawatir dilihat oleh akun (orang) yang tidak diinginkan tadi .

B. Cara menyembunyikan story Instagram dari semua orang

Apakah bisa menyembunyikan story dari semua orang? Jawabannya bisa, ada triknya. Tau fitur teman dekat di instagram? gunakan fitur ini.

Bagaimana caranya?

Saat membagikan story, kamu bagikan storynya hanya ke teman dekat saja.

Difitur teman dekat, kamu bisa memilih satu atau dua orang (atau lebih) untuk jadi teman dekat mu. Sehingga story yang dibagikan, akan disembunyikan dari semua orang kecuali satu atau dua orang yang masuk daftar teman dekat tadi.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai fitur ini, kamu bisa baca halaman https://bukugue.com/setting-fitur-teman-dekat-di-instagram/ , disana dijelaskan mengenai fitur teman dekat, hingga cara mengirimkan story dan postingan ke teman dekat saja.

Kalau kamu kekeuh ingin tidak ada satu orangpun yang melihat story tersebut, masih bisa diakali sebenarnya. Kamu hanya perlu membuat satu akun instagram lagi, dan jadikan akun baru tsbt sebagai teman dekat di akun lama. Sehingga ketika share story ke teman dekat, yang bisa melihat story tsbt hanyalah akun baru kamu tsbt saja, tidak ada satu orang lainpun yang bisa melihat story tersebut.

Penasaran caranya? baca laman https://bukugue.com/setting-fitur-teman-dekat-di-instagram/.

Ohya, masih ada satu cara lagi untuk menyembunyikan story dari khalayak ramai (publik), yaitu dengan mem-private akun instagram kamu. Dengan mem-private akun instagrammu, hanya followermu saja yang bisa melihat story, sedangkan orang lain yang tidak kamu approve, tidak akan bisa melihat story ataupun postinganmu. Jika kamu tertarik dengan cara ini, kamu bisa baca halaman https://bukugue.com/cara-private-akun-instagram/


Itulah cara menyembunyikan instastory kamu dari orang lain. Fitur Instagram itu sebenarnya lengkap sekali, hanya saja kadang tersembunyi di depan mata kita. Yup, walaupun mungkin kita sering lihat fiturnya, tapi kadang tidak kepikiran kalau fungsi fitur tersebut adalah sesuatu yang kita butuhkan dan kita cari selama ini.

Sekian pembahasan kali ini, jika ada cara yang lebih ampuh atau pertanyaan terkait topik ini, jangan sungkan untuk menambahkannya dikolom komentar dibawah.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan