Cara Lengkap Menyembunyikan Status Hubungan di Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan fitur dan informasi terlengkap. Berbeda dengan media sosial lain yang “kebanyakan” berfokus pada satu hal, misalnya instagram, merupakan media sosial yang khusus dan erat kaitanya dengan photography, Path media sosial yang khusus untuk menginformasikan lokasi, dan twitter merupakan media sosial yang khusus untuk menyebarkan informasi berupa teks.

Facebook merupakan “gabungan” dari semuanya, facebook membolehkan kamu memasukkan informasi dalam bentuk teks, lokasi pengguna, Photo dan video serta banyak lagi.

Salah satu informasi dan fitur facebook yang tidak dimiliki oleh media sosial lain adalah informasi mengenai status hubungan penggunanya.

Pengguna dapat mengaktifkan status hubungan dengan pasangannya baik sebagai kekasih, tunangan, ataupun pasangan suami atau istri. Status hubungan tersebut biasanya secara langsung dapat diketahui oleh seluruh teman-teman facebook yang di miliki.

Beberapa orang memiliki kepribadian dan keinginan untuk menjaga kerahasiaan status hubungannya sebagai konsumsi pribadi saja. Keadaan ini biasanya dilakukan berdasarkan alasan pertimbangan untuk menjaga keamanan dari anggota keluarga.

Sebenarnya selain status hubungan untuk pasangan, facebook juga dilengkapi mengenai status lainnya seperti Saudara, paman, anak dari pengguna, dll.

Oleh karena itulah, beberapa orang menilai informasi mengenai hubungan dan anggota keluarga sebaiknya tidak diketahui dan dipublikasi secara umum oleh para pengguna facebook.

Mengingat facebook juga dapat diakses oleh banyak orang yang tidak bertanggung jawab, maka penting bagi para pengguna facebook untuk mempertimbangkan untuk menyembunyikan informasi-informasi tersebut.

Cara lengkap dan mudah untuk menyembunyikan status hubungan di Facebook

Untuk dapat menyembunyikan status hubungan kamu di facebook, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Yudha Note :

Pengguna facebook saat ini banyak banget yang ga sadar, bahwa informasi sensitif seperti hubungan keluarga, nomer hp dan email, bisa keliatan di profil facebooknya. Bukan ga mungkin, penipu atau scammer menggunakan informasi ini.

Mereka bisa tau siapa istri kamu misalnya, dan mereka jg tau nama dan nomer hp kamu. Kalau dulu informasi seperti ini belum tentu bisa di dapat dengan mudah.

Facebook adalah platform bebas, artinya kamu bisa share sebanyak apapun informasi yang kamu mau. Tapi sebagai pengguna, kamu harus pintar dalam mem-filter informasi apa aja yang kamu share.

Informasi apa aja yang bisa dilihat oleh publik (semua orang), oleh teman saja, atau oleh kamu sendiri. Ini bisa di set di pengaturan. Tapi banyak pengguna yang ga ngelakuin hal ini.

Status ataupun photo dan video mungkin aja bisa di jadiin “publik”, tapi informasi seperti alamat email atau nomer telpon, sebaiknya disembunyikan dari profil.

1. Buka dan login ke akun facebookmu.

2. Masuk kelaman profil kamu.

Setelah kamu masuk ke halaman profilmu. Temukanlah tab menu “About” atau “Tentang” seperti gambar diatas. Klik tab “about” tersebut untuk melihat pengaturan profil kamu.

3. Setelah masuk ke dalam menu About atau Tentang, kamu akan menemukan halaman seperti pada gambar berikut ini.

Di bagian kiri akan muncul beberapa menu yang dapat kamu atur sesuai kebutuhanmu. Menu-menu tersebut antara lain adalah menu informasi mengenai pekerjaan dan pendidikan, tempat tinggal, kontak dan info dasar lainnya, informasi keluarga dan status hubungan, informasi detail mengenai dirimu, dan kejadian penting dalam hidumu.

4. Pilihlah menu family and relationship atau dalam bahasa Indonesia pilih menu keluarga dan status hubungan. Kamu kemudian akan masuk ke halaman baru lagi di mana kamu dapat mengatur informasi mengenai status hubunganmu.

Setelahnya maka informasi mengenai status hubunganmu akan muncul di halaman tersebut. Baik status hubunganmu adalah berpacaran, bertunangan, menikah, ataupun bercerai dapat terinformasikan melalui facebook dan diakses oleh teman-teman facebookmu.

5. Untuk mengubah status hubungan ataupun menyembunyikannya dari informasi dirimu di facebook, dapat kamu lakukan dengan mengarahkan kursor ke status hubungan mu tersebut. Menu Edit kemudian akan muncul di ujung kanan. Klik pada menu Edit tersebut.

6. Halaman baru yang akan muncul setelah kamu mengklik Edit adalah seperti pada gambar. Kamu akan menemukan status hubunganmu dan pilihan Public dengan tanda panah ke bawah. Klik pada tanda panah ke bawah tersebut.

7. Setelah kamu klik di tanda panah ke bawah tersebut, maka akan muncul pilihan dengan siapa saja kamu ingin membagikan informasi mengenai status hubunganmu tersebut. Pilihan yang tersedia adalah public, friends, only me, atau custom seperti pada gambar.

Yudha Note :

Setauku, jika di set menu “public”, maka status ataupun informasi ini bisa dilihat semua orang. Bisa dilihat oleh teman facebookmu dan bahkan orang-orang yang tidak berteman denganmu.

Sedangkan menu “friends”, informasi dengan status “friends” ini hanya bisa dilihat oleh kamu dan teman facebookmu.

Untuk “only me”, maka tidak ada orang yang bisa liat selain kamu sendiri.

Kalau “custom”, kamu bisa set siapa aja yang bisa liat informasi tersebut. Jadi bisa dua orang temen deket kamu, atau keluarga kamu aja yang bisa liat. Tergantung kamu, kamu bisa set secara manual siapa aja yang bisa lihat informasi tersebut.

8. Pilih “only me”. Lalu klik “save changes”.

Demikianlah tadi beberapa langkah mudah untuk menyembunyikan status hubungan di facebook. Semoga dapat bermanfaat dan digunakan untuk keperluan dan tidak dilakukan untuk penyalahgunaan informasi.

Yudha Note :

Kamu juga bisa sembunyikan informasi lain dengan cara diatas, ga cuma sembunyiin status hubungan aja. Kamu juga bisa sembunyiin detail seperti nomer hp, ataupun email kamu. Kamu juga bisa sembunyiin sekolah ataupun tempat kerja mu.

Ingat, informasi sensitif sebaiknya tidak di set “public”. Kamu cukup set agar bisa dilihat oleh teman atau di “custom” dan hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang kamu percaya aja.

freelancer

freelancer

Hi, aku yudha, admin blog bukugue.com, ini adalah persona yang aku buat khusus untuk posting tulisan yang ditulis oleh freelancer. So, gaya penulisannya berbeda, tapi informasi yang diberikan tetap akurat kok. Have fun reading.

1
Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
Paling baru Paling lama Banyak di vote
Macha Braga
Guest
Macha Braga

Hapus facebook permanent