Cara menambahkan atau mengubah status hubungan facebook

Sejak awal kemunculan facebook, hal yang sangat populer dikalangan pengguna adalah adanya fitur menambahkan status hubungan.

Hal ini menarik sekali, dengan menambahkan status hubungan maka pengguna lain akan bisa melihat dengan siapa kalian memiliki hubungan, baik itu hubungan keluarga, hubungan pertemanan, maupun status hubungan kedua pasang kekasih seperti berpacaran, tunangan, atau menikah. Bahkan kalian juga bisa menambahkan status hubungan “Rumit” sekalipun.

Sangat menarik bukan? Berikut adalah cara membuat dan menambahkan status hubungan di facebook, plus cara mengkonfirmasinya, cara menyembunyikan dan menghapus status hubungan tersebut. Disini kita akan bahas lengkap semuanya.

Cara membuat dan menambahkan status hubungan di Facebook

Jika kalian ingin menampilkan status hubungan difacebook, yang perlu kalian lakukan pertama kali adalah menambahkan status hubungan dengan orang tersebut, lalu menunggu orang bersangkutan untuk mengkonfirmasi-nya. Jadi tidak bisa langsung muncul.

Nah berikut adalah cara menambahkan status hubungan di facebook. Disini kita akan bahas dua versi, yaitu versi dengan aplikasi fb biasa dan fb lite, karena ada sedikit perbedaan dari segi tampilannya.

A. Melalui aplikasi facebook seluler

1. Masuk ke aplikasi facebook lalu masuk ke laman profil kalian.
2. Masuk kelaman edit profil dengan cara tap foto kalian.

Edit Profil
Edit Profil

3. Dilaman edit profil ini, scroll ke bawah, cari bagian perincian, lalu tap “EDIT”.

Pilih Edit Profil
Pilih Edit Profil

4. Dilaman Edit perincian ini, cari bagian HUBUNGAN, untuk mengedit atau menambahkan hubungan, tap gambar pensil di sebelah kanan seperti digambar dibawah.

Menambahkan Status Berhubungan
Menambahkan Status Berhubungan

5. Pilih hubungan yang kalian inginkan misalnya “menikah” lalu masukkan nama orang yang berhubungan dengan kalian. Lalu pilih simpan.

Pilih Status Berhubungan
Pilih Status Berhubungan

6. Status hubungan kalian sudah tambahkan, kalian hanya perlu menunggu konfirmasi dari orang yang ingin kalian masukkan di status berhubungan

status Berhubungan Sudah Berubah
status berhubungan sudah berubah

B. Melalui facebook lite

Facebook lite merupakan aplikasi facebook di android yang menekankan pada penghematan penggunaan data. Karena aplikasi ini berbeda dengan aplikasi facebook reguler, maka tampilannya pun berbeda. Berikut adalah cara menambahkan status hubungan di facebook lite

1. Masuk ke halaman awal facebook lite.

Masuk ke Halaman Awal Facebook Lite
Masuk ke Halaman Awal Facebook Lite

2. Masuk ke menu dengan cara tap garis 3 di bagian kanan atas layar, lalu tap profil kalian untuk masuk kelaman profil.

Tap Garis 3 Untuk Masuk ke Menu Profil
Tap Garis 3 Untuk Masuk ke Menu Profil

3. Dibagian detail seperti dibawah ini. Tap “edit detail publik

Tap Edit Profil
Tap Edit Profil

4. Dibagian laman edit perincian dibawah ini. Scroll ke bawah, kalian akan menemukan pengaturan HUBUNGAN, untuk membuat status berhubungan pilih icon pensil yang ada di bagian kanan.

Tap Tanda Pensil
Tap Tanda Pensil

5. Pilih status hubungan yang kalian inginkan

Pilih Status Hubungan Yang Kalian Inginkan
Pilih Status Hubungan Yang Kalian Inginkan

6. Masukkan juga nama orang yang akan kalian ajak untuk menjalin hubungan dan tanggal dimulainya hubungan tersebut

Masukkan Nama dan Tanggal
Masukkan Nama dan Tanggal

7. Pilih bagikan.

Tap Bagikan
Tap Bagikan

8. Status berhubungan sudah dibuat dan tinggal menunggu konfirmasi dari orang yang kalian minta untuk menjalin hubungan.

Status Berhubungan Sudah di Setting dan Tinggal Tunggu Konfirmasi
Status Berhubungan Sudah di Setting dan Tinggal Tunggu Konfirmasi

Cara menampilkan dan mengkonfirmasi status hubungan di facebook

Seperti yang kita ketahui, setelah kalian menambahkan seseorang untuk menjalin status hubungan, status tersebut tidak akan langsung muncul di profil kalian.

Yang akan muncul di profil kalian hanyalah status berhubungan dengan seseorang namun masih ada keterangan menunggu konfirmasi, artinya status berhubungan yang kalian minta belum bisa dilihat pengguna lain dan belum bisa ditampilkan.

Oleh karena itu orang yang akan kalian ajak untuk menampilkan status berhubungan tersebut harus terlebih dahulu menkonfirmasi permintaan kalian agar status berhubungan bisa dilihat oleh pengguna lain.

Nah setelah adanya konfirmasi dari orang tersebut barulah status berhubungan kalian bisa tampil dan dilihat oleh pengguna lain.

Namun bagaimana jika kalian yang menerima permintaan hubungan? Berikut adalah cara konfirmasi status hubungan di Facebook.

1. Masuk ke halaman Facebook lalu lihat pemberitahuan
2. Akan ada pemberitahuan permintaan berhubungan, kalian tap pemberitahuan tersebut lalu pilih konfirmasi

Konfirmasi Status Hubungan
Konfirmasi Status Hubungan

3. Status berhubungan kalian akan langsung tampil di halaman profil seperti contoh gambar dibawah ini

Status Berhubungan Sudah Tampil
Status Berhubungan Sudah Tampil

Jadi memang semua status hubungan, baik itu pasangan ataupun keluarga seperti menambahkan paman atau adik, tetap harus dikonfirmasi sebelum bisa tampil di kedua belah pihak.

Cara mengubah status Hubungan di Facebook

Sebelumnya kita telah dibahas mengenai bagaimana cara menambahkan status berhubungan di Facebook. Namun ada kalanya status hubungan tersebut sudah tidak update dan harus diganti misalnya dari status “bertunangan” menjadi “menikah”.

Tentunya jika kalian ingin profil facebook kalian selalu update, kalian harus mengubah status berhubungan ini. Facebook sendiri memfasilitasi kalian untuk dapat mengubah status berhubungan berkali kali atau tanpa ada batasan.

Kalian bisa mengubah status kalian dengan cara yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Namun yang perlu diingatkan lagi setelah merubahnya kalian tetap harus memiliki izin dari orang yang ingin kalian cantumkan di status berhubungan tersebut. Tanpa konfirmasi, status kalian tidak akan bisa berubah.

Berikut adalah langkah langkah mengubah status berhubungan di Facebook.

A. Melalui aplikasi facebook biasa

1. Masuk kelaman seperti dibawah ini. Cek tutorial diatas sebelumnya untuk tau caranya sampai kelaman ini. Lalu Edit status sesuai keinginan kalian

Edit status berhubungan
Edit status berhubungan

2. Pilih status hubungan yang ingin kalian ubah

Pilih status yang ingin diubah
Pilih status yang ingin diubah

3. Jika sudah selesai mengedit status hubungan, pilih simpan

Pilih Simpan
Pilih Simpan

4. Status kalian akan otomatis berubah setelah mendapatkan konfirmasi dari orang yang ingin kalian cantumkan di status berhubungan Facebook.

Status Hubungan Akan Otomatis Berubah
Status Hubungan Akan Otomatis Berubah

B. Melalui facebook lite

1. Masuk ke halaman pengaturan hubungan seperti dibawah ini. Lalu Tap icon pensil di status hubungan. (Cek pembahasan sebelumnya untuk bisa sampai kelaman seperti ini)

Tap Icon Pensil
Tap Icon Pensil

2. Ubah status berhubungan sebelumnya. Lalu pilih simpan, kalian juga bisa mengubah tanggal dan nama orang yang ingin kalian tampilkan di status berhubungan.

ubah status berhubungan
ubah status berhubungan

3. Pilih bagikan untuk membagikan status terbaru kalian

Pilih Bagikan
Pilih Bagikan

4. Secara tampilan status kalian sudah berubah namun tetap harus ada konfirmasi dari orang yang ingin kalian masukan ke dalam status

Status Berhasil Diubah
Status Berhasil Diubah

Cara menyembunyikan status hubungan di Facebook

Menyembunyikan status hubungan disini artinya adalah status hubungan kalian tidak bisa dilihat oleh publik, status tersebut hanya bisa dilihat oleh kalian sendiri atau orang orang tertentu saja. Jadi kalian bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat status berhubungan yang sudah kalian buat, atau menyembunyikannya dari siapapun.

A. Melalui aplikasi facebook Biasa

1. Masuk ke halaman seperti dibawah ini. [Jika bingung, baca dari atas, diatas udah dijelaskan caranya sampai kelaman dibawah ini]. Lalu pilih tanda panah yang ada di bagian kanan seperti tanda dibawah.

Pilih Tanda Panah
Pilih Tanda Panah

2. Pilih edit privacy dibagian bawah “Dibagikan dengan: Publik

Edit Privasi
Edit Privasi

3. Untuk menyembunyikan status hubungan, pilih hanya saya, lalu simpan. Setelah itu status berhubungan kalian hanya bisa dilihat oleh kalian sendiri saja dan berhasil disembunyikan

Pilih Hanya Saya
Pilih Hanya Saya

B. Melalui aplikasi facebook lite

Sama seperti biasa, beberapa langkah pertama akan di skip, cek pembahasan sebelumnya dari atas.

4. Masuk ke bagian hubungan dengan memilih icon pensil di bagian kanan

Tap Icon Pensil
Tap Icon Pensil

5. Setelah masuk ke menu Edit Status Hubungan, klik tanda panah di bagian paling bawah “Bagikan kepada publik”. Dicontoh ini “Bagikan kepada hanya saya” karena sebelumnya sudah pernah disetting privacynya.

Tap Tanda Panah di Status Hubungan
Tap Tanda Panah di Status Hubungan

6. Pilih hanya saya, teman atau daftar teman yang sudah kamu buat sebelumnya.

Pilih Hanya Saya
Pilih Hanya Saya

7. Status hubungan kalian sekarang sudah disembunyikan dari pengguna lain dan hanya bisa dilihat oleh yang kalian set saja.

Cara menghapus status hubungan di facebook

Adakalanya hubungan kalian dengan pasangan kalian berakhir, oleh karena itu kalian harus menghapus status berhubungan agar tidak dilihat oleh orang lain. (Admin note: Biar mudah cari pasangan baru.. ehm..)

Berikut adalah cara menghapus status berhubungan di Facebook.

A. Melalui aplikasi facebook biasa

1. Untuk menghapus status berhubungan dengan facebook biasa sama saja dengan cara menambahkan status berhubungan. Namun ketika memilih status kalian bisa memilih tanda “-” seperti gambar dibawah ini.

Pilih Tanda Strip (-)
Pilih Tanda Strip (-)

2. Setelah memilih tanda strip atau – maka kalian akan diminta konfirmasi. Pilih simpan

Pilih Simpan
Pilih Simpan

3. Nah jika kalian masuk ke menu profil maka status berhubungan akan hilang (seperti sebelum ditambahkan) karena sudah dihapus

Status BErhubungan Berhasill di Hapus
Status Berhubungan Berhasill di Hapus

B. Melalui facebook lite

1. Masuk ke menu pengaturan status hubungan seperti dibawah ini.

Masuk Ke Halaman Edit Hubungan
Masuk Ke Halaman Edit Hubungan

2. Untuk menghapus status berhubungan kalian hanya perlu tap hapus di bagian bawah layar.

Pilih Hapus
Pilih Hapus

3. Konfirmasi penghapusan status hubungan dengan cara pilih Hapus.

Konfirmasi Hapus Status Facebook
Konfirmasi Hapus Status Facebook

4. Status berhubungan telah berhasil di hapus

Status Hubungan Berhasil di Hapus
Status Hubungan Berhasil di Hapus


Status hubungan di Facebook sudah merupakan ciri khas dari media sosial satu ini. Jika kalian perhatikan rata rata teman kalian pasti memiliki sebuah status hubungan tidak hanya menikah atau bertunangan namun bisa saja status hubungan keluarga seperti adik, kakak, keponakan, bahkan status hubungan rumit sekalipun.

Status hubungan ini cukup membantu jika ada orang yang tiba tiba add facebook kalian, mungkin saja orang itu memang bukan orang yang kalian kenal, tapi bisa jadi ada hubungan tidak langsung dengan kalian. Kalian bisa melihat di profil dan melihat status hubungan orang tersebut, bisa saja orang tersebut adalah istri atau suami dari teman kalian, atau masih ada hubungan keluarga dengan orang yang kalian kenal.

Oleh karena itu status berhubungan ini sangat penting untuk melengkapi identitas kalian agar lebih mudah dikenali oleh pengguna lain.

Mengubah status hubungan di Facebook bisa kalian lakukan jika ada perubahan status seperti dari bertunangan ke menikah, atau dari berpacaran ke bertunangan, dan sebagainya. Perubahan ini ditujukan agar profil di facebook kalian selalu update. Tidak hanya hubungan menikah atau bertunangan, kalian juga bisa mengubah status menjadi berteman dan tentunya semua itu harus ada konfirmasi dari kalian berdua bahwa kalian benar benar menjalani status berhubungan sesuai yang dicantumkan pada profil Facebook

Jika kalian mengubah status menjadi bercerai, lajang atau menghapusnya maka facebook tidak akan menampilkannya dihalaman awal. Sedangkan status hubungan berpacaran, menikah, atau bertunangan maka semua Pengguna facebook baik itu teman maupun bukan teman akan bisa melihat status tersebut.

Itulah cara mudah untuk menambahkan serta mengubah status berhubungan di Facebook. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar. Jangan lupa share tulisan ini ke orang yang kalian ajak dalam status berhubungan agar mereka tau bagaimana cara konfirmasinya.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan